Kehidupan di Dubai dan Gaji di Dubai

Beberapa waktu yang lalu viral di media sosial mengenai gaji. Saya pun tergelitik untuk ikut bercerita blak-blakan mengenai gaji di Dubai dan bagaimana sebenarnya kehidupan di Dubai melalui postingan ini.

Bagi sebagian orang, negeri Timur Tengah masih dianggap menjadi ladang Dirham dan Dinar. Bagaimana tidak? Iming-iming kurs lebih tinggi dari Rupiah memang menjadi salah satu daya tarik utama. Selain itu, di Uni Emirat Arab, tidak ada pajak pendapatan alias gaji diterima full tanpa potongan apapun kepada pemerintah!

Tidak seperti negara-negara Eropa, Amerika maupun Australia yang potongan pajaknya lumayan bikin nyesek. Yaa, walau pada akhirnya, potongan pajak tersebut akan dikembalikan dalam bentuk pelayanan masyarakat, namun alangkah senangnya jika setiap bulannya kita menerima gaji yang utuh. Ya nggak?

Anyway, ada orang yang bilang mau dapat gaji sebesar apapun, kalau masih ikut orang ya namanya tetep aja babu.

Buat saya sih, bodo amat! Mau usaha sendiri, monggo. Mau bekerja di perusahaan atau mau ikut orang ya silakan. Jalan hidup orang masing-masing. Kemampuan yang dianugerahkan oleh-NYA kepada setiap hambanya juga berbeda-beda. Yang penting fokus cari nafkah yang HALAL untuk keluarga, selesai urusan. Nafsi-nafsi, rejeki udah ada yang atur, kita hanya wajib ikhtiar dan doa.

Ok, back to topic!

 

Kehidupan Di Dubai

Kalau dibilang Dubai itu surga dunia, bisa dibilang gitu. Tapi kalau dibilang sebagai neraka dunia, ya bisa juga. Tergantung dari sudut pandang mana penilaiannya. Kita bahas satu-satu.

Bagi orang yang ingin menikmati kehidupan duniawi, Dubai tempatnya. Mau apa saja ada! Mau rumah mewah, ada. Mau mobil mewah, tinggal beli, lebih murah pula disini. Mau makan enak? segala jenis makanan dari seluruh penjuru dunia ada, karena mayoritas penduduk sini adalah pendatang. Mau mbak-mbak cantik atau mas-mas ganteng, tinggal pilih! Mau traveling keliling dunia? Gancil!, tinggal terbang dari Dubai International Airport yang menjadi hub ke seluruh dunia. Mau barang-barang branded, tinggal tunjuk di etalase mall. Mau aneka diskonan? HAMPIR TIAP HARI ADA DISKON! Ini yang bikin pusing haha.

Pokoknya you name it lah! Semua keinginanmu bisa terpenuhi disini.

Sementara dari sudut pandang religi, kenikmatan duniawi yang ditawarkan tersebut hanyalah fatamorgana yang dapat melemahkan iman. Kalau nggak kuat, wah… beneran deh… bisa-bisa disebut neraka dunia. Setiap hari, panca indera kita dicoba oleh-NYA.

Meski UAE ini negara Islam, jangan dibayangkan semua orang disini pakai Kandura dan Abaya lalu naik Unta. Namanya saja negeri multi etnis. Perkiraan penduduk Arab Emirati asli hanya sekitar 20%, sementara 80% nya pendatang yang mayoritas adalah orang India, Pakistan, Filipina dan negara-negara arab tetangga.

Mbak-mbak cantik nan semok berpakaian seksi wara-wiri sana-sini. Di mall, di kereta metro, di lobby-lobby gedung, dimana-mana. Ada yang dari Rusia, Uzbek, Eropa maupun negara Arab Syam seperti Syria, Jordania dan Lebanon. Begitu pula dengan mas-mas ganteng, para kaum hawa bisa saja tinggal pilih mau yang dari negara mana. Mulai dari yang naik Lamborghini sampai yang jualan shawarma atau jaga toko di pasar tradisional haha.

Jadi gitu kira-kira gambaran sekilas tentang kehidupan di Dubai. Kerja di Dubai untuk menikmati hidup atau memang untuk mencari saving? Kembali kepada diri kita bagaimana menyikapi dan menjalaninya.

 

Gaji Di Dubai

Di Indonesia, memperbincangkan masalah gaji seringkali masih dianggap tabu. Berbeda dengan di Dubai. Meskipun bersifat confidential, namun rasanya sudah menjadi rahasia umum berapa gaji yang didapatkan untuk sebuah posisi tertentu.

Untuk mendapatkan kerja di Dubai, memang susah-susah gampang. Asal tahu celahnya, maka insyaallah kita bisa mendapatkannya. Semua jenis lowongan pekerjaan di Uni Emirat Arab pernah saya ulas disini.

Baca: 10 tips cari kerja di Dubai Uni Emirat Arab

Bahkan kalau menurut pengamatan, rata-rata perusahaan luar negeri tidak terlalu melihat kamu lulusan universitas mana. Perusahaan multinasional kebanyakan lebih mementingkan aspek kompetensi dan attitude daripada latar belakang akademis. Yang pertama kali ditanyakan ketika saya interview kerja dulu adalah skill apa yang ditawarkan ke perusahaan, bukan “kamu lulusan mana, IPK berapa?”

Baca: Catatan Buruh Migran – The Interview

Selama kamu punya keahlian khusus yang dibutuhkan dan attitude yang bagus, maka perusahaan akan dengan senang hati mempekerjakan kita.

