Review Hotel Airy Rooms Solo Sambil Bernostalgia

hotel-airy-rooms-ngarsopura-solo
Kamar hotel Airy Rooms Solo Ngarsopuro

Setiap membaca berita mengenai Kota Solo, atau hanya mendengar namanya disebut sekalipun, hati ini selalu berdesir. Ada rasa rindu yang menggebu pada kota ini. Kangen suasana kotanya, beragam masakan lezatnya, jajanan pasarnya, angkringannya, festival budayanya dan pastinya keramahan warganya. Tagline “Solo The Spirit Of Java” saya rasa memang tepat disematkan. Semua aspek kehidupan di Solo terasa “njawani”.

Saya pernah tercatat lima tahun menjadi warga Kota Solo. Setiap jengkal kota ini telah menjadi bagian dari sejarah kehidupan yang membentuk pribadi saya yang sekarang. Meskipun kini saya sudah tidak hidup di Solo lagi namun kota ini tetap memiliki tempat spesial di hati saya. Selalu ingin kembali kesini.

Nah, karena sedang kangen Solo, akhir pekan lalu saya mengajak keluarga untuk bernostalgia di kota ini. Kebetulan, di kota inilah saya dan istri dipertemukan dan kemudian dipersatukan. #hazeg. Kalau dulu jaman pacaran menyusuri jalanan kota hanya berdua, maka nostalgia trip kali ini sudah bertiga, bersama si kecil Fariz yang baru berusia 17 bulan.

Yang seru pada liburan singkat di Kota Solo kali ini adalah, secara tidak sengaja kami bertemu dengan blogger paling hits di jagad persilatan tanah air, Om Cumilebay dan Kak Vira Indohoy. Sekian kali janjian untuk ngopi-ngopi seru ketika di Jakarta, sekian kali pula gagal. Eh akhirnya malah ketemu di Solo karena saat itu mereka menginap di hotel yang lokasinya tak begitu jauh dari Hotel tempat kami menginap. Maka jadilah kami menikmati wisata kuliner di Solo bersama-sama. Menyesap hangatnya semangkuk Timlo Maestro dikala hujan gerimis, jajan es dawet telasih Pasar Gede yang terkenal itu, sampai blusukan ke bekas pabrik gula Colomadu Karanganyar demi mengantar Vira sketching disana.

Untuk urusan akomodasi di Solo?

Karena hanya dua hari satu malam di Solo, dan lebih banyak melakukan aktifitas di luar sehingga kamar hotel hanya menjadi basecamp untuk menaruh barang, bukan untuk staycation, maka trip kali ini kami memilih booking hotel murah di Solo. Ya tentunya untuk meminimalisir pengeluaran selama jalan-jalan juga sih hehe.

Ada yang menarik dari pencarian hotel untuk liburan singkat kali ini. Kebetulan saya orangnya suka penasaran dengan hal-hal baru terutama di dunia traveling. Termasuk layanan dan aplikasi yang begitu beragam saat ini. Salah satunya yang sedang booming akhir-akhir ini adalah website & aplikasi Airy Rooms, keinginan saya berawal setelah beberapa kali lihat iklannya di TV, yang ini nih:

Karena penasaran dan ingin mencoba, akhirnya saya pun mencari tahu apa itu Airy Rooms. Ternyata Airy Rooms adalah Accomodation Network Orchestrator (ANO) yang bermitra dengan berbagai hotel budget terbaik di seluruh Indonesia. Airy Rooms menyediakan lebih dari 1000 kamar yang siap melayani para tamunya.

Saya sendiri merasa sangat terbantu dengan layanan yang diberikan oleh Airy Rooms ketika booking hotel di Solo kemarin. Mengapa? Berikut ulasan singkatnya.

10 Alasan Booking Hotel Dengan Airy Rooms

  1. Setelah download di Play Store dan mencobanya, ternyata aplikasi Airy Rooms ringan, tidak memberatkan gadget.
  2. Operasionalnya pun sangat mudah, tampilannya informatif.
  3. Saya tinggal mengetik nama kota, cari, lalu akan bermunculanlah hotel-hotel Airy Rooms beserta lokasi dan rate per malamnya.
  4. Tidak ada biaya tambahan ataupun biaya siluman cuy!
  5. Praktis, cepat proses bookingnya serta aman transaksinya.
  6. Jaringan hotelnya sudah cukup luas terutama di kota-kota besar. Cukup mudah untuk mendapatkan kamar hotel murah secara instan. Apalagi ketika kita traveling secara impulsif dan membutuhkan penginapan mendadak.
  7. Airy Rooms juga memberikan penawaran hotel budget berkualitas dengan harga terbaik.
  8. Kenyamanan tamu tetap menjadi hal yang diutamakan meski Airy Rooms adalah provider layanan pencari hotel budget.
  9. Customer service Airy Rooms siaga 24 jam melayani user dari berbagai kanal, mulai dari email, live chat, call center, hingga whatsapp.
  10. Airy Rooms bisa diandalkan ketika traveling dengan budget terbatas.
Lobby hotel Amarelo Solo Airy Rooms Ngarsopuro
Lobby hotel
c
Perang bantal
Double bed Airy Rooms Solo Ngarsopuro
Double bed Airy Rooms Solo Ngarsopuro

Memangnya what do you expect from budget hotel? Saya tentu tidak berharap banyak karena memang menyadari sebuah istilah Jawa, “ana rega ana rupa”. Ada harga, ada barang. Saya tidak menaruh ekpekstasi berlebih. Tapi ketika mencoba layanan Airy Rooms ini, saya mendapatkan sesuatu yang “lebih”. Proses cek in yang cepat, nuansa kamar yang chic, berbeda dengan yang lain, serta adanya complimentary tambahan di luar jatah dari hotel berupa dua teh botol, dua batang camilan cokelat dan dua cup bubur instan.

Dari pengalaman pribadi booking hotel murah di Solo menggunakan Airy Rooms, saya cukup mengeluarkan biaya Rp.301.500,- untuk 2D1N menginap di hotel Airy Ngarsopuro Gatot Subroto 89 Solo yang lokasinya sangat strategis, sudah termasuk sarapan untuk 2 orang ditambah dengan fasilitas tambahan yang saya sebutkan diatas. Worth every penny!

lift-hotel-amarelo-airy-rooms-solo
Airy Rooms Solo Ngarsopuro
Paket complimentary Airy Rooms
Paket complimentary Airy Rooms

Spot wisata di sekitar hotel Airy Ngarsopuro Gatot Subroto 89 Solo

  • Hotel Airy Ngarsopuro Gatot Subroto 89 Solo berada di Jl Gatot Subroto No 89-103 Solo. Hanya beberapa meter dari  perempatan Ngarsopuro, salah satu pusat keramaian & event di Solo.
  • Pasar Triwindu dan Pura Mangkunegaran yang berada satu jalur dengan Ngarsapura. Dapat dijangkau dengan berjalan kaki. Di pasar Triwindu kita bisa berburu barang-barang antik. Sementara di Pura Mangkunegaran, mata dan hati kita akan dipuaskan dengan perjalanan spiritual sembari belajar sejarah melintasi mesin waktu kembali ke masa kejayaan kerajaan Mataram menyelami seni dan budaya Jawa yang adiluhung.
  • Pasar Klewer, pusat perbelanjaan Singosaren, oleh-oleh kuliner khas Solo Serabi Notosuman dan kampung batik Kauman.

More info, klik https://www.airyrooms.com/ atau download aplikasi Airy Rooms di Playstore dan App Store sekarang

About the author

Indonesian expatriate living in Dubai UAE. I started blogging in January 2011. Awarded as 2nd runner up Skyscanner Travel Bloscars Award Indonesia on 2014. I mostly shares my travel experiences and tips for my readers through write up, photos and videos. Interested in hotel & airlines review, adventures, beaches, cultural festival, architectures, heritage sites, and foodies.
16 Responses
    1. Sama-sama mbak Witri. Jadi sistem Airy Rooms ternyata adalah, mereka block beberapa kamar di hotel-hotel yang bekerjasama. Kalau ada tamu, barulah di set-up ala Airy Rooms 🙂

  1. budidaya

    Kebetulan banget nih pas mau ke solo.. mungkin rekomended buat saya kalo udh sampe sana mas, makasih bnyak nih udah mau sharing hotel di Solo..

    1. untuk ukuran aplikasi pencari hotel budget, dengan fasilitas hotel seperti ini ditambah complimentary yang banyak, bagiku cukup oke kak cumi. not bad lah.

      kapan-kapan jalan bareng2 lagi ya 🙂

  2. Kapan kapan mo nyoba aplikasi ini, penasaran sama pelayanannya juga.
    Tambahan seperti snack ringan mayan juga tuh. Salah satunya aku ngincer pouch warna biru yg di dalam toiletnya hahaha

Leave a Reply