Backpacker ke Singapore

Ini adalah hari terakhir saya di negeri singa, hujan deras menyapa pagi ini. Sarapan roti bakar dan segelas sereal di pantry The Inn Crowd Backpacker hostel sembari menunggu hujan reda lumayan menghangatkan. Sekitar pukul 09.00 hujan reda, setelah cek out saya bergegas ke stasiun MRT Little India untuk menuju ke Harbourfront.

Sesuai rencana, hari terakhir jalan-jalan di Singapura saya akan menjelajahi Sentosa Island dengan Resort World nya. Sekitar 20 menit MRT melaju dengan kencang, sampailah di stasiun Harbourfront, Vivo City Mall.

Cukup ramai suasana MRT seni pagi pagi itu karena jam orang-orang berangkat ke kantor. Sengaja saya pilih weekday untuk berkunjung ke Sentosa karena kalau weekend, pasti crowded banget & nggak bisa puas.

Ada banyak cara untuk menyeberang ke Pulau Sentosa. Dengan MRT, taksi, bus atau kereta gantung. Namun saya memilih dengan cara yang paling asyik, seru dan murah yaitu menyeberangi selat sentosa dengan berjalan kaki. What? Mana mungkin jalan diatas laut dengan berjalan kaki? Hehe saat ini mungkin saja karena telah tersedia Sentosa Board Walk, jembatan penyeberangan yang menghubungkan antara daratan utama dengan pulau Sentosa.

Tidak perlu khawatir kepanasan atau kehujanan ketika menempuh jarak +/- 550 meter menuju Pulau Sentosa. Fasilitas Sentosa Board Walk dilengkapi dengan escalator super panjang dan kanopi yang lebar. Taman hijau di sepanjang kanan kirinya membuat hawa sejuk berpadu dengan semilir angin laut. Hamparan biru laut dan kapal yang wara-wiri menjadi teman kita selama menyeberang.

Di ujung, sudah terdapat tiket masuk ke Pulau Sentosa. Masuk melalui jalur ini, cukup membayar SGD 1 saja. Jauh lebih murah kalau dibandingkan dengan menggunakan MRT, SGD $ 3 atau bus dan taksi. Hemat, kan?

Sentosa Board Walk Singapore

Pulau Sentosa yang mungil ini secara garis besar terbagi atas 4 kawasan. Yang pertama Imbiah Lookout. Di kawasan ini terdapat patung merlion raksasa yang dapat dinaiki dengan lift. Pemandangan indahnya negeri singa dapat kita nikmati dari sini. Selain itu ada ataman kupu-kupu, Tiger Sky Tower, Cable Car, Skyline Luge dan berbagai wahana lain yang seru.

Kawasan kedua Siloso Point. Pantai Siloso dengan pasir putih dan ombak yang tenang begitu menggoda setiap pengunjung. Bawaannya langsung pengen nyebur aja. Tapi tahukah anda? Ternyata pantai ini adalah pantai buatan hasil reklamasi yang pasirnya diambil dari Sumatera.

Di sisi lain terdapat Fort Siloso dan Underwater World Singapore and Dolphin Lagoon. Ketiga yaitu Beaches / pantai. Di sepanjang pantai Pulau Sentosa ini terdapat pantai Palawan, pantai tanjong, Animal & Bird Encounters AZZURA Beach Club, Gogreen Cycle & Island Explorer, Gogreen Segway Eco Adventure, iFly Singapore, MegaZip Adventure Park, Wave House Sentosa, The Flying Trapeze dan pertunjukan Songs of the Sea yang fenomenal.

Sedangkan kawasan keempat yaitu Resort World Sentosa. Bagi kebanyakan orang, kawasan inilah daya tarik utama pulau ini karena terdapat berbagai macam “kesenangan dunia” disini. Beberapa wahananya antara lain Crane Dance, FestiveWalk, Lake of Dreams, Maritime Experiential Museum & SEA Aquarium dan Universal Studios Singapore yang siap memacu adrenalin anda.

Sentosa Island

Karena memilih flight malam, saya memiliki waktu hampir seharian untuk menjelajahi Pulau Sentosa ini. Namun ternyata seharian tidak juga cukup untuk menikmati semua yang ada disini.

Tidak perlu khawatir untuk berkeliling di pulau ini. Pihak pengelola sudah menyediakan fasilitas bus dengan beberapa rute, MRT dan Trem sehingga semua terasa mudah dan menyenangkan. Eiittss, FYI fasilitas transportasi tersebut disediakan secara Gratiiisss. Jadi, percaya nggak percaya, saya seharian jungkir balik di Pulau Sentosa ini hanya mengeluarkan uang SGD $ 1 saja ketika membayar tiket masuk tadi.

Bagaimana bisa? Bisa saja karena saya tidak mencoba semua wahana berbayar tersebut. Cukup melihat, kan paling-paling rasanya kaya di Ancol hehe namanya juga backpacker ke Singapura. Sedangkan makan dan minum saya sudah bawa sendiri jadi tidak perlu jajan. Hal ini untuk mengantisipasi harga makanan disini yang “menggila” harganya.

Prinsip saya, bagaimanapun kondisi selama travelling, asyikin aja, enjoy the moment, yang penting happy. Terus terang, perjalanan kali ini adalah perjalan pembuktian ilmu, tips dan saran dari beberapa teman yang sudah berkeliling ke berbagai negara di dunia. Ternyata menjadi backpacker itu sangat menyenangkan!!

Transportasi di Sentosa Island

Transportasi di Sentosa Island

Hari sudah sore ketika saya meninggalkan Pulau Sentosa untuk langsung menuju Changi Airport. Maklum saya harus segera cek in dan boarding untuk kembali pulang ke Indonesia. Berat rasanya meninggalkan negeri yang “menyilaukan” ini. Bersih, rapi, modern, visioner, tertib, disiplin dan toleran adalah nilai-nilai yang saya dapatkan selama perjalanan di negeri multicultural ini.

Alangkah indahnya apabila nilai-nilai yang sama juga dapat diterapkan oleh semua elemen bangsa Indonesia. Niscaya kehidupan berbangsa dan bernegara akan selalu terjaga stabilitasnya #khotbah. Semoga sekelumit serita saya ini bermanfaat.

Jangan takut dengan bayangan-bayangan yang pasti akan selalu menghantui sebelum travelling. Misalnya masalah bahasa, kebanyakan orang Singapura yang saya temui, bahasa inggrisnya juga biasa-biasa saja kok. Kalau bingung berkomunikasi, kan masih ada bahasa tarzan/isyarat yang merupakan bahasa universal. Kalau kendala masalah biaya, tentu anda harus memiliki dana tersendiri untuk travelling. Tinggal pintar-pintar saja mencari promo hehe.

Jadi, jangan terlalu khawatir akan rencana perjalanan anda, because worried brings you nowhere!

Fahmi Anhar
Indonesian expatriate living in Dubai UAE. I started blogging in January 2011. Awarded as 2nd runner up Skyscanner Travel Bloscars Award Indonesia on 2014. I mostly shares my travel experiences and tips for my readers through write up, photos and videos. Interested in hotel & airlines review, adventures, beaches, cultural festival, architectures, heritage sites, and foodies.

Jalan-jalan di Singapura (Part 2)

Previous article

10 Tips Mendapatkan Voucher Diskon Hotel

Next article

You may also like

7 Comments

  1. sudah ga sabar ingin segera nympe ke sana lagi..:D
    musim hujan y..?

    1. april-oktober aja mas kl kesana, udah mulai cerah (mungkin) hehe

  2. hmm,,
    nggak sabar ingin buruan kesana..^^
    (tapi kapan yak………)
    hehehe….

    1. ayooo nabung gih, deket kok 🙂

  3. Huhuhu…. bestnya… mw ikutan keliling donk om..

  4. Mas Fahmi,
    Sentosa Broadwalk nya di lt. dasar vivo city ya??
    taun lalu aku pake mrt, pengen nyobain pake broadwalk supaya lbh irit..
    haha
    makasi

    1. boardwalk sekarang malah gratis, nggak bayar lagi 🙂

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *