VISA DUBAI UNI EMIRAT ARAB

Uni Emirat Arab terdiri dari 7 Emirates atau mirip dengan negara bagian, yaitu Abu Dhabi, Dubai, Sharjah, Ajman, Ras Al Khaimah, Fujairah dan Umm Al Quwain.

Namun diantara ketujuh Emirates tersebut, Dubai dan Abu Dhabi lah yang paling populer dan menjadi destinasi utama para pelancong dari mancanegara baik untuk tujuan bisnis maupun pariwisata.

Semenjak tinggal di Dubai, tak jarang saya mendapatkan pertanyaan dari teman-teman yang akan main kesini, tentang bagaimana pengurusan Visa Dubai, Uni Emirat Arab. Ya, bagi kita Warga Negara Indonesia masih membutuhkan visa untuk berkunjung ke negerinya Sheikh Zayed ini.

Long story short, lalu apa saja syarat pembuatan Visa Dubai?

 

Tentukan Jenis Visa

Dari release yang pernah saya baca, pihak pemerintah Uni Emirat Arab mengeluarkan lebih dari 100 jenis visa. Tergantung dari keperluan pengunjung dan faktor-faktor penunjang lain. Jadi silakan kembalikan kepada diri sendiri, berkunjung untuk keperluan apa dan akan memerlukan visa jenis yang mana?

 

Ketahui Jenis Visa Uni Emirat Arab

Dari sekian banyak jenis visa, yang paling sering diperlukan orang antara lain :

  • Transit Visa 48 jam
  • Transit Visa 96 jam
  • Tourist Visa single entry – short term 30 hari
  • Tourist Visa multiple entry – short term 30 hari
  • Tourist Visa single entry – long term 90 hari
  • Tourist Visa multiple entry – long term 90 hari
  • Visa kerja (untuk yang akan bekerja, biasanya diurus oleh perusahaan, tinggal terima bersih)
  • Visa diplomatik dan dinas (untuk pejabat negara)
  • Visa residence
    (Baca disini: Mengurus Residence Visa & Emirates ID)

 

Syarat Pengajuan Visa Dubai

Setiap jenis visa memiliki syarat yang berbeda dan tergantung dari cara dan tempat pengajuan. Jika diproses secara online, biasanya dokumen yang diperlukan hanyalah paspor yang masih berlaku minimum 6 bulan sejak tanggal kedatangan.

Untuk tujuan wisata di Dubai, tidak diperlukan sponsor. Tetapi jika untuk pengajuan residence visa, maka dibutuhkan sponsor dengan syarat yang lain lagi, seperti dokumen gaji penanggung sponsor, Emirates ID, foto background putih dan formulir pengajuan. Residence visa biasanya digunakan oleh anggota keluarga yang ingin ikut tinggal & menetap di Uni Emirat Arab karena orang tua atau keluarga yang hidup menetap disini.

Jika kamu hanya ingin berwisata, maka Visa Dubai akan diterima dalam bentuk E-Visa softcopy .pdf yang dikirimkan melalui email atau cek di website http://www.ednrd.ae/. E-Visa ini harus kita print dan sertakan dalam paspor ketika pemeriksaan di pos imigrasi. Bukan dalam bentuk sticker yang ditempel di halaman paspor.

 

Kemudahan Pengajuan Visa Uni Emirat Arab Via Airlines

Menariknya bagi pengguna maskapai Emirates Airlines, Etihad, Fly Dubai dan Air Arabia, kita bisa mengajukan permohonan visa melalui layanan online via website maskapai. Caranya tinggal login dan cek menu manage my booking. Atau lebih jelasnya silakan cek website masing-masing maskapai dan bisa juga menghubungi call center atau kantor perwakilan maskapai di Indonesia.

 

Berapa Biaya Visa Dubai?

