pulau kanawa flores
Pulau Kanawa Flores | photo by @lostpacker | sumber

Sering kali saya mendapatkan pertanyaan:

“Kalau di Indonesia sudah kemana saja?”

“Mmm anu…” saya pun gelagapan menjawab hahaha.

Bagaimana tidak? Saya memang belum bisa pergi explore negeri ini dengan sesuka hati seperti yang para traveler heits itu lakukan. Dulu jaman masih mahasiswa kan belum punya penghasilan tetap, belum cukup uang saku untuk jalan-jalan. Giliran sekarang sudah punya, eh terkendala waktu. Sebagai buruh kantoran, jatah cuti saya hanya 15 hari per tahun.

Selain itu, si kecil baru saja lahir. Saat ini belum genap 2 bulan usianya. Menyandang status sebagai ayah muda tentu membuat saya memikul tanggung jawab yang lebih besar. Urusan rumah tangga nomor satu sekarang. Urusan traveling, ya selow dulu hehe. Belum tega untuk mengajaknya jalan-jalan ataupun meninggalkannya di rumah. Tunggu lah sampai sekitar 1,5 tahun usianya, baru bisa diajak jalan dengan nyaman.

“Nyet! itu prolognya gitu banget? Ini travel blog atau curcol blog.”

“Yaelah, sekali-sekali tsurhat boleh pan?” | *nyengir kuda*

Terlepas dari itu semua, saya yakin bahwa suatu hari nanti, secara bertahap saya bisa mengunjungi destinasi impian nusantara yang sudah lama saya dambakan. Berikut beberapa diantaranya:

Wisata Bahari – Pulau Kanawa

pulau kanawa flores

Pulau Kanawa Flores | photo by Mas Bolang @lostpacker | sumber

Sebenarnya ada daftar panjang eco beach resort di negeri ini yang ingin saya coba. Mulai dari La Petite Kepa di Alor, Misool Eco Resort, Ora Beach Resort di Sawai Maluku, Pulau Moyo Sumbawa, Kepulauan Togean, dan masih banyak lagi. Salah satunya termasuk pulau Kanawa yang berada di perairan Komodo NTT. Mau ngapain disini? Staycation leyeh-leyeh santai, snorkeling, diving, dan stargazing!

Wisata Alam – Danau Labuan Cermin

danau labuan cermin

Danau Labuan Cermin | photo by Indra @BPborneo | sumber

Coba bayangkan sebuah danau alami dengan air sebening kristal, berwarna gradasi hijau tosca kebiruan, dikelilingi lebatnya vegetasi rimba. Yang terdengar hanya desir angin dan kicauan burung-burung liar. Pada sore hari, para bidadari turun dari kayangan untuk mandi di telaga ini. Kira-kira seperti itulah bayangan saya tentang Danau Labuan Cermin.

Keindahannya sebanding dengan perjuangan menuju kesana. Danau Labuan Cermin terletak di Desa Labuan Kelambu, Kecamatan Biduk-Biduk Kalimantan Timur. Dapat ditempuh sekitar 6-7 jam dari Tanjung Redep, Berau. Kalimantan Timur. Semangaaat!!

Wisata Sejarah – Situs Megalith Gunung Padang

situs gunung padang cianjur

Situs Gunung Padang Cianjur | photo by @FirstaDYI | sumber

Sebagai penikmat heritage sites, situs ini begitu memikat hati saya. Meski masih terletak di Pulau Jawa, tepatnya di Desa Karyamukti, Cianjur, Jawa Barat, namun saya belum juga bisa mengunjunginya. Situs Gunung Padang berada di desa Misteri besar yang masih menyelimuti situs megalitikum ini menambah daya tarik bagi para wisatawan. Saya ingin yoga di area puncaknya. Menghirup udara segar dalam-dalam, meregangkan badan, menyatu dengan alam.

Wisata Kuliner – Medan & Banda Aceh

bihun bebek asie

Bihun Bebek Asie Medan | photo by @sy_azhari | sumber

Kehidupan masyarakat Medan yang multikultur mempengaruhi keragaman kulinernya. Mulai dari citarasa melayu, batak, jawa, tionghoa, india, dll memperkaya jenis masakan yang tersedia. Sarapan soto sinar pagi atau bihun bebek asie, brunch roti ganda selai kaya, makan siang ikan arsik, ngemil sore martabak, makan malam mie udang kari susu dan ditutup dengan pesta durian ucok sampai mabok. Haha kalap!

Lanjut naik bus malam menuju propinsi tetangga untuk wisata kuliner di Banda Aceh pada hari berikutnya. Aneka makanan khas Aceh yang menggoda selera siap menggoyang indera perasa. Ayam tangkap, mie aceh, roti canai, ikan kayu, bubur kanji rumbi, martabak telur, dst. Sluurrpp! *elus perut*

Wisata Religi – Masjid Baiturrahman Aceh

masjid baiturrahman banda aceh magrib

Masjid Baiturrahman Banda Aceh | photo by Ari @buzzerbeezz | sumber

Setiap berkunjung ke suatu daerah atau negara, saya selalu berusaha menyempatkan diri berkunjung ke masjid agungnya. Karena bagi saya, masjid agung dan pasar adalah cerminan kehidupan masyarakat setempat.

Kalau dituruti, saya memiliki daftar panjang masjid agung di Indonesia yang ingin saya kunjungi. Namun di postingan kali ini, Masjid Baiturrahman Banda Aceh berada di urutan paling atas. Masjid bersejarah kebanggaan masyarakat Serambi Mekah ini pernah menjadi saksi bisu kebesaran Allah SWT ketika gelombang tsunami menerjang Aceh pada 26 Desember 2009 lalu. Ia tetap kokoh berdiri, bahkan melindungi ribuan umat manusia disaat bangunan-bangunan di sekitarnya sudah hancur luluh lantak disapu tsunami. Subhanallah.

Saya memimpikan suatu hari nanti bisa ikut shalat berjamaah disini. Melayangkan untaian doa untuk bangsa dari ujung negeri ini.

Wisata Budaya – Tenun Ikat Flores

tenun ikat flores

Tenun Ikat Flores | photo by Adlien @adlienerz | sumber

Mengunjungi bumi Nusanipa selama 7 hari pada akhir 2012 lalu membuat saya jatuh cinta dengan NTT. Selain bentangan alam, masyarakat dan budayanya, yang tak kalah menarik adalah hasil kerajinannya. Saya ingin melengkapi koleksi syal tenun ikat dari nusantara, khususnya NTT. Tenun ikat ini unik karena setiap daerah seperti Manggarai, Ende, Maumere, Ngada, Kupang, Alor, Sabu, Rote dan daerah-daerah lainnya memiliki corak & motif khas tersendiri.

Wisata Konservasi – Teluk Cenderawasih Papua

hiu paus taman nasional teluk cendrawasih papua

Hiu Paus Taman Nasional Teluk Cendrawasih Papua | photo by nabire.net | sumber

Apa yang ingin saya lakukan di Taman Nasional Teluk Cenderawasih Papua? Tentu berenang dengan ikan hiu paus yang mendiami teritori itu. Ekowisata seperti ini merupakan bukti nyata bahwa ikan hiu hidup jauh lebih bermanfaat daripada hiu yang sudah mati karena diburu siripnya, yang MITOSnya berkhasiat buat kesehatan itu. Yuk #SaveSharks !

Sebenarnya masih panjang daftar tempat wisata di Indonesia yang ingin saya kunjungi. Postingan kali ini dalam rangka posbar/posting bareng teman-teman forum Travel Bloggers Indonesia dalam rangka menyemarakkan Hari Kemerdekaan Indonesia ke 70 dengan tema #DreamIndonesia.

 

Fahmi Anhar
Indonesian expatriate living in Dubai UAE. I started blogging in January 2011. Awarded as 2nd runner up Skyscanner Travel Bloscars Award Indonesia on 2014. I mostly shares my travel experiences and tips for my readers through write up, photos and videos. Interested in hotel & airlines review, adventures, beaches, cultural festival, architectures, heritage sites, and foodies.

Reunification Palace Saksi Bisu Akhir Perang Vietnam

Previous article

Ragam Kerajinan Indonesia Di SMESCO Vaganza

Next article

You may also like

54 Comments

  1. indonesia bagian timur juga impianku mas :)… Blm kesampaian samasekali ampe skr… tiket ksana itu kok ya g ada yg murah yooo 😀

    untungnya yg kuliner aceh-medan dan wilayah aceh aku udh puas jelajahin ;p..

    1. iya nih, tiket pesawat ke Indonesia timur mahal-mahal. Masa kita kudu nunggu poin mileages numpuk & baru bisa ditukerin flight kesana? Sampe kapan nunggunya? haha. Atau nunggu Pak Cik Tony Fernandes buka rute ke IBT?

      Pengen banget kulineran Medan-Aceh pokoknya! Sumatera Barat juga ding hehe

  2. Semoga kesampaian semua, Kak Fahmi. Pasti seru kalau bawa si kecil nanti.

    1. aamiin, bismillah pelan-pelan mas. iya sih seru kalau bawa si kecil, tapi akan seru juga ngumpulin duitnya buat bekel family trip, kudu romusha! haha

  3. Aduhhhh pengen deh itu berenang bareng sama hiu paussss! :3

    1. kalau nggak salah info, di waktu-waktu tertentu hiu paus singgah di perairan banyuwangi, jadi lumayan deket, nggak haru ke papua

  4. Dua yang terakhir menarik perhatian, mas. Selalu jatuh cinta sama tenun ikat dan wastra nusantara. Dan Hiu….hmm, sepertinya tantang tersendiri untuk bisa melihat langsung di perairan Papua. Why not… punya impian baru soal hiu

    1. now you kan mbak, kenapa kemarin aku kalap di SMESCO Vaganza, ubek-ubek pavilion NTB & NTT buat cari tenun ikatnya haha.

  5. oalah, mau makan mie Aceh? ada kok di Pasar Minggu kak. hahah. siapa tau nanti bisa nongkrong disana. #eh 😀

    1. dari 9 – 17 agustus kemarin aku di ibukota, tau gitu cobain mie aceh yang di pasar minggu itu Dlien. ah kamu gak bilang-bilang.

  6. Ya ampuuunnn kak Hiu… yg laen mah cuma 1-2 destinasi… kamoeh impiannya seabreg. maruks pisan dah! 😀 😀 😀

    semoga tercapai kak. amin.

    1. wahahaha you know me, la makcik, banyak maunya. aamiin doanya, semoga tercapai.

  7. Hiiiiiii papah muda ngintip wishlistnya Mamah muda yaaaaa?!?!
    Itu semua juga kan tempat2 impian akuuu, cipratin oleh2nya kalau sampe duluan yaak Xixiixixi

    1. hahaha yaudah yuk jalan-jalan bareng, double date kita!

  8. Indonesia timur selalu menawan ya Mas. Ingin ke sana, hehehe

    alee | http://www.alimuakhir.com

    1. waaa ada tamu agung rupanya. mari bersama jelajah Indonesia timur pak! hehehe

  9. Waah pengen banget itu ke Teluk Cendrawasih! 🙂

    1. yuk ke teluk cenderawasih bareng! 😀

  10. kamu kemaruk banget sih kaaakkkkkk. aku juga mau ke sana kemari seperti ituuu… *berdoapadasponsor*
    wish! wish! wishlistnya juga aku kepiingin sekali jugaaa…

    1. tampil beda dong, kalau anak-anak TBI lainnya cuma pada nulis 1-2 destinasi, aku bikin list lebih banyak hahaha. semoga pelan-pelan impian ini terwujud. BTW, sebenarnya postingan ini bisa lebih panjang kalau ditulis semua.

  11. Ya ampun banyak bgt yg belum dikunjungin ternyata
    *kembali mangkal ngumpulin duit buat piknik*

    1. kalau di inggris sana, kamu mangkalnya dimana kak? dapet banyak poundsterling dong? aku resign aja deh, ikutan mangkal aja! | *comment salah fokus*

  12. Pengen ke Labuan Cermin, semoga bulan depan nggak nyasar cari jalannya 😀 terus kalau ke Taman Nasional Teluk Cendrawasih juga pengen~ tapi harus punya diving liscense dulu ya kayaknya~

    1. bulan depan kamu mau ke berau? ikuuut!

      aku punya diving license, malah belum kepake diving lagi neh :/

  13. Tujuan kuliner kita sama, berarti sahih nih pelesir ke Medan sekalian kopdar sama Noni (dan ditraktir bihun bebek sama kokoh) huahaha 😀

    #tekad

    1. YAK! tekad kita sama! wisata kuliner di Medan, dianterin mbak Noni & kokoh, nginepnya di Marriott hahaha. | #sikap

  14. iiiih kamu mau sana sini
    aku sih cuma kangen Indonesia kk ?

    yuk ke Flores

    1. Flores nggak ada matinya ! 😀

  15. Hiu Paus itu, liatinnya aja ngeri, apalagi berenang bareng, aku gak berani

    1. hahaha awas kak, kamu dicaplok nanti

  16. ahh..indonesia benar2 indah ya mas fahmi, ntar baby nya diajak keliling nusantara…menjelajah bareng 🙂

    1. siap! pengen banget segera ajak dedek jalan-jalan nih mbak haha

  17. semoga kesampaian untuk kulineran di Medan ya bang.. 🙂

    Mantap destinasi impiannya, 🙂

    1. aamiin, nanti kalau kesampaian wisata kuliner di medan, sekalian kopdar kitaa 🙂

  18. Mas Fahmiiiiiikkk, kita senasip!!! Apalah daya yang kita punya sebagai budak kantoran? Hanya bisa mengandalkan weekend, long weekend, dan jatah cuti. Akhirnya cuma bisa trip jauh 1-2 kali setahun. Selebihnya? Ya weekender, short tripper, one day tripper, atau flashpacker, bahahaha. Tapi gpp, mas. Itu justru memancing kreativitas kita, bagaimana bisa tetap mengunjungi semua tempat impian dalam waktu singkat!

    Lalu, mas Fahmi tetap ngehits lho meski track record-nya belum sebanyak yang full time traveler. Itu membuktikan bahwa kita bisa ngehits dengan kualitas tulisan, nggak perlu harus melanglangbuana se-Indonesia dulu 😀

    Wah, buatku banyak hal yang menarik dari Aceh dan Medan, sampai keduanya aku jadikan dua trip terpisah meski keduanya bersebelahan. Wisata kuliner, religi, budaya, arsitektur, alam, semua deh. Sama juga, mas. Aku selalu berkunjung ke masjid lokal tiap kota atau daerah 🙂

    1. Nugiii, panjang kali curhat kau nak? macam postingan blog dalam blog hahaha. Good la, senang bacanya. Jadi wadah buat sharing sesama budak korporasi | #eaaa. semoga destinasi impian kita segera terwujud. aamiin!

  19. waktu masih kuliah nggak punya uang, sekarang sudah punya uang tapi nggak ada waktu. *toss sesama pekerja kantoran* 😀 btw semoga tercapai cita-citanya ke Kanawa kak!

    1. kita sama-sama di Semarang lo, tapi belum pernah ketemu kak haha

  20. Jatah cuti saya juga cuma 12 hari Mas, itu pun dipotong cuti bersama yang setahun bisa 3 sampai 4 hari *ikutan curhat* :hihi.
    Gunung Padang! Saya juga kepengen banget ke sana, mudah-mudahan bisa terlaksana dalam waktu dekat. Destinasi wisata yang lainnya menggoda banget Mas, cebur-cebur di danau toska itu plus stargazing di Kenawa kayaknya memang asoi banget, dan tentu saja saya tak menolak kalau ada yang mengajak ke Banda Aceh dan Medan lagi :hehe.
    Btw, salam kenal!

    1. Thanks for dropping by, salam kenal juga Gara.

      Ternyata sama ya kita, terbatas jatah cuti haha. But it’s oke, kita nikmati apa yang ada sekarang. Semakin disyukuri, akan semakin ditambah nikmatnya.

  21. Wah kalo dibikin wish list gini banyak banget pengennya… Tapi aku jga selow , ambil yg deket domisili

    1. pengennya nggak terikat kerjaan, keliling Indonesia tapi tetep dapat duit bulanan hahaha.

  22. Baru beberapa hari kmrn nyobain bihun asei ama kakak azhari, endessss porsi nya gede dan juga lumayan mahal tapi KECI hahaha,
    Impian gw salah satu nya bisa berenang ama hiu2 itu di teluk cendrawasih juga

    1. waaa kamu udah kesampaian icip bihun bebek asie medan! ngeliat fotonya aja enak banget *glek*

      kemarin diajakin kuliner medan kemana aja sama si koh ipul?

  23. wiihhhhhh keren bangetttt tempet2nya,,,
    apalagi kalau lombok dimasukkan ke dalam daftar destinasinya pasti tambah seru tuh,,

    1. pengennya sih gitu. bahkan masih banyak tempat lain yang ingin dimasukkan. tapi ntar kepanjangan listnya hahaha

  24. Terlalu banyak destinasi wisata di Indonesia. 1 Kabupaten aja ada banyak banget tempat wisata, bisa 10 minimal, hehe. Apalagi se-Indonesia ya. Bakal ngeluarin berapa duit tuh buat jalan-jalan 😀

    Terimakasih sharenya mas, tulisannya asik (y)

    1. Sama-sama, terima kasih sudah menyimak 😀

  25. Puncak Mandeh di Sumbar pernah dengar gak om? Mirip Raja Ampat 🙂

    1. wah boleh tuh masukin bucket list 🙂

  26. Sepertinya kita juga senasib mas, dulu waktu kuliah mau jalan-jalan duit gak ada, giliran sudah kerja malah gak punya waktu yang banyak. #kipasinduit

    Saya masih memendam hasrat pengen ke NTT, iri banget dengan om bolang bisa eksplore NTT selama 2 bulan.
    Kapan yah saya bisa seperti itu.

    1. toss kak! salah satu caranya ya ambil career break 1 tahun misalnya. atau kalau kantor ada fasilitas unpaid leave, ambil aja 🙂

  27. Aseee…
    Kampung saya masuk, hehe
    Wisata kuliner Aceh 😀
    Ada mie aceh, timphan, boh rom rom, bu guri dll
    hehe

    1. Kuliner Aceh memang menggoda iman! hahaha juara lah bumbunya!

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *