Jesselton Sipitang Express
Jesselton Bus Jurusan Brunei ke Kota Kinabalu

Hari masih gelap ketika kami meninggalkan penginapan. Selain masih pagi, langit diatas Brunei kala itu agak mendung. Rasanya masih ingin berlama-lama di Bandar Seri Begawan, tapi mau bagaimana lagi. Mau tidak mau hari itu juga kami harus melanjutkan perjalanan ke destinasi selanjutnya.

Deretan mobil-mobil pribadi mengular panjang di jalanan dalam kota. Para orang tua mengantarkan anak-anaknya pergi ke sekolah. Sekilas pandangan mata, semuanya mobil pribadi. Satu anak diantar satu mobil. Tidak ada yang berjubel naik bus umum atau bahkan bus sekolah sekalipun. Jadi ya wajar jika jalanan jadi agak macet. Namun tetap lancar & tertib.

Jesselton Sipitang Express

Jesselton Bus Jurusan Brunei ke Kota Kinabalu

Saya & istri sudah nongkrong di pinggir jalan raya dekat Pasar Tamu Kianggeh. Pagi itu kami melanjutkan perjalanan lintas batas ke Sabah, Malaysia. Tujuan kami selanjutnya adalah Kota Kinabalu. Kami memilih naik bus dari Brunei Darussalam ke Kota Kinabalu.

Sengaja dipilih jalan darat menggunakan bus karena kami ingin melihat langsung seperti apa kondisi peradaban di sisi utara pulau Borneo ini. Meskipun resikonya memakan waktu lebih lama dibandingkan dengan naik ferry jalur laut via Labuan.

Bus dari Bandar Seri Begawan ke Kota Kinabalu hanya ada 1 trip per hari. Berangkat on time setiap pukul 8 pagi. Begitu pula sebaliknya, bus dari Kota Kinabalu ke Bandar Seri Begawan juga hanya berangkat 1 armada sehari. Jadi kalau ketinggalan… yasalam! Dioperasikan oleh Sipitang Express atau Jesselton Express, kondisi armada busnya cukup nyaman. Nggak bagus-bagus amat, tapi juga nggak jelek-jelek amat.

Petugas mulai memeriksa tiket dan paspor kami beberapa menit sebelum bus berangkat. Saya lihat ke kanan-kiri, tidak banyak penumpang. Sampai bus berangkat, bus ini hanya terisi 7 penumpang dari 50 seat yang tersedia. Alhamdulillah, jadi bisa bebas tiduran di kursi manapun. Berasa bus pribadi.

Interior Sipitang Express Bus dari Brunei Darussalam

interior bus

Pemandangan Selama Perjalanan Darat Brunei Ke Kota Kinabalu

kiri hutan kanan hutan

Border Temburong Brunei Darussalam

Border Temburong Brunei Darussalam

Kedai Makan di Kota Lawas Malaysia

Kedai Makan di Kota Lawas Malaysia

Pasar Besar Lawas Malaysia

Pasar Besar Kota Lawas Malaysia

Mahkamah Kota Kinabalu Malaysia

Pemberhentian Bus Terakhir di Gedung Mahkamah Kota Kinabalu Malaysia

Tips naik bus dari Brunei ke Kota Kinabalu:

  • Tiket bus Sipitang Express bisa dibeli secara online maupun on the spot. Kalau mau main aman, beli online & tinggal tunjukkan print out ticketnya. Tapi kalau mau sambil jalan, it’s okay. Up to you.
  • Harga tiket bus Kota Kinabalu ke Bandar Seri Begawan ataupun sebaliknya dibanderol 100 RM.
  • Bagi yang tidak tahan dingin, better bawa jaket/sarung buat selimutan selama perjalan naik bus. Pas trip saya kemarin, AC nya dingin banget. Berasa 8 jam perjalanan disekap dalam kulkas. Brrrr… tapi kalau yang tahan dingin mah, sok atuh mangga’
  • Bawa cemilan dan minuman. Jalur yang dilewati sebagian besar masih hutan belantara. Nggak ada sevel, circle K, alfa ataupun indomaret di pinggir jalan. Nggak lucu kan kalau kelaperan di tengah hutan.
  • Bus hanya akan berhenti di setiap border untuk pemeriksaan. Para penumpang pun harus sigap untuk naik turun karena crew bus agak cuek untuk mengingatkan. Kalau sampai ketiduran dan kelupaan cap paspor di salah satu border, wuihh bisa panjang urusan di border selanjutnya.
  • Kebelet pipis? Aman lah. Meskipun di bus tidak ada toiletnya, tapi di setiap border ada tandas/toiletnya kok Tapi jangan lupa lapor kernet/supir busnya minta ditunggu. Kalau nggak, bisa-bisa ditinggal bus.
  • Pemeriksaan imigrasi di perbatasan akan lebih ramai pada awal-akhir weekend. Kalau mau cari suasana sepi di border mending traveling pas weekday.
  • Ada yang unik, even for Malaysians, they have to bring their own passport to cross Sabah or Serawak, which is still part of Malaysia.
  • Setelah 4 jam perjalanan, Jesselton bus akan berhenti istirahat sekitar 1 jam di kota Lawas. Menurut saya kota ini seperti kota antah berantah yang ada di tengah hutan. Kita bisa makan siang di beberapa kedai makan yang lokasinya tak jauh dari tempat parkir bus di kawasan Pasar Besar Lawas.
  • Bus akan berhenti di depan bangunan Mahkamah Kota Kinabalu, Sabah, Malaysia. Gedung ini lokaisnya di pusat kota. Banyak hotel, hostel dan rumah makan di sekitarnya.
  • Kalau mau memilih menggunakan jalur laut, rutenya dari terminal Bandar Seri Begawan, naik bus ke Muara/Serasa. Tiketnya sekitar 1-2 BND. Dari dermaga Muara naik ferry ke Labuan tiketnya sekitar sekitar 17 BND. Cek imigrasi, lanjut naik ferry ke Kota Kinabalu harganya sekitar 35-39 RM. Ferry akan berhenti di Jesselton Ferry Terminal Kota Kinabalu.

Demikian cerita singkat mengenai pengalaman naik bus dari Bandar Seri Begawan, Brunei Darussalam ke Kota Kinabalu, Sabah, Malaysia. Semoga informasinya bermanfaat bagi yang akan traveling kesana.

Happy traveling !

Fahmi Anhar
Indonesian expatriate living in Dubai UAE. I started blogging in January 2011. Awarded as 2nd runner up Skyscanner Travel Bloscars Award Indonesia on 2014. I mostly shares my travel experiences and tips for my readers through write up, photos and videos. Interested in hotel & airlines review, adventures, beaches, cultural festival, architectures, heritage sites, and foodies.

Pilihan Akomodasi Penginapan Di Brunei Darussalam

Previous article

Motor Touring di Lereng Merapi

Next article

You may also like

39 Comments

  1. Yang saya bayangkan sehabis baca artikel ini adalah suasana perjalanan bus Safari Dharma Raya pas lewat Alas ROban…

    1. ya begitulah kira-kira, tapi lebih sepi hutannya. udaranya juga sejuk 🙂

  2. Jadi total perjalanan berapa jam, kak? Itu serius bus gak ada toiletnya? Kalo kebelet di tengah jalan gimana?

    1. dari Bandar Seri Begawan jam 8 pagi, istirahat di lawas 1 jam antara jam 12-13 lanjut jalan, sampai ke Kota Kinabalu jam 16.00. sekitar 8 jam kak. kalau kebelet pipis aman lah, kan ada botol air mineral…

      #eh

      maksudnya, aman lah, kan bus berhenti di setiap border. ada fasilitas toilet disana

  3. Sudah sampai ke Kota Kinabalu kenapa ndak hiking ke Gunung Kinabalunya Mas? Denger-denger ceritanya enak kalau haking disana benar-benar lengkap fasilitasnya 🙂

    1. saya di Kota Kinabalu cuma 3 hari 2 malam mas, nggak cukup kalau mau muncak. jadi cuma keliling kota saja, kulineran. tapi next kalau kesana lagi malah pengen ke Kampung Luanti atau ke Kudat sekalian 🙂

      1. Wahhh nanti kalo emang sempet hiking ke kinabalu posting ya foto”nya Mas menghilangkan kerinduan mau hiking lagi nih tapi anak-anak masih kecil semuanya hehe

        1. semoga kerinduan hiking nya bisa segera terobati, malah seru besok hikingnya rame-rame sekeluarga sambil ajarin anak-anak tentang alam & lingkungan sekitar 🙂

  4. Iya, bisnya biasa aja ya, hampir sama ma bis Melaka – KL, bagusan Santoso VIP. Cuma ya emang lebih tepat waktu, ngga umpel-umpelan pas mau naik & turun, plus ngga banyak orang bawa tentengan kardus. Hehehe .. :p

