Warung Es Semanggi

Segarnya Es Semanggi Magelang

Salah satu spot wisata kuliner di Magelang adalah Es Semanggi. Depot ini terletak di basement/parkiran Matahari Dept Store Alun-alun timur. Wujudnya hanya sebuah warung kecil di pojokan basement yang membaur dengan parkiran sepeda motor dan mobil.

Tapi jangan under estimate dulu, meskipun warung ini kecil dan “ngumpet” tapi bisa dibilang inilah salah satu hidden treasure kuliner Magelang. Selain disitu, Es Semanggi juga punya cabang di Jalan Ahmad Yani, Kedungsari Magelang, depan Radio Polaris. Letaknya yang berada d jalan besar membuat cukup mudah untuk mencapai warung ini baik dengan angkutan umum maupun kendaraan pribadi.

Konon ceritanya, pada tahun 60-an, Es Semanggi dijajakan pertama kali menggunakan gerobak di bawah pohon asem, depan Kelenteng di pojokan alun-alun. Kini usaha turun temurun ini sudah diteruskan oleh generasi ketiga. Dan yang membuat banyak orang heran (termasuk saya) adalah, dari dulu sampai sekarang, cita rasa berbagai macam minumannya tidak pernah berubah. Masih saja sama dan otentik. Mungkin karena resep yang selalu terjaga.

Warung Es Semanggi
Seperti inilah warung Es Semanggi

Berbagai macam menu dan rasa es ditawarkan. Ada es kelapa muda yang disajikan dengan santan segar, es tape hijau, es cendol, es roti, soda gembira dan es plered yang merupakan menu andalan dari depot es Semanggi. Plered terbuat dari tepung beras dan tepung kanji yang kemudian diolah dan dibentuk kecil-kecil berbentuk unik. Plered yang dicampurkan dalam larutan gula aren, ditambahkan santan dan es serut menjadi menu favorit dari para pengunjung dan penikmat es Semanggi ini.

Es Semanggi Magelang
Es Semanggi Magelang

Di warung ini juga terdapat banyak jajanan & cemilan pendamping minum es. Mulai dari tahu susur/tahu isi, tempe goreng, risoles, martabak mini, rempeyek kacang, rempeyek paru, emping manis, dan lain-lain. Masalah harga? Waaahh jangan khawatir.

Harga berbagai macam es tersebut berkisar antara Rp. 1.500 – Rp. 6.500 per gelas. kalau harga jajanannya berkisar antara Rp. 500 – Rp. 2.500 per biji. Jadi, dengan berbekal Rp. 10.000,- saja dijamin anda sudah kembung hahaha.

Monggo silakan mampir kalau pas berkunjung ke Magelang. Dijamin “mak nyuuuss”

Written by
Fahmi Anhar