Dipostingan kali ini saya pengen share beberapa tips wisata ke Karimunjawa untuk teman-teman yang berencana mengunjungi kepulauan Karimunjawa dalam waktu dekat, enjoy!!

 

Persiapan Wisata ke Karimunjawa

Ada 4 hal persiapan yang teman-teman harus pikirkan sebelum liburan ke Karimunjawa.

  • Waktu
    Karena ga akan puas kalau cuma 1-2 hari di sini. Based on my experience paling enggak satu minggu baru puas. Bagi kaum buruh, silakan arrange cuti dari jauh-jauh hari.
  • Fisik
    Banyak2lah olahraga untuk melatih fisik. Karimunjawa totally different dengan lingkungan kita sehari-hari. Renang dan Jogging akan sangat membantu.
  • Biaya
    Bagaimana gaya liburanmu sangat menentukan point ini. Koper atau Ransel? Tentukan dari sekarang.
  • Itinerary
    Ini juga cukup penting. Jangan bosan untuk browsing info-info tentang Karimunjawa sebagai bekal pengetahuan spot mana yang bagus dan tempat mana yang wajib dikunjungi.

 

DO’S

  1. Listrik di Karimunjawa hanya menyala 12 jam, dari pukul 18.00 – 06.00, manfaatkan untuk charge semua alat elektronik seperti Kamera, HP, Handycam, dll.Jangan sampai ketika tour laut, anda melewatkan momen-momen indah hanya karena baterai drop. Kan ga lucu…
  2. Bawa & pakailah sunblock cream untuk melindungi kulit dan wajah. Waktu kesana, saya gak bawa, alhasil balik ke rumah jadi gosong!
  3. Life vest itu wajib hukumnya selama tour laut. Apalagi buat yang ga bisa berenang. Meski terkenal tenang, laut jawa pun bisa menunjukkan keganasannya sewaktu-waktu. Kalo kecebur ke laut dan temen-temen sekapal ninggalin gitu aja, mau gimana coba? Etapi kalo pada ikut tour/travel agent biasanya sudah disediakan kok.
  4. Optimalkan semua kesempatan yang ada selama liburan di Karimunjawa. Aji mumpung sangat disarankan disini. Daripada nyesel setelah pulang, “wah kenapa kemarin gak gini gitu ya?”
  5. Selain wisata laut, kita juga bisa wisata kuliner disini. Datanglah ke alun-alun Karimunjawa yang hanya sebesar lapangan bola hehe… malam hari, kita bisa merasakan sensasi masakan khas Karimunjawa yang enak-enak. Pesta seafood!

 

DONT’S

  1. Jangan sampai telat datang ke kapal penyeberangan. Apabila menggunakan KMP Muria dari Jepara, begitu anda tidak mendapatkan tempat duduk yang PW (posisi wuenak), maka mampuslah !! 6 jam trip Jepara-Karimunjawa akan menjadi mimpi buruk.Namun apabila menggunakan KMC Kartini dari Semarang, tentu akan lebih nyaman meski dengan konsekuensi harga tiket yang lebih mahal. Perjalanan ditempuh dalam 3.5 jam saja. (Saat ini sudah ada KM Siginjai dan KMC Bahari Express).
  2. Selama di KMP Muria, jangan tinggalkan begitu saja barang berharga seperti Dompet, Kamera, HP dll.
  3. Nah, kabar baik buat yang gak mau mati gaya 6 jam naik KMP Muria, kamu bisa naik KM Express Bahari. Dengan kapal ini, rute Jepara-Karimunjawa dapat ditempuh hanya dalam 2-3 jam saja. WOW !! Berangkat dari Jepara setiap hari senin, selasa, jumat dan sabtu. Tiap kamis off, istirahat. Sedangkan keberangkatan dari Karimunjawa setiap hari Senin, Rabu, Sabtu & Minggu. Dengan kapasitas maksimal 250 orang, Km Express Bahari mematok harga tiket yang lebih tinggi dari KMP Muria, wajar lah. Untuk reservasinya better dilakukan jauh-jauh hari biar nggak kehabisan tiket. Secara, KMC Kartini & KM Express Bahari ini laris manis tanjung kimpul tiketnya.
  4. Karang dan hewan-hewan laut di Karimunjawa memang sangat indah, tapi ternyata beberapa diantaranya menyimpan racun. Diantaranya bulu babi, karang api, ikan batu. Jadi, jangan sembarangan menyentuhnya. Bisa-bisa liburanmu jadi kacau karena harus stay overnight di PUSKESMAS setempat seperti pengalaman teman seperjalanan kami kala itu.
  5. Jangan lepas alas kaki selama berkunjung ke pantai-pantai dan pulau di Karimunjawa apabila anda tidak ingin disengat ubur-ubur yang terdampar di bawah pasir pantai, atau terkena karang api yang sangat menyakitkan.
  6. Jangan dekati ikan pari, apabila bertemu dengannya saat snorkeling. Sabetan ekor berdurinya bisa membuat badan panas dingin.
  7. Waktu snorkeling jangan sekali-kali menginjak karang yah, karena mudah patah, dan kalo udah patah, tumbuhnya itu lamaaaaa banget. #SaveTheOcean
  8. Ketika island hopping, sampah plastik dari botol air mineral, snack dan sebangsanya JANGAN dibuang sembarangan. Harus kita keep dan baru kita buang di tempat sampah sepulang dari tour laut. Membuang sampah plastik di laut akan merusak karang & biota laut lainnya.

 

Tips Wisata ke Karimunjawa

  • Untuk anda yang baru pertama kali ke Karimunjawa, kalau mau main aman dan tidak punya banyak waktu, ya silakan ikut tour agent. Tapi kalau punya banyak waktu & mau menikmati sensasi “get lost” silakan eksplore sendiri. Dijamin lebih seru!!
  • Kalau mau menggunakan tour agent, masing-masing agen memiliki kelebihan dan kekurangan sendiri. Aktiflah untuk melihat review di website, facebook ataupun twitter dari para traveller yang sudah pernah menggunakan agen mereka.
  • Best time to visit Karimunjawa adalah dari bulan April s/d September. Cuaca cerah, arus yang tenang dan ombak yang bersahabat akan membuat liburan semakin sempurna.
  • Para penggila seafood, datanglah pada bulan Agustus. Why? puncak musim ikan cuuuyy !!
  • Bawalah uang tunai berlebih, karena waktu saya kesana (2011) belum ada ATM. Namun kini sudah ada ATM Bank BRI. Tapi nggak menutup kemungkinan juga kalau ini mesin ATM kehabisan duit, kan sekarang wisatawan yang berkunjung kesini semakin ramai.
  • Tinggalkan dokumen penting di rumah, daripada menuh-menuhin dompet.
  • Carilah tanggal keberangkatan saat laut surut, biasanya dapat dilihat di kalender model jawa/arab. Karena ketika laut surut, akan terlihat “gosongan” yaitu gundukan pasir putih nan lembut di tengah laut. Spot favorit untuk berfoto ria. Tapi jangan harap akan menemuinya ketika laut pasang (full moon).
  • Perjalanan Jepara-Karimunjawa di KMP Muria memakan waktu 6 jam. Dengan kecepatan hanya 7,5 Knot, menaiki kapal tambun ini seperti naik becak. Pelan dan semilir angin yang merayu membuat mata kita ingin terpejam. Jadi bersiaplah menata hati sejak sebelum berangkat. Kecuali anda berangkat dari Pelabuhan Tanjung Mas Semarang dengan KMC Kartini, waktu tempuhnya hanya 3,5 jam.
  • Carilah tempat yang nyaman selama penyeberangan. Isilah aktifitas dengan kegiatan seru. Bawalah koran/matras untuk alas tidur serta beberapa pengisi waktu: buku bacaan, iPod/MP3 player, kartu remi, monopoli, halma, catur, dll
  • Jika kamu menggunakan bus umum dari Semarang ke Jepara atau sebaliknya, siap-siap untuk bawa headset deh! Biasanya full musik dangdut pantura. Senep juga ini kuping.
  • Jadi saran saya, kalau ada mobil pribadi, pakailah. Kalau yang dari luar kota dan masih ada budget, sewalah mobil pribadi. Atau kalau memang harus menggunakan fasilitas bus umum ini, carilah tempat duduk paling depan agar tidak desak-desakan.
  • Multivitamin is a must !! to protect your body during over activities in Karimunjawa.
  • Bawalah minuman instan, mie instan, cabai. Ketika kita menginap di homestay dan sudah mulai bosan dengan menu seafood, menu ini bisa menjadi “pelarian” hehe…
  • Bawalah t-shirt berwarna cerah, bersiap-siaplah kegerahan kalau pakai warna gelap
  • Apabila anda memiliki wetsuit, itu akan sangat membantu melindungi kulit dari sinar matahari yang membakar ketika kita ber snorkeling ria di pulau-pulau nan indah itu.
  • Ketika mencari souvenir untuk oleh-oleh, ajaklah teman-teman anda beramai-ramai seperti rombongan perampok siap beraksi hehe… dengan begitu, si empunya toko (biasanya) akan lebih mudah memberikan discount.

 

VALUE

Ketika perjalanan di KMP Muria, sempatkan naik ke geladak rooftop, berdirilah, rasakan sensasinya, lihat sekeliling, dan merenunglah… “betapa kecil kita diantara ciptaanNYA”. Kita hanyalah setitik kecil di tengah lautan, diantara alam raya yang tidak ada artinya. Namun terkadang kita lupa akan kebesaranNYA. Mohonlah ampunanNYA…

Bersyukurlah kita ditakdirkan hidup di kota-kota besar, dengan segala fasilitas dan hedonisme nya. Coba renungkan saudara-saudara kita yang ditakdirkan hidup di pulau-pulau terpencil, hidup dengan fasilitas yang sangat minim, sepi, minim pergaulan dan harus survive…

***

Hmmmm sebenarnya masih banyak yang ingin saya tulis, tapi semoga yang sedikit ini bisa membantu teman² yang berencana berpetualang di Karimunjawa. Semoga bermanfaat.

Note: Tips ini ditulis tahun 2011, berdasarkan pengalaman pribadi traveling ke Karimunjawa. Jika ada yang sudah tidak relevan seiring perkembangan jaman, mohon diupdate di kolom komentar dibawah. Sebelum berangkat liburan ke Karimunjawa, silakan cross-check lagi kondisi terkini. Terima kasih.

Fahmi Anhar
Indonesian expatriate living in Dubai UAE. I started blogging in January 2011. Awarded as 2nd runner up Skyscanner Travel Bloscars Award Indonesia on 2014. I mostly shares my travel experiences and tips for my readers through write up, photos and videos. Interested in hotel & airlines review, adventures, beaches, cultural festival, architectures, heritage sites, and foodies.

15 Cara Seru Menikmati Wisata Melaka Malaysia

Previous article

Melepas Penat di Ekowisata Umbul Tlatar Boyolali

Next article

You may also like

131 Comments

  1. tipsnya bagus mas bro,

    1. terima kasih sudah mampir, semoga bermanfaat

  2. mas di daerah karimun jawa aman ga

  3. oiya satu lagi kalo mau snorkling hp dll ditaro dimana dong

    makasi

    1. Karimunjawa so far aman Tia, orangnya ramah². HP, dompet, dll bisa di keep di kamar hotel/homestay. Hanya ada 1 provider yang signalnya bagus waktu aku kesana, jadi kalau melaut yg pentting bawa kamera & tas kecil aja buat handuk & alat ibadah.

      1. provider apa disana yg bagus gan ?

        1. kalau pas aku kesana sih T*****sel, gatau skrng provider lain udah ada BTS nya apa blm

  4. Siip…siip 🙂 bulan depan insya Allah saya mau kesana… #mengunjungi surga bernama karimun jawa

    1. prepare your vacation & siap² bertadabur alam, mensyukuri ciptaanNYA
      terima kasih sudah berkunjung ke blog saya 🙂

  5. thanks for tips nya, sangat bermanfaat om

    1. alhamdulillah kl bisa bermanfaat, sama² om…

  6. seriously itu dari jepara-semarang bus nya begitu? apa jadinya lebih nyaman pakai bus jkt – jepara ya? kalau dari total perjalanan KA jkt – semarang 7 jam + bus jepara jakarta 2-3 jam, cuma beda tipis ya sama bus jkt – jepara 12 jam. hmmm….

    1. mostly bus Jepara-Smg begitu. kalau mau balik JKT lebih nyaman langsung dari Jepara aja, naik bus Bejeu, Haryanto, dll. Gak rekomen kalau mau ganti kereta di SMG karena akan lebih repot 🙂

  7. kalau bulan ini mau kesana bagus egk kak?
    klu mau pesen tiket kpl ekpres bhri dimana ya kak?

    1. tentang gelombang, cuaca & tiket kapal ke Karimunjawa bisa ditanyakan ke agen² tour yang melayani perjalanan kesana, karena mereka pasti lebih update. mungkin bisa coba tanya ke http://exploresolo.com atau email info@exploresolo.com

  8. kalau naik mobil sendiri trus di parkir di pelabuhan jepara bisa ngak mas……
    trus ntar ke karimun jawa naek Ekspres Bahari….
    kira2 ada parkir mobil u/ nginap harian ngak mas di pelabuhan !!!!

    1. Bisa mas, waktu saya kesana ada temen yang nitip mobilnya di pelabuhan Jepara.
      Sebelum ditinggal, make sure semua pintu sudah terkunci & alarm on demi keamanan.
      Selamat berlayar 🙂

  9. makasih infonya mas.. btw ada info ttg penginapan disana gak?

    1. sama², disana banyak bgt penginapan mulai dari homestay, hotel melati, wisma apung sampai resort. disesuaikan sama budget aja bro 🙂

      1. lho…kalo bawa mobil gk bs dibawa nyeberang juga bro….? tks

        1. bisa bro, kapal ferry bisa angkut kok. cuma kalau untuk explore pulau enakan pake motor karena jalanan disana kecil

  10. Keren2 Gan tips nya… pertanyaan saya sepertinya sudah ditanyakan sama yang lain 🙂

  11. kira2 hbs duit brp ya bro kalo 4h3m ?

    1. tergantung mau nginap di hotel/homestay, ikut paket tour atau jalan sendiri… 500rb-1jt cukup lah

  12. Keren tulisannya 😀

    1. 🙂 thanks Irene

  13. Foto dan tulisannya seru om..
    Karimun Jawa cocok utk liburan keluarga dng anak 7 th gak ya?

    1. Thanks, semoga bermanfaat. Anak 7 tahun sudah bisa diajak melaut kok, secara ombak di Karimunjawa relatif tenang di musim kemarau. Asal tetap safety first ya, pelampung jangan lupa. Nice vacation

  14. “Anhar, it’s helpfull (ɔ´⌣`)´⌣`c)”

    1. have a nice vacation!!