Kembali lagi, tergantung jenis visanya. Sebagai gambaran saja, singkatnya sebagai berikut :

  • Transit Visa 48 jam : AED 40
  • Transit Visa 96 jam : AED 110
  • Tourist Visa single entry – short term 30 hari : AED 330
  • Tourist Visa multiple entry – short term 30 hari : AED 650
  • Tourist Visa single entry – long term 90 hari : AED 800
  • Tourist Visa multiple entry – long term 90 hari : AED 1750

Silakan cek fluktuasi kurs Dirham terhadap Rupiah per harinya. Rata-rata saat ini dipatok AED 1 = Rp. 3.900,-

Kindly consider biaya lain seperti misalnya service charge, delivery charge dan sejenisnya jika menggunakan jasa agen travel. Jadi ya kira-kira naik turunnya segitu lah. Kalau kemudian menjadi terkesan mahal dan ada rincian biaya yang tidak masuk akal, bisa ditanyakan lebih lanjut.

 

Visa On Arrival Uni Emirat Arab hanya berlaku bagi warga negara:

  • Andorra
  • Argentina
  • Australia
  • Brunei Darussalam
  • Canada
  • Chile
  • Hong Kong, China
  • Ireland
  • Japan
  • Kazakhstan
  • Malaysia

  • Mauritius
  • Monaco
  • New Zealand
  • People’s Republic of China
  • Russian Federation
  • San Marino
  • Singapore
  • Ukraine
  • United Kingdom
  • United States of America
  • Vatican City

 

Pengurusan Visa Lewat Pihak Ketiga

Jika berdimisili di Jakarta dan ingin mengajukan Visa Uni Emirat Arab sendiri, bisa datang ke VFS Global Jakarta.

PT. VFS Services Indonesia
Dubai Visa Application Center
Kuningan City Mall, 2nd Floor No.L2-19,
Jl. Prof. Dr. Satrio Kav. 18,
Setiabudi, Kuningan
Jakarta-12940 – Indonesia

Jam kerja:
Senin – Jumat jam 09.00 – 17.00 WIB
Telephone: +62 21 3048 0747

Atau jika malas ribet urus sendiri, bisa juga melimpahkan pengurusannya kepada agen travel terpercaya seperti Dwidaya, Panorama, Nusantara atau teman-teman saya sendiri yang sekarang sukses mengembangkan agen perjalanan bernama Whatravel.

Info lebih lanjut tentang berbagai hal mengenai Dubai khususnya, teman-teman bisa langsung tanyakan juga ke kakak @VisitDubai.ID di Instagram.

Demikian, semoga bermanfaat! Kalau ada yang main ke Dubai, berkabar ya. Kali aja bisa ketemuan, mumpung masih stay disini hoho.

Fahmi Anhar
Indonesian expatriate living in Dubai UAE. I started blogging in January 2011. Awarded as 2nd runner up Skyscanner Travel Bloscars Award Indonesia on 2014. I mostly shares my travel experiences and tips for my readers through write up, photos and videos. Interested in hotel & airlines review, adventures, beaches, cultural festival, architectures, heritage sites, and foodies.

Free Things To Do In Changi Airport

Previous article

Bertemu Michael Jackson di Concorde Hotel Kuala Lumpur

Next article

You may also like

18 Comments

  1. Makasih infonya sangat bermanfaat. Who knows someday, saya bisa kesampaian ke UEA ke Dubai dan Abu Dhabi yang terlebih dulu mengurus visa ke sana.

  2. thank you fo sharing.

  3. dokumen gaji?
    hiks.. aku nggak ada bang

  4. Kalo cara mengurus agar dijamu Mas Fahmi di Dubai piye?

  5. kalo nemu tiket murah kesana & rejeki, daku meluncur ke dubai ahh

  6. mas Fahmi, mohon info kalau pakai oman air bagaimana?

    terakhir saya pakai #Emirates, aduhhh bnr bnr kecewa dengan pramugarinya yg seperti lady boss dan sepak. jauh sekali dibandingin dengan ana air apalahi SQ. Oman katanya pun bagus, saya sdh kadung beli si tiket untuk sept akhir.

    terima kasih untuk infonya

    1. Hi Mbak Putri, kalau pakai Oman Air maka mengurus visa melalui agen travel atau ke VFS. Memang, selama ini banyak yang bercerita kalau pelayanan Emirates kurang ramah, pramugarinya cuek, atau bahkan cenderung memandang sebelah mata ras tertentu. Tapi sepengalaman saya, alhamdulillah belum pernah ketemu yang jutek. Dapatnya mbak-mbak Emirate yang ramah-ramah. Meskipun akhir-akhir ini saya lebih prefer SQ. Karena selain dijamin ramah, connecting via Changi juga lebih enak pakai Silk Air sampai ke rumah.

  7. mas Fahmi, mohon info kalau pakai oman air bagaimana?

    terakhir saya pakai #Emirates, aduhhh bnr bnr kecewa dengan pramugarinya yg seperti lady boss dan sepak. jauh sekali dibandingin dengan ana air apalahi SQ. Oman katanya pun bagus, saya sdh kadung beli si tiket untuk sept akhir.

    terima kasih

  8. kalo visa bisnis gimana caranya mas ? misalnya mau meeting. apa kita bisa pake tourist visa ? terus selama pengurusan apakah passport kita akan ditahan ? trim’s sebelumnya atas infonya

    1. Kalau hanya visit untuk meeting, masih bisa menggunakan tourist visa mas. Apply via VFS atau kalau pake Emirates/Etihad bisa apply via web maskapai. Paspor tidak akan ditahan, karena sistemnya eVisa via web. Bentuk visanya juga bukan sticker yang ditempel di paspor, melainkan hanya softcopy pdf yang kita print dan dilampirkan di paspor ketika di Imigrasi.

  9. boleh bantu jawab sekalian curhat?

    klo masih di bawah 14 hari pake visa turis aja klo emirates etihad bs pakai VFS, tapi kapok pake emirates saya dan surprisingly tmn tmn banyak yg makan hati krn biarpun bisnis, beugh pramugarinya sepak, tp tetep Turkish masih Juaranya bikin kecewa, bisa ada kejadian pramugari lempar2an baki di bisnis class, tamu disentak di lounge business, dan dikerjain di bandara german pas mau check in bagasi….ahh sudahlah…

    kalau pesawat lain harus pakai agent travel tertentu, karena saya pakai OMAN katanya bagus cm urus visa ga bs pakai VFS. Ada Jashan tour travel dr Dubai 550 AED. kalau saya pas nemu local, atau katanya bs online (tp sampe skrg saya gatau gmn).

    sekian semoga membantu 🙂

  10. Best time berkunjung ke Dubai bulan apa ya mas Fahmi? Okt, Nov gitu musim apa disana? Kalau mau solo travelling mending pakai land tour atau gmn mas? Please infonya.. makasih banyak sblmnya

    1. Kalau tujuannya shopping, maka akhir November – awal Desember adalah waktu yang paling tepat traveling ke Dubai, karena minggu itu adalah UAE National Day, semua mall akan menggelar sale besar-besaran sampai 90%.

      Kalau hanya lihat dari segi cuaca, maka saya rekomen November – Maret ketika Dubai sedang winter.

      UAE itu relatif kecil dan mudah dijagkau trasportasi publik, jadi sangat mudah untuk solo traveling tanpa nyasar. Let me know kalau ada pertanyaan sebelum main ke Dubai mbak.

  11. Asiiap.. makasih infonya. Btw boleh minta kontaknya gak mas? Siapa tahu sy bisa kesana.. nuwun

  12. Hai mas fahmi, akhir november saya berencana solo ke dubai, sekiranya bisa bertemu dan ngobrol sama mas fahmi di dubai nanti hehehe..

    1. Hello Mas Chandra, well noted. Silakan berkabar jika akan ke Dubai November nanti. Timingnya pas banget tu, karena pas Black Friday Sale dalam rangka UAE National Day

  13. halo mas Fahmi, mau bertanyaapakah dalam pengajuan visa ada minimal tabungan yang harus dimiliki di rekening?? minimal harus ada uang berapa ya di rekening biar aman pengajuan visanya??

    1. Apply visa UAE nggak pakai rekening segala mbak, simpel dan gampang kok.

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *