Masakan Padang Lidah Bergoyang

“Yaelah, masa udah jauh-jauh ke Ruteng, makannya nasi Padang juga nyet?”

Begitulah tanggapan teman-teman saat mengetahui saya sedang asyik menyantap sepiring nasi padang di sebuah rumah makan Padang di Ruteng, ibukota kabupaten Manggarai, Flores, Nusa Tenggara Timur.

Lha gimana lagi, bagi saya (dan saya yakin juga bagi kebanyakan orang) masakan Padang sudah menjadi andalan, kapanpun dan dimanapun, apalagi ketika kita traveling.

Selain  rasanya jelas enak karena spicy, halal, harganya terjangkau, porsinya pun relatif banyak jadi bikin lidah bergoyang dan perut pun kenyang.

At least, begitulah kesan kebanyakan orang tentang masakan Padang. Maka tidak heran jika makanan Padang memiliki berjuta penggemar.

Masakan padang Gulai Kepala Ikan Kakap
Gulai Kepala Ikan Kakap

Entah disadari atau tidak, fenomena ini menjadi bukti kekuatan budaya merantau dari warga ranah minang. Kini, mereka ada dimana-mana. Bahkan di pelosok negeri ini untuk membangun bisnisnya. Salah satu contoh yang sudah berhasil adalah jaringan Rumah Makan Padang Sederhana yang terkenal lezat dan sudah membuka cabang di kota-kota besar di Indonesia.

Agak aneh memang, kenapa masakan dari ranah minang ini lebih terkenal dengan nama masakan Padang. Padahal secara umum, masakan Sumatera Barat berasal dari beberapa daerah lain seperti Bukittinggi, Payakumbuh, Solok, Batusangkar, Pariaman, dll. Namun entah mengapa sampai sekarang lebih terkenal dengan sebutan “masakan Padang”.

Masakan Minangkabau, misalnya, memiliki cita rasa yang khas, yaitu berbumbu, pedas dan cenderung asin. Saya pernah mengobrol dengan Bang Rizal, seorang penjual masakan Padang. Dia bercerita, masyarakat minang tidak menambahkan gula dalam setiap masakannya, seperti tradisi masakan Jawa. Konon, rasa manis dan gurih sudah didapatkan dari santan.

Nasi padang rumah makan sederhana
Rendang yang bikin lidah bergoyang!

Rendang, dendeng batokok, dendeng balado, ayam pop, itiak lado mudo, gulai kepala ikan kakap, gulai ikan patin, gulai tunjang, gulai kambiang, perkedel, dan lain-lain adalah jenis-jenis masakan andalan khas Minangkabau.

So, which one’s your favorite?

Kalau saya… semua!! hahaha *maruk*.

Masakan Minangkabau yang tersaji di rumah makan Padang di seluruh penjuru negeri ini sudah menjadi bagian dari keseharian masyarakat Indonesia. Mulai dari rakyat sampai pejabat, dari direktur sampai kondektur. Masakan Padang memang selalu bikin lidah bergoyang.