Pura Goa Lawah Bali

Rencana Liburan Akhir Tahun Bersama Si Kecil

Kursi-kursi yang berjajar rapi di bibir pantai membuat saya betah berlama-lama duduk santai. Semilir angin laut semakin membuai. Suasana Pantai Jimbaran Bali sore itu semakin syahdu karena gumpalan awan tipis membayangi senja yang mulai merona kelabu. Beberapa orang masih asyik bermain air berkejaran dengan ombak yang tenang menghanyutkan. Beberapa lainnya terlihat mondar-mandir mencari meja yang kosong, bersiap untuk santap malam.

Seharian jalan kaki berkeliling kesana-kemari membuat kaki ini terasa nyeri. Saya dan istri memilih mengakhiri hari dengan menikmati makan malam sok romantis di Pantai Jimbaran Bali. Begitulah suasana liburan akhir tahun lalu kami. Menikmati awal masa-masa berdua dengan liburan ke pulau dewata.

Pantai Jimbaran Bali
Pantai Jimbaran Bali

*****

Tahun berganti, dari berdua jadi bertiga…

Di tahun 2015 ini, Alhamdulillah kami dianugerahi si kecil. Anak pertama, Fariz namanya. Kini, usianya baru akan menginjak lima bulan. Sudah mulai tengkurap, angkat-angkat pantat sambil ngoceh bahasa planet antah berantah haha.

Dua tahun pertama merupakan masa krusial bagi perkembangan anak. Dia mulai tahu apa yang dimau dan mengenal lingkungan sekitarnya. Setiap akhir pekan, selalu saya sempatkan membawa dia untuk keluar rumah. Meskipun hanya untuk melihat hamparan sawah menjelang sunset di ujung kampung yang tak begitu jauh dari rumah. Begitu melihat dunia luar, anak kecil ini senangnya bukan main! Maka, kami pun berencana untuk lebih sering mengenalkan lingkungan yang lebih beragam lagi kepada si kecil, agar tumbuh kembangnya bisa bagus.

Liburan Akhir Tahun Bersama Si Kecil Fariz
Fariz jalan-jalan sore di sawah
Fariz Ahmad Husaini
dear son, we love you…

Jika tahun lalu kami menikmati libur akhir tahun hanya berdua, maka mau tidak mau tahun ini menjadi bertiga. Meskipun traveling dengan balita lumayan repot karena membawa berbagai perlengkapan tambahan, tapi justru disitulah seninya menjadi orang tua baru.

Lalu kemana rencana liburan akhir tahun bersama si kecil Desember mendatang? Nostalgia di pulau dewata seru sepertinya! Selain karena aksesnya mudah, tidak terlalu jauh dari pulau Jawa, pun banyak destinasi wisata yang cocok untuk dinikmati bersama keluarga. Setelah berdiskusi, kami memilih tiga destinasi wisata keluarga di Bali yang akan dikunjungi.

Bali Safari & Marine Park

Terletak di Kabupaten Gianyar, Bali Safari & Marine Park bisa ditempuh dengan berkendara sekitar 1,5 jam dari Denpasar. Destinasi ini sepertinya cocok untuk wisata keluarga karena selain sebagai sarana rekreasi sekaligus edukasi. Anak-anak pasti akan senang diajak keliling Bali Safari & Marine Park melihat burung, harimau, badak, singa, anoa, gajah dan masih banyak lagi. Ada juga water park dan wahana permainan lainnya. Yang juga tak boleh dilewatkan kala berkunjung kesini adalaha pertunjukan teatrikal Bali Agung.

Animals Show Bali Safari & Marine Park
Animals Show Bali Safari & Marine Park
Badak Bali Safari Marine Park
Badak
Elephant Show Bali Safari & Marine Park
Elephant Show Bali Safari & Marine Park
Bali Safari & Marine Park
senyum dulu lah ๐Ÿ™‚

Pantai Sanur

Klasik memang, tapi saya rasa pantai Sanur adalah salah satu pantai yang pas untuk wisata keluarga. Berada di tengah kota, mudah dijangkau dan fasilitas yang ditawarkan pun cukup lengkap. Mulai dari hotel, tempat makan, wisata olah raga air, hingga gazebo-gazebo di pinggir pantai yang bisa digunakan untuk berkumpul bercengkerama bersama keluarga sembari menikmati semilir angin laut. Jika lapar, tinggal berjalan kaki menuju warung Mak Beng yang masyhur akan hidangan sup ikannya itu. Slurrp!

Parasailing Pantai Sanur Bali
Parasailing Pantai Sanur Bali

Desa Adat Tenganan Pegringsingan

Pergi ke Bali belum terasa lengkap jika belum menyatu dengan masyarakat lokalnya. Nah, desa adat Tenganan Pegringsingan di Karangasem adalah salah satu destinasi yang menarik untuk disambangi. Disini kita bisa belajar membuat kain tenun Pegringsingan yang unik, menulis aksara Bali kuno di daun lontar dan bahkan melihat prosesi adat yang relatif berbeda dengan masyarakat Bali pada umumnya. Mengapa? Karena masyarakat Desa Adat Tenganan Pegringsingan termasuk suku Bali Aga, suku Bali kuno yang masih menjaga tradisi leluhurnya. Jika dari Denpasar, kita bisa berkendara ke arah timur membelah jalan Ida Bagus Mantra di pesisir selatan Bali menuju Kabupaten Karangasem. Jika perjalanan lancar, biasanya ditempuh selama 2 jam.

Desa Adat Tenganan Pegringsingan
Desa Adat Tenganan Pegringsingan

*****

Bagaimana rekomendasi kami wisata keluarga di Bali? Cukup menarik bukan? Semoga rencana liburan akhir tahun bersama si kecil nanti bisa terwujud. Dan semoga postingan ini juga bisa memberikan inspirasi bagi kamu yang juga sedang merencanakan liburan akhir tahun bersama keluarga.

Lalu bagaimana dengan urusan booking hotel? Di era digital seperti sekarang, tentunya kita sudah tidak perlu pusing karena untuk urusan itu, karena ada one click away solution! Tinggal masukkan nama kota dan tanggal, maka ratusan pilihan hotel dengan berbagai fasilitas dan harga pun muncul. Sesuaikan saja dengan kebutuhan, selera dan budget liburannya.

Begitu pula dengan tiket pesawat. Selain booking via website maskapai langsung, kita juga bisa menggunakan http://www.wego.co.id/tiket-pesawat sebagai alternatif pencari tiket pesawat yang sangat efektif. Mengapa? Karena dengan sekali klik, kita bisa membandingkan harga tiket dari berbagai situs pencari yang ada dan tinggal pilih deh, mana tiket pesawat yang kamu pilih. Seru kan?

Pura Goa Lawah Bali
Pura di Bali

Lalu, bagaimana dengan rencana liburan akhir tahunmu? Ingin pergi kemana? Bersama siapa? Sharing yuk! ๐Ÿ™‚

Written by
Fahmi Anhar