  15. Cakepppp tulisannyaaaa.. Banyak memberi gambaran klo mw kesana, thanks mas Anhar

    1. terima kasih nicky, semoga postingan tips traveling ke karimunjawa ini bermanfaat buat banyak orang 🙂

  16. hai kak, infonya nice, aku mau kesana nih sama temen-temen buat first time dan nggak pake paket alias bener” backpacker, disana makanan murah” gak ya? kalo misal 4-5 hari 800rb cukup gak ya?

    1. hello nilam, waktu aku kesana, makan malam di alun-alun karimunjawa murah & enak2. harga per porsi pun terjangkau, ada yang 8.000 – 20.000 kali ya, tergantung jenis makanan nya. so far, tongseng cumi adalah favoritku, uenak banget!! safe trip & tetap jaga kebersihan lingkungan ya 🙂

  17. ka mau nanya kalo liburan kesana pake jasa agen tour itu seharian main trs ato ada pulangnya bentar ke homestay baru nanti main lg? buat persiapan biar tau mau bw baju brp byk hehe

    1. biasanya seharian full dilaut, nggak balik ke homestay dulu karena rute pulaunya jauh-jauh. ada 2 jalur yang lazim ditempuh oleh para agen wisata: jalur barat (pulau menjangan kecil, cemara besar, cemara kecil, tanjung gelam, dll) dan jalur timur (pulau tengah, pulau kecil, pulau seruni, dll). bawa baju tergantung kebutuhan masing-masing sih 🙂

  18. infonya sangat bermanfaat, btw boleh kagak bwa motor kesana? rencananya mau jd backpacker sejati.. he6

    1. bisa banget mas kalau mau bawa motor nyeberang ke karimunjawa. tinggal naik KMP Siginjai aja. lagian, di Karimunjawa enakan naik motor kalau mau explore sampai pelosok2. paling nggak 1 minggu kalau mau puas 🙂

  19. kreatif dan sangat bermanfaat.. thanks broo. .. boleh minta pin ga??buat nambah temen dan mngkn nnti mw mnta tolongya nih hehehe

    1. alhamdulillah, happy traveling ke Karimunjawa, semoga lancar jaya. jangan buang sampah sembarangan, jangan pegang coral & let’s GO GREEN ya 🙂

  20. Asalamualaikum kak fahmi
    Mantap buat infonya soalnya bulan ini saya mau ke karimun jawa neeh first time thx bgt dah

    1. Waalaikumsalam, senang bisa sharing info tentang persiapan ke karimunjawa ini. Enjoy karimunjawa, jangan buang sampah di laut & jangan pegang2 coral ya 🙂

      1. Siap kak pasti kami jaga karimunjawa
        Go green Save earth save karimunjawa
        Wahhh 2 hari lagi neeh berangkat ga sabar rasanya ingin cepat sampai

  21. Bro…Agen tour yg bagus pake yg mana ya? Hotel Duta Karimun jg bgs ga?:)

    1. bagus itu relatif kan? saya jawab via email aja ya 🙂

      1. Thanks a lot bro infonya… sukses selalu.. 🙂

  22. keren infonya gan, saya ada rencana kesana tapi masih bingung mau jalan pake agent atau solo backpacker, krna ga tau kondisi disana. minta info gan klo punya referensi tempat penginapan/homstay yang safety dan nomor telepon untuk reservasi KM EXpress bahari.. 🙂

    salam ransel. gan..

    1. terima kasih sudah berkunjung ke blog ini, semoga informasinya bermanfaat. tapi kebetulan saya belum punya kontak pemesanan KM Express Bahari. beli tiketnya bisa go show di pelabuhan kartini kok

  23. Sy dpt info ttg kapal ekspres cantika /bahari Jepara di (+62291) 598488 / 592999. Utk ekpress cantika karimunjawa di (+62297) 312333. Semoga masih up to date. 🙂

    1. nah, sip ! terima kasih tambahan informasinya 🙂

  24. akhir bulan mau kesana nih. walau peak season..
    angkutan di jepara dan semarang sama sama beroperasi berapa jam ya gan??
    jam berapa tutup?

    1. maksudnya angkutan kapal atau bus nya mas?

  25. sangat bermafaat…. mas fahmi mau tanya tour agent yg bagus nya donk. karna saya perdana ke sana niy. oh ya budget menggunakan tour agent utk 2 org plus bawa kendaraan lribadi kira2 bisa abis brp ya mas? terima kasih

    1. sudah saya jawab via email ya, karena kalau ditanya tour agent mana yang bagus, itu jawabannya relatif hehe. selamat berwisata ke Karimunjawa. jangan buang sampah ke laut & jangan injak karang ya, let’s Go Green 🙂

  26. Salam kenal gan… Mau tanya kira” klo bulan oktober ke karimun bagus ga ya? Boleh minta info tourguide yg ok gan makasih… Punya kenalan yg bisa nyedianin pelayanan cathring gan… Jd klo mau makan ga repot” nyari restoran dulu… Tp yg menu makanan’y bs di request..makasih gan

    1. halo mbak dewi, saya bantu jawab via email saja ya 🙂

  27. Ikut nimbrung ahh… sy sekeluarga baru balik selasa kmrn dr karjaw.. 4h3m..mantap pantainya… asli bening biruuu… lg snorkeling ketemu nemo dan dori ;)). Saat ini agak berangin ya.. di kapal fery berasa banget ombaknya.. sy cepet2 mnm antimo drpd keburu ‘uwek’ 🙂 ok deh itu sedikit nimbrungan dari saya.. salam semuanya…

    1. alhamdulillah, senang mendengarnya. happy family goes to karimunjawa 🙂

      semoga alam bawah laut karimunjawa tetap lestari

  28. Salam kenal mas anhar,
    Mau nanya tour agent yang recommended, hehe…
    Kalo bulan desember, kira-kira oke engga ya, untuk liburan disana?
    Thanks in advance 😉

    1. replied via email ya mbak 🙂

      1. Mas DM agen tour yg recommended donk utk k sana

  29. Dear mas fahmi
    Mohon info mengenai rekomendasi tour agent untuk ke karimun jawa. Km rencananya berangkat dari semarang.
    Terim kasih atas sharingnya mas

    1. semua agen pasti ada plus minusnya, maaf saya tidak bisa merekomendasikan yang mana karena standar kepuasan tiap orang berbeda 🙂

  30. Mas fahmi,mau tanya donk,,aku ada planing ke karjaw skitar bulan desember,,kira” cuaca bagus ga yah..?terus agen tour yg kira” bisa memuaskan apa yah..?? Trims… blez via email aja yah mas,hehehe

    1. kalau desember kayanya sudah mulai musim angin barat mbak, takutnya gelombang sudah tinggi

  31. Hi Mas ..berguna banget infonya..
    Mau tanya donk..kalau saya bawa mobil dari jakarta dan mau ke karimun nya lewat semarang..apakah bisa mobilnya diitip di pelabuhan semarang sana? Jika bisa harganya berapaan ya mas dan aman ga?
    Kalau dibawa ke karimun nya bs jg kah? Biayanya berapa?
    Untuk travel agent dan horel mohon info mas yg rekomen apa.. soalnya saya cm berdua sama suami..heheheh..

    Makasih banyak mas sebelumnya..

    1. Hi Mbak Leni,

      setahu saya kalau bawa mobil ke Karimunjawa cuma bisa diangkut pakai KMP Siginjai dari pelabuhan Jepara. karena kalau dari pelabuhan Semarang jenis kapalnya pengangkut penumpang (KMC Bahari Express). mobil bisa dititipkan di pelabuhan, tapi kalau untuk safety nya bisa ditambah dengan pengamanan pribadi. biayanya saya kurang tahu 🙂

  32. om nek kita naik motor enaknya lewat smrng ato jepara ??
    la nek kita pingin jalan keluar pulau penyewaan kapal yg paling murah brapaan om kalo ngerti 😀
    soalnya kita target 300’an/orang . . ngirit ongkos om 😀

    1. setahu saya bisa lewat Jepara, motor diangkut KMP Siginjai. tentang penyewaan kapal, di karimunjawa banyak banget yang menyediakan jasa penyewaan kapal, bisa tanya ke homestay,atau ke siapapun deh disana. nanti akan ditunjukkan. tapi kalau rate nya saya kurang tahu

  33. Salam kenal mas anhar,
    Mau tanya tour agent yang recommended donk, hehe…
    rencana kesana dengan keluarga 3 anak, sikecil masih 2 tahun, aman gak yaa?
    Thanks in advance 😉

    1. salam kenal mas toni, mohon maaf, terus terang saya tidak bisa jawab setiap kali ada yang nanya/minta rekomndasi travel agen ke karimunjawa. karena bagus & memuaskan itu relatif. standar setiap orang berbeda. saya hanya blogger yang menuliskan cerita perjalanan yang dialaminya melalui media ini. saya netral terhadap semua agen travel hehe.

      mengenai anak kecil saya rasa tetap aman, asalkan semua peralatan & kebutuhan untuk si adek juga disiapkan. pengawasan orang tua juga harus extra ketika akan melaut menuju pulau-pulau di karimunjawa. semoga sharing ini berguna. safe trip untuk mas toni sekeluarga 🙂

      1. Bro kalo agen tour yg bagus pake yg mana? Harga paketnya sekitaran berapa soalnya kita baru pertama kali kasi tips dong thx

        1. semua agen tour punya plus minusnya masbro, diatas ada beberapa yg disebutkan, masih banyak yg lain juga, silakan googling untuk review agen tour mana yang cocok. lha tipsnya kan udah lengkap banget itu? 🙂

        2. Kalo mas pake tour yg mana? Bisa kirim kontaknya lewat email ga makasih

  34. Bagus Tulisan nya Buat reference
    Saya Jumat ini mau ke karimun jawa,bersama 4 teman saya dengan liburan ala backpacker
    mau tanya jarak stasiun tawang dengan jepara itu berapa lama ya di jalan?
    karena kita mengejar kapal express di pelabuhan kartini jam 8 sedangkan kami baru sampai Stasiun jam Stengah 6 Pagi..apakah keburu atau tidak?

    terima kasih
    please reply by email

    1. replied via email. safe trip to karimunjawa mas redza & kawan2. salam untuk para nemo & lionfish 🙂

  35. Selamat pagi, keren tulisan nya mas. Oiya mau tanya juga dong, ada rencana ke sana tanggal 16 ini, kira kira ombak nya aman engga ya? Lihat beberapa review bulan september agak tinggi ya katanya. Dan satu lagi, lebih worth it mana ikut agent travel atau tanpa agent travel in your opinion mas? Boleh dijawab via emakl ya. Thank you

    1. cuaca suka unpredictable mas, untuk info akurat bisa tanya ke pihak pelabuhan penyeberangan, orang karimunjawa atau travel agent nya. kemungkinan september sih sudah masuk musim angin barat, tapi nggak tahu juga. travel agent/jalan sendiri? tergantung style masing2 sih 🙂

  36. Bang fahmi awal oktober kira2 bagus g kL mo ksna..Oya update jadwal n tarip kapal dunk…?/

    1. sepertinya masih bagus mbak, tapi ya wallahua’lam, namanya cuaca nggak bisa ditebak. apalagi kondisi sekarang. jadwal kapal Jepara-Karimunjawa yang saya tahu KMP Siginjai berangkat jam 09.00 dan KMC Bahari Express berangkat jam 11.00. untuk update nya silakan kontak ADSP Jepara

  37. mnt infonya mas bwt honeymoon ksn enk ya pke paket tour mn ya??

    1. banyak banget yg menyediakan paket honeymoon ke karimunjawa mbak. pilih aja mana yg sreg 🙂

  38. salam kenal ya mas anhar, nice nih tulisannya, banyak bantu banget info2nya,
    tapi masih ada yg mau ditanya nih, kan rencananya besok sy sm rombongan mau kesana ala backpackeran, nah kita naik kreta smp semarang, perkiraan tiba di st. semarang jam 1-2 pagi, nah jam segitu itu ada gak bus/angkutan yang masih beroperasi, trus alternative klo gak ada angkutan/bus jam segitu apa masih ada kendaraan lainnya buat ke jeparanya ?? soalnya mau uber jam 6 pagi sampe di pelabuhannya,

    Thanks bgt ya,

    1. replied via email ya, semoga backpacking ke karimunjawa nya menyenangkan 🙂

  39. Mas,
    bantu info agent travel untuk karimunjawa yang bagus dan terpercaya beserta contact no.

    Terima kasih.

    Salam Go-Green

    Gez

    1. bagus itu relatif mas, standar tiap orang berbeda. pastinya setiap agen juga punya plus minusnya sendiri2. bisa dilihat dari fasilitas yg mereka janjikan & komentar para tamunya. semoga menemukan agen travel ke karimunjawa sesuai yg diharapkan

  40. Mas saya okt 18-19 mau kesana,ada beberapa pertimbangan tournya krn saya mau berangkat ber 10,cuma 2hari 1mlm krn waktunya tdk memungkinkan…
    Beberapa tour menjanjikan paket yg menggiurkan,mohon pencerahannya via email tdk apa2.terimakasih

    1. di postingan diatas sudah saya sebutkan beberapa agen, silakan googling saja mbak, cari website mereka, dicek mana fasilitas & paket ke karimunjawa yang cocok. untuk lebih jelasnya, silakan kontak agen2 tsb saja. semoga perjalanan ke karimunjawa nya aman & menyenangkan 🙂

  41. Halo, Mas salam kenal.. saya Mey dari Bandung. Dari dulu saya pengen banget ke karimun jawa mas tapi baru kesampaian sekarang, rencana saya mau kesana bulan desember tgl 26-28, kira-kira cuaca gimana ya?? awalnya excited tapi pas tahu desember mulai cuaca buruk jadi bingung, masalahnya saya harus booking tiket kereta dari sekarang 🙁 Oh iya mau tanya dong, kira-kira kalau pakai travel agent / jalan sendiri (destinasi, makan dan homestay standar) budgetnya beda berapa ya untuk 3D2N??

    1. halo mbak dewi, salam kenal juga

      mau ke karimunjawa besok desember? don’t think so juga ya cuaca disana kaya gimana, tapi biasanya sudah masuk ke musim hujan & musim angin barat. kalau kata orang lokal karimunjawa, best time to visit karimunjawa antara bulan mei-oktober sih.

      homestay ada yang 150ribu per kamar, bisa diisi 3 orang
      makan juga terjangkau lah
      paling yang agak mahal biaya sewa perahunya, jadi lebih enak kalau ramai2 bisa sharing cost

      safe trip ya 🙂

  42. Mas fahmi, keren bngt tulisanx, november saya sama suami rencana mau backpackeran naik motor k karjaw dari cirebon 4 hari tggl 3 november cuacanya bagus kah dsna? penyebranganx itu pakai kapal apa ya yg rekomend? Budget untuk sewa kapal, snorkling, n sewa kamera underwatter berapa ya, atau dsana ada yang melayani jasa travel/wisata laut untuk harian (untuk optimalkan waktu dsna, hari lainx bs keliling pake motor)
    kira” budget yg kita butuhkan brp y mas? terima kasih.

    1. Halo Mbak Dian, semoga cuaca november di karimunjawa masih oke ya, jadi bisa menikmati perjalanannya. Penyeberangan dengan membawa motor & mobil bisa via Jepara menggunakan kapal Siginjai. Di Karimunjawa banyak yang melayani jasa sewa kapal dan paket diving/snorkeling kok. Budget yang dibutuhkan tergantung style masing-masing mbak, saya tidak bisa mematok angka, karena setiap orang berbeda-beda. Semoga perjalanan touring ke Karimunjawa bersama suami akan aman & menyenangkan.

  43. Ka kita baru pertama kali nih mau kesana kira kira paket tour kesana yg bagus apaya? Dulu kaka kesana pake tourguide kan?blh minta kontak tourguide yg kaka pake gak? Terimakasih

    1. monggo di googling saja nama-nama agen yang tersebut diatas, masing masing punya website sendiri kok, ada contact person nya

  44. NOV INI PENGEN JUGA KE KARIMUN,,,,,SERU KALO BYK TEMEN ALIAS ROMBONGAN,,,,DARI SEMARANG BISA NYEBRANG DGN MOBIL GK MAS……..
    THANK’S

    1. setahu saya kalau mau nyeberang bawa motor/mobil hanya bisa via pelabuhaan jepara, karena yang dari semarang adalah kapal penumpang cepat

  45. thankyou mas fahmi buat tips nya ..
    ijin share ya mas 🙂
    ni lagi browsing2 ttg karimun buat persiapan piknik abis wisuda besok ..
    salam kenal @vindavan

    1. halo, salam kenal juga, senang deh denger respon postingan ini bermanfaat 🙂

  46. om, kalo bawa motor ntr pas naik kapal very motornya boleh dibawa gx om motornya? mksh om

    1. ke karimunjawa via jepara naik KMP Siginjai bisa bawa motor & mobil om, truk pun bisa diangkut kok hehe. gitu om…

  47. Ayooo mas nglayap bareng …. Aky rencana mo ksana bawa motor nih … Eh kalo mao bikin tenda nggak di homestay bisa nggak …? 7f848dec

    1. halo masbro, ayo ngelayap bareng 🙂
      bisa kok bikin tenda di karimunjawa, tp ttp jaga kebersihan lingkungan ya

  48. apa harus bisa renang klu mw tour karimun jawa mas? 🙁

    1. nggak mbak, kan ada pelampung yang disediakan 🙂

  49. pas ada jadwal snorkling bawah laut gmana dunkz mas?apa iyah pake pelampung?hehe….

    1. kalau belum bisa berenang dengan lancar ada baiknya menggunakan pelampung dengan alasan keamanan

  50. mas , tau travel agent yg trusted untuk ke karimun jawa ? trs kalau dari semarang ke jepara ada travel bus mini gt ga , bukan bus umum gt ? dan kira2 kalau ikut travel agent , uang yang harus dibawa untuk 4D3N 500 ribu cukup ga ? maaf yah banyak pertanyaan . soalnya aku sm temen2 bener2 untuk pertama bgt ngetrip ke karimun jawa . thanks before 🙂

    1. replied via email ya 🙂

  51. Mas tlg ksh tau travel agent yg recommended dong. Plus kira2 budget yg perlu disiapkan buat selama disana berapa. Thanks before 😀

    1. itu di postingan atas sudah saya sebutkan beberapa, silakan googling & pilih mana yang paling cocok 🙂

  52. Om minta rekomendasi tour agent yg terpecaya dong…Insya Allah akhir mei mau kesana…mdh2an cuaca mendukung. Mksh
    arif.kk23@gmail.com

  53. Mas, info tour agent yang recommended donk..sekalian penginapan yang nyaman di sana..rencana mo berdua istri ke sana…thanks

  54. Om tanya dong, kalo misal saya mau cari tour langsubg di tkp ada ga sih? Trs kalo bawa mobil ke karjaw biasanya pake feri yg siginjai juga kah? Mohon infonya, soalnya lebaran ini mau kesana nih hehe

    1. Bisa tante, banyak tour operator yang on the spot di Karimunjawa kok. Mobil bisa diangkut pakai KMP Siginjai, tapi kalau peak season macam lebaran gini, better berangkat lebih cepat biar masuk antrian depan. Kalau di belakang dikhawatirkan gak muat lagi kapalnya. Safe trip ya 🙂

  55. Nice Infos Mas Fahmi.
    btw mau tanya nih mas, kalo dari agustus – oktober bulan yg terbaik buat kesana bulan apa ya mas? apakah ada alternatif utk ke karimun dengan pesawat dari semarang?
    Terimakasih mas Fahmi.

    1. Cuaca sekarang suka unpredictable sih ya, saya juga gak berani jawab. Beberapa minggu lalu saja, ketika sudah bulan Juni, cuaca cerah, tapi ternyata perairan Karimunjawa kurang bagus, teman-teman saya sampai terjebak extend 4 hari karena syahbandar tidak berani memberikan ijin pelayaran kepada kapal, even itu kapal ferry besar seperti KMP Siginjai. Untuk pesawat Semarang Karimunjawa ada Susi Air sekarang yang terbang setiap weekend. Sekitar 333ribu kalau nggak salah. Dari Surabaya ke Karimunjawa pun ada.

  56. Mas, mau tanya dong. Rencana akhir agustus ini mau ke sana tapi hanya berdua, sedangkan kami ingin memanfaatkan budget kami di sana semaksimal mungkin sekitar 600k/orang. Kira2 itinerarynya bgaimana ya agar sesuai dengan budget dan lebih lama disana
    Tolong di follow up bbrapa prtanyaan saya ini. Terima kasih

    P.s
    Kami berangkat dari jogja

    1. Halo mas Zoeys,
      Karimunjawa kan kepulauan, sebagian besar kegiatan yang bisa dilakukan ya hanya island hopping, diving, snorkeling, memancing atau sekedar nongkrong di pinggir pantai. Bisa juga main ke mangrove forest, wisata kuliner di alun-alun karimunjawa atau wisata ziarah ke makam Sunan Nyamplungan. Jadi silakan disusun itinerarynya yang sesuai dengan minatnya. Biar irit, ikut group ketika berlayar ke pulau-pulau sekitar karimunjawa. Bisa sharing cost. Kalau hanya berdua sewa kapal & alat snorkeling akan berat di ongkos. Belum lagi sewa hotel atau homestay kan?

  57. Hi mas, cerita pengalaman anda sangat bermanfaat sekali. Sya ingin bertanya ada kah hotel yg jadi rekomendasi anda disana ? Tidak melihat mahal / murahnya tapi sya mau rekomendasi hotel yg nyaman, view bagus, dekat dgn keramaian & terutama banyak party2nya.
    Terima kasih mas.

    1. Halo mas Reza, terus terang saya tidak berani memberikan rekomendasi hotel/makanan jika saya belum pernah mencobanya sendiri. Sementara, ketika beberapa kali ke Karimunjawa, saya cuma menginap di homestay biasa. Tapi yang saya tahu, ada banyak pilihan hotel, resort maupun homestay disana. Dari yang mewah di Kura-kura resort, milik pemerintah seperti Hotel Karimunjawa Inn, puluhan homestay milik warga lokal, atau kalau mau yang beda suasana ada wisma apung. Happy traveling! 🙂

      1. Ooh ya mas satu lagi pertanyaan sya, berapa yaa harga biaya kapal ferinya bila kita mau membawa mobil ?

        1. kalau tarif penyeberangan mobil jepara-karimunjawa saya kurang tahu mas, kalau merak-bakauheni malah tahu, sekitar 235 ribu. mungkin sekitar itu harganya. mungkin lho ya

  58. Mas parkir mobil di pelabuhan jepara sebelah mana ya? Dan amankah?

    1. setahu saya ya di area parkir pelabuhan itu mas. ada penjaganya. aman atau tidak itu relatif mas.

  59. Mas, mau nanya, bisa bawa motor kesana ga? trus untuk jasa agent tour yang bagus, apa aja ya? mungkin jawabannya kirim ke email aku aja mas hiskiasima@gmail.com
    Makasih

  60. nice info… kepingin hanimum di karimunjawa sampai sekarang belum keturutan. mohon infonya by email mas kalau misalnya saya mw kesana dengan mobil pribadi dari semarang enaknya lewat jalur mana. include info keberangkatan kapal dari dan ke karimunjawa berarti ya^^…
    berhubung saya belum pernah kesana mohon info resort yang dekat dengan tempat makan dll. kalau kura kura resort gmn mas?? makasih

  61. Makasih atas postingannya, sangat bermanfaat.
    Nambah wawasan dan persiapan yg matang untuk berkunjung ke sana .

  62. Om, minta pencerahan agent tour dan homestay yang ala orang Indonesia banget, Murah tapi Bagus 😀 hehehehe

    1. saya pernah menginap di firzah homestay milik pak arif, lokasinya di belakang kantor pos karimunjawa, itungannya murah & bersih

  63. Mas bisa recomend tour yang bagus ga rencana sih mau brgkt bulan mei ini thx

    1. Ada buanyak tour yang menyediakan paket wisata ke karimunjawa, semua bagus mbak, meski ada plus minusnya.

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *