Jenis dan kualitas Saffron Iran
Jenis dan kualitas Saffron

Hari sudah menjelang sore ketika saya beranjak keluar rumah, menuju halte bus. Angin bertiup cukup kencang. Sementara orang-orang di sekitar terlihat sibuk lalu lalang menenteng payung.

Bukan karena hujan, melainkan hawa panas yang menyengat. Dubai sudah mulai memasuki musim panas. Suhunya sekitar 45 derajat celcius. Dan ini, belum puncaknya, baru awal.

Selang 10 menit duduk di halte, bus C9 yang saya tunggu datang juga. Beberapa bangku masih terlihat kosong, tak banyak penumpang kala itu. Meskipun begitu, saya memilih untuk berdiri saja karena sudah terlalu banyak duduk seharian. Lagian, tak begitu jauh. Hanya 5 halte dari rumah menuju Deira Grand Souq atau pasar tradisional Deira.

Ya, sore itu saya sengaja jalan-jalan ke pasar lama Dubai yang berada di Deira. Kawasan ini adalah salah satu spot favorit yang sering saya kunjungi di akhir pekan, terutama ketika musim dingin, hanya untuk sekedar refreshing sejenak setelah 5 hari berkutat dengan pekerjaan di kantor. Lagian, jajanan pasarnya enak-enak dan murah!

Pasar dalam bahasa Arab disebut Souq. Di kawasan kota lama Dubai, terdapat Old Souq, Spice Souq, Gold Souq, Parfume Souq dan souq-souq yang lain. Asyiknya pasar disini adalah kompleksnya berdasarkan komoditi yang diperdagangkan. Jadi cukup gampang jika kita ingin membeli suatu barang, sudah tahu langsung pergi ke mana.

Jenis dan kualitas Saffron

Jenis dan kualitas Saffron

Main ke pasar kali ini bukan sekedar main. Melainkan menjalankan misi dari seorang teman di Indonesia yang meminta saya untuk membelikan bunga Saffron Iran. Karena katanya Saffron Iran di Dubai lebih bagus dan murah dibandingkan Saffron Turkey maupun Spanyol.

Di Spice Souq ada puluhan atau bahkan mungkin ratusan toko yang menjual aneka rempah dari berbagai belahan dunia, termasuk saffron ini. Namun saya sudah punya langganan, yang menurut pengamatan saya cukup terjamin kualitasnya, yaitu Bahraman Saffron.

 

Mengapa Harga Saffron Mahal?

Dari hasil ngobrol dengan Saffron merupakan benang sari dari bunga Crocus. Bayangkan saja, diperlukan 250.000.000 bunga Crocus untuk menghasilkan 1 Kilogram Saffron. Wow! Musim panen saffron pun bergantung pada musim tertentu tidak berlangsung setiap tahun. Proses pengeringan benang sari juga relatif lama. Belum lagi proses sortasi hasil panen untuk kemudian nantinya dikategorikan dalam grade 1,2,3,4 dan dijual di pasaran.

Berdasarkan urutan kualitas, biasanya akan digolongkan dalam all red negin, all red sargol, grade 2, 3 dan 4.

Saffron Al Negin kualitas 1

Saffron Al Negin kualitas 1

Apa Saja Manfaat Saffron?

Dalam kesehariannya, masyarakat Timur Tengah menggunakan saffron sebagai bahan campuran dalam aneka masakan seperti nasi mandi, nasi biryani, nasi kabsa, dan beragam jenis masakan lain. Saffron juga lazim ditambahkan dalam minuman teh, susu, kopi dan juga minuman lainnya.

Menurut sang penjual, selain manfaat kuliner, ada banyak sekali manfaat saffron dari sisi kesehatan orang yang mengkonsumsinya. Untuk meningkatkan daya tahan tubuh, daya ingat, anti kanker, pemulihan penyakit syaraf, ganguan tekanan darah, mengontrol kadar kolesterol, kesehatan mata, kecantikan kulit, bahkan gairah seksual dan masih banyak lagi. Saya sendiri sudah mengkonsumsi saffron setiap hari.

Package Bahraman Saffron

Paket Bahraman Saffron

Jadi, kalau ada teman-teman yang sedang mencari Saffron Iran ini baik retail maupun grosir, feel free to contact ya. Bisa langsung saya belikan di pasar dan dikirim ke Indonesia.

Ma’assalamah!

Fahmi Anhar
Indonesian expatriate living in Dubai UAE. I started blogging in January 2011. Awarded as 2nd runner up Skyscanner Travel Bloscars Award Indonesia on 2014. I mostly shares my travel experiences and tips for my readers through write up, photos and videos. Interested in hotel & airlines review, adventures, beaches, cultural festival, architectures, heritage sites, and foodies.

Aneka Kisah Berbuka Puasa (Iftar) Saat Ramadan di Dubai

Previous article

You may also like

Comments

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *