Teman Perjalanan Paling Berkesan

Sentosa Island Singapore

Ungkapan “traveling itu bukan tentang kemana destinasinya, tetapi dengan siapa kamu menikmatinya” ternyata ada benarnya. Saya merasakan sendiri betapa berperannya travelmate dalam menciptakan mood sebuah perjalanan. Mungkin begitu pula dengan kamu. Banyak perjalanan yang terasa sangat mengasyikkan meskipun hanya ke tempat-tempat yang dekat dan dilakukan dalam waktu yang singkat karena dilakukan bersama para sahabat.

Dalam postingan kali ini, saya ingin sedikit bercerita mengenai beberapa teman perjalanan paling berkesan. Siapa saja mereka?

Genk Piknik

Sampai sekarang, masih agak susah move on dari kenangan manis masa-masa di bangku SMA meskipun sebenarnya momen itu sudah beberapa abad berlalu. Berawal dari tempat duduk di kelas kami yang saling berdekatan, terciptalah kebersamaan antara saya, Indra, Fakhrudin, Hayu, Dini dan Evi. Karena dulu sering sekali kami berenam piknik bersama-sama maka kami berenam menamakan diri Genk Piknik. Bahkan setelah lulus SMA dan masa kuliah berpencar di berbagai kota, namun kebiasaan piknik bersama masih berlanjut. Dan persahabatan itu kini melebur menjadi persaudaraan yang erat. Orang tua saya, juga orang tua mereka, begitupun sebaliknya. Kini, walau kami semua sudah berkeluarga, Alhamdulillah silaturahmi masih terus terjaga.

Genk Piknik
Genk Piknik jaman kuliah

 

Genk Karimunjawa

Pertama kali ke Karimunjawa pada 22-25 Apri 2011. Saat itu seorang teman membuka open trip, jadilah saya ikut kesana. Yang unik dari perjalanan kala itu adalah, meskipun traveling bersama 30 orang yang belum dikenal sebelumnya, tapi dengan mudahnya chemistry kami terbangun. Saya bertemu arek-arek Kediri yang logat Jawa Timuran-nya lucu, ada Dafid, Sugik, Wenang, Martin, Lusi, Laily, dll. Ada pula anak-anak gaul Jakarta ada Amel, Iffath, Angie, Dita, Faiz, Arman, Dudi, Lia, dkk. Dalam setiap island hopping, kami terbagi menjadi dua kelompok, genk ludruk & genk lenong. Beda bahasa, beda logat, tapi tetap asyikin aja!

Klik Disini Untuk Cek Rate Hotel & Tiket Pesawat Murah

Pulau Cemara Kecil Karimunjawa
jump! – lokasi di Pulau Cemara Kecil Karimunjawa

 

Genk Backpacking

Ada banyak kejadian lucu dan tragis selama saya traveling menempuh jalur darat dari Kuala Lumpur, menuju Melaka dan berakhir di Singapura selama 4 hari bersama Sisca & Faiz pada 15-18 September 2012. Mulai dari ngos-ngosan naik ratusan anak tangga di Batu Caves, dehidrasi karena jalan jauh di Melaka, Siska ditasir penjual nasi lemak di terminal bus Melaka, makanan disita supir bus mualam saat menuju Singapura, “kena ciduk” petugas Imigrasi Woodlands, ditinggal bus malam di Woodlands, makan nasi bungkus tengah malam sambil lesehan di Marina Bay Sands, tertinggal MRT terakhir di stasiun Raffles Place, hingga bertemu dengan resepsionis hostel yang baik hati di Chinatown Singapura. Kangen jalan sama kalian lagi!

Petronas Twin Towers Kuala Lumpur Malaysia

Genk Nescafe Journey

Salah satu perjalanan paling berkesan dalam hidup saya adalah ketika terpilih menjadi pemenang Nescafe Journey. Saya dan Annisa diajak traveling eksplorasi Nusa Tenggara Timur bersama Teteh Riyanndi Djangkaru & team pada 23-29 September 2012. Mulai dari Labuan Bajo, LoB di perairan Komodo, blusukan di kebun kopi dan pasar tradisional di Ruteng, menikmati senja di Pantai Lasiana, mandi di Gua Kristal Kupang hingga berlayar mengarungi derasnya arus Selat Pantar di Alor.

Meskipun program sudah usai, keluarga besar Nescafe Journey batch I, II dan III masih disatukan dalam kebersamaan. Kami mengagendakan reuni setahun sekali seperti yang pernah dilakukan camping di Bogor dan Lava Tour di Merapi Yogyakarta.

Nescafe Journey Team Alor
Nescafe Journey Team Alor

 

Genk Skyscanner 2014

Tidak pernah menyangka jika Travelogue ini akan dianugerahi gelar sebagai Second Runner Up Skyscanner Travel Bloscars Award 2014 dibelakang blogger kenamaan tanah air Firsta Discoveryourindonesia & Ariev Rahman Backpackstory. Bersama mbak Indri pula kami diundang ke Singapura untuk menghadiri awarding ceremony tingkat Asia-Pasifik bersama travel blogger dari berbagai negara pada 20-23 Maret 2014. Mana pakai acara nyasar bareng Firsta di Bugis, ngobrak-abrik mint museum of toys & kaget-kagetan di museum peranakan, hingga pesta kepiting di Jumbo Seafood East Coast. Super fun!

Skyscanner Travel Bloscars Asia Pacific 2014
team Indonesia bersama Brooke Saward @worldofwanderlust

 

Genk Legoland

Boleh dibilang, ini adalah #TripBatangan karena isinya cowok semua. Pada 13-16 Mei 2015, saya, Mas Bolang Lostpacker, Fahmi kucing dan Chocky diundang oleh pihak Tune Hotel Malaysia untuk melihat Grand Final Asia’s Got Talent di Mastercard Theatre Marina Bay Sands Singapura bersama travel blogger dari beberapa negara tetangga. Di hari selanjutnya, kami diajak ke Legoland Johor Bahru Malaysia. Lupa diri deh semua bapak-bapak ini. Kembali jadi anak kecil lagi hihi.

Travel Blogger Indonesia di Legoland Malaysia
#TripBatangan #Legoland

 

Genk Kereta Api

Meskipun kebersamaan kami hanya berlangsung selama 24 jam pada 16-17 September 2015, namun memberikan kesan yang dalam hingga sekarang. Bersama Bulan Ubermoon, Gio Duabadai, Citra Rahman, Albert Ghana, Lenny, Putri, Adlien dan teman-teman media, kami diajak mencoba menikmati nyamannya Kereta Wisata Priority  milik PT KAI dari Bandung menuju Semarang PP dalam rangkaian program Traveling By Train 2015. A train to remember.

Kereta Wisata Priority
Traveling By Train 2015

 

Genk Blogger Hore

Berawal dari sebuah kicauan di twitter, berujung pada trip rame-rame ke Dufan. 8 November 2015 menjadi hari yang disepakati bersama. Saya, Akbar Indonesianholic, Chocky, Citra Rahman, Bobby Virus Traveling, Dita Malesmandi, Winny, Dede Ruslan, Sefin, Putri dan Fahmi Catperku bersama-sama menikmati berbagai wahana di Dufan. Genk Blogger Hore ini sekaligus menjadi bukti bahwa pergaulan para blogger tidak terbatas pada sekte. Kalau ada yang masih aja sibuk pusing sendiri dengan “sekte-sektean”, ke laut aje hehe. Dunia persilatan travel blogger emang dinamis, jadi ya mari asyikin aja. Mari jalin pertemanan dengan siapa saja, ambil positifnya, abaikan negatifnya. Silaturahmi membuka pintu rejeki dan memperpanjang usia. *wink*

Blogger Hore Goes To Dufan
Blogger Hore Goes To Dufan

 

Genk Home Sweet Home

Setelah berkeluarga otomatis ruang lingkup traveling menjadi lebih terbatas. Namun anak dan istri bukanlah sebuah penghalang bagi kita untuk bisa terus jalan-jalan. Bahkan, traveling menjadi lebih seru bersama mereka. Seusai menikah, saya pernah mengajak istri traveling ke Kuala Lumpur, Brunei Darussalam, Kota Kinabalu, Johor Bahru dan Singapura. Ketika dia hamil empat bulan, kami pergi babymoon ke Dubai, Uni Emirat Arab. Dan sekarang setelah si cimil berusia 7 bulan, saya mulai lebih sering mengajaknya melihat dunia luar. Main ke sawah, sungai, taman kota, mendaki bukit, candi-candi dan museum. Merekalah #UltimateTravelmate saya saat ini.

Babymoon Di Dubai Miracle Garden
Babymoon Di Dubai Miracle Garden
Fariz Ahmad Husaini
si cimil, Fariz Ahmad Husaini

Postingan kali ini ditulis dalam rangka posting bareng teman-teman forum Travel Blogger Indonesia (TBI) dengan tema #UltimateTravelmate.

About the author

Indonesian expatriate living in Dubai UAE. I started blogging in January 2011. Awarded as 2nd runner up Skyscanner Travel Bloscars Award Indonesia on 2014. I mostly shares my travel experiences and tips for my readers through write up, photos and videos. Interested in hotel & airlines review, adventures, beaches, cultural festival, architectures, heritage sites, and foodies.
95 Responses
  1. Rinaldi maulana

    Wiiih asyik kak, orang baik mah temennya di mana – mana, kaga perku sekte – sektean ya :))
    Si dedek Fariz lucuuu banget !

  2. Kak, buanyak banget ya travel-mate mu!

    Dan dari sekian banyak travel-mate mu, tak ada namaku di sana.

    Sedih, kak……..

    Padahal kita pernah keliling Godean nyari soto bareng, lho!

    Tapi, ya apalah aku ini…… *balik nyamar jadi butiran jasjus, tapi njuk keconangan, wong gegedhen*

    1. kakatete! hahahaha iya juga ya, kita pernah hore-hore di kolam renang hyatt jogja trus muter-muter cari semangkuk soto jauuuh sampai Godean dan pas sampai warungnya… ZONK! TUTUP!

      epic lah jalan sama #DuoGinuk ini

  3. Indra p

    Wiiiii… . Mantap mas aaand….. Jadi keinget bbrp tahun yg lalu… Satu kamar diisi dg 6 orang.. . Hehehehe. Memang ga bs move on yah mas…. Mg2 kita bisa kumpul bareng lagi… Tentunya sama keluarga masing2….. Pasti lebih seru nih rame…. #genkpiknik

    1. waini, salah satu personel Genk Piknik nongol! terima kasih untuk tumpangannya selama jalan-jalan dulu ya Mas Indra, sampai si Taruna harus pensiun dini karena ditabrak sama pemuda desa dan nyungsep ke selokan pula haha. ayo kumpul-kumpul lagi bareng generasi Genk Piknik 2.0

  4. Ternyata ada nama saya juga masuk dalam travelmate paling berkesan, hehehe
    Memang paling berkesan sih waktu gila2an, pusing2an, untuk gak sempat muntah2an.

    Forza Blogger Hore,
    Tanpa mengenal sekte tapi tetap satu keluarga,

    1. gengster ceritanya haha. ya buat sebutan aja sih, nggak gitu-gitu amat. BTW aku nggak bisa nyanyi kak, jadi nggak cocok kalau masuk genk karaoke. kita bikin genk #HotelReviewer aja gimana? #hazeg

  5. Kak Hiu.. dari sekian banyak travelmate-mu, tak satupun namaku kau sebut.
    Padahal selama kamu traveling kemana-mana, aku yang nungguin dan merawat hiu-hiu peliharaanmu.

