Review Hotel Ibis Styles Mangga Dua Square Jakarta

Lobby Hotel Ibis Styles Mangga Dua Square Jakarta
Lobby

Akhir-akhir ini rasanya saya sedang berjodoh dengan hotel-hotel Accor group. Mulai dari yang di Semarang, Solo dan pengalaman terakhir staycation bersama keluarga di hotel Novotel Nusa Dua Bali usai libur lebaran lalu. Lalu pada bisnis trip kali ini, saya menginap di salah satu jaringan Accor, hotel Ibis Styles Mangga Dua Square Jakarta. Sebuah hotel mid budget di sisi utara ibukota.

Hotel Ibis Styles Mangga Dua Square terintegrasi dengan pusat perbelanjaan Mangga Dua Square yang terkenal sebagai salah satu destinasi wisata belanja di Jakarta. Lokasinya yang strategis berada di pinggir jalan Gunung Sahari Raya membuatnya mudah diakses dengan semua moda transportasi. Baik itu kendaraan pribadi, busway Trans Jakarta, taksi maupun sepeda motor. Berikut review singkat pengalaman staycation saya di Ibis Styles Mangga Dua Square Jakarta.

Desain Interior

Awalnya saya agak ragu dengan hotel ini karena lokasinya yang menyatu dengan mall. Terbayang sepertinya akan bising dan semarawut seperti hotel-hotel lain yang memiliki konsep sama. Namun anggapan saya ternyata salah. Meski hotel Ibis Styles Mangga Dua Square berada di lantai 8-9 Mangga Dua Square namun suasananya tenang. Dari lantai bawah bisa diakses menggunakan lift khusus hotel. Begitu keluar lift dan masuk ke area lobby, saya langsung terkesima dengan desain interior hotel yang unik. Area lobby dan restoran dihiasi pop art kekinian ala seniman jalanan berkelas. Usut punya usut, ternyata pop art tersebut karya Mas Miko Bawono, seorang seniman pop art dari kota gudeg Yogyakarta.

Di setiap ruangannya, hotel Ibis Styles Mangga Dua Square Jakarta mengangkat tema desain yang minimalis, chic, simple tapi tetap “nyeni”. Lorong-lorong kamar dibuat redup, nyaman dan dilapisi karpet tebal untuk meredam suara jika ada orang lalu lalang di lorong sehingga tidak mengganggu tamu. Yang lebih asyik lagi, ada artificial garden di antara blok kamar yang satu dengan yang lain sehingga memberikan kesan asri dan sejuk meski sebenarnya kita sedang menginap di hotel yang lokasinya satu kompleks dengan pusat perbelanjaan.

Lorong Hotel Ibis Styles Mangga Dua Square Jakarta
Lorong hotel
Artificial Garden Hotel Ibis Styles Mangga Dua Square Jakarta
Artificial garden

Kamar Hotel

Privasi kita cukup terjaga disini. Naik lift menggunakan access card, begitu juga ketika akan masuk lorong kamar dan masuk ke kamar kita sendiri. Jadi ada 3 lapis pengamanan. Menurut informasi dari manajemen, terdapat 211 kamar yang siap menampung para tamu. Di setiap kamarnya pun sudah disiapkan fasilitas sesuai standar hotel seperti ac, televisi dengan puluhan pilihan channel, kulkas mini, water heater, wardrobe, brankas, meja kerja, telefon serta beragam toiletries dan handuk. Lengkap! Penerangan di dalam kamar yang remang-remang sukses membuat saya mager di tempat tidur.

Kamar mandi dan toilet dibuat terpisah, tidak dalam satu ruangan. Sayangnya toilet di kamar yang saya tempati relatif sempit. Terlebih ketika duduk di toilet lalu pintu ditutup. Ruang gerak semakin terbatas. Kalau urusan mandi, air mengalir lancar dari shower. Baik air panas maupun dingin.

Hotel Ibis Styles Mangga Dua Square Jakarta
Hotel Ibis Styles Mangga Dua Square Jakarta
Toiletries Hotel Ibis Styles Mangga Dua Square Jakarta
Toiletries
Shower Hotel Ibis Styles Mangga Dua Square Jakarta
Shower

Restoran

Jika menginap di hotel Ibis Styles Mangga Dua Square, jangan khawatir soal makan. Mau breakfast, brunch, lunch, dinner atau sekedar menikmati afternoon tea, kita bisa nongkrong di The sTREATs resto yang lokasinya menyatu dengan lobby hotel. Saya sudah coba menu sarapan, makan siang dengan nasi kuning kari kambing, lalu makan malam sop buntut porsi besar yang jadi signature dishnya The sTREATs resto. Tapi favorit saya tetap dong, nasi kuning kari kambing yang dihidangkan dengan sambel matah, sambal hijau dan sambal merah. Sungguh kaya rasa! Bumbu gurih ala Jawa pada nasi kuning, berpadu dengan daging kambing empuk berselimut bumbu kari penuh rempah ala Aceh, ditambah segarnya sambal matah ala Bali. Beuh! Mak nyuss!

