10 Tips Mendapatkan Voucher Diskon Hotel

burj-al-arab-dubai-fahmi-anhar
Hotel Burj Al Arab Dubai

Semakin kesini, semakin sering saya mendapatkan pertanyaan ajaib dari orang-orang sekitar. “Fahmi kamu kok liburan terus?” Atau “Mi, kamu nggak pernah pulang ke rumah ya? Tidur di hotel terus!” Haha ya sementara beginilah ritme hidup saya. Sebagai pekerja kantoran, seringkali saya ditugaskan keluar kota untuk monitoring program. Kadang untuk meeting atau training yang kesemuanya itu mengharuskan saya menginap di hotel. Disisi lain sebagai travel blogger yang memilih spesialisasi hotel review, sering juga mendapatkan undangan dari klien untuk review hotel dan media trip. Jadi wajarlah kalau jarang pulang ke rumah hehe.

Meskipun begitu bukan berarti saya melupakan keluarga. Liburan bersama keluarga tetap menjadi prioritas dikala waktu senggang. Apalagi sekarang sudah ada si kecil Fariz yang usianya menginjak 15 bulan. Lagi senang-senangnya diajak main keluar rumah. Ketika liburan bersama keluarga, tidak bisa sembarangan lagi memilih hotel. Aspek lokasi, fasilitas, kenyamanan, service dan harga menjadi perhatian sebelum booking hotel.

jambuluwuk-hotel-yogyakarta
Staycation bersama si cimil Fariz

Tapi ketika dihadapkan dengan budget liburan yang terbatas, lalu bagaimana caranya agar kita dapat liburan dengan nyaman tapi tanpa harus mengeluarkan budget terlalu besar? berikut rangkuman 10 tips mendapatkan voucher diskon hotel untuk liburan berdasarkan pengalaman pribadi saya.

1. Follow akun media sosial & subsribe newsletter

Voucher diskon seringkali diberikan oelh pihak hotel dalam periode-periode tertentu. Informasi promo hotel biasanya akan disampaikan melalui akun media sosial mereka seperti twitter, facebook, instagram. Berlangganan newsletter juga bermanfaat untuk mengetahui promo voucher diskon  hotel lebih awal. Biasanya newsletter dimiliki hotel-hotel jaringan besar.

2. Cek website metasearch

Cek website metasearch semacam Agoda, Wego, Booking dot com, Trivago, dll. Rasanya ini adalah cara paling sering dilakukan orang untuk hunting penginapan murah. Diskon hotel yang ditawarkan memang menarik, bahkan kadang ada yang menawarkan voucher diskon 50-75%. Tapi pesan saya, jangan sampai kena jebakan betmen. Saya pernah menemukan tawaran diskon fantastis, tapi setelah di klik harganya masih mahal juga. Ternyata embel-embel diskonnya hanya untu mengundang “klik” saja. Harus rajin dan sabar untuk survey serta membandingkan hotel mana yang memang sedang promo, fasilitasnya lengkap, nyaman dan sesuai dengan kebutuhan liburan kita.

3. Pakai voucher diskon Paylesser

paylesser-indonesia
Paylesser Indonesia

Paylesser adalah adalah perusahaan online yang menyediakan voucher diskon untuk transaksi belanja di toko online lainnya. Mengapa konsep ini menarik? Karena mekanismenya cukup mudah dengan memberikan kode diskon hotel yang ditawarkan dan bisa gunakan untuk booking hotel di situs online Expedia Indonesia, Agoda, Pegipegi, AirAsiaGo, Travelio, ZenRooms dan masih banyak lagi.

Kita juga bisa memulai dengan membuka website Paylesser, lalu cari Kode diskon Hotels.com Indonesia yang kita sukai. Jika sudah, klik kode voucher diskon nya lalu copy dan paste dan masukkan kode saat kita akan transaksi pembayaran hotel yang diinginkan. Mudah kan? Dapat diskonnya dobel-dobel deh.

4. Promo aplikasi gadget

Jaman sudah berubah. Hampir semua hal yang bersifat transaksional dapat kita lakukan dengan gadget. Termasuk mencari voucher diskon hotel yang murah pun dapat dilakukan dalam genggaman dengan beberapa klik saja. Aplikasi seperti Hotel Quickly dan Airbnb memberikan kode tertentu berupa potongan harga kamar pada saat booking pertama kali.

5. Manfaatkan corporate rate

Setiap perusahaan biasanya memiliki corporate rate dengan jaringan hotel-hotel mitranya. Ketika cek in, ada hotel yang meminta menunjukkan ID card kantor untuk di foto copy, ada juga yang cukup dengan menyebutkan nama perusahaan ketika reservasi. besaran diskonnya pun beragam, tergantung hasil kesepakatan kedua belah pihak. Rata-rata sekitar 20-40% dari published rate. Lumayan lah.

hotel-royal-ambarrukmo-yogyakarta
Business trip menggunakan corporate rate

6. Booking langsung ke hotel

Jangan malas untuk cek harga kamar via website resmi hotel yang kamu inginkan. Karena beberapa hotel memberikan promo berupa garansi harga lebih murah jika booking langsung. Berdasarkan pengalaman pribadi ketika booking, berapa yang pernah saya tahu diantaranya The Sunan Hotel Solo dan Tune Hotel.

7. Booking dari agen travel

Mencari hotel yang nyaman dan sesuai kebutuhan untuk liburan atau perjalanan dinas itu ada seninya sendiri. Semakin banyak pilihan kadang membuat kita semakin bingung mau pilih hotel yang mana. Ada tipe-tipe orang yang malas untuk survey online, senang praktisnya saja sehingga menempuh cara mencari voucher diskon hotel via agen travel. Potongan harga kamar hotel yang ditawarkan juga tak kalah menarik. Contohnya dari Kaha Travel, Nusantara Tour, TX Travel, dll.

8. Member hospitality club

Menjadi member hospitality club seperti Le Club, Accor Plus, Accor Vacation Club, Starwood Preferred Guest, Hyatt Gold Pasport, Marriott Rewards, IHG Reward, dll banyak keuntungannya, terutama bagi yang sering menginap di hotel. Selain kita bisa mengumpulkan poin selama staycation, diskon makanan, akses ke semua fasilitas hotel, juga bisa untuk upgrade ke kelas yang lebih tinggi.

hotel-holiday-inn-jakarta-wahid-hasyim
IHG group

9. Manfaatkan promo kartu kredit

Jika punya kartu kredit, coba rajin-rajin cek katalog promo bulanan mereka. Biasanya banyak merchant-merchant yang menawarkan diskon menarik ketika kita transaksi menggunakan kartu kredit. Sering kali saya temui tidak hanya restoran, spa, portal belanja online dan maskapai yang memberikan voucher diskon, tapi juga hotel dan resort. Transaksi mudah, liburan mewah terasa lebih murah.

Selain itu, kita juga bisa apply kartu kredit dari bank yang bekerjasama langsung dengan maskapai dan hotel. Contohnya seperti BNI – Garuda Airlines, CIMB – Air Asia, dan masih banyak lagi. Kartu bundling seperti ini biasanya memberikan manfaat lebih berupa air miles dan diskon hotel atau paket perjalanan.

10. Booking last minute

Pernah suatu malam saya menginap di sebuah hotel di kawasan Jakarta Selatan. Saat itu saya cek in jam 20.30. Karena sudah terlalu capai, saya tidak berpikir macam-macam, yang penting bisa segera masuk kamar, mandi yang bersih lalu tidur. Itu saja. Namun apa yang disampaikan oleh staff front office ketika membantu proses cek in kelak menambah wawasan saya. Sembari menyerahkan access card kamar, dia bilang begini. “coba bapak cek in nya jam 21.01, harga kamarnya diskon 30% lagi. Kami menerapkan diskon hotel setelah jam 9 malam pak. Saya pun menjawab dengan tetap akting berwibawa. “Ahh it’s oke mas, cuma selisih sedikit.” Sembari bergegas menuju kamar. Batin saya, “kampret kenapa nggak ngasih tahu dari tadi?” hahaha.

conrad-hotel-dubai-fahmi-anhar
Dubai from the top

Sebelum memilih hotel, ada baiknya juga untuk menyimak review hotel yang biasanya juga ditulis oleh para travel blogger. Jika dibandingkan dengan review yang ada di website metasearch macam Agoda, Trip Advisor, Wego, dll tentu merupakan hal yang berbeda karena ulasan dari para travel blogger berasal sudut pandang personal dan lebih mendalam sehigga calon tamu hotel mendapatkan gambaran detail terhadap penilaian hotel tersebut.

Happy traveling!

About the author

Indonesian expatriate living in Dubai UAE. I started blogging in January 2011. Awarded as 2nd runner up Skyscanner Travel Bloscars Award Indonesia on 2014. I mostly shares my travel experiences and tips for my readers through write up, photos and videos. Interested in hotel & airlines review, adventures, beaches, cultural festival, architectures, heritage sites, and foodies.
87 Responses
  1. Terima kasih atas tips nya mas Fahmi. Inti dari 10 tips diatas adalah rajin. Rajin melihat promo dan kepoin informasi. Jadi orang rajin akan tambah sejahterah sebab tidak perlu keluar uang banyak untuk membeli voucher hotel. Yuk semangat 🙂

  2. nah mas. aku pengen berguru sama jenengan masalah kaya gini. hehe. gimana sih kok mas fahmi bisa dapat banyak voucher hotel? aku cuma kadang2 aja ee.

    mas fahmi gabung jd member grup apa mas? hehe

    1. apasih masbro, berguru-berguru segala. aku dapat banyak voucher hotel ya karena aku pemilik hotelnya. hehe… hotel di permainan monopoli :p

      sementara aku ikut le club doang. accor plus belum ta ambil, padahal banyak benefitnya. kemarin liburan ke novotel nusa dua bali itu juga dalam rangka undangan dari accor vacation club. penawaran paketnya menarik banget karena berlaku di hotel-hotel seluruh dunia, tapi aku belum ambil membershipnya hehe.

    1. betul mbak, setiap hotel menerapkan kebijakan promosi sendiri-sendiri. ada yang biasa saja, ada juga yang menarik. pintar-pintar kita saja untuk tahu mana hotel bagus yang kasih rate bersahabat 🙂

  3. wah ternyata asyik banget yah, bisa jalan-jalan bareng keluarga dengan biaya terjangkau lagi, jadi untuk biaya lainnya bisa kita prioritaskan untuk keperluan lainnya, keren banget deh, nabung jalan rfresing juga jalan, smoga jadi keluarga yang sakinah mawaddah wa rahmah ya…

  4. Dari dulu, aku bercita-cita untuk bisa traveling ke seluruh dunia. Sampai-sampai aku mencoret-coret buku atlas untuk membuat rute perjalanannya. Tapi, sampe sekarang masih cuma impian. Jadi iri sama kak fahmi yang liburan terus gak pulang pulang… mohon doanya kak, biar aku juga bisa kayak gitu… :’D

    1. hehehe foto terakhir priceless experience bagi saya. kayanya udah nggak mungkin terulang lagi moment nongkrong di atap gedung bertingkat di pinggir sheikh zayed road dubai sambil bengong lihat traffic di bawah sana

    1. ada beberapa hotel yang di websitenya memberikan statement garansi harga lebih murah jika booking langsung via website hotel daripada via OTA. tapi ada juga hotel yang lebih mahal kalau booking langsung. beda-beda sih manajemen tiap hotel, tergantung revenue managernya juga.

  5. Wow.. Mantep Gan sharing artikelnya.
    Artikel kaya gini yang banyak orang tunggu. Ada artikel tentang rekomendasi hotel disetiap daerah ga gan? Kalo ada boleh dong linknya 🙂 Makasih gan

    1. paling jauh baru ke Uni Emirat Arab saja mas Ahmad. Tapi esensi traveling tentu bukan seberapa jauh destinasi atau seberapa menantang perjalanannya, melainkan bagaimana kita menikmati setiap momen ketika traveling itu kan? 😀

  6. oki

    bemang harus seperti itu, paling tidak kita selalu update info terkini baik di media sosial atau beberapa forum yang berkaitan.
    siapa cepat dia dapat, karena biasanya sifat voucher terbatas 😀

  7. Belum pernah berhasil dapat diskon atau voucher hotel karena sering nginep di hostel mas karena aku solo traveler, nginep di hotel malahan jadi takut kamarnya gede. Nanti kapan2 aku coba tipsnya kadang klo lg diskon gede suka keduluan sama temen di grup backpacker yg udah dapet begitu ikutan beli udah habis

Leave a Reply