Free Things To Do In Changi Airport

Free Things To Do In Changi Airport

Changi International Airport Singapura sebagai salah satu bandara tersibuk di dunia memiliki traffic yang ramai. Pesawat-pesawat dari berbagai maskapai dari seluruh penjuru dunia landing dan take off bergantian setiap menitnya. Namun karena diiringi dengan manajemen penerbangan yang sangat baik dan profesional, maka semua berjalan dengan lancar.

Selain sebagai salah satu pintu gerbang masuk ke Singapura, Changi Airport juga menjadi tempat transit dari flight satu ke flight yang lain. Karena banyak pilihan rute ke seluruh penjuru dunia, banyak orang yang memanfaatkan connecting flight via Changi.

Tulisan ini murni berdasar pengalaman pribadi saya yang waktu jalan-jalan ke Singapura. Begitu landing sengaja saya explore airport ini meter demi meter, dari terminal 1, 2 sampai terminal 3. Bolak balik naik skytrain kaya orang gila hahaha.

Dibilang kurang kerjaan? Ya emang!!

Daripada saya masih penasaran setelah pulang nanti, saya coba kelilingin aja airport seluas padang mahsyar ini. Gempor juga sih, tapi akhirnya jadi tau apa istimewanya airport ini. At least, kita bisa belajar “sesuatu” yang baik dari manajemen transportasi udara agar manajemen airport di Indonsia nantinya juga bisa sebagus disini.

 

Free things to do in Changi Airport

Nah, kali ini saya pengen berbagi, free things to do ketika kita berada di Changi. Apa saja yang bisa kita lakukan selama transit disini? Cekidot:

  1. Internet–an

    Tersedia beberapa PC di masing-masing corner yang bertuliskan “Free Internet Kiosk”. Bisa dipake buat buka apa aja deh asal bukan yang porno hehe. Fasilitas ini dipasang timer, biar bisa gantian dengan yang lain gituuh. Signal WiFi juga bertebaran disini, cuman kagak ada yang free, almost all ber-password karena milik cafe-cafe.

    Free Things to do in Changi Airport, Internet
    Internet gratis di Changi Airport
  2. Nonton TV

    Jangan dibayangin nonton tipi disini cuma sebuah LCD 21” yang dipasang di bracket yang nempel di dinding, trus kalo kita nonton kudu ndongak keatas bikin leher pegel.

    Di Changi, disediakan semacam lounge khusus yang disekat dengan LCD yang lebar plus kursi nan empuk sampe kita bisa nonton sambil selonjoran. Ada beberapa tv lounge yang menyediakan channel yang berbeda, jadi bisa milih channel mana yg mau ditonton. Sport, Nature, Drama, Movie, macem-macem deh. Asal jangan sampe ketiduran aja waktu nonton, kan gak lucu kalo ketinggalan flight.

    TV Lounge di Changi Airport
    TV Lounge di Changi Airport
  3. Window Shopping

    Baik di terimal 1, 2 maupun 3 bertebaran counter-counter ataupun butik-butik brand kenamaan dunia. Tante-tante/emak-emak disini sering kalap belanja.

    Mulai dari baju, tas, sepatu sampai duty free parfum. Kalo saya sih senengnya mampir ke counter parfum karena bisa nyoba tester berbagai macam merk parfum original. Apalagi kalo belum sempat mandi, keluar dari situ dijamin wangi hehe #modus.

    Oiya ada juga counter minuman keras yang dijual bebas di sini, duty free pulak. Tapi maap saya gak tertarik mampir kesitu.

    Window Shopping di Changi Airport
    Window Shopping di Changi Airport
  4. Bersih-bersih di Toilet

    Toilet atau bahasa melayunya “Tandas” di Changi berrrsih banget. Even, toilet khusus kaum difabel pun tersedia.

    Toilet di Changi Airport

  5. Charge Baterai

    Selama traveling, gadget yang kita bawa biasanya lebih boros baterainya. Sambil transit kita bisa charge baterai handphone maupun kamera di booth yang sudah disediakan. Terdapat semacam loker kecil dengan kunci yang bisa kita bawa, jadi gak takut ilang deh meski ditinggal muter-muter.

  6. Tidur

    Tempat yang paling tepat di Changi buat tidur adalah di Aviation Gallery, lantai 3 masing-masing terminal. Di tempat ini lantainya terhampar karpet tebal dan lumayan sepi & gak bising jadi cocok banget buat mojok pacaran. #eh #SalahFokus. Maksudnya cocok buat tidur melepas lelah. Jangan lupa pasang alarm biar nggak kebablasan.

    Nah, biasanya para backpacker yang lagi flight transit biasa pada tidur disini, tapi ati-ati masuk angin karena AC-nya dingin banget.

  7. Nongkrong di Aviation Gallery

    Melihat pesawat take off dan landing di runaway itu cukup mengasyikkan. Apalagi bagi orang kampung seperti saya yang jarang melihat pesawat jumbo jet yang mewah. Atau melihat pesawat dari ratusan maskapai dunia yang wara-wiri di runaway.

    Nongkrong disini paling asyik sambil ngemil. Kaca jernih yang luas sengaja dipasang pihak airport agar pengunjung leluasa melihat aktifitas diluar.

    Selain melihat kegiatan di runaway, kita juga bisa menambah ilmu dengan alat-alat peraga interaktif yang tersedia disini. Tidak jarang anak-anak sekolahan Singapura pada ngerjain tugas & diskusi disini, cozy banget soalnya. Photo menyusul deh…

  8. Mencari Informasi

    Di Changi Airport ada dua jenis counter pusat informasi. Singapore Visitor Center yang dikelola oleh Singapore Tourism Board dan Changi Information Center yang dikelola pihak airport. Dari kedua booth ini kita bisa mendapatkan informasi tentang Singapura dalam bentuk booklet, leaflet, dll secara gratis. Peta kota, peta jalur MRT, peta objek wisata semua ada & iformatif.

    Kalau masih kurang jelas, kita bisa ngobrol dengan officer nya yang ramah-ramah. Meski mostly officer nya udah emak-emak… #eh hahaha. Maksudnya kalo yang jaga counter kaya si tante Olla Ramlan / kakak Dian Sastro atau dedek Putri Titian, kan lebih seru (nurut loeeee?? hahaha)

    Singapore Visitor Center

  9. Free Singapore Tour

    Pihak Changi menyediakan free city tour bagi para penumpang yang sedang transit minimal 5 jam di airport. Kita akan dibawa keliling kota, putar-putar sampai pusing selama sekitar 2 jam secara gratissss, asyik kan?

    Caranya, ketika kita landing jangan terburu-buru keluar dari area imigrasi. Segera menuju ke Changi Information Center di terminal 2 atau 3. Kalau yang landing di terminal 1 bisa transfer menggunakan skytrain. Langsung deh, daftar. Kalau pas beruntung ya nggak antri, tapi kalau harus antri ya dinikmati aja, namanya juga gratisan, usaha dikit lah hehe.

    Informasi lengkap nya: Free Singapore Tour

    Free Singapore Tour Changi Airport
    Booth Free Singapore Tour Changi Airport
  10. Minum

    Air di negeri singa ini sangat dihargai. Bandingkan saja, harga sebotol kecil air disini sama dengan harga satu galon di Indonesia. Thats why ketika saya menemukan mesin air minum yang bisa diminum langsung ini kaya menemukan oase di tengah gurun.

    Langsung deh mengglonggong diri sendiri hahaha. Mau refill botol air minummu juga halalan thoyiban kok.

  11. Pijat Kaki

    Jalan kesana kemari pastilah bikin kaki pegel & capek. Nah, sambil nunggu transit ataupun boarding kita bisa memanfaatkan kursi pijat refleksi otomatis yang empuk. Bisa disetel kekuatan pijatnya sesuka hati. Ya walaupun masih enak pijatan Mbok Yem , tapi lumayan lah bisa mengurangi capeknya. (Mbok Yem ki yo sopo jal? hahaha)

  12. Nongkrong sambil cuci mata

    Nah!! Ini option paling standar, bengong di kursi tunggu sambil cuci mata liat pramugari yang berseliweran kesana kemari. Vitamin A++ deh !! bayangin aja, mau tipe yang kaya gimana aja ada. Mulai dari melayu, oriental, india, arab, eropa, amerika latin, sampai yang “unik” kaya afrika gitu ada.

    Namanya juga maskapai hampir dari seluruh penjuru dunia ngumpul disini. Melihat mereka berjalan berkelompok sambil narik koper bersiap on board itu bisa bikin meleleh… melting. Kalo buat cewek-cewek ya bisa nongkrongin pilotnya atau eksmud-eksmud yang juga ada di sana sini.

Terminal 2 Changi Airport
Terminal 2 Changi Airport

Itu sebagian hasil observasi saya selama muter-muter di Changi Airport. Ada yang mau nambahin? Silakan comment di bawah yaa….!

Oiya, buat yang muslim, kalau mau sholat bisa di space yang sepi seperti di pojokan ruangan, pojokan lorong, di aviation gallery, atau kalau yang cewek bisa di ruang menyusui. Aneh memang, airport seluas ini tidak memiliki prayer room. Meski di peta airport ruangan itu ada, namun kenyataannya saya tidak menemukannya meski sudah tanya ke banyak petugas.

They said: “I dont know those room”. Akhirnya saya disarankan oleh petugas Singapore Visitor Center di terminal 2 untuk sholat di belakang booth mereka. Uh terharu banget!! Singapura adalah negara sekuler & multicultural yang menjunjung tinggi kebebasan beragama & beribadah dari masing-masing warganya.

***

Note:
Di Changi, pemeriksaan bagasi & barang bawaan sangat ketat. Hindari membawa barang-barang yang dilarang dalam penerbangan. Atau barang-barang kesayangan mu lenyap disita petugas dan kamu cuma bisa gondok doang hahaha.

Written by
Fahmi Anhar