Semarak Parade Seni Budaya Jawa Tengah 2016

Parade Seni Budaya Jawa Tengah Penatarama Canka Lokananta AKMIL

Hujan deras mengguyur Kota Magelang tepat sesaat menjelang waktu magrib. Saking derasnya, jarak pandang sore itu cukup terbatas. Ribuan galon air seperti ditumpahkan begitu saja dari langit. Sementara saya dan teman-teman blogger rombongan famtrip Disbudpar Provinsi Jawa Tengah terjebak di warung tahu kupat “Pojok” yang lokasinya berada diantara deretan kios tak jauh dari alun-alun Magelang. Lumayan lah terjebak kekenyangan, daripada lumanyun di dalam bis kan? Hehe.

Read moreSemarak Parade Seni Budaya Jawa Tengah 2016

Pesta Rakyat Semarang Night Carnival 2016

Defile Semarang Night Carnival 2016

Penonton Semarang Night Carnival 2016

“Mas-mbak blogger, kita sudah ditunggu di tribun utama. Parade Semarang Night Carnival akan dimulai sebentar lagi.” Seru seorang panitia.

Spontan saya tersedak mendengar himbauan tersebut karena baru 3 suapan menikmati hidangan nasi ayam ala India bernama Chicken Tikka Masala, salah satu menu andalan Spiegel Bar & Bistro yang berada di kawasan Kota Lama Semarang. Maklum saja, saya menjadi peserta famtrip terakhir yang mendapatkan menu tersebut pada saat jamuan makan malam.

Read morePesta Rakyat Semarang Night Carnival 2016

Tengah Malam di Candi Borobudur

Candi Borobudur Magelang Malam Hari
Harry Wisnu Candi Borobudur Magelang
Candi Borobudur berselimut kabut

Jumat, 14 November 2014, jam 22.45

Desa Mendut, Mungkid Magelang

Berat sekali rasanya menahan mata ini agar tidak terpejam. Kantung mata sudah terasa menebal. Maklum, hari itu sudah 20 jam saya beraktifitas nonstop, tanpa istirahat, dan… sampai beberapa jam kedepan belum akan bisa istirahat…

Malam itu saya “terdampar” di sebuah homestay yang lokasinya tak jauh dari Candi Mendut Magelang. Di tempat ini, saya janjian bertemu dengan beberapa teman blogger lain untuk menghadiri acara penting di tengah malam itu.

Read moreTengah Malam di Candi Borobudur

Borobudur Jazz Festival 2012 : Kala Nada dan Budaya Seirama

Borobudur Jazz Festival 2012 : Kala Nada dan Budaya Seirama
Borobudur Jazz Festival
Borobudur Jazz Festival

Hawa dingin malam itu tak menyurutkan niat saya untuk menuju ke Borobudur. Jalanan masih basah setelah diguyur hujan sejak siang hari. Kompleks Candi Borobudur malam itu terlihat berbeda dari biasanya. Deretan mobil-mobil klasik milik komunitas Mercy Tiger Club Yogyakarta, Mercedes Boxer Club Indonesia Yogya Chapter dan Volkswagen Club Yogyakarta berjajar rapi di arena parkir. Di kawasan Taman Lumbini, sebuah pangung sederhana berlatar belakang candi yang nampak agung disorot lampu ribuan mega watt, bangku-bangku kayu panjang dan kursi lipat terbungkus kain putih berjajar rapi. Ratusan orang telah berkumpul di depan panggung bersiap menikmati pagelaran special malam itu, Borobudur Jazz Festival 2012.

Read moreBorobudur Jazz Festival 2012 : Kala Nada dan Budaya Seirama

Meriahnya Solo Batik Carnival 2012

Meriahnya Solo Batik Carnival 2012

Kota Solo bagi saya sudah seperti rumah kedua. Karena disinilah saya pernah tinggal dan belajar banyak hal. Salah satu alasan yang membuat saya jatuh cinta dengan kota ini adalah kultur masyarakatnya yang masih memegang teguh, melestarikan seni & budaya, khususnya budaya Jawa. Pemerintah dan masyarakat kota Solo sering sekali menggelar berbagai event kesenian. Mulai dari macam-macam kirab, festival musik, pameran seni, dll. Kalo boleh saya bilang, tagline tepat untuk kota ini: tiada hari tanpa kirab… #eh

Peserta Solo Batik Carnival  2012
Peserta Solo Batik Carnival 2012

Read moreMeriahnya Solo Batik Carnival 2012

Parade Sejuta Bunga Kota Magelang

Parade Sejuta Bunga Kota Magelang
Kontingen SMP N 3 Magelang Parade Sejuta Bunga
Kontingen SMP N 3 Magelang

Ribuan warga magelang tumpah ruah memenuhi jalan-jalan utama pada Mingu, 15 Juli 2012. Sejak pukul 12.00 masyarakat sudah berjubel di sepanjang Jalan Ahmad Yani, Jl Pemuda, Jl Tidar dan Jl Tentara Pelajar. Peluh berjatuhan seiring sengatan matahari yang begitu terik siang itu. Namun masyarakat masih tetap semangat menanti para peserta parade. Pukul 13.00 peserta parade mulai diberangkatkan dari kompleks lapangan Rindam. Lebih kurang seratusan peserta parade yang terdiri dari mobil hias perwakilan instansi pemerintahan dan swasta, sekolah-sekolah di Magelang dan group kesenian mulai bergerak menuju panggung kehormatan di alun-alun timur. Disana sudah menunggu Bp Walikota, Wakil Walikota, jajaran Muspida, dan para tamu undangan lainnya.

Read moreParade Sejuta Bunga Kota Magelang

Prosesi Grebeg Gethuk, Perayaan Hari Jadi Kota Magelang ke 1106

Prosesi Grebeg Gethuk, Perayaan Hari Jadi Kota Magelang ke 1106

Prosesi Grebeg Gethuk, Perayaan Hari Jadi Kota Magelang ke 1106

Cuaca pagi itu cukup cerah, suasana di Alun-alun Kota Magelang berangsur ramai. Satu persatu peserta upacara yang merupakan perwakilan instansi pemerintah, swasta dan sekolah seluruh Magelang berdatangan. Yang wanita terlihat anggun mengenakan kebaya dan sanggul sedangkan yang laki-laki terlihat gagah mengenakan baju beskap. Semua peserta upacara memang diharuskan mengenakan pakaian adat Jawa Tengah. Tak ketinggalan, gunungan palawija/hasil bumi dari 17 kelurahan yang ada di Kota Magelang pun telah menepati posisi masing-masing di alun-alun.

Prosesi Grebeg Gethuk, Perayaan Hari Jadi Kota Magelang ke 1106
Orkes Klunthung Topeng Ireng SMP N 4 Magelang

Read moreProsesi Grebeg Gethuk, Perayaan Hari Jadi Kota Magelang ke 1106