10 Alternatif Wisata Kuliner Semarang Versi Fahmi Anhar

“Fahmi, makan siang yang enak di Semarang dimana ya?” tanya si bos dari kantor pusat yang sedang main ke Semarang.

“Mmm… anu mas… di mana ya?” jawab saya bloon.

“Duuh kamu itu, katanya hobi kelayapan, kok wisata kuliner Semarang aja nggak tahu.” Jawab si bos geregetan.

Saya cuma meringis. Lha habis gimana lagi, terus terang sejak pindah kantor di Semarang, rute yang setiap hari saya lewati ya hanya kos-kantor-kos-kantor. Kalau weekend mudik. Selain karena tuntutan pekerjaan kantor, saya juga males keluar-keluar di Semarang. Panasnya ujubilah!

Kejadian seperti itu tidak hanya berlangsung sekali, dua kali. Tapi berrrrkali-kali. Karena banyak orang yang juga bertanya tentang referensi wisata kuliner Semarang baik itu keluarga, teman blogger, teman medsos, dll. Malu lah dengan diri sendiri hahaha.

Akhirnya, pelan-pelan saya mulai icip-icip beberapa makanan dan masakan di sekitar Semarang. Tapi list kali ini kebanyakan rumah makan & warung kaki lima. Semoga daftar ini bisa menjadi alternatif wisata kuliner Semarang. Cekidot!

 

  1. Ayam Goreng Pak Supar

    Ayam kampung muda disajikan dengan nasi hangat, sambal & lalapan. Jangan lupa coba juga sop iga sapi nya yang tak kalah juara. Saya kurang tahu pasti berapa harga ayam per potong atau per porsinya. Karena setelah selesai makan biasanya pegawai akan menghampiri meja kita dan melihat apa saja yang kita makan, lalu berkomat-kamit dan menulis invoice di selembar nota. Terakhir kesana saya makan berlima habis sekitar 200ribuan lebih.

    Lokasi: Jl Moch Suyudi No 48 Semarang. Telp 024 3554110

  2. Nasi Pecel Bu Sumo

    Kalau mau makan menu tradisional yang enak, sehat dengan harga terjangkau, ya Pecel Bu Sumo menjadi salah satu alternatifnya. Pecel sayuran dengan aneka pilihan lauk bisa dipilih sesuai selera. Mulai dari aneka gorengan, daging ayam, empal, ati-ampela, jeroan, ada semua disini.

    Wisata Kuliner Semarang Pecel Bu Sumo
    Pecel Bu Sumo

    Lokasi: Jl Kyai Saleh No 8 Semarang. Searah dengan makam Bergota.

  3. Gulai Kambing Pak Sabar

    Lokasinya mudah dicari karena tepat berada di belakang Gereja Belenduk Kota Lama Semarang. Berupa warung tenda yang buka dari pagi sampai siang atau sore.

    Kita bisa memilih isian gulai kambing yang disediakan, bisa daging saja, jerohan, atau campuran. Harga per porsi dibanderol Rp. 25.000,-. Mak nyuss!

    Wisata Kuliner Semarang Gulai Kambing Pak Sabar
    Gulai Kambing Pak Sabar
  4. Warung Rujak Cingur Gado-Gado Bu Sri

    Salah satu warung favorit untuk makan siang karena saya suka masakan yang fresh tanpa MSG. Kalau jajan disini tinggal pilih mau makan rujak cingur, gado-gado ataupun pecel. Minumnya juga nggak kalah spesial, tinggal pilih saja mau es kolak, es bubur, es kacang ijo dan lain-lain.

    Tips dari saya, datanglah sekitar pukul 10 atau 11 siang. Jangan pas jam makan siang karena biasanya akan penuh sesak. Kalau terlambat datang/kesiangan, siap-siap kehabisan!

    Lokasi: Jl Pekunden Timur 1 No 2 Semarang. Telp 024 8411419

  5. Gulai Kepala Ikan Pak Untung

    Bagi pecinta ikan, disinilah tempatnya berpesta. Tersedia aneka sajian ikan seperti ikan salmon, kakap, tengiri, nila, dll. Cara penyajiannya pun beragam. Komplit lah! Tapi buat kamu yang nggak tahan bau amis, mending diluar aja deh hehe.

    Lokasi: Jl. Siwalan, No 1 Bangkong Semarang (belakang Bank Mayapada)

  6. Nasi Ayam Bu Pini

    Kalau yang satu ini pas buat wisata kuliner malam Semarang. Nasi putih hangat disajikan dengan sayur pepaya muda kuah kuning, irisan tahu, suwiran ayam lalu disiram dengan areh, santan kental sebagai bumbu tambahan. Rasanya jawa banget. Manis gurih. Sebagai tambahannya disediakan lauk sate usus, sate ati ampela, sate telur puyuh, dll.

    Masalah harga? Jangan khawatir, sangat terjangkau.

    Kuliner Semarang Nasi Ayam Bu Pini
    Nasi Ayam Bu Pini

    Lokasi: Trotoar Jl Pemuda, Seberang Paragon Mall.

  7. Bakmi Jowo Pak Doel Noemani

    Jika ingin makan bakmi goreng, bakmi godog, bihun goreng, bihun godog, nasi goreng, nasi godog dan capjay ala jawa, mampirlah kesini. Cocok untuk wisata kuliner Semarang malam hari.

    Lokasi:
    Jl. Thamrin No. 4 Semarang (Depan Pertamina)
    Jl. Pemuda No. 117 (Deapan Paragon Semarang)
    Jl. Pemuda No. 145 (Depan Balaikota Semarang)

  8. Toko Oen

    Toko roti djadoel yang masih mempertahankan resep dan menu dari jaman dulu. Aneka kue khas Belanda masih bisa didapati disini. Nggak perlu caption yang panjang lebar untuk toko yang sudah sangat terkenal ini.

    Lokasi: Jl Pemuda No 52 Semarang. Telp 024 3541683

  9. Lumpia Mbak Lien

    Ada banyak penjual lumpia di Semarang. Salah satunya lumpia Mbak Lien ini. Kini menghadirkan konsep one stop shopping. Selain lumpia basah dan goreng, tersedia juga aneka oleh-oleh khas Semarang yang bisa dibeli langsung disini.

    Wisata Kuliner Semarang Lumpia Mbak Lien
    Lumpia Mbak Lien

    Lokasi: Jl Pemuda Gg Grajen Semarang.

  10. Pusat Oleh-oleh Pandanaran

    Kalau ingin yang lebih banyak pilihan ya silakan berbelanja di Jalan Pandanaran Semarang karena memang disinilah pusat oleh-oleh khas Semarang. Bandeng duri lunak atau presto, lumpia, wingko babat, roti gandjel rel, dll semua ada.

BTW, ada juga banyak pilihan tempat-tempat nongkrong yang asik seperti Nestcology Semarang.

About the author

Indonesian expatriate living in Dubai UAE. I started blogging in January 2011. Awarded as 2nd runner up Skyscanner Travel Bloscars Award Indonesia on 2014. I mostly shares my travel experiences and tips for my readers through write up, photos and videos. Interested in hotel & airlines review, adventures, beaches, cultural festival, architectures, heritage sites, and foodies.
48 Responses
  1. Ihhhhh, knpalah ini baru ditulis skr mas… pas ke semarang thn lalu, aku lumayan kecewa krn nyobain makanan yg direkomendasiin bgt ama temen, tau2 rasanya HAMBAR BLAS.. -_-.. yg kamu tulis di atas jauuuuh lbh menggoda,,, itu pecelnya ya ampppunnn ^o^… tapi kalo lumpia semarang mah, semuanya enak2lah 😀

    1. haha ya buat referensi kuliner kalau kapan-kapan main ke semarang lagi. just FYI, don’t set your expectation too high ya mbak, karena ini banyakan cuma warung makan biasa, tapi lumayan terkenal disini 😀

  2. Baru 4x an ke semarang tapi kota ini kok ngak bikin kangen macam jogja dan bali yaaa hahaha. Mungkin kuliner nya serba nanggung kali yaaaa, dompleng daerah sekitar kecuali lumpia hahaha

    1. ini cuma warung-warung kecil di Semarang kok mbak, saya kurang tahu ada cabangnya di Surabaya atau tidak. sekedar berbagi informasi kuliner Semarang 🙂

  3. Ada banyak lagi loh kalau mau kulineran. Ada es pankuk belakang PLN Area Semarang. Tapi aku seringnya nongkrong di depan Bank BCA Pemuda. Ada gado-gado dan es pankuk yang ueeenaaakkk bingiittt 😀

  4. Salam kenal Mas. Mau nanya, kalau Lumpia Semarang yang dekat Kapal dan Klenteng Laksama Ceng Ho itu Lumpia apa namanya, kalau nggak salah di belakang Pasar Johar.

          1. Oo yah, waduh..gitu ya..masuk akal juga pendapat Mas.Fahmi. Soalnya disitu bener-bener pecinan ya, sampai-sampai peminta-minta di Klentengnya juga orang-orang Tionghoa. Seumur-umur saya baru liat ada orang Tionghoa jadi pengemis ya disitu Mas..

Leave a Reply