Jembatan Kali Mas Surabaya

Sahid Hotel Surabaya Review

Saat hari terakhir kunjungan saya di Surabaya, saya memilih untuk menginap di Sahid Hotel. Terletak di lokasi yang sangat strategis di Jalan Sumatra No 1-15 Surabaya. Hotel ini sangat mudah diakses dengan menggunakan semua moda transportasi.

Berada persis di samping Stasiun Gubeng yang tentu saja akan memudahkan para tamu yang menggunakan moda transportasi kereta api. Jarak dari Airport Juanda pun jaraknya sekitar 20 Km saja, jadi masih terbilang cukup dekat.

Bangunan hotel bintang tiga ini memiliki 12 lantai dengan 200 kamar dengan berbagai tipe, mulai dari superior sampai president suite room. Fasilitas pendukungnya pun cukup memadai mengingat hotel ini sudah cukup “senior”. Kita bisa menikmati berbagai macam hidangan ala Indonesia maupun mancanegara di Bekisar Bar & Karaoke. Fasilitas lain seperti fitness center, free karaoke, spa & sauna, Billiard dan meeting room juga tersedia.

Sahid Hotel Surabaya
Superior Room Sahid Hotel Surabaya

Hotel Sahid Surabaya memiliki ciri khas seperti layaknya jaringan Sahid Hotel lainnya. Nuansa khas “Sahid Group” begitu terasa disini. Bangunan yang saat ini menjadi Sahid Hotel Surabaya ini awalnya bernama Hotel Bimasakti yang dibangun pada tahun 1973 dan sempat terhenti pada tahun 1975 karena masalah permodalan. Baru pada tahun 1981, Sahid Group yang saat itu merupakan pengelola jaringan hotel nasional terbesar mengakuisisi dan meneruskan pembangunan gedung melalui PT Sahid International.

Sebenarnya hotel ini memiliki banyak keunggulan. Namun sayang, infrastruktur seperti furniture, interior dan fasilitas lain terkesan sudah usang. Mungkin karena sudah lama belum diganti atau memang untuk menimbulkan kesan vintage dari pihak pengelola? saya kurang tahu. Terus terang saya merasa sedikit tidak nyaman dengan kamar mandinya. Bathtub, keramik dan kain penutupnya sudah old school sekali, jadi mandinya gak santai… (ini mau mandi apa piknik sih? santai segala?)

Ini berdasarkan pengalaman pribadi saya yang dapat kamar superior di lantai 8. Mungkin akan berbeda kesan apabila saya stay di kamar presidential suite room (ya iyalah). Tapi so far, stay disini asyik kok. Pelayanan para staffnya pun ramah dan menyenangkan. Silahkan, kamu bisa memesannya lewat aplikasi booking hotel favoritmu!

Jembatan Kali Mas Surabaya

Saran saya apabila anda tidak takut ketinggian, tidak ada salahnya request kamar di lantai yang tinggi agar kita bisa menikmati view kota Surabaya. Kalau ingin berbelanja, cukup berjalan kaki sekitar 200 meter melewati jembatan Kali Mas, kita sudah sampai di Plaza Surabaya Mall yang disampingnya juga terdapat Monumen Kapal Selam Pasopati.

So, enjoy your vacation!

Written by
Fahmi Anhar