Kerja Di Dubai

“Enak ya bisa kerja di Dubai, bisa sambil liburan.”

Nurut ngana???

Kita disini tuh jadi buruh di negeri orang Bwambaaang, bukannya liburan tiap hari!

Sejujurnya, itu pula yang terlintas di pikiran saya ketika dinyatakan diterima bekerja di Dubai, medio 2017 lalu. Akan bekerja di perusahaan multinasional, tinggal di kota megapolitan dengan segala fasilitas aduhai nan bergelimang gemerlap duniawi.

In fact…

Ya saya cuma buruh.

Buruh korporat.

Mau kerja as a professional ala kantoran, di hospitality industry, airlines, property, finance atau bahkan yang kerja di sektor informal seperti asisten rumah tangga pun, pada hakikatnya sama. Buruh.

Itulah mengapa saya sempat menuliskan blogpost series Catatan Buruh Migran tentang kehidupan keseharian di Dubai, Uni Emirat Arab. Isinya mostly nyampah sih, makanya sekarang belum saya terusin projectnya. Lagian waktu sudah habis untuk kerja, kerja dan kerja. #Eaaa.

Tujuan utama cerita adalah untuk menyimpan setiap kepingan kenangan selama bekerja di Dubai yang tentunya kelak akan saya rindukan. Selain itu, juga sekaligus untuk menjawab pertanyaan teman-teman tentang bagaimana mencari kerja di Dubai, bagaimana biaya hidup di Dubai, seperti apa keseharian disana, dan lain-lain.

Namun karena series itu dirasa terlalu detail & panjang untuk disimak, maka kali ini saya coba buat satu postingan khusus tentang poin-poin penting Tips Mencari Kerja di Dubai secara khusus, atau Uni Emirat Arab secara umum.

10 Tips Kerja di Dubai

  1. Menata hati, niat dan mental

    Bekerja di negeri orang, tidaklah seenak bekerja di negeri sendiri. Kita harus beradaptasi lagi dengan semua aspek kehidupan di tempat baru. Pressure bekerja disini jauh lebih besar, karena kita selalu dituntut untuk memenuhi standar internasional. Godaan duniawi pun SANGAT BESAR disini. Untuk itu, sebelum mencoba melamar kerja di Dubai, mari luruskan niat, menata hati dan siapkan mental sejak jauh-jauh hari.

  2. Persiapkan CV

    Ini basic banget ya.

    Buatlah CV yang menarik, simpel dan menjual. Saya sendiri set standar maksimum 2 halaman saja. Cukup tuliskan poin-poin penting yang menggambarkan siapa dirimu, seperti apa pengalaman kerjamu dan apa saja keahlianmu. Kasih foto terbaikmu, perlihatkan sisi profesionalmu. Tipsnya bisa nyontek pose para CEO di majalah atau website perusahaan ternama. Ojo lali senyum dikit!

    Oiya, mostly perusahaan luar negeri nggak lihat TTL dan Agama. Yang mereka lihat hanya skill dan personality. Udah, dua itu kuncinya.

  3. Persiapkan Interview

    Jika perusahaan tertarik dengan CV mu, biasanya mereka akan mengundang untuk interview. Ada 2 kemungkinan, on the spot atau via Skype. On the spot sendiri ada 2 kemungkinan. Perusahaan akan menerbangkan teamnya ke Indonesia untuk interview massal (ini yang kadang dilakukan Emirates Group) atau kamu diminta datang interview ke kantor di negara tersebut, misal ke Dubai. Kalau pas saya sih cukup via Skype.

    Ada berapa tahap interview? Beragam, tergantung perusahaan masing-masing. Ada yang satu kali, dua bahkan 3 kali. Ketika saya hanya 1 kali, durasinya sekitar 45 menit.

    Pertanyaan yang seringkali muncul itu-itu aja kok. So, prepare yourself, dandan yang ganteng dan cantik (tapi jangan menor), perbanyak latihan, siapkan jawaban-jawaban yang to the point dan tetap jadi dirimu sendiri. Tahap interview adalah KOENTJI.

    Baca Juga: Seperti Apa Gambaran Kehidupan Dan Berapa gaji Di Dubai?

