Follow Us On

Rekomendasi Tempat Wisata Di Dubai Yang Menarik di Kunjungi

11Miracle Garden Dubai UEA

Wow! Itulah kesan pertama saya begitu menginjakkan kaki di Dubai, Uni Emirat Arab. Tata kotanya rapi, bersih, tertib dan modern. Sebuah kawasan yang beberapa puluh tahun lalu masih berupa gurun pasir kini telah bertransformasi menjadi megapolitan, surga dunia bagi mereka yang berada. Apa saja yang diinginkan, ada.

Dubai adalah salah satu emirates dari 7 bagian Uni Emirat Arab. Hampir 85% lebih orang yang tinggal di Dubai ini adalah ekspatriat, alias bukan warga lokal. Beragam suku dan ras ada disini. Mengingatkan saya pada salah satu ayat di dalam Al Quran, surat Al Hujurat ayat 13 tentang hal ini.

Oke, tenang! Postingan kali ini saya bukannya mau khotbah, koq. Sekedar ingin sharing beberapa Tempat Wisata di Dubai yang menarik dan alhamdulillah “akhirnya” bisa saya kunjungi.

Mengapa “akhirnya”? Karena selama ini hanya bisa melihat foto, video ataupun liputan di TV hehe.

 

Berikut 14 Tempat Wisata Di Dubai versi On The Spot fahmianhar.com

 

  1. Burj Khalifa

    Sampai tulisan ini diturunkan, gedung ini masih memegang rekor dengan predikat sebagai gedung tertinggi di dunia. Burj Khalifa memiliki tinggi 828 meter. Berlokasi di Dubai Downtown, gedung ini menjadi landmark utama kebanggaan Dubai.

    Pengunjung bisa naik sampai ke dek observasi di lantai 124 untuk melihat landscape Dubai, bahkan Uni Emirat Arab jika cuaca cerah & jarak pandang jauh. Pada malam hari, di taman Burj Khalifa ada pertunjukan air mancur yang sangat atraktif.

    Tempat wisata di Dubai Burj Khalifa Dubai
    Burj Khalifa Dubai
  2. Burj Al Arab

    Hotel bintang 7 ini berada di kawasan beachfront Dubai. Dinobatkan sebagai satu-satunya hotel bintang 7 di dunia. (Bintang 5 aja udah kece, gimana bintang 7 ya?). Tidak sembarangan orang bisa masuk ke hotel ini, hanya untuk tamu yang sudah reservasi saja.

    Untuk yang ingin merasakan menginap di Burj Al Arab, siap-siap saja merogoh kocek 5.300an dirham atau sekitar Rp. 19.000.000,- per malam. *glek*

    Wisata di Dubai Burj Al Arab
    Burj Al Arab
  3. Palm Jumeirah

    Pulau buatan di teluk Persia ini merupakan hasil reklamasi. Jika dilihat dari atas, berbentuk menyerupai pohon palem. Ada banyak hotel, resorts, villa dan apartemen disini. Diantaranya Fairmont Hotel, Atlantis, Ocana, Rixos, dll. Suasananya relatif lebih sepi jika dibandingkan dengan downtown.

    The Palm Jumeirah Residence Dubai
    The Palm Jumeirah Residence Dubai
  4. Miracle Garden

    Taman bunga bagi kita orang yang tinggal di daerah tropis tentu sudah biasa. Karena memang iklimnya mendukung tumbuhnya beraneka ragam flora fauna. Tapi ini di Dubai. Mereka berhasil menyulap gurun pasir menjadi taman bunga yang beraneka warna. Hebat!

    Miracle Garden Dubai UEA
    Miracle Garden Dubai

    Oiya, lokasinya berada di kawasan Dubailand area, Al Barsha South 3 yang jauh dari pusat kota.

  5. Bastakia Quarter

    Sebagian orang hanya tahu Dubai dengan gedung-gedung pencakar langitnya. Namun ternyata ada sejarah panjang dibalik megapolitan ini. Kawasan Bastakia Quarter ini menyajikan suasana lain dari Dubai.

    Disini bisa kita temukan Old Dubai atau kota lamanya Dubai. Sebuah kompleks pemukiman Arab kuno di kawasan Al Fahidi. Ada banyak museum disini, diantaranya museum koin, perangko, arsitektur arab, kopi, dll. Bastakia menjadi salah satu spot favorit saya di Dubai.

    Bastakia Quarter Old
    Bastakia Quarter Old
  6. Dubai Museum

    Sebuah benteng kuno bernama Al Fahidi fort, disulap menjadi museum yang atraktif oleh pemerintah Dubai. Di museum ini kita disuguhkan diorama sejarah peradaban dan perkembangan Dubai. Cukup dengan membeli tiket seharga 3 dirham saja, kita bisa masuk Dubai Museum.

    Al Fahidi fort disulap menjadi Dubai Museum
    Al Fahidi fort disulap menjadi Dubai Museum
  7. Naif Market

    Pasar ini mirip-mirip dengan Pusat Grosir Solo, atau mungkin pasar Tanah Abang di Jakarta. Ada banyak kios yang menjual beraneka ragam kebutuhan sandang seperti abaya, kaftan, kain sari, minyak wangi, dll dengan harga miring. Cocok untuk mencari oleh-oleh.

    Jika ada pengunjung berwajah melayu, para penjual lokal disini sudah fasih menyapa dengan: “apa kabar, murah-murah, cantik-cantik”. Hihi.

    Naif Market Dubai UEA
    Naif Market Dubai
  8. Dubai Marina

    Sebenarnya Dubai Marina merupakan sebuah kawasan pemukiman yang padat dengan hotel, apartemen dan mall. Disnilah biasanya ratusan yacht bersandar. Kalau ingin naik Dhow Cruise, atau berlayar sambil makan malamn dengan kapal arab model kuno, juga dari sini. Kompleks satu dan lainnya dihubungkan dengan trem. Kece!

  9. Global Village Dubai

    Global Village Dubai, sebuah taman bermain super luas yang lokasinya terletak di tengah-tengah kawasan padang pasir Dubai, Uni Emirat Arab. Untuk menuju kesini, kami harus menempuh perjalanan sekitar 1 jam dari pusat kota.

    Baca cerita lengkapnya disini: Keliling dunia di Global Village Dubai

    Global Village Dubai
    Global Village Dubai
  10. Dubai Metro

    Metro menjadi sarana transportasi publik yang murah meriah. Mengapa saya masukkan dalam salah satu tempat yang menarik? Karena dari jendela metro kita bisa melihat landscape Dubai dari view yang berbeda.

    Favorit saya adalah gerbong paling depan atau belakang. Kalau pas kurang kerjaan, nongkrong aja disitu, naik dari stasiun ujung ke ujung.

  11. Madinat Jumeirah

    Kompleks hotel, resorts dan pasar souvenir dengan arsitektur arab kuno. Bagi pecinta wisata arsitektur dan belanja, tentu Madinat Jumeirah ini akan sangat menarik. Jangan terlalu tergoda dengan souvenir yang dijual disini, karena harganya relatif lebih mahal. Bisa 3 kali lipatnya.

    Madinat Jumeirah Dubai
    Madinat Jumeirah Dubai
  12. Deira City Center

    Semacam kota satelitnya Dubai Downtown. Bisa dijangkau dengan Metro. Apa yang menarik disini? Pasar rempah-rempah atau orang lokal menyebutnya spice souq dan daerah yang menjual aneka barang & souvenir dengan harga lebih murah jika dibandingkan dengan di tengah kota Dubai.

  13. Dubai Mall

    Beberapa kali saya nyasar disini. Saking luasnya. Maklum, anaknya jarang main ke mall. Dubai Mall dinobatkan sebagai salah satu mall terbesar di dunia. Butik-butik merk ternama dunia semua ada. Jika anda gila belanja, datanglah saat Dubai Shopping Festival, banjir diskon untuk beragam barang branded.

    Di tengah-tengahnya ada sebuah akuarium raksasa yang berisi aneka biota laut termasuk hiu dan pari manta. (tapi tetep ya, hiu itu bukan di dalam akuarium atau mangkuk sup, seharusnya ada di laut agar keberlangsungan rantai makanan ekosistem laut tetap terjaga. #savesharks!)

  14. Emirates Mall

    Mall ini tidak kalah besarnya. Siap-siap gempor lah kalau mau main kesini. Yang menarik, disini ada wahana Ski Dubai, ski resort indoor terbesar di timur tengah.

    Ski Dubai Mall
    Ski Dubai Mall
  15. Ibnu Batutta Mall

    Berada di kawasan Jebel Ali Village, jauh dari pusat kota. Mall ini menyuguhkan suasana berbelanja yang berbeda. Interiornya terbagi dalam 4 kawasan, Arab, Persia, India & China. Unik!

    Ibn Batutta Mall Dubai UEA
    Ibn Batutta Mall Dubai

Itulah beberapa tempat wisata di Dubai yang bisa kamu kunjungi ketika traveling ke Uni Emirat Arab. Semoga bermanfaat & menambah informasi.

Baca juga kisah saya kerja di Dubai dalam tajuk “Catatan Buruh Migran” 

Indonesian expatriate living in Dubai UAE. I started blogging in January 2011. Awarded as 2nd runner up Skyscanner Travel Bloscars Award Indonesia on 2014. I mostly shares my travel experiences and tips for my readers through write up, photos and videos. Interested in hotel & airlines review, adventures, beaches, cultural festival, architectures, heritage sites, and foodies.

Related Posts