Roti Unyil Abon Venus
Roti Unyil Abon Venus

Wisata kuliner Bogor adalah salah satu alasan saya mengapa saya memilih jauh-jauh weekend escaping ke kota ini. Publikasi akan kelezatan kuliner kota hujan di berbagai media, baik televisi, radio, koran, majalah sampai portal digital begitu santer.

Coba saja, sudah berapa kali anda melihat liputan program kuliner bogor di televisi nasional? Tak terhitung kan? Disadari atau tidak liputan-liputan itu mempengaruhi para pemirsanya dan menimbulkan rasa penasaran.

Dan… saya adalah salah satu korbannya hahahaha.

 

Berikut rekomendasi wisata Kuliner Bogor hasil ngesot kami:

  1. Macaroni Panggang

    Terletak di Jl. Salak No 24 Bogor menempati bangunan tua yang ditata rapi, warung Macaroni Panggang menyediakan berbagai macam menu. Diantaranya Steak, Klappertaart, Tiramisu, aneka minuman dan tentu saja menu andalannya Macaroni Panggang.

    Topping keju diatasnya membuat air liur deras mengalir. Dimakan selagi hangat dengan sedikit saos pedas dan ditemani segelas cocktail segar. Beuhhh…

    Wisata Kuliner Bogor — Macaroni Panggang

    Macaroni Panggang

    Wisata Kuliner Bogor — Klapertaart

    Klapertaart

  2. Apple Pie

    Produk yang masih saudara sekomplek dengan Macaroni Panggang ini juga membuat saya penasaran. Berlokasi di Jl. Pangrango Bogor, berdekatan dengan taman kencana.

    Terbayang manis legitnya potongan buah apel berbalut karamel yang terbungkus adonan pie yang gurih. Tapi setelah mencoba makanan ini, rasanya tidaklah jauh dengan kue-kue kering biasa. Bagi saya, lebih mirip kue Nastar raksasa hehehe. #NoOffense

    Wisata Kuliner Bogor — Apple Pie

    Apple Pie

  3. Death By Chocolate

    Saya memang suka coklat, tapi bukan yang fanatik. Sebatas beberapa gigitan sudah cukup. Nah, Death by Chocolate ini enak siih, cuman bagi saya agak eneg. Tokonya masih ada sekompleks dengan teman-temannya MP dan Apple Pie.

    Death by Chocolate

    Death by Chocolate

  4. Roti Unyil Venus
    Tentu sudah tidak asing lagi dengan makanan yang satu ini. Lokasinya di Jl. Pajajaran Komplek V Point No. 1 Bantarjati Bogor. Berbagai roti berukuran kecil dengan berbagai macam topping diatasnya, membuat lidah bergoyang ingin segera melahapnya satu persatu.

    Fresh from the oven, clean and delicious!!

    Serunya, ketika disini kami sempat ketemu dengan mantan pelatih Timnas Sepakobola Indonesia, Coach Rahmad Darmawan yang ternyata juga suka dengan roti yang satu ini.

    Roti Unyil Abon Venus

    Roti Unyil Abon Venus

  5. Tauge Goreng

    Sebagai seorang pecinta dan pemuja taoge, saya memiliki ekspektasi yang sangaaattt tinggi terhadap makanan ini. Membayangkan segarnya taoge yang kaya manfaat, dipadu dengan bumbu, dan ketika dikunyah masih terdengar bunyi “krenyes..krenyes”… nikmatnya.

    TAPI !!?? Apa yang saya dapatkan ketika seporsi Taoge Goreng telah terhidang di meja?

    Taoge Goreng Kuliner Bogor

    Taoge Goreng

    Aroma aneh menusuk hidung. Bulir-bulir bumbu berwarna kecoklatan yang saya kira kacang tanah, ternyata adalah tauco, fermentasi kedelai yang rasanya nggak banget kalau bagi saya. Sesuap demi sesuap masuk ke mulut, sempet pengen muntah.

    Maklum, baru kali itu saya makan tauco. Langsung deh saya ilfil dengan Taoge Goreng ini. Mending taogenya saya makan mentah-mentah deh.

  6. Laksa Bogor

    Ketika sedang bergerilya sepanjang Jl. Suryakencana, kami menemukan sebuah gang kecil bernama Gang Aut. Ada sebuah warung kecil yang menjual Laksa Bogor. Karena belum pernah makan, langsung deh laksa yang murah meriah ini terhidang di meja, siap disantap.

    Kuliner Bogor Laksa

    Laksa

    Tahap demi tahap penyajian oleh Mamang penjualnya kami perhatikan. Ada yang unik, setelah bahan-bahan lengkap masuk dalam mangkok, dengan cekatan si Mamang menuangkan kuah panas berwarna kuning ke mangkuk lalu menuangkannya lagi ke panci besar. Begitu terus berulang-ulang.

    Ketika kami tanya, ternyata proses ini untuk sedikit mematangkan taoge yang ada di dalam mangkok. Owalah… ya maklum, secara baru kali ini makan Laksa Bogor. Terdiri dari ketupat, bihun, taoge, daun kemangi, oncom, serutan kelapa sangrai, telur dan tahu dengan kuah kuning, Laksa ini memiliki citarasa yang khas. Bumbu kunyit dan oncom sangat terasa di kuahnya. An the best part of this dish is Tahu!! So soft and melting.

  7. Asinan Gedung Dalam

    Ini salah satu kuliner legendaris nya Kota Bogor. Asinan buah dan sayurannya juara!! Aneka jenis buah yang sudah direndam dalam kuah asin, disajikan dengan sedikit sambal hijau dan taburan kacang goreng, dimakan dingin-dingin saat cuaca panas. Sempurna !!

    Asinan Gedung Dalam Bogor

    Asinan Gedung Dalam Bogor

    Manis asam asin pedas berpadu menggoyang lidah yang tak bisa berhenti mengunyah salah satu kenikmatan duniawi ini. Selain segar, makanan sehat ini cocok dijadikan buah tangan.

    Selamat menikmati!

  8. Soto Bogor

    Tadinya mau nyobain makanan ini. Tapi pas dilihat, ternyata hanya tersedia jeroan untuk isian sotonya. Karena saya nggak doyan jeroan, maka batal lah ngerasain segarnya soto Bogor. Tapi tak apalah, liat foto nya pun oke *nahan eneg*

    Jeroan Soto Bogor

    Jeroan Soto Bogor

    Soto Bogor

    Soto Bogor

  9. Cireng – Aci Goreng

    Dan menurut kami jajanan gerobak dorong inilah yang paling juara dibandingkan makanan-makanan hasil ngesot sana-sini selama di Bogor. Padahal jelas ini bukan jajanan asli Bogor melainkan Bandung. Tapi sah-sah aja dong kalau saya masukan dalam postingan ini. Toh juga banyak yang jual di Bogor.

    Nggak tau kenapa, begitu gigitan pertama Cireng ini masuk mulut, otak langsung memberi komando untuk segera melahap gigitan selanjutnya. Enak man!! Apalagi yang isi oncom pedas, nom nom.

    Cireng Bogor

    Cireng Bogor

Itu tadi beberapa kuliner di kota Bogor yang sempat kami coba. Masih banyak kuliner lain yang belum sempat dicicipi. Mungkin next time kami akan kembali lagi menyusuri jalanan di Kota Bogor, bersaing dengan gesitnya ratusan angkot hijau yang berseliweran disini demi seporsi makanan lezat milik kota ini.

Sengaja tidak saya sertakan harga per porsi dari makanan-makanan tadi. Karena harga bersifat teknis dan fluktuatif. Akan berubah-ubah sewaktu-waktu. Pasti tidak relevan lagi apabila artikel ini dibaca beberapa tahun kedepan. Jadi, semua makanan tadi masih bisa didapat dengan harga yang terjangkau kok.

Anyway, yang menjadi pertanyaan saya adalah, mengapa kebanyakan menu makanan di Bogor ini salah satu ingredients-nya ada taoge/kecambah nya?

Salam Taoge !!

Fahmi Anhar
Indonesian expatriate living in Dubai UAE. I started blogging in January 2011. Awarded as 2nd runner up Skyscanner Travel Bloscars Award Indonesia on 2014. I mostly shares my travel experiences and tips for my readers through write up, photos and videos. Interested in hotel & airlines review, adventures, beaches, cultural festival, architectures, heritage sites, and foodies.

Ziarah Ke Makam Sultan Bolkiah Brunei Darussalam

Previous article

Melihat Dubai Dari Tengah Laut

Next article

You may also like

8 Comments

  1. Suka roti Unyil!!!! Tp saking kecilnya, kalo makan ga cukup satu *ya iya lah*
    Mas, nyoba pastel ga? Lupa tempat & namanya, tp dulu pernah dibeliin berbagai macam pastel yg katanya lmyn tenar di Bogor. Isinya macem2, ada yg isi sosis, oncom, ragut, dll.

    1. Roti Unyil ini emang lezatos mbak, sekali makan bisa 15 biji, apalagi yang keju… hahaha *ini doyan apa kalap?* | gak sempet nyobain pastel mbak, mgkin lain waktu ngesot ke Bogor lagi deh 🙂

  2. setuju bgt, apple pie nya ga bgitu istimewa..aku mlh ga doyan mas. kemanisan buatku… malah eneg..

    1. merasa jadi korban acara kuliner di tipi² itu haha… pas dimakan ternyata kaya gitu doang 😛

  3. just been to macaroni panggang place not bad. Love the Venus bakery stuffs. Delicious

    1. indeed, venus bakery’s so yummy. ah, you made me hungry…

  4. Bogor sudah terkenal dengan wisata kulinernya, dekat dari Jakarta dan masyarakat Bogor yang ramah-ramah.

  5. yang paling bikin ane sukak adalah
    1. CIreng – Kesukaan Istri ( ane juga suka)
    2. Soto – Itu Babatnya kolesterolnya bikin nagih

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *