Tips Mendapatkan Tiket Pesawat Promo Ke Luar Negeri

Liburan ke luar negeri, bukan lagi sebuah hal yang “wow” di era sekarang. Siapa saja, bisa dengan mudah terbang kemana saja, kapan saja. Apalagi dengan maraknya tiket pesawat promo ke luar negeri yang diberikan oleh maskapai. Berbeda dengan jaman beberapa dekade lalu, dimana saat itu, traveling ke luar negeri masih merupakan sebuah kemewahan. Belum ada obral tiket promo, belum banyak pilihan maskapai, pilihan rute terbang juga masih relatif terbatas. Ditambah kewajiban membayar biaya fiskal kepada negara sebesar Rp. 1-2,5 juta. Kala itu kurs Dollar masih sekitar Rp. 2.500,-

Yak! prolognya sekaligus sebagai penyingkap usia! Hahaha.

Jaman berubah, kompetisi dunia aviasi semakin ketat. Masing-masing airlines terus berusaha mempercantik diri dengan memperbarui armada pesawat, meningkatkan kualitas layanan, membuka rute baru dan menebar gimmick tiket promo kepada calon penumpang. Makanya juga, tak jarang kita lihat ada teman-teman yang kerjaannya traveling mulu, terbang sana-sini dengan mudahnya. Kok bisa ya?

Nah, lalu bagaimana cara mendapatkan tiket pesawat promo ke luar negeri? Simak tips berikut ini:

  • Ikuti Akun Media Sosial Maskapai

Hari gini pasti semua pada punya akun Instagram, Twitter, Facebook dong ya? Manfaatkan media sosial kita bukan hanya untuk pamer foto atau curhat random, tapi juga untuk mendapatkan informasi yang bermanfaat. Dengan follow akun media sosial resmi maskapai, kita jadi bisa tahu kapan mereka akan membuka rute baru, lagi ada kuis berhadiah apa saja, dan juga bisa tahu kapan maskapai menggelar tiket promo.

  • Hunting Tiket Pesawat Promo Di Travel Fair

Event travel fair biasanya jadi ajang promo gila-gilaan maskapai. Sebelum datang, pastikan kamu sudah tahu syarat dan ketentuan penjualan tiket promo, periode terbang, destinasi dan metode pembayaran. Seringnya bermitra dengan salah satu atau beberapa bank. Manfaatkan tambahan diskon atau berupa cashback jika menggunakan kartu bank tertentu.

  • Rajin Survey Melalui Online Travel Agency

Daripada browsing nggak jelas, mending survey tiket di online travel agency untuk persiapan liburan kita. Kalau saya, sambil survey, sambil bikin matriks simpel di excel, jadi tahu detail komparasi harga antar maskapai, rute dan waktu terbang terbaik. Saat ini pricing algoritma maskapai dan OTA sudah sangat canggih, biasanya penentuan harga tiket berdasarkan waktu terbang, antusiasme permintaan pasar, musim dan event yang akan berlangsung di rute tujuan.

Nah, salah satu OTA favorit saya, saat ini sedang menggelar Traveloka tiket pesawat promo akhir tahun. Pas banget nih kalau lagi nyari tiket murah untuk liburan akhir tahun bersama keluarga ataupun teman-teman. Coba cek promonya, sipa tau nemu tiket murah. Manfaatkan juga beragam kupon diskon yang disediakan.

  • Bergabung Komunitas Traveling

Bertemu dengan orang-orang yang memiliki interest yang sama, akan membawa semangat positif dalam kehidupan kita. Termasuk urusan jalan-jalan nih. Dengan bergabung bersama komunitas traveling baik di dunia nyata maupun dunia maya, kita bisa mendapatkan beragam informasi di dalamnya, mulai dari gambaran destinasi wisata, cara apply visa, tiket pesawat promo, moda transportasi alternatif yang bisa digunakan selama traveling, wisata kuliner, aktifitas seru yang bisa dilakukan, hingga berbagi tips cara menghemat budget selama jalan-jalan.

Bahkan seringkali berawal dari kenalan di dunia maya, dan berakhir dengan traveling bersama-sama. Seru!

  • Ingat Periode Promo Tahunan Maskapai

Dulu saya punya catatan kecil kapan sebuah maskapai mengadakan promo tiket. Entah ketika maskapai tersebut berulang tahun, periode summer sale, winter sale, year end sale, dll. Jika kita rutin mengikuti informasi dari maskapai, akan terbaca pola promo mereka.

  • Berkawan Dengan Pegawai Travel Agent

Menjalin pertemanan dengan siapa saja itu nggak ada ruginya. Termasuk dengan teman-teman yang bekerja di travel agent. Mengapa? karena dari mereka kita juga bisa jadi tahu kapan ada promo tiket pesawat murah, hotel murah, diskon paket wisata, rekomendasi sewa kendaraan. Biasanya mereka juga akan dengan senang hati bertukar info karena ini jadi simbiosis mutualisme, mereka dapat calon customer, kita dapat info sebagai bahan pertimbangan.

  • Berprofesi Sebagai Cabin Crew

Jelaous lihat teman kamu traveling mulu yang terbang kesana-kesini sesuka hati? Kenapa nggak coba apply jadi cabin crew saja? Asalkan kamu merasa percaya diri dengan look yang dimiliki, kompetensi dan requirement yang diminta, coba saja! Benefit jadi pramugari atau pramugara adalah kita bisa kerja sekaligus mengunjungi tempat baru, apalagi kalau dapat RON atau Remain Overnight, bermalam di kota destinasi terakhir setelah jam terbang usai. Kalau mau apply, juga jangan tanggung-tanggung, cobalah maskapai internasional sekalian biar kesempatan keliling dunia semakin terbuka lebar. Asal tahu saja, rumor yang beredar, saat ini banyak maskapai internasional yang lebih suka hire orang-orang Asia Tenggara karena keramahan & etos kerjanya, dibandingkan dengan “orang barat”.

Tapi kalau mau jadi cabin crew, jangan sampai lupa konsekuensinya. Yaitu mengorbankan waktu, familiy time, stamina fisik dan nyawa taruhannya dalam setiap penerbangan.

  • Menikah Dengan Karyawan Airlines

Maskapai memberikan beberapa benefit untuk para karyawan tetapnya. Emirates Airlines Group misalnya. Beberapa teman saya yang bekerja disana, cerita kalau dapat benefit yang banyak baik untuk dirinya sendiri, keluarga inti maupun teman-temannya. Misalnya berupa jatah tiket tahunan yang bisa dipakai kemana saja atau diskon tiket menggunakan staff rate.

Teman saya di Dubai, biasa pulang ke Indonesia ketika weekend hanya untuk datang kondangan, jajan ketoprak, ambil sambel pecel, atau sekedar kangen dengan keluarga sejanak, lalu keesokan harinya terbang kembali ke Dubai untuk bekerja lagi. Atau di lain kesempatan, mereka tiba-tiba sudah ada di Brazil atau Afrika Selatan melalui update instastorynya. Ya karena dapat fasilitas jatah tiket terbang dari kantornya itu.

Sekarang optionnya ada 2. Kalau kamu belum jadi karyawan maskapai besar, maka menikahlah dengan karyawan airlines, atau cari mertua yang kerja disana haha!

Baca Juga: Tips Mendapatkan Kerja Di Dubai

Ok, tipsnya semakin ngaco! Jadi rasanya sudah cukup untuk postingan tips mendapatkan tiket pesawat promo ke luar negeri kali ini.

At the end of the day, saya cuma mau mengingatkan mengenai lika-liku tiket pesawat promo ke luar negeri ini. Biasanya, sejak tanggal pembelian kan periode terbangnya masih sangat lama, beberapa bulan atau bahkan lebih dari setahun kedepan, dimana kita belum bisa memprediksi apa kegiatan kita pada saat itu, apakah cuti diapprove kantor atau nggak, sehat/nggak, dll maka sebaiknya kita sudah menata hati dari awal bahwa tiket pesawat promo ini harus nothing to lose. Bisa berangkat ya artinya alhamdulillah masih rejeki, namun jika ternyata harus hangus tiketnya, yaudah ikhlasin aja. Jangan karena gagal liburan malah stress.

So, ladies and gentlement, welcome onboard! please ensure your seats and table trays are in the upright position for take-off. Thank you for reading my blogpost and enjoy your flight!