    1. Dan bus inilah yang menjadi saksi drama perjalanan menuju Kota Kinabalu haha

  5. Serius tuch bus cuman 7 penumpang ???? rugi dong yaaa itungan nya.

    1. seriusan cuma 7 orang. berasa bus pribadi. rugi juga kalau sepi terus kaya gini. tapi biasanya dari Kota Lawas ada yg naik lagi kok

  6. kerennya fahmi sudah ke sono

    1. biasa aja ah win, keren itu kalau sudah kesampaian #UmrohBackpacking 🙂

  7. asikkk tuh bisnya….kerennn…ayo haji backpacking aja om hehe

  8. duh harusnya aku naik bis ini yah April lalu *syedihh*
    batal ke Brunei *sakitnya tuh di sini, nunjuk ke dompet*

    1. kapan-kapan balik lagi ke brunei gih, belum puas kan? hehe

  9. Hallo kakak wah kebetulan saya mo rencana over land jg nih dr brunei.boleh tau tidak kalo dr berunei ke kotakinabalunya kita di turunkan dimana?nama terminally apa?apakah dekat dengan airport Bki?terimakasih maaf pertanyaannya keroyokan hhaha

    1. halo mas andri, kan sudah tertulis di atas, bus dari brunei akan berhenti di depan mahkamah kota kinabalu yang lokasinya tepat di tengah kota. jadi mau kemana-mana dekat, tinggal jalan kaki. begitupun dengan bus dari kota kinabalu ke brunei darussalam, akan berangkat dari sini juga.

      airport ada di luar kota, bisa naik shuttle bus seharga 5 RM dari terminal wawasan. bus akan berangkat tiap 1 jam sekali

  10. Sy sdh baca semua tulisanx ttg Brunai dr part 1-9, semoga tdk ada yg terlewatkan. Ceritax lg googling nih cari informasi ttg Brunai, eh pas dpt blog ini.
    Mas kalau “hendak” (chiiee lg blajar pake bhs halusnya nih mas) cari kerjaan di sana/bikin usaha sendiri bgitu…memulaix gmna yaa….? Mohon solusix doong, lg sekarat nih keuanganx. Jd pengenx gk mau jln2 dl, tp langsung netap cari usaha yg cocok.

    1. Waa terima kasih mbak Yani sudah mampir di blog saya & baca postingan serial Brunei. Tapi terus terang, kalau untuk informasi bekerja disana karena itu menyangkut sektor legal-formal pemerintahan setempat, saya kurang tahu. Mungkin bisa cari info prosedurnya di kedutaan besar Brunei Darussalam yang ada di Jl Teuku Umar Menteng Jakarta, deket Taman Suropati.

  11. Salaam mas fahmi
    Alhamdulillah saya sudah baca artikel berkaiatan dengan brunei. Tapi yang mash kurang dn mungkin belum sempt di kunjungi oleh mas fahmi, universitas” disana mas. Kami sbg mahasiswa selain rekreasi juga masalah pendidikan disana sangat menarik bagi kami mas.

    1. Salam Mas Djoewan. Alhamdulillah sudah sempat keliling di kampus Univerisiti Brunei Darussalam. mungkin belum saya ulas lebih dalam di artikel di blog karena saat saya kesana, aktifitas perkuliahan sedang libur. kampus UBN sepi.

  12. Salam kenal Mas Fahmi…??
    Alhamdulillah nemu blog ini pas lagi googling about Brunei Darussalam. Sy rencana solo backpaker ke Brunei tgl 2 Oct 2015 via KL. Mas Fahmi, mau tanya nih kalo ambil jalur laut dari Bandar Seri Begawan ke Kota Kinabalu itu memakan waktu brp lama?, ferry ke Kota Kinabalu brgkt jam brp aja mas?. Dari Jesselton Ferry Terminal Kota Kinabalu ke airport Kota Kinabalu jauh gak mas, ada bus shuttle ke bandara gak?. Maaf yah mas, pertanyaanx byk bgt…tlg infox y mas…thanks before ??

    1. Salam kenal mbak 🙂
      Alhamdulillah kalau postingan tentang Brunei Darussalam ini bermanfaat buat orang lain. BTW banyak juga ya pertanyaannya haha. Oke dijawab 1-1.

      Lama perjalanan darat dari Bandar Seri Begawan ke Kota Kinabalu sekitar 7 jam. Tapi biasanya bus berhenti 1 jam di Kota Lawas untuk istirahat.

      Nah, kalau perjalanan laut menggunakan kapal ferry dari Bandar Seri Begawan ke Kota Kinabalu saya kurang tahu karena belum pernah mencoba. Tapi kalau nggak salah lebih cepat daripada landtrip.

      Jadwal keberangkatan ferry ke Kota Kinabalu silakan googling.

      Jesselton Ferry Terminal Kota Kinabalu terletak di pusat kota. Tinggal jalan kaki aja kalau mau keliling kota. Pusat Kota Kinabalu relatif kecil menurut saya.

      Dari pusat Kota Kinabalu ke Kinabalu International Airport ada shuttle bus 1 jam sekali dari Terminal Bus Wawasan. Lokasinya sederetan dengan Atkinson Clock Tower. Cheapest way to go to airport.

      1. Makasih mas infonya…?☝
        Jadi pede nih ke Brunei dan Kota Kinabalu. ??

        1. sama-sama. have fun! ditunggu ceritanya 🙂

  13. My Next Destination (Kinabalu & Brunei).

    1. sounds great! have a safe trip then. enjoy borneo 🙂

  14. Mas. Kl dr tmpat pemberhentian bus KK. Berapa lama ke KKIA. Sy tiket jam 17.30 dr KKIA ke KLIA2. Apa msh keburu ga ya kalau jalan hari yg sama dr BSB ke KK. Tks.

    1. Mas Agam, kalau lancar perjalanan bus dari BSB ke KK biasanya berangkat jam 8 pagi, sampai jam 15 sore. Jadi masih memungkinkan ngejar pesawat ke KLIA via KKIA. Ada shuttle bus dari terminal wawasan ataupun bbrp halte besar di pinggir jalan protokol. Ada sign airport bus nya kok. Cuma 5 ringgit kl gak salah. Tapi bisa juga naik taksi ke airport. Dari kota ke KKIA sekitar 30 menit.

      Tapi saran saya, better stay sehari di KK untuk jaga2 perjalanan BSB ke KK yg unpredictable, secara kan border crossing 8 gate.

  15. hi..salam perkenalan daripada saya..from Land Below the Wind..seronok baca pengalaman u d negara org..buat kenangan sampai bila2..hopefully d mna pun u travelling be safe always..bye!

    1. hi Tia, thanks for dropping by. anyway, mana tu “the land below the wind”? haha. happy traveling!

  16. Mas, Mau nanya…saya ada rencana dari brunei mau naik bus jug ke sipitang. Kalau menurut info, sipitang itu antara lawas dan kinabalu.. Kira-kira kalau naik bus di atas, bisa turun di sipitang tidak ya? Soalnya ada teman yang mau dikunjungi di sana

    1. Halo Mas Iqbal, maaf late reply. Bisa turun Sipitang kok. Bus ini berhenti di beberapa kota yang dilewati. Tarifnya pun menyesuaikan.

  17. mas insyaallah akhir tahun ini saya ada rencana traveling ke kota kibalu via pontianak yang saya mau tanyakan kira-kira kalo dibandingin murahan mana BSB ke Kota kinabalu jalur darat sama jalur Laut via Labuan?

    1. Waduh maaf mas, saya belum survey lagi harga tiket terupdate sekarang berapa. Tapi yang bisa saya infokan, akan lebih cepat BSB-KK via jalur laut Labuan daripada via jalur darat yang menempuh sekitar 8 jam perjalanan.

  18. Mas Fahmi, mau tanya untuk di Brunei sempat bermalam? Kalau boleh tau bermalamnya pesan online di apps atau bisa on the spot ke hostel, hotel? Nah di kinabalunya juga gmn yaa mas penginapan di sana? Booking tiket bisnya online lewat apps easybook kah?

    1. Halo Mas Irfan, ke Brunei yang pertama saya go show tanpa bookingan hotel, sedangkan yang kedua hotel sudah disiapkan rekanan jadi tinggal datang. Rasanya hotel di Brunei relatif sepi, jadi banyak yang kosong. Mau go show pun aman, meski tidak terlalu banyak pilihan. Coba cek https://fahmianhar.com/pilihan-akomodasi-penginapan-di-brunei-darussalam/

      Begitu pula yang di Kota Kinabalu. Suasananya relatif lebih ramai dari Bandar Seri Begawan, pilihan hotel juga lebih banyak. Silakan saja mau booking online dulu atau on the spot.

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *