Reception Noormans Hotel Semarang

Review Noormans Hotel By Lor In Semarang

Alunan merdu suara instrumen musik menggema di seantero lobby & restoran hotel. Beberapa ibu-ibu tampak sedang mengobrol dengan heboh di sofa pojok. Sementara itu, saya memilih berdiri mengantri diantara orang-orang yang akan cek in dan cek out siang itu. Sampai akhirnya tiba gliran saya.

“Selamat siang bapak, selamat datang di Noormans Hotel, ada yang bisa dibantu?”

“Selamat siang mbak, saya mau cek in, reservasi atas nama Fahmi” jawab saya sambil menyodorkan KTP.

Tak berapa lama kemudian, saya sudah bersantai sambil selonjoran menikmati empuknya King Koil di kamar 515.

Reception Noormans Hotel Semarang
Reception Noormans Hotel Semarang

***************

Kamar yang saya tempati ini tipe Deluxe Premier Room. Luasnya sekitar 37 m². So spacious! Bisa sekalian buat latihan karate hahaha. Cocoknya untuk family package sih. Selain 2 tempat tidur, toilet, wardrobe, brankas, kulkas mini, TV LED layar lebar, dilengkapi juga dengan satu set sofa nan empuk di sudut living room. Pemandangan dari jendela kamar di lantai 5 ini oke juga. Dalam satu sapuan pandangan mata, kita bisa lihat sibuknya jalan Teuku Umar Semarang, kumpulan tower-tower yang menjulang di Bukit Gombel, sekaligus hamparan Laut Jawa di kejauhan.

Deluxe Premier Room Noormans Hotel Semarang
Deluxe Premier Room

Mengapa saya memilih staycation disini? Terus terang karena saya penasaran dengan hotel yang baru dibuka pada 21 juli 2014 ini. Untuk lengkapnya, berikut saya sharing review Noormans Hotel by Lor In Semarang.

Lokasi

Berada di kawasan Semarang atas, tepat di pinggir jalur masuk utama Kota Semarang dari arah selatan, Noormans Hotel ini bisa dibilang cukup strategis. Dekat dengan kampus UNDIP Tembalang maupun AKPOL. Terlebih, hotel ini hanya sekitar 100 meter dari shortcut tol Jatingaleh Semarang, sehinga mempermudah akses tamu baik dari luar kota, maupun yang akan keluar kota. Dari bandara Ahmad Yani Semarang, bisa ditempuh sekitar 20 menit melalui tol.

Noormans Hotel by Lorin Semarang

Fasilitas

Noormans Hotel by Lor In menyandang status sebagai hotel bintang 3 plus. Yeah, it’s more than three stars hotel. Hotel bergaya mediterania klasik ini memiliki 114 kamar tamu. Terdiri dari 87 Superior Room, 4 Bisnis Room, 21 Deluxe Premier Room dan 2 Noormans Suite Room. Semua kamar dilengkapi dengan LED flat TV, mini bar, free wifi, coffee and tea maker dan wardrobe.

Nah, yang paling saya suka dari toilet nya adalah, secara khusus Noormans Hotel menyediakan kran air untuk wudhu! Kan banyak juga ya hotel yang hanya menyediakan shower dan wastafel. Jadi suka kerepotan kalau mau wudhu & sholat. Good job, Noormans!

Bagi saya, cuma satu yang agak kurang nyaman. Akses wifi di kamar tidak menggunakan sistem all access, namun menggunakan voucher Telkom untuk aktivasi paket WifiID. Ya memang sih, akses datanya bisa sangat cepat, namun agak ribet karena harus gesek kode voucher untuk login. Tidak jarang, auto logout, jadi harus login ulang berkali-kali dengan user ID dan password yang cukup panjang.

Selain fasilitas di kamar, Noormans Hotel Semarang juga menyediakan area parkir kendaraan yang luas. Kira-kira bisa menampung 250 mobil. Oh iya, jangan khawatir repot bagi kamu yang datang dari bandara, karena ada fasilitas penjemputan gratis di airport. Tapi jangan lupa untuk konfirmasi minimal H-1 sebelum kedatangan.

