Uji Coba Kualitas Teh
Uji Coba Kualitas Teh

Teh Grade 1

Ada golongan pecinta kopi, ada pula penikmat teh.

Kamu termasuk yang mana?

Bagi penggemar yang fanatik, kopi dan teh tak ubahnya seperti candu. Hari-harinya akan terasa hampa jika tanpa secangkir kopi ataupun teh. Adiktif! Saya punya teman yang kalau tidak minum teh atau kopi, dia akan merasa pusing. Sampai segitunya.

Kalau saya bukan penggemar fanatik keduanya. Yaa biasa-biasa saja.

Anyway, berbicara tentang teh, sadarkah kamu bagaimana secangkir teh itu bisa sampai terhidang di mejamu? Betapa sebenarnya sepucuk daun teh telah mengalami perjalanan yang sangat panjang. Berikut cerita tentang pengalaman saya berkunjung ke Agrowisata Teh Tambi Wonosobo. Inilah kisah perjalanan secangkir teh.

Pemetikan

Setelah memasuki masa siap panen, para pegawai pemetik teh akan memetik pucuk-pucuk daun teh secara bertahap. Biasanya dikerjakan secara berkelompok dan diawasi oleh supervisor. Hal ini dilakukan untuk menjaga kualitas daun teh yang dipetik. Karena salah teknik memetik saja bisa menyebabkan kualitas teh turun.

Pelayuan

Pucuk-pucuk daun teh yang terkumpul lalu ditimbang dan dimasukkan ke dalam ruang pelayuan. Proses ini bertujuan agar daun teh segar yang baru saja dipetik menjadi layu dan siap untuk digiling/dipotong.

Proses Pelayuan Daun Teh

Proses Pelayuan Daun Teh

Ruang Pelayuan Daun Teh

Ruang Pelayuan Daun Teh

Pemotongan/Penggilingan

Setelah beberapa jam daun teh dilayukan, proses selanjutnya adalah penggilingan. Daun teh dipotong menggunakan alat khusus sehingga menjadi bagian-bagian kecil. Lebih detailnya, berikut video singkat proses penggilingan dan sortasi daun teh:

Proses Penggilingan

Proses Penggilingan

Fermentasi & Pengeringan

Pada proses ini, daun teh yang sudah digiling, difermentasi lalu dikeringkan agar berkurang kadar airnya. Lamanya proses fermentasi ini akan menentukan jenis teh yang dihasilkan.

Proses Pengeringan

Proses Pengeringan

Penjenisan

Pada dasarnya ada beberapa jenis teh. Yaitu teh hijau, teh putih, teh hitam/merah dan teh oolong. Penjenisan ini berdasarkan pada tingkat fermentasi dan oksidasinya. Nah, kamu suka jenis yang mana?

Quality Controll

Proses ini penting karena untuk menjaga kualitas teh yang akan dilempar ke pasaran. Apakah layak atau tidak, memenuhi standar pasar atau tidak, dan sebagainya. Beberapa ahli teh menjadi tester bertugas di sebuah mini laboratorium selama proses pengujian.

Uji Coba Kualitas Teh

Uji Coba Kualitas Teh

Pengemasan/Packing

Jika sudah lolos pengujian, teh lalu dikemas sesuai jenis dan kualitasnya. Ada yang untuk konsumsi dalam negeri, ada juga yang diekspor ke luar negeri seperti Amerika Serikat, Rusia, Belanda, Uni Emirat Arab, India dan Jepang. Jadi jangan bangga dulu kalau minum teh produk-produk luar negeri yang kini dikemas berkelas. Karena bisa jadi, bahan dasar teh tersebut berasal dari Indonesia. Haha.

Teh Tambi Wonosobo

Teh Tambi Wonosobo

Negara Tujuan Ekspor Teh PT Tambi Wonosobo

Negara Tujuan Ekspor Teh PT Tambi Wonosobo

Perjalanan Secangkir Teh

model: Christian Sugiono | fotografer: @FirstaDYI

Jadi bagaimana? Setelah mengetahui proses perjalanan secangkir teh ini, saya jadi lebih menghargai bagaimana secangkir teh itu bisa terhidang di meja.

Fahmi Anhar
Indonesian expatriate living in Dubai UAE. I started blogging in January 2011. Awarded as 2nd runner up Skyscanner Travel Bloscars Award Indonesia on 2014. I mostly shares my travel experiences and tips for my readers through write up, photos and videos. Interested in hotel & airlines review, adventures, beaches, cultural festival, architectures, heritage sites, and foodies.

Agrowisata Kebun Teh Tambi Wonosobo

Previous article

Akhirnya Sampai Dubai

Next article

You may also like

12 Comments

  1. Aku ngak suka kopi ataupun ngeteh. lebih demen minum air putih.
    btw foto terakhir itu christian sugiono saat setelah operasi pake plastik maspion yaaa kak ??? #kaburrr

    1. kak cumi, kalau nakal ntar dikecup sama christian sugiono lho

    2. Wah sayang banget ya Kakak Cumi ndak suka ngopi padahal Kopi bisa nambahin kegagahan atau ndak kecantikan loh tinggal pilih aja #eh

      1. Wahaha mas yudi bisa aja! Iya, kopi bisa buat luluran juga kan kak cumi? hehe

  2. alhamdulillah saya juga termasuk yang biasa biasa aja..
    Jadi gak pake pusing kalo gak ketemu teh or kopi… heheheh

    Nica sharing

    1. your welcome mas, thanks sudah mampir di blog saya 🙂

  3. teh…
    biar kayak orang lokal sini
    hahahahaa
    *alasannya aneh ;p

    1. wuih! sekarang udah jd orang southampton dong ya :p

  4. Ga fanatik ama dua-duanya sih :D, tapi kalo kepaksa milih aku lebih milih kopi. Sebenernya, krn 2-2 nya itu suka ninggalin after taste asam di mulut, makanya aku g gitu doyan… Jadi intinya kalo teh ato kopi ga terasa asam di mulut , pasti suka 🙂

    1. after taste memang kadang bikin nggak nyaman. cara ngilanginnya dengan makan permen atau gosok gigi aja hehe

  5. Salam kenal sebelumnya, Mas..
    Wah, Tambi! Lama nggak ke wonosobo..Trakhir ke Tambi 10 tahun yang lalu kayanya..
    Kalo ngga salah, produksi tehnya emang sebagian besar diekspor ke luar negeri. Lipton Tea termasuk salah satu teh yang pakai daun teh produksi kebun teh tambi.
    Btw, Anak pemiliknya cantik banget. udah gitu baik pula..#curhat :)))

    1. Salam kenal juga mas, btw gimana ceritanya bisa tau kalau anak pemilik teh tambi ini cantik & baik? Pasti ada sesuatu nih! Hahaha ditunggu ceritanya 🙂

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *