Sertifikasi Selam MDC Undip 2014

Sertifikasi Selam MDC UNDIP 2014
Team Sertifikasi Selam MDC UNDIP 2014

Sejak menggunakan twitter sebagai salah satu media sosial untuk menjalin interaksi dengan dunia luar secara praktis, saya merasakan banyak hal-hal seru yang bermula dari twitter. Kenalan dengan teman baru, info event-event seru, ajakan traveling, dll. Termasuk gara-gara sebuah twit dari @TravelingID informasi mengenai program sertifikasi selam yang diadakan oleh Marine Diving Club Universitas Diponegoro Semarang (MDC UNDIP).

Let's Dive
Let’s Dive

Penantian saya untuk dapat mengikuti sertifikasi menyelam selama 2 tahun akhirnya terjawab. Kali ini saya nekad membulatkan tekad. Karena sebenarnya sejak medio 2012 lalu, ketika sebelum berangkat trip #NescafeJourney ke Alor-NTT, saya sudah ingin memiliki diving license. Namun belum bertemu dengan kesempatan yang pas.

 
Ada beberapa teman yang nyeletuk:
 
Mi, kamu ngapain sih gaya-gaya-an pake ambil diving license segala?”
 
Duh… capek deh kalau ketemu orang seperti ini. Udah kepo urusan orang lain, wawasannya sempit pula!
 
*jorokin ke laut*
 

Lah, suka-suka dong ya, saya mau ngapain. Dan asal tahu aja, diving license itu nggak ada hubungannya dengan gaya, tapi lebih ke safety. Menjaga diri dengan keterampilan dasar menyelam. Karena kita akan memasuki dunia yang sama sekali berbeda dengan keseharian kita. Dunia bawah air yang mengagumkan sekaligus membahayakan jika tidak bisa menjaga diri.

 
Lagian kan sebagai negara kepulauan, 70% wilayah Nusantara ini merupakan lautan. Nggak tertarik untuk explore??
 
*malah esmosi sendiri*
 
*tree pose yoga ~ inhale ~ exhale*

***********

Persiapan Menyelam Sertifikasi MDC UNDIP
Persiapan Menyelam

Oke, jadi pada dasarnya, terdapat 3 tahapan dalam program sertifikasi ini. In class, pool class dan open water. Dan setiap tahap wajib dilalui, tidak boleh ada yang terlewat. Ujian sertifikasi selam kali ini dibawah lisensi CMAS, Confederation Mondiale des Activites Subaquatiques, dengan instruktur yang tergabung dalam POSSI, Persatuan Olahraga Selam Seluruh Indonesia.

Saya cukup kaget ketika ternyata salah satu instrukturnya adalah Pak Mustofa, anggota dari TNI AL Semarang. Istruktur lainnya adalah mas Budi, alumni MDC UNDIP angkatan purba yang sudah memiliki license B1. Sertifikasi kali ini diikuti oleh sekitar 40 peserta. 20 orang termasuk saya mengambil one star scuba license/A1, dan 20 lainnya mengambil level yang lebih tinggi yaitu two star scuba/A2. Dan… rata-rata masih mahasiswa… jadi… saya… merasa… paling tua… *minder*

 
Duh! Ternyata aku paling udzur diantara bocah-bocah kuliahan ini” batin saya saat mengikuti kelas pertama kali.
 
Namun rasa minder itu segera sirna ketika banyak diantara teman-teman baru ini saling berkenalan dan menanyakan:
 
Kuliah dimana mas? Angkatan berapa?”
 
Mendengar pertanyaan itu, saya gugup mencari kartu mahasiswa yang sebenarnya sudah expired sejak 7 tahun lalu hahaha.
 
Saya kerja sekarang, di Semarang” jawab saya sambil tersenyum (sok) manis.
 
Ooh kirain masih kuliah, abis mukanya kaya anak angkatan 2010-2011 gitu mas”
 
*benerin jambul sambil bagi2 angpao ke bocah-bocah kuliahan ini*
 
Lah! ini apasih, maap yak kalau malah jadi ngaco ceritanya. Tapi ya emang begitu kejadiannya. Gimana? Terima aja ya yang udah terlanjur baca hahaha. Lanjut!
 

************

Kolam Sertifikasi Selam MDC Undip 2014
Kolam Sertifikasi Selam MDC Undip 2014

Setelah materi mengenai teori selam diberikan di kelas, hari selanjutnya adalah kami belajar di kolam renang Kodam IV Diponegoro dan kolam renang GOR Jatidiri Semarang. Kami diwajibkan lolos tes fisik dasar:

  • renang 200 meter tanpa alat makmsimal 8 menit

  • renang 500 meter dengan snorkel dan fin

  • menyelam tanpa alat

  • apnea tanpa tolakan minimal 12 meter

  • tahan nafas di bawah air minimal 1 menit

  • naik darurat ke permukaan

  • water trap (mengapung di air dengan posisi berdiri sambil mengayuh) minimal 10 menit

  • mask clearing di dalam air

  • equalizing tekanan bawah air

  • memasang alat selam seperti BCD (Buoyancy Control Device), tabung udara, inflator, deflator, weight belt, fin, snorkel, mask, dll

  • berbagi udara dengan buddy/partner selam di dasar air

  • komunikasi hand signal atau isyarat tangan

Buset! Ini saya mau senang-senang ambil diving license pak, bukannya mau test taruna AKMIL!” batin saya menggerutu sambil ngos-ngosan.

Latihan Kolam Sertifikasi Selam MDC UNDIP
Latihan Kolam Sertifikasi Selam MDC UNDIP

Tapi ternyata semua kegiatan itu ada tujuan dan hubungannya dengan teknik dasar penyelaman. Semua bermanfaat, just in case kita dalam bahaya ketika di dasar laut, kita sudah dibekali dengan kemampuan-kemampuan tersebut.

Sertifikasi selam yang diadakan MDC UNDIP ini memang berbeda dengan program-program sertifikasi instan di tempat-tempat wisata seperti di Bali, Lombok ataupun Bunaken yang hanya 2-3 hari langsung beres. Disini benar-benar diajarkan step by step sampai para peserta mengerti dan bisa.

Ada satu kejadian lucu tapi sekaligus kasihan. Seorang peserta cewek bernama Ragil, merasa ketakutan akan gelembung udaranya sendiri ketika proses pengenalan alat selam di dasar kolam. Alhasil dia gugup ketika di bawah air. Dan begitu sampai diatas, matanya berkaca-kaca hampir menyerah mengikuti acara ini. Namun dengan dorongan dan support dari teman-teman yang lain, akhirnya dia kembali bersemangat untuk mengikuti ujian open water di perairan kepulauan Karimunjawa.

**************

KMP Siginjai Jepara Karimunjawa
Dive Certification Trip | Karimunjawa

Di pagi buta, ketika orang-orang masih terlelap tidur, kami sudah berkumpul di basecamp MDC Undip di daerah Tembalang Semarang. Pukul 03.00 kami berangkat menuju dermaga pelabuhan Kartini Jepara menggunakan 2 buah bus. Jalan raya di kecamatan Welahan Jepara rusak parah. Lubang dimana-mana. Setelah 3 jam perjalanan, akhirnya sampai juga di dermaga.

Kami masih harus menempuh 4,5 jam pelayaran mengarungi laut Jawa menggunakan kapal ferry ASDP KMP Sigenjang, pengganti KMP Muria yang sudah tua renta. Ya, ini adalah kunjungan kedua saya ke Karimunjawa. Ternyata sudah banyak perubahan disini.

Warming Up Sertifikasi Selam MDC UNDIP
Warming Up

Malam pertama di Karimunjawa kami lewatkan dengan kongkow & gitaran di pantai ujian tertulis mengenai dasar-dasar penyelaman. Sigh!. Ada 75 soal pilihan ganda harus kami selesaikan dalam waktu 1 jam saja. Soal hitungan macam 2nd dive, 3rd dive, no decompression, surface interval, dll emang rada bikin ribet karena harus melihat tabel rumus.

Hari kedua di Karimunjawa, ujian open water dilaksanakan di dermaga perintis. Kami turun secara berkelompok dipandu oleh instruktur. Ujian kali ini untuk mengatur bouyency, fin pivot scuba, knee pivoting, isyarat tangan di bawah air, dan berbagi udara dengan buddy. Kami nongkrong disini sejak matahari masih di ufuk timur sampai terbenam di horizon barat. Nyelam disitu, istirahat disitu, makan disitu, sholat disitu, ngobrol disitu, sampai pipis pun juga disitu. #halah. And the worst part is, tidak ada satupun tempat untuk berteduh disini. Jadi wajarlah kalau kulit jadi gosong maksimal. Bahkan sampai perih terbakar. *pasrah*

Pulau Menjangan Kecil Karimunjawa
Pulau Menjangan Kecil Karimunjawa

Hari ketiga saatnya fun dive. Dengan menggunakan 2 buah kapal kami berlayar menuju perairan barat Karimunjawa. Spot pertama yang dituju adalah pulau Menjangan Kecil. Kapal berhenti di sebuah titik sekitar 100 meter dari bibir pantai. Deretan pohon cemara laut dan pohon kelapa tampak rapi dari kejauhan. Permukaan laut begitu tenang tak bergelombang. Layaknya sebuah kolam raksasa yang tak berujung. Hamparan karang terlihat di bawah air terlihat begitu jelas karena saking jernihnya air.

 
Baik adik-adik, ini spot fun dive pertama kita. Tepat dibawah kapal kita ini ada wreck, kapal kayu pengangkut genting dan kayu yang karam pada 2007 lalu. Itu sudah kelihatan haluannya di kedalaman 10 meter. Kelihatan kan?” kata Pak Mustafa, instruktur selam kami sambil menunjuk ke bawah air.
 
What? Kita bakal dive wreck? Wohoo!”
 
Adrenalin langsung membuncah seketika. Ekspresi teman-teman peserta pun langsung sumringah. Maklum, pengalaman menyelam pertama di laut lepas dan langsung di spot kapal karam. Berasa langsung naik kastanya hahaha. Dan benar saja, so much fun di spot ini. Akan saya ceritakan dalam postingan terpisah deh 🙂
Wreck Dive Spot Pulau Menjangan Kecil Karimunjawa
Wreck Dive | Pulau Menjangan Kecil Karimunjawa

Matahari tepat berada diatas kepala ketika kapal kami kembali bergerak dari pulau Menjangan Kecil menuju spot penyelaman kedua yaitu di pulau Cemara Besar. Kami bergantian turun ke dasar laut dalam beberapa kelompok. Karakteristik spot disini adalah coral wall/tebing karang dengan beraneka ragam jenis karang dan ikan. Parrot fish, nemo, dan berbagai jenis ikan lain ada di spot ini.namun sayangnya sudah banyak bulu babi, which is menjadi indikator awal kerusakan sebuah ekosistem laut. Di beberapa spot juga terlihat coral bleaching dan karang-karang yang patah. Ekpedisi penyelaman hari itu berakhir di dermaga syahbandar Karimunjawa tepat sesaat sebelum matahari tenggelam. Kami duduk berjajar di ujung dermaga sambil menikmati sunset Karimunjawa yang Subhanallah. Ahh… betapa indahnya kebersamaan ini.

Salam #SaveSharks - Sunset Karimunjawa
Salam #SaveSharks – Sunset Karimunjawa

Memasuki hari keempat di Karimunjawa, saatnya kami kembali pulang ke Semarang. KMP Siginjai berangkat tepat pukul 08.00 dari dermaga perintis. Wajah-wajah lelah dengan kulit yang gosong dan menghitam banyak menghiasi dek kapal. Saya memilih untuk tidur di pinggir tangga dengan menggelar sarung. Pelayaran selama 4 jam pun menjadi tidak terasa karena begitu bangun, kapal sudah mendekati pulau Panjang yang letaknya tak jauh dari dermaga Kartini Jepara.

Sebuah pengalaman baru bagi saya. Sangat menyenangkan bisa menjalani setiap tahapan sertifikasi selam dengan teman-teman baru ini. Banyak ilmu yang saya dapatkan. Scuba diving/menyelam sepertinya tidak akan ada puasnya. Semoga dengan 4 kali log dive di Karimunjawa + CMAS License ini semoga bisa menjadi tonggak awal bagi saya untuk semakin mensyukuri dan menikmati dunia bawah air ciptaan Allah SWT yang spektakuler itu.

Hotel Murah Di Semarang Klik Disini

Makan Siang Di KMP Siginjai Karimunjawa
Makan Siang Di KMP Siginjai Karimunjawa

Last but not least, terima kasih untuk:

  • para instruktur: Pak Mustafa, Mas Budi, Mas Ni’am, Mas Huda, Mas Shandy, dll

  • panitia: Vinni, Evi, Amie, Damar, Sila, Mukti, Taro, Nopi, Angga, Elia, Ibam, dll

  • teman-teman peserta: Indra, Tito, Mas Johan, Mas Aran, Adit, Chia Barbie, Kanjeng Fofo, Ragil, Azka, Danu, Margid, Amin, Latief, Septiadi, Iflah, Benny, Ulfa, Nawi, Akram, Ilham, Edita, Tini, dll

Semarang-Karimunjawa | 17-24 April 2014

Waspada Dira Anuraga !!

Note:

  • Bagi yang membutuhkan informasi mengenai sertifiksi selam, bisa coba menghubungi Pak Mustofa (0818459307) atau Mas Budi (08122821248)
  • Underwater photo by MDC UNDIP