Mengangkat tagline “Good Stay… Good Business…” Noormans Hotel memang lebih fokus pada event-event MICE. Tersedia beberapa meeting room yang bisa menampung hingga 400 orang. Kalau ingin ngobrol santai dengan teman ataupun keluarga, tersedia De Jawis Lounge yang menawarkan aneka pilihan minuman dan snack.

Bagi pecinta lukisan dan seni, pasti suka menginap di hotel ini. Karena interiornya dihiasi ratusan lukisan kontemporer karya Yopie Fajar, seniman muda Jakarta. Di setiap lantai, ada sketch artistik tentang sejarah berdirinya Noormans Hotel. Keren!

Koridor Kamar Noormans Hotel Semarang
Koridor Kamar
De Jawis Lounge Noormans Hotel Semarang
De Jawis Lounge Noormans Hotel Semarang
Toilet Noormans Hotel
Toilet
Toiletries Noormans Hotel
Toiletries Kit

Rate/Harga

Dibandingkan dengan hotel lain yang sekelas, menurut saya Noormans Hotel sangat kompetitif. Harga yang dipatok sebanding dengan fasilitas yang ditawarkan. Contohnya saja, kali ini Noormans Hotel memberikan paket diskon akhir tahun gila-gilaan:

Noormans Hotel Promo

Pelayanan

Sudah hafal lah ya dengan kultur budaya jawa yang ramah? Nah, suasana itulah yang diberikan Noormans Hotel Semarang kepada para tamunya. Meskipun ada saja staff yang terkesan “agak pelit” senyum hehe. Hasil kerja room service pun bersih dan rapi kok.

Kebersihan

Dari area lobby, restoran, koridor kamar, toilet, tempat sampah, sampai detail di dalam kamar semuanya bersih. Bed cover dan selimutnya pun putih bersih.

Keamanan

Kebetulan saya menginap di lantai 5, kamar tipe Deluxe Premier. Keamanan di lantai ini sangat terjaga karena hanya untuk masuk ke koridor kamar saja, tamu harus menggunakan access card. Jadi tidak sembarang orang bisa masuk. Namun hal ini tidak bisa ditemukan kalau menginap di kamar tipe Superior dan Bisnis. Koridor kamarnya biasa, all access.

Makanan

Konsep De Combrang Resto ini unik, dan baru saya temui di hotel ini. Ciri khas masakannya menggunakan bumbu daun & bunga kecombrang. Sajian buffet untuk breakfast pun cukup beragam, mulai dari aneka masakan indonesia, bubur ayam, soto ayam, roti bakar, omelette, aneka pastry, buah dan jus.

But, in my opinion, the best part of Noormans Hotel’s breakfast is, you can make your own waffle! Yeah, waffle dengan aneka pilihan topping! Waffle maker sepertinya masih relatif jarang saya temui selama menginap di berbagai hotel.

Breakfast Buffet Noormans Hotel
Breakfast Buffet De Combrang Resto
Fruit Salad Noormans Hotel
Fruit Salad
Pancake Breakfast Noormans Hotel Semarang
Pancake!

Itulah cerita singkat staycation & review Noormans Hotel by Lor In Hotel Semarang. Berikut penilaian berdasarkan pengalaman saya pribadi :

Nilai: 1. buruk      2. kurang       3. cukup       4. baik       5. baik sekali

Rate/value for money : 4

Pelayanan & staff/service : 4

Letak/location : 4

Kebersihan/cleanliness : 4

Keamanan/security : 4

Fasilitas/facility : 3

Makanan/food : 3

Noormans Hotel Semarang

Jalan Teuku Umar No 27 Semarang
024-86010999 fax 024-8509966
www.noormanshotel.com
Twitter | Facebook | Instagram
Written by
Fahmi Anhar