Mangut Lele Warung Purnama Muntilan
Mangut Ikan Lele

“Eh, makan enak di Magelang dimana sih?”

“Aku pengen main ke Magelang, tapi bosen Kupat Tahu. Makan apa ya?”

“Ada rekomendasi tempat wisata kuliner di Magelang nggak?”

Pertanyaan-pertanyaan seperti itu yang sering saya dapati. Dan biar gak capek jawabnya, saya akan coba review satu lagi tempat makan enak khas Magelang.

Baca juga: Rekomendasi wisata kuliner Magelang yang wajib kamu coba

Yaa, meskipun enak itu relatif sih karena kembali ke selera lidah masing-masing. Tapi at least, warung ini patut dicoba. Terlebih untuk yang suka masakan lokal dengan citarasa pedas.

Warung Purnama Mangut Ikan Lele Muntilan

Warung Purnama Muntilan

Jenis masakan mangut ternyata beda daerah, beda jenis. Di kawasan pantura Jawa Tengah, masakan mangut lazimnya berupa potongan ikan pari yang diasap yang disajikan dengan kuah santan kuning kental dan bercitarasa sangit (bau asap) & pedas.

Sedangkan di kawasan tengah propinsi Jawa Tengah, masakan mangut berupa ikan goreng (bisa lele, nila, bawal, beong) yang dimasak dalam kuah santan berbumbu lengkap hingga kuahnya meresap kedalam daging ikan. Cita rasanya super pedas karena menggunakan banyak irisan cabai rawit.

Mangut Lele Warung Purnama Muntilan

Mangut Ikan Lele

Nah, selain warung mangut ikan beong di Kembanglimus Borobudur, di Magelang ada satu lagi warung makan yang menyediakan menu andalan masakan mangut ikan. Warung Purnama namanya. Terletak di desa Prumpung, kelurahan Tamanagung, kecamatan Muntilan, Kabupaten Magelang.

Memang sih, lokasinya agak jauh kalau dari pusat kota Magelang. Sekitar 20 Km arah ke Yogyakarta. Namun untuk menemukan warung ini tidaklah sulit karena terletak di pinggir jalan raya utama Magelang-Yogyakarta.

Kalau dari arah Magelang, warung ini berada di kiri jalan, tepat di sebuah gang kampung sebelum jembatan sungai Pabelan. Daerah Pabelan/Prumpung mudah dikenali dengan banyaknya galeri seni & penjual aneka patung berbahan dasar batu andesit yang dipajang di pinggir jalan raya.

Warung Purnama Muntilan

Apa menu andalan warung makan Purnama Muntilan ini? Ya jelas nasi putih panas dan mangut ikan nila/bawal/lele. Bisa disajikan dengan tambahan menu sambal goreng tahu atau pecel sayuran. Tapi kalau saya lebih suka tanpa sayur tambahan. Akan lebih terasa bumbu mangutnya.

Nah, bagi yang tidak suka menu ikan-ikanan atau menu pedas, tenang saja. Disini juga tersedia opor ayam kampung yang laziss. Jadi apapun seleramu, tetap bisa makan masakan khas masyarakat lokal Magelang.

Ada orang yang under estimate dengan warung-warung kecil di pinggir jalan seperti ini. Karena dianggap murahan lah, tidak higienis lah, sumpek lah, malu lah, dst. Namun jangan salah, justru terkadang di tempat seperti inilah letak surga tersembunyi bagi indra pengecap & perut kita.

Ikan Bawal Goreng Warung Makan Purnama Muntilan

Ikan Bawal Goreng

Warung ini telah mengalami beberapa kali pergantian generasi. Jadi sudah relatif lama berjualan makanan dengan menu aneka mangut ikan. Harga yang dipatok pun relatif sebanding dengan rasa masakan.

Meski beberapa orang juga merasa relatif mahal, karena rata-rata, seporsi nasi putih, mangut ikan lele dan segelas minuman bisa dihargai Rp. 20.000,-. Terasa mahal karena bagi warga sekitar, ikan lele adalah ikan yang mudah di dapatkan di pasaran. Tapi ya semua itu kembali ke satu kata. Relatif.

Selamat menikmati masakan lokal, semoga semakin memperkaya citarasa lidah kita. Jangan lupa berdoa sebelum makan. Mari syukuri setiap nikmat yang diberikan oleh-NYA.

Fahmi Anhar
Indonesian expatriate living in Dubai UAE. I started blogging in January 2011. Awarded as 2nd runner up Skyscanner Travel Bloscars Award Indonesia on 2014. I mostly shares my travel experiences and tips for my readers through write up, photos and videos. Interested in hotel & airlines review, adventures, beaches, cultural festival, architectures, heritage sites, and foodies.

Museum Teknologi Melayu Brunei Darussalam

Previous article

48 Jam Wisata Di Semarang

Next article

You may also like

12 Comments

  1. Iya ternyata beda, di gresik mangut itu yaa ikan asap yg di bumbu kental pake santan dan nyokap gw doyan banget makan beginian tp kagak bisa masak nya hehehe.

    Ada warung terkenal di gresik yg juga jualan mangut, sampai pak bondan juga perna mencicipi nya 🙂

    1. kapan-kapan kalau ke gresik ajak jajan ke warung mangut itu dong mas… | #wacana

  2. baru engeh yang namanya “Mangut Ikan Lele”, gara – gara enggak ngerti sempet diketawain sama mbak olen 😐 okeh, keliatannya pedes dan enak. Itu cuma ada di magelang aja kah kak? tiba – tiba pengen 😐

    1. hahaha mbak olen emang suka bikin gara-gara. masakan mangut jenis ini nggak cuma di magelang aja kok, tapi lebih ke jawa tengah bagian tengah. even, jogja pun masih seperti ini jenis mangutnya. uenak!!

  3. Kalo maen ke Muntilan atau sekedar lewat coba mie yamin HANOER deh, ,,ta jamin enak., lokasinya di sebelah timur rumah makan cinta rasa muntilan pokoknya dindingnya berwarna orange,,,,,,ada mie yamin asin atau manis,mie.saus tiram, mie ayam original,, ada aneka bakso ikan udang salmon sapi pangsit basah atau pangsit goreng untuk topingnya alias pelengkap makan mie yamin,,harga sangat2 terjangkau,,,dan yang penting halal + uenaaaaak tnn,,,ta jamin ga nyesel makan mie di.ana,,,,selamat mencobaaaaaa,,,( ssssssttttt,,ini mie terenak di muntilan lho )

    1. wah terima kasih referensinya mas iwan. insyaallah kapan2 saya coba 🙂

  4. Sayangnya kok ga ada petunjuk nama di pinggir jalannya jadi agak susah nyarinya

    1. kalau nggak salah ada petunjuknya kok, walau kecil 🙂

      1. jadi ngilerrr…

        1. mangut lele maknyuss!

  5. Ini makanan yg blm sempet aku coba2 ampe skr -__-.. liat foto di atas aja udh keayang pedesnya bakal nampol bgt inipasti secara irisan cabe rawitnya segunung ;p.. ikan lele emg murah dan bnyk dijual, tp kan ini makanan pakai bnyk cabe ya mas… itu yg bikin mahal :D..

    1. Karena lidahku sudah terbiasa dengan masakan mangut ala Magelang – Jogja, maka ketika order mangut di Semarang, aku kaget! ternyata beda jauh. Mangut di Semarang dari iwak Pe, atau semacam ikan pari yang diasap, jadi agak sangit gitu rasanya.

      Kalau ke Magelang dan sekitarnya, cobain deh masakan mangut ini mbak. Santan kental, puedes dan mak nyuss!

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *