Rekomendasi Tempat Wisata Di Dubai Yang Menarik di Kunjungi

Wow! Itulah kesan pertama saya begitu menginjakkan kaki di Dubai, Uni Emirat Arab. Tata kotanya rapi, bersih, tertib dan modern. Sebuah kawasan yang beberapa puluh tahun lalu masih berupa gurun pasir kini telah bertransformasi menjadi megapolitan, surga dunia bagi mereka yang berada. Apa saja yang diinginkan, ada.

Dubai adalah salah satu emirates dari 7 bagian Uni Emirat Arab. Hampir 85% lebih orang yang tinggal di Dubai ini adalah ekspatriat, alias bukan warga lokal. Beragam suku dan ras ada disini. Mengingatkan saya pada salah satu ayat di dalam Al Quran, surat Al Hujurat ayat 13 tentang hal ini.

Oke, tenang! Postingan kali ini saya bukannya mau khotbah, koq. Sekedar ingin sharing beberapa Tempat Wisata di Dubai yang menarik dan alhamdulillah “akhirnya” bisa saya kunjungi.

Mengapa “akhirnya”? Karena selama ini hanya bisa melihat foto, video ataupun liputan di TV hehe.

 

Berikut 14 Tempat Wisata Di Dubai versi On The Spot fahmianhar.com

 

  1. Burj Khalifa

    Sampai tulisan ini diturunkan, gedung ini masih memegang rekor dengan predikat sebagai gedung tertinggi di dunia. Burj Khalifa memiliki tinggi 828 meter. Berlokasi di Dubai Downtown, gedung ini menjadi landmark utama kebanggaan Dubai.

    Pengunjung bisa naik sampai ke dek observasi di lantai 124 untuk melihat landscape Dubai, bahkan Uni Emirat Arab jika cuaca cerah & jarak pandang jauh. Pada malam hari, di taman Burj Khalifa ada pertunjukan air mancur yang sangat atraktif.

    Tempat wisata di Dubai Burj Khalifa Dubai
    Burj Khalifa Dubai
  2. Burj Al Arab

    Hotel bintang 7 ini berada di kawasan beachfront Dubai. Dinobatkan sebagai satu-satunya hotel bintang 7 di dunia. (Bintang 5 aja udah kece, gimana bintang 7 ya?). Tidak sembarangan orang bisa masuk ke hotel ini, hanya untuk tamu yang sudah reservasi saja.

    Untuk yang ingin merasakan menginap di Burj Al Arab, siap-siap saja merogoh kocek 5.300an dirham atau sekitar Rp. 19.000.000,- per malam. *glek*

    Wisata di Dubai Burj Al Arab
    Burj Al Arab
  3. Palm Jumeirah

    Pulau buatan di teluk Persia ini merupakan hasil reklamasi. Jika dilihat dari atas, berbentuk menyerupai pohon palem. Ada banyak hotel, resorts, villa dan apartemen disini. Diantaranya Fairmont Hotel, Atlantis, Ocana, Rixos, dll. Suasananya relatif lebih sepi jika dibandingkan dengan downtown.

    The Palm Jumeirah Residence Dubai
    The Palm Jumeirah Residence Dubai
  4. Miracle Garden

    Taman bunga bagi kita orang yang tinggal di daerah tropis tentu sudah biasa. Karena memang iklimnya mendukung tumbuhnya beraneka ragam flora fauna. Tapi ini di Dubai. Mereka berhasil menyulap gurun pasir menjadi taman bunga yang beraneka warna. Hebat!

    Miracle Garden Dubai UEA
    Miracle Garden Dubai

    Oiya, lokasinya berada di kawasan Dubailand area, Al Barsha South 3 yang jauh dari pusat kota.

  5. Bastakia Quarter

    Sebagian orang hanya tahu Dubai dengan gedung-gedung pencakar langitnya. Namun ternyata ada sejarah panjang dibalik megapolitan ini. Kawasan Bastakia Quarter ini menyajikan suasana lain dari Dubai.

    Disini bisa kita temukan Old Dubai atau kota lamanya Dubai. Sebuah kompleks pemukiman Arab kuno di kawasan Al Fahidi. Ada banyak museum disini, diantaranya museum koin, perangko, arsitektur arab, kopi, dll. Bastakia menjadi salah satu spot favorit saya di Dubai.

    Bastakia Quarter Old
    Bastakia Quarter Old
  6. Dubai Museum

    Sebuah benteng kuno bernama Al Fahidi fort, disulap menjadi museum yang atraktif oleh pemerintah Dubai. Di museum ini kita disuguhkan diorama sejarah peradaban dan perkembangan Dubai. Cukup dengan membeli tiket seharga 3 dirham saja, kita bisa masuk Dubai Museum.

    Al Fahidi fort disulap menjadi Dubai Museum
    Al Fahidi fort disulap menjadi Dubai Museum
  7. Naif Market

    Pasar ini mirip-mirip dengan Pusat Grosir Solo, atau mungkin pasar Tanah Abang di Jakarta. Ada banyak kios yang menjual beraneka ragam kebutuhan sandang seperti abaya, kaftan, kain sari, minyak wangi, dll dengan harga miring. Cocok untuk mencari oleh-oleh.

    Jika ada pengunjung berwajah melayu, para penjual lokal disini sudah fasih menyapa dengan: “apa kabar, murah-murah, cantik-cantik”. Hihi.

    Naif Market Dubai UEA
    Naif Market Dubai
  8. Dubai Marina

    Sebenarnya Dubai Marina merupakan sebuah kawasan pemukiman yang padat dengan hotel, apartemen dan mall. Disnilah biasanya ratusan yacht bersandar. Kalau ingin naik Dhow Cruise, atau berlayar sambil makan malamn dengan kapal arab model kuno, juga dari sini. Kompleks satu dan lainnya dihubungkan dengan trem. Kece!

  9. Global Village Dubai

    Global Village Dubai, sebuah taman bermain super luas yang lokasinya terletak di tengah-tengah kawasan padang pasir Dubai, Uni Emirat Arab. Untuk menuju kesini, kami harus menempuh perjalanan sekitar 1 jam dari pusat kota.

    Baca cerita lengkapnya disini: Keliling dunia di Global Village Dubai

    Global Village Dubai
    Global Village Dubai
  10. Dubai Metro

    Metro menjadi sarana transportasi publik yang murah meriah. Mengapa saya masukkan dalam salah satu tempat yang menarik? Karena dari jendela metro kita bisa melihat landscape Dubai dari view yang berbeda.

    Favorit saya adalah gerbong paling depan atau belakang. Kalau pas kurang kerjaan, nongkrong aja disitu, naik dari stasiun ujung ke ujung.

  11. Madinat Jumeirah

    Kompleks hotel, resorts dan pasar souvenir dengan arsitektur arab kuno. Bagi pecinta wisata arsitektur dan belanja, tentu Madinat Jumeirah ini akan sangat menarik. Jangan terlalu tergoda dengan souvenir yang dijual disini, karena harganya relatif lebih mahal. Bisa 3 kali lipatnya.

    Madinat Jumeirah Dubai
    Madinat Jumeirah Dubai
  12. Deira City Center

    Semacam kota satelitnya Dubai Downtown. Bisa dijangkau dengan Metro. Apa yang menarik disini? Pasar rempah-rempah atau orang lokal menyebutnya spice souq dan daerah yang menjual aneka barang & souvenir dengan harga lebih murah jika dibandingkan dengan di tengah kota Dubai.

  13. Dubai Mall

    Beberapa kali saya nyasar disini. Saking luasnya. Maklum, anaknya jarang main ke mall. Dubai Mall dinobatkan sebagai salah satu mall terbesar di dunia. Butik-butik merk ternama dunia semua ada. Jika anda gila belanja, datanglah saat Dubai Shopping Festival, banjir diskon untuk beragam barang branded.

    Di tengah-tengahnya ada sebuah akuarium raksasa yang berisi aneka biota laut termasuk hiu dan pari manta. (tapi tetep ya, hiu itu bukan di dalam akuarium atau mangkuk sup, seharusnya ada di laut agar keberlangsungan rantai makanan ekosistem laut tetap terjaga. #savesharks!)

  14. Emirates Mall

    Mall ini tidak kalah besarnya. Siap-siap gempor lah kalau mau main kesini. Yang menarik, disini ada wahana Ski Dubai, ski resort indoor terbesar di timur tengah.

    Ski Dubai Mall
    Ski Dubai Mall
  15. Ibnu Batutta Mall

    Berada di kawasan Jebel Ali Village, jauh dari pusat kota. Mall ini menyuguhkan suasana berbelanja yang berbeda. Interiornya terbagi dalam 4 kawasan, Arab, Persia, India & China. Unik!

    Ibn Batutta Mall Dubai UEA
    Ibn Batutta Mall Dubai

Itulah beberapa tempat wisata di Dubai yang bisa kamu kunjungi ketika traveling ke Uni Emirat Arab. Semoga bermanfaat & menambah informasi.

Baca juga kisah saya kerja di Dubai dalam tajuk “Catatan Buruh Migran” 

About the author

Indonesian expatriate living in Dubai UAE. I started blogging in January 2011. Awarded as 2nd runner up Skyscanner Travel Bloscars Award Indonesia on 2014. I mostly shares my travel experiences and tips for my readers through write up, photos and videos. Interested in hotel & airlines review, adventures, beaches, cultural festival, architectures, heritage sites, and foodies.
90 Responses
  1. Wow, sesuatu banget ya! Nyobain ski gak?

    Tapi setelah bbrp waktu di Dubai, menurutmu membosankan gak sih tinggal berlama-lama di sana seperti halnya di SG?

    1. masih banyak bgt to do list & visit list nya nih. masih ada waktu sampai akhir bulan. menurutku, Dubai nggak seboring Singapura karena lebih variatif & dinamis. walau yaa kangen juga dg kampung halaman.

  2. dansapar

    aku mau foto di miracle garden itu biar sama kecenya kayak mba dian pelangi

    *kibas hijab sepanjang 10 meter*
    Assalamualaikum, akhi.

    btw, dari foto2nya uda kliatan panas bgt yaaa
    gimana di sana ya
    bisa2 pusing pala barbie nih
    hihihihi

    1. Waalaikumsalam Barbie, Uni Emirat Arab, iklimnya sub tropis jadinya ada 4 musim juga meski tanpa salju. Des-Feb winter, Mar-Mei spring, Juni-Agust summer, Sept-Nov autumn. Best time to visit Dubai antara Februari atau Oktober karena udaranya bersahabat, ya mirip-mirip di Bogor, Tawangmangu, Kaliurang gitu lah. Bedanya udara sejuk tapi kering.

      Besok kalau barbie kesini mainlah ke miracle garden, bareng sama hijabers community nya kak Dian Pelangi.

  3. Halo Mas Fahmi, salam kenal 😀
    Senengnya bisa liburan lama di Dubaaai. Kemarin saya cuma punya kurang dari 1 hari buat keliling Dubai, manfaatin layover time Emirates yang lama jadi cuma bisa explore Dubai yang modern, padahal pengen ke Old Dubai tapi nggak sempet waktunya 🙁
    Ngomong-ngomogn kenapa nggak masukin Dubai Fountain di Dubai Mall? Keren kan Mas shownya, katanya sih nggak beda jauh sama yang di Bellagio Vegas.

    1. Halo Mas Eky, salam kenal juga 😀
      Iya khusus pax Emirates Airlines dapat perlakuan khusus jika ke Dubai. Semoga next time bisa lebih puas explore Dubai. Dubai Mall sudah saya masukkan di list diatas, maksudanya ya jadi kawasan terintegrasi dengan berbagai fasilitas hiburan pendukung seperti Dubai Aquarium, Dubai Fountain, Al Bahar Souq, Old Town dan lain-lain 🙂

    1. Dubai Museum ini lumayan unik, karena memanfaatkan benteng tua yang jadi bagian dari pusat kota lama. Al Fahidi fort dibiarkan sesuai bentuk aslinya, lalu dibangunlah ruang-ruang diorama interaktif di bawah tanah benteng ini, memanjang sampai luar benteng… kece!

    1. Mall nya sih sebenarnya mall biasa, bahkan jauuuh dari pusat kota karena berada di kawasan energi & industri. Tapi dia menawarkan interior unik, bakal betah ngopi di starbucks seharian sambil ngemil bakpia kurnia sari :p

  4. Misiii kak, mau tanyaaa
    ke Ibn Batutta nyewa mobil apa naik metro? *eh sampe ga sik metro ke sana?
    ingetnya waktu lewat sih ada kayak tpt mangkal bis gitu ((MANGKAL))

    itu Mall menclok-menclok beda gedung gitu yah kak kecee

    1. Ibn Batutta Mall ada di area Jebel Ali Village, jadi bisa naik metro jurusan Jebel Ali. 8 dirham one way kalau nggak salah ingat, atau naik bus karena depan mall ini juga terminal. Bentuk mall nya memanjang, kubah-kubahnya sesuai tema daerahnya. Menurutku mall ini cuma menang di arsitektur & harga lebih murah aja sih. Selebihnya ya biasa aja

  5. benny

    Hi mas fahmi,

    Saya baru diterima bekerja di bank emirates islamic Dubai, di hired selama 2 tahun. Blog ini sangat mmbntu untuk di sana nanti. Btw, cost living di sana gmn?

    1. Wow!! congratz mas benny sudah diterima bekerja di Emirates Islamic Bank Dubai. Semoga lancar2 ya. anyway, untuk cari apartemen bisa cek via propertyfinder (dot) ae. Sekali makan antara 15-50 dirham, kalau mau irit bisa ke resto lokal seperti Satwa Falcon yg ada di 308th road, Al Satwa, sekitar belakang Four Points Tower. Transportasi umum Dubai sudah bagus, bisa naik Metro atau bus. Beli saja prepaid card.

  6. Ifa Nurfazriyah

    gimana caranya ya saya bisa ke dubai,, subhanalloh indah dan keren, takjub liatnya walau di gambar…

  7. Rubi

    Bang Fahmi, keren bingit sharenya ttg Dubai, Sept 2015 saya ditugasin di Dubai Dari QNet, acara Vcon, tadinya ga pengen extend, pas liat postingan Bang Fahmi jadi pengen lama2 deh, btw tempat kuliner di Dubai dimana?
    Makasih sebelumnya yakh^^

    1. Wow, congratz untuk tugas perjalanan dinasnya, Dubai seru kok! hehe. Tapi kalau September kemungkinan masih rada panas cuaca disana, banyak2 minum air putih biar nggak dehidrasi. Tempat kuliner di Dubai tentu nggak kaya di Indonesia, tapi kebanyakan terpusat di foodcourt mall atau ruko-ruko dekat pemukiman. Cafe-cafe diantara gedung-gedung pencakar langit juga enak kok. Banyak pilihan menu dari berbagai negara disini. Have fun!

    1. Aamiin, semoga mbak donna segera kesampaian ke Dubai, tapi nanti kalau beli tiket jangan salah timing ya, better kesana bulan Oktober-Maret karena cuaca masih adem. April-Sept lagi musim panas

  8. Ass…
    Aq jd andilau nhe…antara dilema dan galau…habis lebaran nhe suamiku mau ditugasin ke dubai dr kantornya…akhir2nya ini aq jd sering searching2 mbah google buat liat2 dan ingin tau kota dubai…indah bgt yah ternyata…
    Tp ragu…kira2 bakal betah gak ya lama2 tinggal di negara orang…

    1. Waalaikumsalam mbak, selalu ada sisi positif dan negatifnya ketika kita hidup di lingkungan baru. Satu bulan tinggal di Dubai, asal bisa cepat adaptasi, insyaallah bisa menikmati apapun suasananya.

      Dubai kota megapolitan yang cukup “menyilaukan” mata memang. Apa aja ada, bahkan yang diluar nalar manusia sekalipun. (saya masih nggak habis pikir dg proyek pembangunan air terjun di sepanjang Sheikh Zayed Road… buat apa cobaaa? hahaha). Yang bikin nggak betah lama-lama di Dubai kalau pengalaman saya adalah: kesulitan makan mendoan! tempe mentah mahalnya minta ampun. Kalau sayuran, buah-buahan, bumbu-bumbu mah banyak di supermarket. Gitu aja sih mbak, semoga kerasan disana 🙂

  9. Erwin

    Assalamu’alaikum Warrahmatullahi Wabarakatuh,

    Mas Fahmi saya mau tanya bbrp hal terkait biaya hidup di UAE, kira-kira kalo bekerja di salah satu bagian perusahaan bumn UAE berapa biaya hidup yang aman supaya tidak sengsara di negara orang dengan kata lain pola hidup yang normal/standard serta berapa gaji USD yang pantas diajukan untuk bekerja di persh tsb apabila membawa 2 anak atau tanpa membawa anak mengingat saya ada penawaran dari salah bumn lokal. Terima kasih atas bantuan informasinya.

  10. heru suryo

    Mas Fahmi..sy rencana mau ke dubai 20-23 Okt ini & stay di grand hyatt dubai hotel. Bisa dishare dong wisata yg menarik sekitar hotel tsb, transportasinya, dll. Sekalian berapa bujet yg dsiapkan utk jalan2 ke 14 lokasi di atas..bisa di japri infonya ya. Thanks

    1. Dubai downtown itu relatif kecil kok, bisa dijangkau dengan naik metro. Tinggal tap in tap out saja. Tapi kalau mau ke destinasi wisata Dubai yang ada di luar kota semacam Miracle Garden, Atlantis Palm Jumeirah, dll harus naik taksi karena nggak dilewati jalur metro. Maaf late reply, tinggal besok ya berangkat ke Dubai nya, safe flight mas. have fun! 🙂

  11. Rani

    Wah saya baru pulang kemarin mas dari Dubai, ga ada kata selain takjub. Oiya saya belum sempat ke Dubailand karena liburannya singkat. Saya cuma mau nambahin, kalo Global Village juga seru, ada stand dari berbagai dunia. Dan sedikit wahana seperti di Dufan.

  12. Gan

    Koreksi dikit kak kalo burj al arab itu permalam nya 190 jt an bukan 19 jt.kalo 19 jtan di Indonesia mah banyak salah satunya Amanjiwo Resort itu harga termurah 18 juta dan David Beckham pernah stay disana

    1. Haha dapat info dari mana kalau di Burj Al Arab semalam 190 juta? Di website resminya saja, untuk kamar deluxe dipatok harga 4995 Dirham atau sekitar 17 jutaan. Kalau booking via provider lain malah kadang ada promo jadi lebih murah.

    1. Kalau kesananya naik Emirates Airlines, bisa apply visa Dubai via website nya. Praktis & mudah. Tapi kalau pakai maskapai lain, bisa apply online via agen travel di Dubai seperti Dnata Travel misalnya. Pembayaran visa via transfer. Dulu saya juga via Dnata.

      1. Tatatas

        Saya naik airlines yg lain, kyny mesti cari agent deh. Cm takut agent nya nipu lg. Btw saya ga ketemu gmn cara apply visa di dnata? Harganya sekitar brp ya mas?

Leave a Reply