Nasi Kuning Kari Kambing Hotel Ibis Styles Mangga Dua Square Jakarta
Nasi kuning kari kambing
Tiramisu Hotel Ibis Styles Mangga Dua Square Jakarta
Tiramisu
Oxtail Soup Hotel Ibis Styles Mangga Dua Square Jakarta
Sup buntut porsi besar!
The sTREATs Resto Hotel Ibis Styles Mangga Dua Square Jakarta
The sTREATs Resto
Resto Hotel Ibis Styles Mangga Dua Square Jakarta
#FeelWelcome

Fasilitas pendukung

Malam itu saya sempat menyambangi ruang fitness di ujung lorong. Olahraga disini terasa spesial karena view yang ditawarkan. Kita bisa bakar kalori bermain sepeda statis atau treadmill sambil memandangi landscape dan padatnya lalu lintas jalanan Jakarta. Meskipun tidak terlalu banyak alat fitnessnya. Di dekat ruang fitness, tersedia mushalla untuk shalat. Fasilitas pendukung lainnya ada juga ballroom yang dapat menampung sekitar 500 tamu untuk keperluan MICE. Sementara bagi yang menginap bersama anak kecil, disediakan ruangan anak yang penuh dengan aneka mainan.

Ketika menginap di hotel Ibis Styles Mangga Dua Square Jakarta, saya lebih sering bertemu dengan tamu-tamu mancanegara ketimbang sesama orang Indonesia. Mayoritas mereka dari negara-negara jazirah Arab, China, Taiwan dan Hongkong. Sebagian lagi wajah-wajah khas Indonesia timur. Ternyata kebanyakan tamu disini datang untuk berbelanja dan berbisnis di kawasan Mangga Dua, Kemayoran, Tanah Abang, Ancol, wisata sejarah ke Kota Tua dan sebagian lagi menikmati paket wisata ke Kepulauan Seribu yang juga bisa dibeli dari hotel.

Overall, hotel Ibis Styles Mangga Dua Square Jakarta dapat menjadi pilihan untuk staycation. Apalagi jika datang ke Jakarta dalam rangka berbelanja di Mangga Dua. Pas!

Fasilitas Hotel Ibis Styles Mangga Dua Square Jakarta
Fasilitas pendukung hotel
Fitness Hotel Ibis Styles Mangga Dua Square Jakarta
Fitness
Kids Club Hotel Ibis Styles Mangga Dua Square Jakarta
Kids Club

Ibis Styles Mangga Dua Square Jakarta

Web: www.ibis.com/9103

Instagram: @ibisstylesmanggaduasquare

About the author

Indonesian expatriate living in Dubai UAE. I started blogging in January 2011. Awarded as 2nd runner up Skyscanner Travel Bloscars Award Indonesia on 2014. I mostly shares my travel experiences and tips for my readers through write up, photos and videos. Interested in hotel & airlines review, adventures, beaches, cultural festival, architectures, heritage sites, and foodies.
22 Responses
  1. Itu kamarnya kelas apa mas? Keliatan luas dan lega, desainnya juga agak ‘beda’. TV nya gak langsung di depan kasur, jadi gak bakal begadang gara-gara pindah pindah channel semalaman 😀

    1. kamar kelas business apa ya? hehe jadi lupa. yang ini memang lebih luas dan lega. anyway begitulah yang sering kejadian kalau staycation di hotel. niatnya kan mau istirahat di kasur empuk ya, tidur nyenyak. tapi selalu tidur larut gara-gara keasyikan nonton tv atau internetan hahaha.

  2. Saya suka dengan aksen warna-warni yang ada di kamar itu. Menjadikan ruangannya lebih menyenangkan. Juga keramik warna-warni di shower itu menjadikan kamar mandi eye catching.
    Rezeki sampeyan memang berjodoh kayaknya dengan Accor group.

    1. sepakat! ruangan yang minimalis jadi lebih terasa semarang dengan ornamen warna-warni. mozaik keramik di kamar mandi juga bikin semangat untuk galau-galauan di bawah shower hahaha. keseringan di hotel Accor group semoga diajak jadi #DutaAccor 😀

      #ngarep

  3. Saya suka desain interior lobby nya itu keren banget, dipadu warna-warna pastel bikin mata nyaman gitu. Untuk kamar kayak hotel Harris *mirip hehehe makanannya jadi laper yang nasi kuning itu.
    Nah, yang utama itu bagi saya adanya kids club 😀 aman deh anak-anak

    1. pop art pakai pylox ini keren banget! street art yang berkelas. kalau mbak Ranny bawa anak-anak untuk staycation di Ibis Styles Mangga Dua Square bakal aman kok, meski kids club nya nggak terlalu besar juga, tapi banyak mainannya.

  4. kalo utk ibis, aku lbh suka yg style drpd yg biasa :).. jauuuh ya lbh cakep semua2nya… yg ibis biasa makanannya suka g enak trs toiletnya sempit bgt… kalo yg style mungkin smpit juga tp at least warna2nya bikin semangat 🙂

  5. Rifqy Faiza Rahman

    Mungkin jika Mas Fahmi mencoba Ibis Styles di Malang, jadi semakin berjodoh sama Accor hehehe. Interior dan desainnya khas Ibis ya, menyegarkan mata. Bahkan di Ibis Malang menjadi favorit Bapak dan keluarga besar kalau menginap di kota Malang. Karena selain harga, fasilitasnya sangat sepadan dan menu kulinernya luar biasa maknyus!

    1. kapan-kapan ingin coba staycation di tugu hotel malang dan blitar bro. penasaran dengan desain interior dan aneka koleksinya yang unik. hotel museum! hehe, sama kalau ke malang, jajan bakso tentunya

  6. Saya sering ke Jakarta buat rapat atau jalan-jalan keluarga, kebetulan saya dari Jogja. Bingung nyari hotel yang enak buat ditinggali dan kalo bisa kece. Makasih banget ya atas reviewnya, cocok banget buat keluarga saya sama teman-teman rapat saya.

Leave a Reply