“People are hired for their skills and fired for their behavior!”

Jadi, karena ada banyak sekali posisi dan profesi di sektor formal, maka saya akan share saja panduan gaji di Dubai hasil riset dari Cooper Fitch, salah satu agen recruiter untuk wilayah Uni Emirat Arab dan Saudi Arabia.

Angka dalam grafis berikut adalah estimasi rata-rata gaji per bulan dalam Dirham (AED). Fluktuasi nilai tukar 1 AED sekitar Rp. 3.800—4.000,-. Jadi silakan dikalikan sendiri, ya!

This slideshow requires JavaScript.

 

Referensi file asli: disini

Untuk sektor informal, berikut kira-kira gambaran gaji di Dubai berdasarkan hasil survey saya:

  • Asisten Rumah Tangga: 1000—1500
  • Cleaning service, tukang kebun, buruh bangunan : 900—1500
  • Security Guard: 3000—3500
  • Pramuniaga: 1800—4000

Jika teman-teman mendapatkan kontrak kerja di Dubai atau Uni Emirat Arab, pastikan hal-hal sebagai berikut:

  • Komponen gaji yang jelas, berapa gaji pokok, berapa allowance akomodasi, transportasi, komunikasi, proyeksi bonus tahunan, dll.Ada perusahaan yang memberikan gaji lebih kecil, namun sudah menyediakan akomodasi dan transportasi. Namun ada juga perusahaan yang memberikan gaji lebih besar, namun tidak menyediakan akomodasi. Istilahnya live out allowance.
  • Pastikan berapa hari kerja dalam seminggu. Karena ada 2 jenis disini, 5 hari kerja dan 6 hari kerja.Orang-orang kantoran rata-rata 5 hari kerja, namun yang berada di sektor non formal biasanya 6 hari kerja. Dan yang satu hari kerja itu nggak dihitung lembur, lho.
  • Pastikan jam kerjamu jelas setiap harinya, apakah sistem shift atau normal working hours seperti 8-5 or 9-6.
  • Berapa hak cuti dalam setahun, bagaimana mekanisme pengambilan cutinya.
  • Jatah tiket PP ke negara asal diberikan satu tahun sekali atau dua tahun sekali.
  • Dan yang jelas, pastikan job description ketika sudah mulai bekerja sesuai dengan apa yang perusahaan tawarkan ketika rekrutmen dan tertuang di dalam kontrak. Karena kadang ada juga yang penempatannya tidak sesuai.

 

Tentang Menjadi TKW Di Dubai

Seringkali saya mendapatkan pertanyaan mengenai cara menjadi Asisten Rumah Tangga di Dubai, terutama oleh mbak-mbak dan ibu-ibu muda yang sedang mencari pekerjaan. Saya tekankan, menurut informasi dari teman-teman KBRI dan KJRI, saat ini semua kran TKI—TKW sebagai ART sudah ditutup sejak era pemerintahan Presiden Jokowi.

Jika masih ada yang nekad berangkat melalui jalur apapun, itu artinya ada indikasi illegal. Jika illegal, maka kalau terjadi apa-apa silakan ditanggung sendiri. Seperti misalnya diterlantarkan di bandara, menjadi korban human trafficking oleh agen PJTKI nakal, dll.

Saat ini hanya tenaga kerja professional/memiliki skill khusus yang masih mendapat support oleh negara. Misalnya profesi tenaga medis dan bidang teknik. Saran saya, jangan nekad berangkat jadi ART ya Mbak, Bu. Toh, gajinya sama saja dengan yang didapat di Indonesia. Seringkali saya ketemu mbak-mbak TKI kaburan yang mengeluh dapat majikan semena-mena. Udah jauh dari keluarga, gaji nggak seberapa, handphone dan paspor disita, tidur di tempat seadanya. Sedih deh lihatnya.

Ok, please let me know kalau ada pertanyaan. Silakan comment di bawah!

Selamat berkarya,

Salam dari Dubai!

Fahmi Anhar
Indonesian expatriate living in Dubai UAE. I started blogging in January 2011. Awarded as 2nd runner up Skyscanner Travel Bloscars Award Indonesia on 2014. I mostly shares my travel experiences and tips for my readers through write up, photos and videos. Interested in hotel & airlines review, adventures, beaches, cultural festival, architectures, heritage sites, and foodies.

Sensasi Dubai Desert Safari

Previous article

Dubai Miracle Garden, Taman Bunga Terluas Di Dunia

Next article

You may also like

4 Comments

  1. teman saya sudah bekerja di hotel dubai… padalah waktu sekolah nilai pas pasan 😀

    1. Ya sebenernya nggak ada hubungannya dengan nilai jaman sekolah sih Kang, karena ketika kerja lebih dilihat skill/keahliannya hehe

  2. Mas mau tanya, klo gaji IT Programmer kira2 brp ya disana???
    Soalnya yg sy liat cuma ada IT Manager disana
    Trims

    1. Kalo di perusahaan tempat saya bekerja, gaji di bidang IT starting from 6000 dirhams. Sebagai catatan, meskipun km udah punya banyak pengalaman di Indonesia, kebanyakan perusahaan di Dubai hanya mempertimbangkan pengalaman km bekerja di UAE. Dan satu lagi yg bikin sedih, your salary depends on the color of your passport. Km berasal dari negara mana akan berpengaruh terhadap besaran gaji dan posisi.

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *