Rekomendasi Wisata Kuliner Magelang Yang Wajib Kamu Coba

Saya lahir dan tumbuh besar di Magelang. Sebuah kota yang terletak di tengah provinsi Jawa Tengah, atau bahkan secara geografis mungkin saja tengah-tengah pulau Jawa. Dikelilingi oleh lima gunung membuat warganya memiliki kultur agraris yang berpengaruh terhadap semua aspek kehidupan baik budaya, adat istiadat, pola hidup masyarakat hingga kulinernya.

Duh prolognya berat amat yes, kaya mau nulis thesis ~

Oke lanjut!

Meski sekarang lebih sering tinggal di luar Magelang dan hanya sesekali mudik dalam sebulan, saya selalu merasa kangen dengan suasana dan keramahan kota ini. Apalagi aneka kulinernya yang menggoda iman. Wisata kuliner Magelang memang selalu membuat lidah bergoyang.

Postingan kali ini saya ingin menuliskan daftar lengkap aneka wisata kuliner Magelang. Rekapan ini berdasarkan pengalaman pribadi saja. Maksudnya, yang sudah menjadi langganan saya sekeluarga dari dulu hingga sekarang. Sebenarnya ingin diulas detail satu persatu, tapi nanti malah bisa jadi 23 postingan terpisah dong. Abang lelah reviewnya dek.

Lalu apa saja daftar rekomendasi wisata kuliner Magelang yang wajib kamu coba? Simak daftarnya berikut ini. Sengaja tidak saya kelompokkan per jenis makanan agar variatif.

Mangut Beong Sehati Borobudur

  • Deskripsi : Ini favorit saya. Sajian ikan beong (semacam lele besar yang hidup di Sungai Progo, Elo, dll) dimasak mangut pedas dengan bumbu rempah dan kuah santan. Harga bervariasi tergantung bagian potongan ikan atau utuh. Yang pasti terjangkau, bikin megap-megap kepedesan & ketagihan!
  • Lokasi : Desa Kembanglimus Borobudur, sekitar 3 Km dari Candi Borobudur ke arah Kecamatan Salaman. Cari papan nama warung di sisi kanan jalan, lalu masuk jalan kampung sekitar 100 meter. Sampai deh. Dekat juga kok dengan gapura desa menuju rumah doa gedung merpati di Bukit Rhema tempat shooting AADC 2 itu.
  • Review ketika warung masih di lokasi yang lama klik disini.

Mangut Beong Borobudur Magelang

Foto Mangut Beong Magelang Asus Zenfone 3

Cabai Rawit Mangut Beong Borobudur Magelang

Ngintip ke dapur & nemu Cabe Rawit sak tampah untuk masak Mangut Beong!

Sup Senerek Pak Parto

  • Deskripsi : Sup kacang merah yang disajikan dengan sayuran seperti bayam, wortel, seledri, daun bawang dan irisan daging sapi/ayam/jerohan. Kuah kaldunya bening dan segar. Konon Sup Senerek ini merupakan akulturasi kuliner Belanda ketika jaman penjajahan dulu di Magelang. Tentara Belanda sering memasak Snert soup, berupa sup kacang polong yang disajikan hangat dimakan dengan roti. Nah karena lidah Jawa agak ribet dalam pengucapan Snert, maka tersebutlah Senerek, refer to kacang merah sebagai pengganti kacang polong yang tidak ada di Jawa. Selain warung Pak Parto, ada juga warung Sop Senerek Bu Atmo yang terkenal di Kota Magelang.
  • Lokasi : Warung Pak Parto di kompleks kios terminal lama bawah Bukit Tidar, sedangkan warung senerek Bu Atmo di daerah Jendralan sebelah Karesidenan Kedu.
  • Legenda Bukit Tidar Magelang klik disini

Senerek Pak Parto Magelang

Buntil Lumbu

  • Deskripsi: Daun keladi/talas digulung lalu diberi isian bumbu kelapa & teri, lalu dimasak dengan kuah santan kental. Harga rata-rata 1 buntil Rp. 5.000,-. Dimakan pakai nasi hangat, nyeplus cabai rawit rebus & lauknya ikan bandeng presto/ikan tongkol goreng telur. Joss!
  • Lokasi : Pasar Ngasem Jl Sriwijaya Magelang atau depan toko Merak Jaya Jl Jend Sudirman Magelang. Biasanya pagi hari simboknya sudah buka dasaran. Catat ya, buntil ini cepat habis, siapa cepat dia dapat.

Buntil Lumbu Pasar Ngasem Magelang

Foto Buntil Magelang Asus Zenfone 3

Bakmi Goreng Menayu Muntilan

  • Deskripsi : Bakmi goreng, bakmi godog, nasi goreng, nasi godog, rica-rica bebek, ada semua. Rasanya juara karena dimasak satu-persatu menggunakan anglo. Masih sangat tradisional. Jangan kesiangan karena warungnya akan penuh sesak. Jam 3-4 sore biasanya sudah tutup. Yang spesial disini adalah bakmi goreng BRUTU!
  • Lokasi : Warung Bakmi Goreng Pak Kadis terletak di Desa Menayu Kecamatan Muntilan. Terus terang saya agak kesulitan untuk mendeskripsikannya karena lokasinya berada di dalam dusun, masuk gang kecil dan melewati jembatan pula. Tapi kalau tanya orang Muntilan kemana arah menuju desa Menayu, Insyaallah tahu kok. Paling gampang start dari Radio RSPD Kab Magelang di Muntilan ke arah selatan.
Bakmi Goreng Muntilan Magelang

lihat irisan kulit ayam berminyak itu, ulala

Bakmi Godog Muntilan Magelang

Bakmi godhog

Mangut Bawal Warung Purnama

  • Deskripsi : Tersedia sajian mangut ikan bawal, ikan lele, ikan wader goreng, udang sungai goreng, opor ayam, dll. Termasuk favorit saya karena bumbu mangutnya pas di lidah & santannya kental.
  • Lokasi : Jl Magelang – Yogyakarta Km 14. Sebelah kiri jalan tepat sebelum jembatan sungai Pabelan.

Mangut Lele Warung Purnama Magelang

Kethak

  • Deskripsi : Lauk makan yang terbuat dari ampas pembuatan minyak kelapa. Biasanya dibumbu bacem, rasanya manis gurih. Cocok dimakan bersama buntil lumbu. Harganya sekitar Rp. 7.000,- per buah. Enak sih, tapi kolesterol tinggi, jadi jangan sering-sering hehe.
  • Lokasi : Biasanya dijual bersamaan dengan penjual buntil di Pasar Ngasem, Pasar Rejowinangun, Pasar Tukangan, dll
Kethak Pasar Ngasem Magelang

Kethak

Foto Kethak Asus Zenfone 3

Bebek Enthok Pucang Setia Rasa

  • Deskripsi : Bebek & Entok dimasak rica-rica/opor/goreng disajikan dengan dengan sambal lombok ijo, lalapan daun pepaya & kuah rebusan dagingnya.
  • Lokasi : Maaf saya kurang hafal nama jalannya, tapi berada di daerah Pucang, Secang. Kalau dari kota Magelang paling dekat lewat jalan Menowo arah ke Pucang.

Gethuk Gondok Pasar Rejowinangun

  • Deskripsi : Ketela dikukus, dilumatkan lalu diberi gula pasir, vanili dan pewarna. Maka jadilah getuk cantik ini.
  • Lokasi : Ada banyak yang jual, di pasar-pasar tradisional Magelang ada. Tapi yang terkenal yang di depan toko kain Panorama pasar Rejowinangun.

Getuk Gondok Magelang

Getuk Lindri Pasar Ngasem

  • Deskripsi : Hampir mirip dengan getuk gondhok, hanya beda bentuknya saja. Tapi getuk lindri pasar Ngasem ini favorit keluarga saya. Manisnya pas, tidak memakai pemanis & pewarna buatan. teksturnya kenyal kaya permen karet. 1 bungkus cukup Rp. 5.000,- berisi 10 getuk.
  • Lokasi : Pasar Ngasem Magelang

Getuk Lindri Pasar Ngasem Magelang

 

Es Krim Mahkota

  • Deskripsi : Pernah saya ulas disini. Es krim legendarisnya Magelang. Unik lah pokoknya.
  • Lokasi : Toko Roti & Salon Mahkota, Jl A Yani Poncol Magelang. Setelah perempatan RINDAM-Plengkung, tengok kanan jalan yes. Tapi jangan nengok terus, tetap lihat jalan biar nggak nabrak tiang listrik. #apasih

Es Krim Mahkota Magelang

Es Dawet Pasar Ngasem

  • Deskripsi : Es dawet dipadukan dengan cincau hijau, tape ketan dan potongan roti. Disajikan pakai mangkuk besar dan haranya murah merintih, cuma Rp. 2.500,- saja per porsi. Silakan minum sampai puas.
  • Lokasi : Lagi-lagi pasar Ngasem. Disini semua jajan tradisionalnya enak!

Es Dawet Pasar Ngasem Magelang

Tongseng Kambing

  • Deskripsi : Daging kambing muda dipotong kecil-kecil dimasak bumbu tongseng kuah nyemek bersama irisan cabai rawit dan kubis. Dijamin bikin greng!
  • Lokasi : Meski ada banyak penjual tongseng yang katanya enak, tapi favorit saya yang ada di Jl Mayor Kusen No. 77A Mungkid (seberang SPBU Mendut) & Warung Sate & Tongseng Meriah di pusat kuliner malam Jl Jend Sudirman Magelang (depan pasar Rejowinangun).

Cenil Pasar Tarumanegara

  • Deskripsi : Jajan pasar ini terbuat dari tepung kanji/tepung sagu. Teksturnya kenyal dan rasanya manis gurih berbalut parutan kelapa. Cocok untuk cemilan di pagi hari sambil minum teh.
  • Lokasi : Dari sekian banyak penjual cenil, favorit saya yang ada di pasar Tarumanegara. Sayang penjualnya pakai sepeda motor, jadi agak sulit memastikan keberadaanya. Biasanya pagi-pagi mangkal di pinggir irigasi kali Manggis Jl Tarumanegara. Besok lagi motornya akan saya tempelin GPS deh biar gampang nyarinya. #Okesip.
Aneka Jajan Pasar Magelang

Cenil, Sawut, Tiwul, Klepon, Gatot, Ongol-ongol, Ketan Lupis dan sebangsanya

Daftar aneka kuliner Magelang nya masih panjaaaang. Bersambung ke halaman 2 ~>

57 Comments
  1. March 3, 2017
    • March 3, 2017
  2. March 4, 2017
    • March 4, 2017
    • March 13, 2017
  3. March 4, 2017
    • March 4, 2017
  4. March 4, 2017
    • March 4, 2017
  5. March 4, 2017
    • March 7, 2017
  6. March 4, 2017
    • March 7, 2017
  7. March 5, 2017
    • March 7, 2017
  8. March 5, 2017
    • March 8, 2017
      • June 23, 2017
        • July 9, 2017
  9. March 6, 2017
  10. March 6, 2017
    • March 7, 2017
  11. March 6, 2017
    • March 7, 2017
  12. March 7, 2017
    • March 7, 2017
  13. March 7, 2017
    • March 7, 2017
  14. March 9, 2017
    • April 11, 2017
  15. March 10, 2017
    • May 9, 2017
  16. March 11, 2017
    • May 9, 2017
  17. March 17, 2017
  18. March 20, 2017
    • March 22, 2017
  19. March 21, 2017
    • March 22, 2017
  20. March 25, 2017
    • March 27, 2017
  21. April 1, 2017
    • April 3, 2017
  22. April 6, 2017
  23. May 1, 2017
    • May 2, 2017
  24. May 2, 2017
  25. May 2, 2017
    • May 9, 2017
  26. May 4, 2017
    • May 9, 2017
  27. August 21, 2017
  28. September 10, 2017

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*