17 Tips Mendapatkan Tiket Pesawat Murah

Transportasi udara menjadi andalan untuk traveling ke berbagai destinasi jarak jauh karena dirasa paling efektif dari sisi manajemen waktu jika dibandingkan dengan moda transportasi lain. Namun dibalik itu, kadang kita terkendala sulitnya mendapatkan harga tiket pesawat murah atau promo. Apalagi ketika isi dompet pas-pasan, jadi mikir lagi mau beli tiket.

Ada kalanya juga kita merasa heran bagaimana orang-orang itu mendapatkan tiket pesawat promo dengan harga murah sehingga bisa traveling kemana-mana. Iya nggak?

Nah, setelah saya analisa, ternyata ada banyak cara agar kita bisa mendapatkan tiket pesawat murah.

Bagaimana caranya? Simak 17 tips mendapatkan tiket pesawat murah berdasarkan pengalaman saya pribadi.

 

  1. Ketahui tarif normal rute penerbangan

    Sebelum tahu harga tiket pesawat yang akan kita beli termasuk murah atau mahal, maka kita harus tahu harga normal tiket dari maskapai untuk sebuah destinasi.

    Bagaimana caranya?

    Ya paling tidak sesekali cek website maskapai agar tahu harga normal sebuah rute. Dari situ, kita baru bisa paham konteks harga normal, mahal, murah dan promo.

  2. Follow akun social media airlines

    Dari akun sosial media seperti Twitter, Instagram, Facebook dan Youtube milik maskapai, informasi promo tiket pesawat disampaikan ke publik.

    Jadi nggak ada salahnya follow twitter, instagram maupun facebook.

    Berikut beberapa akun twitternya:
    @IndonesiaGaruda @airasia @airasiaid @citilink @tigerairSG @emirates @EtihadAirways @SingaporeAirID @cathaypacific @TurkishAirlines @AsianaAirlines

    Selain itu, saya juga follow airlines expert macam sahabat saya Bang RaW, seorang travel blogger Malaysia yang cukup konsisten menginformasikan berbagai promo tiket pesawat, terutama long haul flight.

    Cek twitter & Instagramnya @rambleandwander atau FB page Ramble and Wander

  3. Rajin buka website airlines

    Mengapa saya menyarankan rajin buka website maskapai?

    Karena banner informasi tiket promo seringkali dipajang di home page. Tinggal klik saja, biasanya disitu dijelaskan syarat & ketentuannya. Kalau pas dapat harga yang cocok, beli deh.

    Jetstar Airlines

  4. Sign up newsletter

    Saya memiliki satu email khusus untuk subscribe newsletter berbagai maskapai baik domestik maupun mancanegara. Dengan begitu, semua info promo tiket dan program-program menarik airlines saya dapatkan dari newsletter.

    Selain subsribe maskapai, email ini juga saya gunakan untuk mendapatkan info promo hotel. Mengapa email khusus? Agar inbox tidak rancu dengan email lain yang masuk.

  5. Website metasearch

    Kita juga bisa memanfaatkan banyak website metasearch semacam Skyscanner, Expedia, Wego, AirasiaGo, Tripsta, GotoGate, Nusatrip, Tiket2 dan masih banyak lagi.

    Portal semacam ini memberikan kemudahan bagi konsumen untuk mencari tiket pesawat murah langsung dari berbagai maskapai dalam sekali klik.

  6. Datang ke Travel Fair

    Momen Travel Fair menjadi kesempatan emas berburu tiket pesawat promo. Beragam maskapai dan travel agent berusaha memanjakan konsumennya. Meski terkadang harus antri panjang untuk masuk venue dan berdesakan dengan pengunjung lain. Tapi layak diperjuangkan lah.

  7. Manfaatkan promo kartu kredit

    Kamu pemegang kartu kredit BCA, Mandiri, BNI, Maybank, ANZ, Citibank, CIMB Niaga, dll? Kalau iya, manfaatkan beragam promonya. Ada yang berupa tambahan diskon pembelian tiket, potongan harga, kode diskon, tambahan airmiles, poin kartu kredit dan sebagainya.

    Kita harus jeli melihat penawaran program promosi kartu kredit. Tapi saran saya, jangan pakai kartu kredit untuk jenis promo cicilan paket traveling.

    Kenapa? Lha wong mau jalan-jalan happy-happy kok ngutang? Travelingnya sih seneng, tapi kalau baliknya masih harus bayar cicilan kan ngenes hehe.

    Selain memanfaatkan promo kartu kredit, kita juga dapat memanfaatkan program dari maskapai, contohnya ASEAN Pass AirAsia. Program ini menurut saya cukup menarik karena setelah dihitung-hitung, jatuhnya lebih murah jika dibandingkan dengan beli tiket ngecer.

  8. Tukarkan poin frequent flyer

    Rata-rata, membership airmiles maskapai itu GRATIS.

    Jadi nggak ada salahnya untuk mendaftar. Entah kapan terbangnya, daftar aja dulu. Setelah poin frequent flyer terkumpul banyak, bisa ditukarkan dengan tiket terbang gratis. Lumayan kan?

    Pengalaman pribadi, saya pernah punya 240.000 BIG Point Air Asia. Dengan poin sebanyak itu, saya lumayan cukup leluasa terbang kemana saja hanya dengan menukarkan poin.

  9. Maskapai budget VS full board

    Coba ubah mindset bahwa maskapai budget selalu lebih murah dan maskapai full board itu selalu mahal. Nggak selamanya berlaku seperti itu.

    Ada kalanya, maskapai macam Garuda Indonesia, Malaysia Airlines, Royal Brunei Airlines, Vietnam Airlines, Silk Air, juga memberikan tarif yang lebih murah dibandingkan budget airlines macam Air Asia maupun Jetstar Airlines untuk rute-rute sekitar Asia pada waku-waktu tertentu.

    Rajin-rajin saja cek promonya.

    Termasuk kenapa saya bisa terdampar di Dubai, Uni Emirat Arab kala itu, salah satu penyebabnya ya karena dapat promo Malaysia Airlines, rute Singapore – Dubai PP hanya Rp 4,5 juta saja. Mayan banget lah.

    Business Class Malaysia Airlines
    Business Class Malaysia Airlines
  10. Waktu yang tepat

    Maskapai besar seperti Emirates Airlines, Etihad, Singapore Airlines, Cathay Pacific, Malaysia Airlines, Thai Airways, Asiana, Turkish Airlines menggelar promo long haul flight biasanya pada bulan September s/d November setiap tahunnya.

    Inilah saat yang tepat untuk merencanakan perjalanan panjang tahun depan. Tips lainnya adalah, pilih hari keberangkatan dan pulang pada saat weekday, bukan weekend karena biasanya harganya lebih murah.

  11. Jangan memborong tiket

    Maksudnya bagaimana? Jika kamu akan membeli tiket untuk group, atau misalnya lebih dari 5 orang, maka lebih baik beli satu persatu melalui beberapa window lalu klik search secara bersamaan.

    Coba bandingkan harga jika langsung membeli untuk banyak orang. Biasanya lebih mahal jika kita masukkan beberapa jumlah penumpang sekaligus.

  12. Pilih penerbangan transit

    Direct flight memang lebih efektif. Namun kalau option transit ternyata lebih murah, mengapa tidak dicoba? Ya anggap saja tambah destinasi untuk dikunjungi selama transit.

    Contoh kasus yang pernah saya alami seperti ini. Jakarta – Dubai direct flight jatuhnya 7 jutaan. Tapi kalau saya pilih rute Singapura – Dubai transit via Bangkok, jatuhnya cuma 4,7 juta. Pilih mana?

  13. Cek juga departure dari Kuala Lumpur atau Singapura

    Untuk long haul flight, masalah keberangkatan coba jangan terpatok pada kota terdekat dengan domisili kita. Tiket ke Kuala Lumpur dan Singapura kan murah sekarang. Nggak ada salahnya coba cek departure dari sana.

    Beberapa kali saya menemukan tiket pesawat promo lebih murah jika berangkat dari negara tetangga daripada via Jakarta, Surabaya, Medan atau Bali. Mengapa hal ini terjadi?

    Karena Changi Airport dan Kuala Lumpur International Airport memiliki interkoneksi rute yang cukup luas ke berbagai penjuru dunia.

    Terminal 3 Changi Airport Singapore
    Terminal 3 Changi Airport Singapore
  14. Berteman dengan travel agent

    “Mbak, kalau ada promo tiket pesawat atau voucher hotel murah saya dikabari ya”. Itu yang kadang saya pesan ke teman-teman agen travel. Nggak ada salahnya kok menjalin hubungan baik dengan mereka. Toh sifatnya win-win solution. Kita senang karena dapat harga terjangkau, mereka senang karena jualannya laku dan customer senang.

    Pernah suatu kali saya dikabari, “Mas, saya ada tiket Lion Air ke Ambon 200 ribu saja. mau nggak? Ini jatah saya dari kantor, tapi belum bisa dipakai. Lumayan lho mas.” Mendengar tawaran itu saya pun langsung kayang di kubikel karena galau juga kapan waktu yang pas untuk bisa terbang ke Ambonnya haha. 200 ribu doang nyet!

  15. Tidak beli PP dengan maskapai yang sama

    Nah ini lain lagi ceritanya. Kalau mau survey mendalam ketika hunting tiket pesawat murah sebelum traveling, coba lakukan ini. Siapa tahu jatuhnya lebih murah. Selain itu, kita juga bisa mendapatkan pengalaman menggunakan maskapai yang berbeda selama traveling.

  16. Ikut kuis berhadiah tiket pesawat

    Jangan malu dan gengsi untuk ikut kuis ini itu. Entah itu berhadiah tiket pesawat, voucher hotel, poin frequent flyer, paket perjalanan, dll. Kalau menang kan alhamdulillah. Selama syaratnya nggak ribet, kenapa nggak dicoba? Lillahita’ala aja. Dapat ya syukur, belum rejeki ya sudah. Artinya harus semakin rajin menabung. Ngono.

  17. Cari pasangan pilot atau pramugari

    Tips terakhir agak absurd sih hahaha, tapi bener juga lho. Teman saya yang profesi pasangannya pilot, pramugari, atau bekerja di airlines industry, mereka dapat jatah semacam corporate rate. Bahkan kalau tidak salah info, anggota keluarga inti pilot cuma bayar 10% dari published rate untuk semua rute. Enak banget ya.

Demikian 17 tips mendapatkan tiket pesawat murah. Intinya sih jangan malas survey, browsing, membangun network dan menambah wawasan.

Ada yang mau menambahkan tipsnya? Silakan! Mari berbagi untuk kebersamaan.

Happy traveling & safe flight!

(Note: artikel ini senantiasa diupdate agar tetap relevan saat ini)

About the author

Indonesian expatriate living in Dubai UAE. I started blogging in January 2011. Awarded as 2nd runner up Skyscanner Travel Bloscars Award Indonesia on 2014. I mostly shares my travel experiences and tips for my readers through write up, photos and videos. Interested in hotel & airlines review, adventures, beaches, cultural festival, architectures, heritage sites, and foodies.
64 Responses
  1. Tips yang terakhirnya itu, joss sangat! 😀
    Tapi gak cuma pilot atau pramugari(a) aja kok mas. Beberapa pegawai lainnya juga mendapat keistimewaan yang agak-agak mirip. Soalnya aku pernah nganterin temanku yang bapaknya pernah kerja di Garuda. Ini statusnya cuma ‘pernah kerja’ lho, alias bapaknya udah ambil pensiun dini. Tapi keluarga temanku itu masih bisa dapat tiket gratis dan potongan harga yang lumayan banget. Kalau gak salah dalam setahun itu mereka berhak dapat: 1 tiket gratis, 1 tiket potongan 75 persen, 1 tiket potongan 50 persen, dan 1 tiket potongan 25 persen 😀

    1. Betul mas Bart, saya pernah duduk sebelahan dengan seorang pensiunan karyawan Garuda Indonesia dalam sebuah penerbangan pagi. Beliau cerita bahwa meskipun sudah pensiun dari Garuda mereka masih mendapatkan jatah tiket 4 kali terbang selama setahun. Tapi rinciannya bagaimana, beliau nggak sempat cerita. Mungkin seperti yang ditulis diatas.

      Seru ya kerja di airlines industry. Jadi pingin coba di Corcomm atau Marcomm nya.

  2. Wih,makasih! Berguna banget tipsnya, Mas! Untuk tips yang terkahir mungkin bisa bantu? Ada yang available? Hahaha.

    O iya, pernah baca kalau OTA dan situs sejenis itu nyimpen cookies dari browser kita. Mereka bisa naikin harga tiket pesawat kalau kita sering cek web mereka. Benar ga ya?

    1. Waini, kalau stock pramugari yang vacant lagi abis Mas Iyos, adanya mbak-mbak wartawan kepresidenan gimana? Mau? hahaha

      Kalau tentang OTA menyimpan cookues dari browser kita sehingga mereka bisa menaikkan harga tiket pesawat kalau kita sering cek via web mereka, akan saya coba tanyakan ke teman-teman yang kerja di bidang tersebut ya. Saya update kalau sudah ada jawabannya 🙂

  3. Yup. Tips di atas bener semua. Kamu dapat nilai 100, mas.

    Ambil flight weekday, flight transit, flight dari kota tetangga, dan flight beda maskapai udah sering dilakukan. Pada dasarnya aku biasa cari tiket pesawat melalui search engine dan OTA, misalnya Skyscanner dan Airpaz. Jadi langsung dipandu buat mencari kombinasi harga termurah, nggak harus 1 maskapai.

    1. waktu itu dapat hibah BIG Point dari pakcik Tony Fernandes hehe.

      masa blogger papan atas nusantara mau minta hibah BIG Point ke blogger kelas menengah ngehe macam aku begini, tega kamu kak? hahaha

    1. Tergantung rutenya juga sih. Misal gini, Jogja – Singapore dapat murah, tapi baliknya Singapore – Jogja lebih mahal karena pajak bandara, service charge dll di Changi airport lebih mahal dibandingkan dengan Bandara Adisucipto masbro. Kira-kira begitu 🙂

  4. kemarin nyari tiket pesawat ke maroko buat temenku, dpt hrg muraaah bgtttt kalo perginya dr KL :D.. naik qatar. jauh bgt beda harga kalo pergi lgs dr jkt.. aku nyesel ga bisa ikutan, cuma bisa bookingin temen pake kartuku 😀

    1. waaa ikut ke maroko dong mbak! negara eksotis di utara benua hitam. anyway dapat berapa kesana?

      case kita sama ternyata mbak, sering bookingin tiket teman kantor pakai kartu kita hahaha. seneng bisa bantu meski gak bisa ikut ngetrip.

  5. tips-tipsnya joss mas..saya sering bingung kalau mau beli tiket ke luar negri dengan harga murah…
    berrti udh harus mulai ancang-ancang ni…haha 🙂

  6. Pengalaman pribadi, join grup facebook khusus tentang tiket2 promo itu lebih efektif untuk tau info2 tiket murah bahkan terkadang ada website travel agent yang mengalami error harga haha…

    Anyway yang lain nya juga nice tips terutama punya pasangan pilot atau pramugari, ini khusus buat yang single aja ya~

  7. Tipsnya bener bgt tp aku terkendala cuti, bisanya di bulan2 liburan yg emang peak season, tp tips terakhir boleh jg nih dipraktekin utk nyari bojo pilot atau yg kerja di airline hehehe

    1. justru kalau mau enak liburan, kita jangan ambil ketika peak season kak. selain lebih sepi suasananya, harga tiket kadang relatif lebih miring.

      good luck ya semoga ada pilot yang nyantol hehe

  8. No 15 , justru tidak berlaku utk penerbangan Eropa dan Amerika. Membeli PP dengan maskapai yg sama dengan tujuan/asal bandara yang sama juga, malah bisa menghemat hampir 60%, daripada beli pisah-pisah.

    1. lah kalau kasusnya berangkat landing di Paris, baliknya lewat Barcelona gimana kak Vika? atau misal yang amerika, berangkat landing via Washington, balik via Florida. kan kalau repot juga kalau harus pakai bandara dan maskapai yang sama. Jadi tips no 15 sifatnya memang relatif. Iya nggak?

  9. Aku setiap kali masuk pesawat, trus ketemu pramugara, udah minder duluan. Mereka lebih wangi dan mukanya lebih terawat dibanding aku.
    Jadi harapan ku tinggal para pilot. *yak ya’o koyo eneng sing gelem*

  10. Terimakasih tipsnya, membantu banget, boleh diterapkan nih. Iya, aku itung2 emang Kalo beli tiket PP dari maskapai yang sama keliatan jatuhnya murah. Taaapiii sebenarnya lebih murah Kalo beda pergi dan pulangnya. Lumayan 200-300rb.

  11. kenapa sih bang.. kenapa abang begitu jahat sama saya.. masa abang jualan tiket murahnya hanya sampai november.. itu bulan2 saya kosong kas bang… abang jaat… abang tegah..

    Dramah Uttaran mulai

Leave a Reply