    Sakitnya tuh di sini kak.. hiks.. #dramakorea

    1. Kak Astin, tadinya genk blogger Semarang mau aku masukin, secara ya, aku kemana-mana cuma sama kamu & ghana doang. Tapi kalau ditambah genk blogger semarang, genk teman kuliah, genk teman kantor, dll jadinya panjang banget postingan ini hahaha. Yang tabah yak! Lanjutkan merawat hiu-hiu ku 😀

    1. berarti kamu jeli. kalau dari kekonyolan, emang landtrip malaysia-singapura bareng Faiz & Sisca itu yang paling epic. udah kaya sinetron lah, mana pake acara aku & faiz diciduk imigrasi, sedangkan sisca yang baru kali itu keluar negeri malah lolos dan bengong nunggu di bus, pas supir busnya absen penumpang dari woodlands, sisca disuruh turun bawa semua barang kami lalu ditinggal bus hahaha. sampe singapura tengah malam, kami makan lesehan di MBS sampai kehabisan MRT terakhir, hahaha tolol banget deh trip itu

  6. Hahaha waktu pertama overland KL-SG juga kena ciduk imigrasi di Woodlands. Tapi aku sih lolos karena si mbak Indianya meleleh sama senyum manisku (mbak-nya baper, wkkk). Tapi temenku digiring masuk ke ruang imigrasi dan diinterogasi. Untung kami gak ketinggalan kereta.

    Btw ngakak sama komen Leo soal ‘pengembangan diri’ huahahaha! 😀

  7. Di setiap tempat dan waktu memang punya cerita masing – masing ya mas? ada yang mengasyikkan dan ada pula yang tidak. Pokoknya bareng temen seperjalanan itu memang berkesanlah pokoke,,,hehehe. keren

    1. kalau inget kejadian di bugis itu absurd banget yak! pertama kali ketemu ngemper di airport jogja, trus nyasar kaya orang bego di area Bugis, sorenya ngubek-ubek Selegie Rd cari toko bean curd tart 😀

      ayo jalan bareng lagiiii !

  8. Uwaahhhhh bnyk bgt genk travelmatemu maaas :D..

    travelmate yg paling sering aku ajak jalan ya cuma suami ;p… tp kalo dia ga bisa, baru deh, 1 temen blogger di solo yg lumayan masuk dan klop ama aku jd temen seperjalanan… 🙂 kalo jalan2 yg rame2 gini aku sbnrnya jarang, palingan cuma pas outing kantor ;p sisanya lbh srg berduaan ato bertiga ama si baby 😀

    1. aku senang jalan hore-hore dengan teman-teman mbak, ya nggak usah jauh-jauh, yang penting kebersamaan. asal orangnya punya frekuensi yang sama dengan kita akan nyaman selama traveling. kebetulan makhluk-makhluk ajaib ini setipe semua, jadi easy to mingle lah haha. (ini dari pandanganku, gatau gimana perasaan mereka juga sih hahaha)

    1. sensasi solo traveling tidak bisa dibandingkan dengan jalan rame-rame dengan teman-teman sih mas, karena sama-sama seru meski dari perspektif yang lain. dulu saya jalan sendirian explore kamboja seru-seru aja karena ketemu beragam karakter orang sepanjang perjalanan 🙂

  9. kholis Indobotol

    huaa kangen masa-masa travelling, skrg lg merantau sih, jadi gabisa traveling lg untuk sementara waktu 🙁

    1. salam kenal juga mbak, thanks udah mampir. besok kalau pas OL santai gantian aku yang blogwalking hehe. aku juga anak kantoran mbak, mau solo traveling seru, jalan sama teman-teman genk ini itu anu juga seru 😀

Leave a Reply