  4. Kenali Perusahaan Yang Dilamar

    Nggak lucu dong kalau kamu ngelamar Jumeriah Group atau Emirates Group tapi nggak ngerti seluk beluknya? Misalnya gitu.

    Bukalah website perusahaan yang kamu lamar, cek “about us”, cek model bisnisnya, teliti lagi job description posisi yang kamu lamar. Kira-kira kita nanti akan berinteraksi dengan siapa saja? Internal dan eksternalnya harus diketahui.

  5. English is a must! But…

    Paling nggak, bisalah ngomong dikit-dikit pakai bahasa Inggris. Nggak harus grammatically benar, tetapi yang penting orang lain tahu apa yang kita maksud. Percayalah, orang sini nggak ada yang bener grammar-nya. Apalagi saya. Yang penting asal PD, cuek aja.

    Jadi, untuk cari kerja di Dubai butuh sertifikat TOEFL segala kaya di Indonesia nggak? Jawabannya NGGAK BUTUH!

    Intinya sih communicate better. Gimana kerjaan mau beres kalau urusan komunikasi aja nggak beres. Ya tho? Trus lagi, penguasaan bahasa asing lain is a plus! Kamu akan sangat dihargai jika punya keahlian bahasa asing lain selain bahasa Inggris. Itulah mengapa saya agak menyesal kenapa dulu jaman kuliah nggak jadi ambil tambahan kursus bahasa asing.

    Bersyukurlah teman-teman yang sudah punya basic bahasa Arab. Karena akan sangat terpakai jika bekerja di Timur Tengah.

    Anyway, tentang bahasa Inggris dan Arab pernah saya ulas di vlog ya. Ini linknya.

  6. Perbaiki LinkedIn

    Memiliki akun LinkedIn saya rasa cukup krusial di era sekarang. Jika belum sign up, maka mendaftarlah. Jika sudah ada, maka perbaiki dan aktifkan fitur-fiturnya agar kamu juga terbantu dengan notifikasi yang muncul jika ada lowongan kerja yang sesuai dengan profilmu. Perluas koneksi, add aja orang yang kira-kira potensial menambah luas network. Follow akun perusahaan yang kamu suka.

    Atau yang agak ekstrim, add saja orang-orang yang bekerja di perusahaan yang kamu tuju. Tapi dengan menjaga etika ya. Dan jangan nyampah di LinkedIn karena ini bukan social media macam Twitter atau Facebook yang kita bisa ngoceh sesukanya. Jadikan LinkedIn sebagai representasi sisi profesionalmu di dunia maya.

    Temenan yuk! Add saya disini.

  7. Perluas Network

    Coba perbanyak kenalan, tambah teman, manfaatkan social media yang ada dengan bijak. Jangan sungkan untuk memperkenalkan diri, tapi ya jangan SKSD juga kalau sama yang belum akrab haha. Network itu salah satu kunci sukses.

  8. Melamar Langsung Ke Perusahaan Yang Dituju

    Buka website perusahaan yang sekiranya menarik perhatianmu. Cari segmen “career”. Biasanya info lowongan kerja ada disana. Posisi apa yang open, job description-nya, bahkan gaji dan benefit yang akan diterima juga biasanya sudah dicantumkan.

    Enaknya melamar langsung adalah, lebih terpercaya karena dihandle HR perusahaan tersebut.

    Metode ini yang saya terapkan hingga akhirnya saya dapat kerja di Dubai.

  9. Melamar Via Agen

    Cukup simpel sih jika kita mencari kerja lewat agen. Karena kita tinggal setor CV, dan agen akan menginformasikan atau mencarikan posisi yang sekiranya cocok dengan profil kita. Nggak enaknya, kadang ada agency fee sehingga berpengaruh pada gaji.

    Hati-hati scam! Jangan mau kalau belum apa-apa sudah disuruh bayar ini itu, tanpa kepastian diterima bekerja. Usahakan cross check dengan perusahaan langsung. Selalu riset & be smart!

    Yang absurd lagi, kalau tiba-tiba dinyatakan diterima bekerja, padahal belum ada proses seleksi apa-apa. Ujung-ujungnya akan diminta transfer ke agen. Modus ini mah!

  10. Local Hiring Dubai

    Sebagai gambaran saja, sampai akhir tahun 2018 ini kondisi perekonomian di UAE khususnya Dubai macih cukup terasa dampaknya. Tidak sedikit perusahaan yang mengalami kerugian dan harus gulung tikar. Tak sedikit pula terjadi pengurangan karyawan. Bahkan beberapa kawan yang saya kenal juga terpaksa harus pulang ke tanah air satu persatu.

    Namun anehnya, banyak juga orang-orang baru yang berdatangan ke Dubai, karena mendapatkan pekerjaan disini. Jadi, sebenarnya, tetap masih ada harapan untuk mencari kerja di Dubai. Apalagi menjelang Dubai Expo 2020, salah satu event terbesar dunia yang tak lama lagi akan digelar disini.

    Itulah mengapa saat ini lebih banyak perusahaan yang menerapkan local hiring demi cost cutting. Mereka mencari orang yang sudah memegang visa UAE dan langsung siap bekerja. Jika mereka harus international hiring atau merekrut dari negara asal, tentu biayanya akan lebih besar.

    Jika kamu ingin mencoba metode ini, bisa saja datang ke Dubai menggunakan tourist visa. Bisa ambil yang 30 atau 90 hari. Perlu dipersiapkan juga akomodasi selama mencari kerja disini. Biaya akomodasi relatif mahal. Nah jika ternyata kemudian dapat rejeki diterima bekerja disini, perusahaan akan convert status visanya, dari tourist atau visitor ke resident.

 

Website Rekomendasi Lowongan Kerja di Dubai

Sebagai penutup, saya mencoba memberikan rekomendasi website penyedia lowongan kerja di Dubai dan UAE – Middle East. Silakan riset sendiri dan dicek sesuai kualifikasi teman-teman. Jika ada pertanyaan lebih lanjut mengenai sebuah lowongan, ada baiknya kontak langsung HR perusahaan tersebut atau at least contact center-nya.

Semoga bermanfaat, selamat berjuang!

See you in Dubai !!

***

Airlines & Transportasi
Emirates Group: https://www.emiratesgroupcareers.com/
Etihad Airlines: https://careers.etihad.com/
Fly Dubai : https://careers.flydubai.com/
Air Arabia : https://www.airarabia.com/en/careers
Road & Transport Authority: https://jobs.dubaicareers.ae/careersection/eyov4z5qhfjnsykw9q149t4es7/jobsearch.ftl?lang=en

Hospitality & Restaurant
Jumeirah Group: https://dubaiholding.taleo.net/careersection/jum_ext/jobsearch.ftl?lang=en
Emaar Group: https://careers.emaar.com/
Accor Group: https://www.accorhotels.jobs/Job-vacancy/All-of-our-job-vacancies,s,0.html.html
Emirates Catering : https://www.emiratesflightcatering.com/careers/
Hyatt Group : https://careers.hyatt.com/en-US/careers/
Marriott Group : http://www.careers.marriott.com/
Rotana Group : https://www.rotanacareers.com/
Fairmont Group : http://www.fairmontcareers.com/index.aspx
JA Resorts & Hotel : https://www.jaresortshotels.com/en/corporateinformation/careerspage
Bateel International : https://bateel.com/en/careers

Banking & Finance
Dubai Islamic Bank : https://www.dib.ae/work-with-us/dream-job
Commercial Bank of Dubai : https://www.cbd.ae/careers
Emirates Islamic Bank : https://www.emiratesislamic.ae/eng/about-us/careers/
Emirates NBD Bank : http://www.emiratesnbd.com/careers/en/opportunities/
ADCB Bank : https://www.adcbcareers.com/
Mashreq Bank : https://careers.mashreq.com/
Sharjah Islamic Bank : https://www.sib.ae/your-career-with-us
RAK Bank : https://careers.rakbank.ae/
Dubai Insurance : http://www.dubins.ae/en/Home/Careers

Oil & Gas
ADNOC : https://www.adnoc.ae/en/careers/working-with-us
Emarat : https://www.emarat.ae/careers/
Company list in Naukri Gulf : https://www.naukrigulf.com/oil-and-gas-companies-in-uae

Properti & Konstruksi
Dubai Holding : https://dubaiholding.taleo.net/careersection/dh/jobsearch.ftl
Damac Properties : https://www.damacproperties.com/careers/
Azizi Properties : https://www.naukrigulf.com/azizi-developments-careers-cid-100845
Nakheel : https://career.nakheel.com/
Al Habtoor Properties : http://habtoorproperties.com/careers/

Telekomunikasi
Etisalat : https://www.etisalat.ae/en/careers.jsp
DU : https://www.du.ae/about-us/careers
Virgin Mobile : https://www.virginmobile.ae/work-with-us/

Kesehatan
Dubai Healthcare City : http://www.dhcc.ae/Portal/en/careers/career-at-dhcc.aspx
Mediclinic : https://www.mediclinic.com/en/careers.html
Med Care : https://careers.medcare.ae/
Prime Healthcare Group : http://primecareers.ae/apply-online.html
Saudi German Hospital : http://www.sghdubai.ae/eng/careers
Iranian Hospital : http://www.ihd.ae/careers
RAK Hospital : http://www.rakhospital.com/career/157/career

Maritim
Dubai Dry Docks : https://careers.drydocks.gov.ae/
Maersk : https://www.maersk.com/en/careers/vacancies
Nico International : http://www.nicouae.com/page/view/31/careers
Inter Ocean : http://www.interocean.ae/career.html
Marina Crewing Agency : https://www.marinacrewing.com/
Oceanic Resources : http://oceanicresources.com/
Sea Power Marine : http://seapowerms.com/

IT & Startup
Dark Matter : https://careers.darkmatter.ae/jobs/search
Careem : https://www.careem.com/en-ae/careers/
Tecom Group : http://tecomgroup.ae/careers/#Careers-at-TECOM-Group

Theme Park & Entertainment
IMG World Dubai : https://careers.expo2020dubai.com/
Dubai Park Resort : http://careers.dubaiparksandresorts.com/vacancies/
Bollywood Parks Dubai : https://www.bollywoodparksdubai.com/en/careers
Legoland Dubai : https://www.legoland.com/dubai/about-us/careers/
Dubai Dolphinarium : https://www.dubaidolphinarium.ae/careers
Emirates Parks Zoo & Resort : http://www.emiratesparkzooandresort.com/careers/
Yas Island Abu Dhabi : https://yasisland.ae/careers/

Lowongan Umum Berbagai Kategori
Dubizzle : https://dubai.dubizzle.com/jobs/
Gulf Talent : https://www.gulftalent.com/
Dr Jobs : https://drjobs.ae/
Dubai Careers : https://dubaicareers.ae/en/Pages/default.aspx
Bayt : https://www.bayt.com/en/uae/
Hays : http://www.hays.ae/
Edarabia : https://www.edarabia.com/jobs/
Monstergulf : https://www.monstergulf.com/
Al Tayer Group : https://www.altayer.com/en/careers/
Al Futtaim Group : https://www.afuturewithus.com/
Majid Al Futtaim Group : https://careers.majidalfuttaim.com/
Dubai Outlet Mall : http://dubaioutletmall.com/Careers
Marks & Spencer : https://careers.marksandspencer.com/
Sephora : https://www.sephora.ae/en/careers
Dubai Expo 2020 : https://careers.expo2020dubai.com/

Agen Recruiter:
Man Power Group Middle East : https://www.manpowergroup.ae/en/job-opportunities
Aston Carter : https://www.astoncarter.com/en-ae
Farnek : https://www.farnek.com/careers.php
Transguard : https://careers.transguardgroup.com/

Fahmi Anhar
Indonesian expatriate living in Dubai UAE. I started blogging in January 2011. Awarded as 2nd runner up Skyscanner Travel Bloscars Award Indonesia on 2014. I mostly shares my travel experiences and tips for my readers through write up, photos and videos. Interested in hotel & airlines review, adventures, beaches, cultural festival, architectures, heritage sites, and foodies.

Staycation Seru Di Villa Origami Seminyak Bali

Previous article

Menguji Ketangguhan Tas Koper Kalibre Cruiser

Next article

You may also like

37 Comments

  1. makasih banyak mas infonya, kmren aku ngelamar di gulftalent ga ada panggilan, sampe udah tutup posisinya huft

    1. never give up kang Dede! masukin CV sebanyak-banyaknya, tinggal mana yang ntar nyantol, bismillah lillahita’ala aja. rejeki nggak akan kemana 🙂

      1. Kang pertama kali kerja di UAE menguasai bahasa Inggris aja? B. Arab gmn?

        1. Saya bahasa Inggris saja, karena kebetulan bekerja di perusahaan Eropa yang ada di Dubai. Namun jika bekerja di instansi pemerintahan UAE, hotel, atau perusahaan lokal, maka punya kemampuan bahasa Arab is a plus. Nilai lebih. Bahkan ada yang sampai memberikan insentif khusus untuk yang bisa lancar berbahasa arab/bahasa asing tertentu.

          1. Assalamualaikum, Perkenalkan nama saya Nadia, kank bisa Bantu info lowker untuk Apoteker, Atau salws marketing medical advice Dan pharmaceutical, Mohon bantuan infonya

          2. Waalaikumsalam, silakan buka web klinik2 yang ada di Dubai seperti Prime Medical Center, Mediclinic, Aster Clinic, Life Pharmacy, Thumbay, dll

  2. cocok banget ini tulisannya buat saya yang lagi (kelihatan) nganggur dan jalan2 terus. coba di konstruksi ah..

    1. konstruksi di Dubai lagi kenceng-kencengnya mbak, menjelang Dubai Expo 2020 semuanya dikebut. Cuss lamar yang sekiranya cocok dengan passionmu mbak

  3. kak kok aq gk bisa add ka2 ya untuk minta pertemanan

  4. Thank you fo sharing Fahmi.
    Need information about NPCC. Need your advice too.
    @qamilakirei@gmail.com

  5. Terima kasih infonya mas, sangat bermanfaat. Saya punya 1 pertanyaan apakah perusahaan akan melihat juga umur pelamar dan status perkawinan?

    1. Hi Mas Hari, setahu saya HR tetap melihat umur dan perkawinan, kaitannya dengan penawaran paket. Gampangnya, kalau di Dubai ada single package offer (biasanya posisi lev staff & supervisor) atau family package offer (untuk posisi manager keatas).

      Family package normalnya asuransi sekeluarga, housing, transport allowance, biaya pendidikan anak, dll.

  6. Tadi saya ke kantor imigrasi mau bikin passpor saya bilang mau traveling ke Dubai padahal mau kerja disana . Mereka nanya kerjaan dan gaji saya. Saya kasih tau lah. Mereka bilang udah beli tiket sama booking hotel? Saya bilang belum. Tapi saya mau pergi akhir bulan ini setelah perdebatan panjang itu akhirnya saya ngaku kalau mau kerja disana. Mereka bilang kalau mau kerja keluar negeri haru daftarin diri ke kantor tki . Kalau pun gak kerja di Dubai setidaknya di luar negeri kalo cara kamu begitu kamu bisa kena tanggap soalnya ilegal. Saya masih bingung apa iya kalau kita kesana sebagai pelancong dan sambil mencari kerja dan mendapat kerja misalnya disana. Itu ilegal? . Saya sampe nangis gara gara di marahin.

    1. Sad to hear that, berikut tanggapan saya:

      1. Memang memungkinkan untuk datang ke Dubai dengan visa turis, sekalian liburan sekalian coba-coba apply. Selama Visa masih berlaku, maka hal ini legal.

      2. Metode ini jamak dilakukan pendatang dari India, Pakistan, Mesir dan negara-negara tetangga. Kalau sampai visa habis dan belum dapat kerja ya harus pulang ke negaranya.

      3. Jika menjadi TKI mandiri, alias rekrutmen langsung dari perusahaan dan bekerja di bidang formal, sudah tidak perlu lapor ke Disnakertrans setempat atau BP3TKI. Itu kebijakan lama, sejak pemerintahan Jokowi, prosedur birokrasi disederhanakan & lebih efektif.

      4. Saya sudah konfirmasi langsung ke Instansi terkait sebelum saya berangkat soalnya.

      5. Jika sudah resmi bekerja di luar negeri dan mendapat visa kerja dari perusahaan, maka sebaiknya kita segera lapor diri ke Kedutaan atau Konsulat setempat agar tercatat secara resmi sbg WNI di LN.

      Hope this clarifies your concern.

      Semangat!

      1. Mas biasanya masa berlaku paspor turis di UEA sampe berapa lama? Saya juga niatnya pengenya gini tapi keknya emang susah ya… Kayaknya harus lewat agen sedih bangat rasanya

  7. Apa bisa kalau sudah tertolak pengajuan pembuatan paspor mengajukan diri lagi. Dengan alasan yang berbeda?

    1. Next time, harus berani berargumen jika sudah tau dasarnya/alur birokrasinya.

      Mungkin bisa dicoba apply di Kanim lain?

  8. Masalahnya kanim cuma ada satu di kota saya. Berkas yang saya ajukan tadi juga di ambil oleh pihak kanim. Serta catatan pengakuan dan tanda tangan saya.

  9. Kak, salam kenal. Aku lulusan baru D3 akuntansi punya mimpi pengen banget kerja di dubai. Aku butuh banget arahan dari kakak. Karena jujur aku bingung hal apa yg hrs aku lakuin pertama kali. 😥Sebelumnya thanks for all your attentions kak 🙏 pengen bgt bs punya koneksi sama kaka krna byk bgt pertanyaan sbnrnya 😢

    1. Sudah saya jawab di comment satunya ya, intinya kirim aja CV sebanyak-banyaknya ke vacancy yang ada. Pastikan CV nya simpel dan to the point. HRD sini nggak seribet HRD Indonesia kok haha

  10. Kak, aku fresh graduate yang punya mimpi bekerja di dubai. Hal yang harus saya lakukan pertama kali apa ya kak? Karena Saya benar2 butuh bangett arahan untuk mewujudkan mimpi saya itu 😢 Sebelumnya Thanks for all your attentions kak 🙏

    1. Halo, salam kenal. Yang pertama dilakukan adalah coba saja apply posisi yang ditawarkan/diinginkan. Jika sudah ada respon, ikuti prosesnya. Jika belum berhasil, jangan patah semangat, coba lagi dan lagi. Saya juga kirim CV ke 10 perusahaan dulu, yang direspon cuma 3. Semangat!

  11. Hi kak, thank you for sharing. Saya tertarik kerja d dubai khususnya di hotel. Kenapa harus hotel? Karna menurut teman saya yg pernah kerja di sna autk awal2 bagusnya di hotel karna akan ada akomodasi. Pertanyaan saya apakah hotel d dubai biasanya mau menerima seseorang yg belum punya pengalaman bekerja di hotel?. Kalau menegenai bahasa inggris saya merasa dan teman saya yg pernah bekerja d sana juga bilang kalau english skills saya sudah memenuhi syarat. Mungkin kakak punya teman yg kondisi nya mirip dgn saya? Hehhehe thank you.

    1. Hi Kak, mohon maaf late reply. Dari sudut pandang “kenyamanan” bagi pendatang pemula, memang benar enakan di hospitality industry, karena manajemen hotel memberikan fasilitas akomodasi & transportasi yang terjamin. Menuut cerita teman-teman hotel, mereka tidak terlalu mempertimbangkan pengalaman kerja untuk posisi entry level. Mungkin akan dipertimbangakan jika posisinya Manager keatas. Lalu tentang bahasa Inggris, disini nyantai sih, asal orang yang kita ajak komunikasi ngerti aja apa yang dimaksud, it’s fine. Tidak perlu sesuai grammar. Good luck!

  12. kak, pengalaman saya sebagai teknisi kendaraan mobil suzuki. Karena status saya masih aktif bekerja, bagaimana jika saya melamar masih melalui Linkedin. Karena belum berani asal resign dari pekerjaan yang sekarang. Mohon tanggapannya.

    1. Tentu jangan resign dulu sebelum mendapatkan pekerjaan baru untuk main aman. Bisa sambil melamar via web career, email ke HR atau linkedin. Jika ada panggilan tes/interview masih bisa minta ijin kantor. Semoga dimudahkan segala urusannya.

    2. Silakan coba melamar via Linkedin atau portal-portal industri otomotif di Uni Emirat Arab, seperti Al Futtaim Motors, Al Rostamani Motors, dll

  13. Salam kenal mas..
    Saya mau bekerja di dubai
    Tpy coba buka website nya agak kesulitan…
    Kira2 gimana ya kalo mau cari loker nya ada orang dalam di sana biar mudah.
    Kerja bagian apa aja gk masalah dan halal.

    1. Salam kenal, semua web diatas bisa diakses kok. Di Dubai agak berbeda dengan di Indonesia, nggak ada istilah orang dalam haha. Semua dites sesuai kompetensinya.

  14. Cvnya di cap jasa translate gak mas

    1. Nggak mbak, CV dalam bahasa Inggris biasa aja

  15. Salam kenal mas, mau tanya2 nih. Anak saya ada kirim cv ke Al Mamoora Hospital di Dubai dan dinyatakan diterima walau belum interview dengan di lampirkan surat kontrak kerja selama 2 tahun. Tapi yang meragukan adalah alamat email yang mengirimkan surat itu dari Gmail bukan email resmi dari Hospital & tanpa interview kok langsung diterima kerja. Dan anak saya kirim email ke email resmi dari Hospital menanyakan perihal penerimaan tsb ternyata di balas. Jadi kami tambah bingung, ini scam atau resmi. Tolong masukannya yah mas. Makasih……

  16. Salam kenal mas, mau tanya2 nih. Anak saya ada kirim cv ke Al Mamoora Hospital di Dubai dan dinyatakan diterima walau belum interview dengan di lampirkan surat kontrak kerja selama 2 tahun. Tapi yang meragukan adalah alamat email yang mengirimkan surat itu dari Gmail bukan email resmi dari Hospital & tanpa interview kok langsung diterima kerja. Dan anak saya kirim email ke email resmi dari Hospital menanyakan perihal penerimaan tsb ternyata di balas. Jadi kami tambah bingung, ini scam atau resmi. Tolong masukannya yah mas. Makasih……

    1. Salam kenal Pak Santo, agak aneh sih kalau belum tes/interview tiba-tiba dinyatakan diterima.

      Kontrak rata-rata memang 2 tahun, ada juga perusahaan yang kasih 3 tahun, tapi nggak banyak.

      Al Mamoora Hospital memang ada di Dubai, daerah Al Satwa. Jika sebelum keberangkatan tidak disuruh bayar apa2 dan semua disediakan oleh perusahaan, bisa jadi itu benar. Namun jika diminta bayar2 yang tidak masuk akal, bisa jadi itu rekrutmen scam.

      1. Di minta bayar apa2 sih tidak, hanya di suruh buat visa kerja di travel yg di tunjuk dengan uang sendiri lalu di reimburse. Apakah mungkin travelnya yg berniat scam krn jika sudah di bayar tidak ada kelanjutannya kan kita tdk mungkin ke sana. Menurut mas bgmn yah caranya mengecek kebenarannya ? Thx b4

        1. Hmm… memang ada beberapa perusahaan yang menunjuk salah satu agen travel disini untuk pengurusan visa & tiket terkait rekrutmen dari luar UAE. Tapi setahu saya rata-rata tiket, visa dibayari oleh kantor. Tinggal menyerakhan dokumen pendukung & kalau sudah jadi tinggal berangkat saja.

          Tapi mungkin juga ada yang disuruh bayar sendiri dulu, baru kalau sudah sampai disini & mulai kerja bisa di reimburse ke kantor.

  17. salam kenal ,apakah rata untuk hotel atau rumah sakit di dubai wanita nya boleh menggunakan hijab ??jika di indonesia kebanyakan harus lepas hijab..jika tau jawabannya mohon sharing ya mas..thanks

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *