Atria Hotel Magelang

Terkadang saya heran dengan orang-orang dari luar kota yang silih berganti datang ke Kota Magelang ini. Katanya mereka ingin mencari kedamaian. Sebegitu hiruk pikuk-nya kah dunia di luar sana? Sampai-sampai mereka datang jauh “menyepi” ke kota kecil ini untuk menenangkan diri.

Tapi kalau dipikir-pikir iya juga sih… Puluhan tahun saya tinggal di Magelang memang kota ini selalu adem ayem tentrem. Waktu seolah berjalan pelan, menikmati setiap detik kehidupan… #tsaah

Nah, berawal dari itulah, rasa penasaran saya muncul. Gimana ya rasanya jadi turis di kota sendiri? Iya, turis yang literally turis. Tidur di hotel, berkeliling menikmati kota dan terakhir beli oleh-oleh untuk sahabat & keluarga. Meski terdengar agak aneh, toh akhirnya saya melakukannya hahaha.

Lobby Atria Hotel Magelang

Lobby Atria Hotel Magelang

Kemudian, saya putuskan untuk “mengungsi” ke Atria Hotel & Conference Magelang. Sebuah hotel bintang 4 yang terletak di Jl. Jend Sudirman No 42 Magelang.

Lokasinya yang berada di sisi timur lembah Gunung Tidar membuat hawa disekitarnya menjadi sejuk. Hotel 10 lantai ini diresmikan pada 12 Desember 2012. Atria Hotel & Conference Magelang yang tergabung dalam Parador Hotels & Resorts Group ini memiliki 144 kamar. Terdiri dari 142 superior rooms & 2 suite rooms.

Alunan musik instrumental mengalun merdu di seantero lobby. Seolah membuai para tamu yang datang untuk segera merebahkan diri. Setelah check-in di resepsionis, saya medapatkan kamar 816 di lantai 8 yang menghadap ke timur dengan view spektakuler gunung Merapi & Merbabu.

Ada perasaan aneh ketika saya masuk kamar. Dalam hati saya bertanya: “beneran ini sehari jadi turis di kota sendiri?” heheha, asyikin aja!

Sunrise View Atria Hotel Magelang

Wake up & smell the coffee! Good morning universe!

Di dalam kamar ada sebuah TV LCD super besar dengan puluhan channel kece, bed yang empuk dan kamar mandi yang bersih. Yang cukup membuat saya surprise adalah toiletry kits-nya. Selain perlengkapan mandi standar seperti sabun, shampo, 2 buah sikat gigi, shaver, shower cap dan sisir rambut, ada juga jarum + benang untuk menjahit. Hmm.. sepertinya ini salah satu yang terlengkap yang pernah saya jumpai. #yakali tiba-tiba ada baju yg mau ditambal hehe

Sore hari saya sempatkan untuk renang. Hotel ini meyediakan fasilitas fitness center dan outdoor swimming pool yang letakya menyatu di lantai 3. Yah meskipun kolam renangnya tidak terlalu luas, tapi cukup lah kalau cuma buat main air. Bahkan bagi yang pengen relaksasi ada juga paket traditional spa.

Malam harinya, tanpa diduga saya diajak dinner oleh pak Chandra Irawan, GM Atria Hotel Magelang di Truntum Lobby Bar. Banyak pelajaran yang saya dapatkan dari hasil ngobrol panjang lebar dengan beliau 🙂

Breakfast at Atria Hotel Magelang

Yummy? Definitely!

Dari hasil pengalaman kemarin, menurut saya ada 3 alasan mengapa kalau ke Magelang harus coba stay di Atria Hotel & Conference Magelang.

Yang pertama, karena hotel ini masih terbilang baru dan fasilitas yang ditawarkan pun masih baru & modern. Yang kedua, lokasinya yang tak jauh dari Bukit Tidar membuat hotel ini seolah memiliki playground alam bagi para tamunya. Bayangkan, pagi hari kita bisa langsung berjalan kaki, trekking ke puncak Gunung Tidar, menikmati sejuknya udara Magelang diantara jalan setapak di dalam hutan pinus sambil belajar sejarah & legenda tentang gunung yang konon katanya adalah pakunya pulau jawa itu.

Sementara, alasan ketiga adalah karena lokasi Atria Hotel & Conference Magelang strategis & mudah dijangkau dari arah manapun, bahkan disediakan free shuttle bagi para tamu yang ingin berkeliling kota. Would be so nice!

Anyway, salah satu cara saya untuk menilai kualitas dari sebuah hotel adalah ketika breakfast time. Disitu akan tercermin bagaimana sebuah hotel memberikan servis kepada para tamunya. Dan program Sunday Breakfast di Pamiluto Restaurant tidaklah mengecewakan, makanan yang disediakan enak-enak semua *glek*. Berbagai menu dari traditional, western, bahkan sampai mongolian pun ada. Meskipun pagi itu saya tidak menemukan aneka jenis sliced cheese yang biasa ada di samping aneka roti & selai.

Itulah cerita & review singkat tentang Atria Hotel & Conference Magelang. Jadi kalau teman-teman ada rencana main-main ke Magelang, bisa dicoba menginap disini. Recommended!!

product-image

Atria Hotel Magelang

8.5

— Value for money (4)
— Service (5)
— Location (4)
— Cleanliness (5)
— Security (4)
— Facility (4)
— Food (4)

Pros
    Cons
      Fahmi Anhar
      Indonesian expatriate living in Dubai UAE. I started blogging in January 2011. Awarded as 2nd runner up Skyscanner Travel Bloscars Award Indonesia on 2014. I mostly shares my travel experiences and tips for my readers through write up, photos and videos. Interested in hotel & airlines review, adventures, beaches, cultural festival, architectures, heritage sites, and foodies.

      Masjid-Masjid di Brunei Darussalam

      Previous article

      Keliling Dunia di Global Village Dubai

      Next article

      You may also like

      20 Comments

      1. Mas, itu coffee maker nya bagus banget kalo buat di kamar nya. View belakang nya keren banget gunung memberi kedamaian 🙂

        1. coffe makernya kece maksimal!! bangun tidur bikin ristretto sambil bengong di jendela liatin sunrise dari balik merapi merbabu 😀

          1. Iya euy ,, suka ama coffee makernya! 🙂

      2. MAU DONG!!! Gratisan tapi yak??

        1. ah situ pan abis jalan2 ke negeri jiran khrateys, masa nginep dimari aku yg bayarin…

          1. Kan daku harus disyambut dong sama babangnya magelang. Cemana sih? *kibas poni *poni kuda

            1. *gelar karpet merah*

      3. Mbok aku ditraktir stay di sini kak Fahmi 😀

        1. Mbok nya siapa kak Timot? Mbok Yem? Mbok Jum? #edisibolot

          1. Mbok jamuu ada ga kaaakk :-|||

          2. Mbok Ugi sop buntut enak loh *nyamber nggak nyambung* 🙂

      4. Mi…tetep nunggu giveaway vocher hotel di Magelang TITIK.
        Plus traktiran e sing tertunda #teteup hahaha…

        1. iya nih belom jadi nraktir dirimu ke es semanggi haha, sini main ke magelang lagi broh

      5. aku mau bobo di sini tapi … tapi… tapi… dibayarin kantor, ga iklas kalo keluar duit sendiri #pelit

        1. hahaha gini nih jadinya kl keseringan dinas dibayarin kantor

      6. ehehehe seru kayaknya ya mas jadi turis dikota sendiri, pindah tidur sambil leha2 dihotel, kayak gini pula hotelnya. Kalo ada voucher gratis mas, boleh deh dilemparin kemari 😀

        1. ternyata seru juga liburan di kota sendiri, nggak melulu harus jauh dari rumah pun kita sudah bisa mendapatkan suasana yg berbeda 🙂

      7. woow udah ada coffee maker di kamar.. kereeen… hotelnya top banget

      8. Wah iya lo bener saya salah satunya pernah mencari kedamainan hidup di Magelang .. Tapi itu hotel pancen top buat di Magelang .. Salam ..

        1. halo mas, salam kenal. hehe iya kan, magelang memang tempat yang pas untuk mencari kedamaian 🙂

      Leave a reply

      Your email address will not be published. Required fields are marked *