Pesta Rakyat Semarang Night Carnival 2016

Penonton Semarang Night Carnival 2016

“Mas-mbak blogger, kita sudah ditunggu di tribun utama. Parade Semarang Night Carnival akan dimulai sebentar lagi.” Seru seorang panitia.

Spontan saya tersedak mendengar himbauan tersebut karena baru 3 suapan menikmati hidangan nasi ayam ala India bernama Chicken Tikka Masala, salah satu menu andalan Spiegel Bar & Bistro yang berada di kawasan Kota Lama Semarang. Maklum saja, saya menjadi peserta famtrip terakhir yang mendapatkan menu tersebut pada saat jamuan makan malam.

Oke, fine! Untuk mengejar momen, saya bersama 20 rekan blogger bergegas meninggalkan Spiegel berjalan kaki menuju tribun tamu VIP ajang Semarang Night Carnival 2016. Jalan Letjend Suprapto yang menjadi salah satu Jalanan utama di Kota Lama Semarang malam itu disulap menjadi catwalk panjang berhiaskan gemerlap lampu warna-warni. Karpet merah panjang siap menjadi panggung Semarang Night Carnival 2016. Gedung-gedung tua yang pada hari-hari biasa hanya terdiam membisu bersama kenangan masa lalu, malam itu seolah ikut menyatu bersama keriaan ribuan masyarakat kota Semarang. Event budaya Semarang Night Carnival 2016 ini dihelat dalam rangka rangkaian perayaan HUT Kota Semarang ke 469.

Famtrip Semarang Hebat BP2KS Semarang Night Carnival 2016
Blogger kurang piknik hihi
Bus Walikota Semarang Tiba Di Semarang Night Carnival 2016
Rombongan Walikota Semarang beserta jajaran Muspida tiba

Tak berapa lama, iring-iringan bus rombongan Walikota Semarang bapak Hendrar Prihadi beserta Muspida pun datang. Beliau terlihat begitu santai mengenakan kemeja batik lengan pendek dan topi mahkota dari kerajinan anyaman. Tanpa sungkan pak Walikota menyalami satu persatu para tamu undangan yang duduk di barisan depan termasuk kami para blogger peserta famtrip #SemarangHebat dari BP2KS dan Disbudpar Kota Semarang.

Dalam sambutannya, Walikota memberikan pesan khusus kepada para blogger untuk bersama-sama membantu menceritakan beragam potensi wisata Kota Semarang ke seluruh penjuru nusantara. Tentu itu menjadi amanah besar bagi rekan-rekan blogger.

Tak banyak acara sambutan basa-basi malam itu. Usai sambutan Walikota, gelaran Semarang Night Carnival pun langsung dimulai. Dari kejauhan terdengar derap langkah korps marchingband Gema Perwira Samudera dari Politeknik Ilmu Pelayaran Semarang yang menjadi aksi pembuka. Atraksi para taruna calon pelaut ini begitu memukau pengunjung. Mereka membawakan 5 buah lagu secara medley. Meski rintik hujan mulai mengguyur Kota Lama Semarang pada Sabtu malam itu, namun tak mnyurutkan semangat penampil maupun penonton yang berdesakan di kiri-kanan jalan.

Marching Band Taruna PIP Gema Perwira Samudera Semarang Night Carnival 2016
Marching Band Taruna PIP Gema Perwira Samudera di Semarang Night Carnival 2016
Aksi Marching Band Taruna PIP Gema Perwira Samudera Semarang Night Carnival 2016
Aksi Marching Band Taruna PIP Gema Perwira Samudera
Gema Perwira Samudera PIP Semarang Night Carnival 2016
Gema Perwira Samudera PIP Semarang Night Carnival 2016

Semarang Night Carnival 2016 mengangkat tema Fantasi Warak Ngendok. Maka tak heran jika kemudian parade dilanjutkan dengan kemunculan patung hewan ikon Kota Semarang hasil akulturasi budaya yaitu Warak Ngendok yang merupakan simbol persatuan dalam keberagaman masyarakat Semarang. Kepala naga perwakilan dari etnis Tionghoa, badan Buraq melambangkan etnis Arab, dan kaki kambing yang mewakili suku Jawa.

Karnaval budaya malam itu terasa semakin meriah ketika defile ratusan muda-mudi Semarang memasuki arena panggung utama dengan kostum unik berwarna-warni diiringi lagu-lagu rancak membahana. Hampir semua kostum yang diperagakan pada Semarang Night Carnival 2016 ini adalah hasil kreasi dari kerajinan tangan anyaman bambu, rotan, biji-bijian, dan bahan-bahan alam lainnya. Tak ayal sorotan lensa kemera pun selalu mengarah pada mereka yang tampil mempesona dalam parade Semarang Night Carnival 2016 kali ini.

Kostum Semarang Night Carnival 2016
Kostum Semarang Night Carnival 2016
Defile Semarang Night Carnival 2016
Kostum Unik Semarang Night Carnival 2016
Kontingen Dinpar Jepara Semarang Night Carnival 2016
Kontingen Dinpar Kab Jepara
Kostum Peserta Semarang Night Carnival 2016
Kontingen Tamu Kab Jepara
Poster Semarang Night Carnival 2016
Semarang Night Carnival 2016

Semarang Night Carnival sudah menjadi ajang kreasi, sosialisasi dan silaturahmi segenap warga Semarang sejak beberapa tahun lalu. Saya berharap, kedepan akan semakin banyak event budaya di kota lumpia ini.

Salam Semarang Hebat !!

 

24 thoughts on “Pesta Rakyat Semarang Night Carnival 2016”

  1. Rame banget taaa, liat pesta kostum gitu seperti di jember festival hahahah tp sumpah keren salut semarang hebat

    Reply
    • semarang night carnival 2016 lumayan seru kak cumi, tapi menurutku kurang lama paradenya, marching band nya cuma 1 dan kostum yang diperagakan modelnya serupa, hanya beda warna

      Reply
    • ayo kak nunu! kapan kita traveling bareng lagi nih? ditunggu undangannya dari negeri angin mamiri 😀

      Reply
  2. Wah aku paling demen nonton drumband mas mas militer soalnya pake atraksi 🙂
    Duh ada dedek dedek gemez pake kostum 😀

    Reply
    • gema perwira samudera PIP Semarang ini cukup keren, tapi lebih nampol aksi Canka Lokananta nya AKMIL atau marching band nya AKPOL

      Reply
  3. ihhhh belum pernah liat karnaval begini aku… meriah bgt pasti ya mas … suka deh liat aneka kostum unik2 begitu. kreatif bgt yg bikin, kdg sampe ga kepikiran bahan yg simple bisa dibuat jd kostum spektakuler. trs itu marching bandnya bisa bgt bdnnya melentur gitu yaa ;p

    Reply
    • masa belum pernah sama sekali mbak? seru desak-desakan dengan penonton lain kalau lihat karnaval macam Semarang Night Carnival ini hehe.

      tapi kreatifitas para pembuat kostumnya patut diacungi jempol, spektakuler!

      Reply
    • kesempatan langka bisa jalan bareng teman-teman travel blogger indonesia ini yang biasanya cuma ketemu di group

      Reply
  4. woww, liat pesta kostum gitu seperti JVC ” bada nya cuman pada maelem hari”’
    tapi keren semarang punya … (Y)

    Reply
  5. pengen nonton carnaval kayak gini… mantep pastinya…
    tapi sebentar lagi di bali ada pembukaan PKB ( Pesta Kesenian Bali )
    pastinya gak kalah meriah dan seru tuh, banyak atraksi, pertunjukan dan tarian…

    Reply
    • Saya rasa lebih meriah Pesta Kesenian Bali, soalnya Semarang Night Carnival 2016 kemarin relatif lebih sedikit partisipan/pesertanya, hanya marching band dan parade kostum, tidak ada mobil hias atau group kesenian lainnya. Kapan-kapan semoga bisa lihat PKB langsung 🙂

      Reply
    • aku masih heran dengan cara pembuatannya. detail banget, pasti harus telaten bikin kostum karnavalnya.

      Reply
  6. Kece banget deh penampilannya sangat menarik suka banget liatnya semarang maju terus yahh :*

    Reply

Leave a Comment