Ragam Kerajinan Indonesia Di SMESCO Vaganza

Gedung Smesco Indonesia
Gedung Smesco Indonesia

Sebuah kompleks gedung dengan gaya arsitektur yang cukup unik berbentuk kubah bola setengah lingkaran di sisi jalan Gatot Subroto, kawasan Pancoran Jakarta selalu menarik perhatian saya setiap kali melewatinya. Karena saya bukan orang Jakarta, ya tahunya itu adalah gedung perkantoran, pemerintahan atau malah ballroom yang disewakan untuk kawinan. Rasa penasaran menahun itu akhirnya terjawab ketika saya menghadiri undangan SMESCO Vaganza pada Sabtu, 15 Agustus 2015 lalu.

“Trus, isinya apaan sih?”

Sebelum saya bercerita, ayo pada bikin confession! Apa yang kalian tahu tentang gedung ini? Saya yakin, bahkan yang orang Jakarta sekalipun belum tentu tahu detail tentang isi gedung ini. Iya kan?

Bersama beberapa rekan blogger, siang itu saya diajak panitia berkeliling menelusuri ruangan demi ruangan di Gedung SMESCO ini. Ternyata, gedung ini merupakan salah satu aset milik Kementerian Koperasi & Usaha Kecil Menengah. Di dalamnya, digunakan untuk showroom produk-produk industri kecil – menengah dari seluruh Indonesia. Maka tak heran jika Gedung SMESCO Indonesia ini disebut juga SME Tower atau UKM Gallery Indonesia.

Travel Bloggers Smesco Vaganza
Travel Bloggers di Smesco Vaganza

Selama berkeliling, kami didampingi Mbak Ayu, Public Relation SMESCO Building. Memasuki ground floor saja, saya sudah langsung takjub melihat hamparan aneka kerajinan Indonesia yang dipajang dengan apik. Kebanyakan produk fashion, seperti batik tulis & cap, kain, aksesoris dan printilan-printilannya. Semua langsung pada heboh foto-foto.

“Tenang teman-teman, ini baru permulaan. Di lantai atas, masih buanyak yang lebih menarik. Ada 33 paviliun propinsi dengan produk-produk unggulannya.” Ujar Mbak Ayu sambil tersenyum geli melihat kami setengah kalap.

“Yuk, naik! Kita akan ke lantai 3, 11, 12 dan 15.” Ajaknya.

Kain Tapis Lampung di Smesco Indonesia
Kain Tapis Lampung & tenun usus ini Subhanallah ya!

Di masing-masing lantai tersebut, ada paviliun setiap propinsi di Indonesia. Dari Aceh sampai Papua semua ada. Setelah berkeliling ke semua paviliun propinsi Berikut beberapa komoditi yang menarik perhatian saya:

  • Paviliun Papua : Patung suku asmat, koteka, hiasan kepala dari burung cenderawasih
  • Paviliun Maluku : Hiasan dinding dari cangkang mutiara, aksesoris sisik ikan
  • Paviliun Lampung : Kain tenun tapis. Sumpah bagus banget!
  • Paviliun Jawa Tengah : Aneka batik, kain lurik & ukiran Jepara 3 dimensi. Harus diakui, relief ukiran ini masterpiece!
  • Pavilun NTB-NTT : Aneka kain tenun ikat
  • Paviliun Kepulauan Riau : Hiasan dari kerang & miniatur jembatan Barelang Batam
  • Paviliun Jambi : Madu hutan & teh kajoe aroe yang katanya juga disukai Ratu Elizabeth II
  • Paviliun Kalimantan Timur : Kerajinan tas manik-manik khas dayak
  • Paviliun DKI Jakarta : Batik Jakarta & bir pletok
Tas Manik-manik Dayak Smesco Indonesia
Tas Manik-manik Suku Dayak
Paviliun Propinsi Kalimantan Timur Smesco Indonesia
Paviliun Propinsi Kalimantan Timur
Batik Jakarta Smesco Indonesia
Batik Jakarta di Smesco Indonesia
Miniatur Badak Cula Satu dari Paviliun Propinsi Banten Smesco Indonesia
Miniatur Badak Cula Satu dari Paviliun Propinsi Banten
Hiasan Dinding Cangkang Mutiara Maluku Smesco Indonesia
Hiasan Dinding Cangkang Mutiara Maluku
Anting Kulit Ikan Kakap Maluku Smesco Indonesia
Anting sisik ikan kakap Maluku ini UNIK!
Miniartur Jembatan Barelang Batam di Smesco Indonesia
Miniartur Jembatan Barelang Batam
Dasi Tenun Ikat NTT di Smesco Indonesia
Dijamin tambah ganteng kalau pakai dasi Tenun Ikat NTT ini

My first impression, UKM Gallery Indonesia ini bisa dibilang semacam mall yang isinya aneka produk berkualitas asli Indonesia. Dipajang secara apik dengan konsep swalayan. Kita bisa pilih produk mana yang kita suka.

Awalnya saya berpikir, “wah, pasti produk-produk disini lebih mahal. Selain sudah kena ongkos kirim dari daerah asalnya, juga sudah berada di tangan keberapa dari si produsen.”

Namun ternyata anggapan saya itu salah besar! Penjelasan dari pihak SMESCO Indonesia, semua barang yang ada disini dikirim langsung dari pengrajin di daerah atas koordinasi dengan instansi pemerintahan setempat. Pihak SMESCO pun tidak mengambil untung sama sekali. Jadi murni untuk membantu pemasaran para pelaku usaha kecil & menengah di Indonesia. Ahh.. mulia sekali.

Saya pun mencoba cross-check informasi tersebut kepada beberapa petugas penjaga paviliun. Ternyata memang benar. Harga yang dipatok pun reasonable. Kalau istilah Jawa, “ono rego ono rupo”. Kualitas barang sesuai dengan harga yang ditawarkan.

Terus terang saya sempat kaget ketika di paviliun NTB. Lalu khilaf berbelanja. Sehelai syal tenun ikat khas lombok pendek, dibanderol seharga Rp. 22.000,- saja. Di paviliun NTT, sehelai tenun ikat khas NTT saya beli seharga Rp. 33.000,- saja. Ya, saya memang koleksi syal tenun dari berbagai daerah. Lumayan, untuk melengkapi koleksi.

Hotel Murah Di Sekitar Pancoran Jakarta

Tenun Ikat Lombok di Smesco Indonesia
Fahmi Kucing & Fahmi Hiu Belanja Tenun Ikat Lombok
Gallery Kerajinan Smesco Indonesia
Gallery Kerajinan Smesco Indonesia

Sayang sekali, tempat sebagus ini, yang menyimpan harta karun warisan budaya nusantara, saat ini masih sepi pengunjung. Mungkin karena belum banyak orang tahu juga sih. Jadi, setelah tahu informasi mengenai SMESCO Indonesia ini, kamu yang di Jakarta, nggak perlu nunggu event tahunan semacam Inacraft atau Crafina untuk berbelanja aneka hasil kerajinan Indonesia. Datang saja ke SME Tower di kawasan Pancoran ini. Terbuka untuk umum setiap hari dari jam 10.00 s/d 21.00 WIB. Gratis! Tanpa tiket masuk.

Tempat ini juga bisa dijadikan tujuan karya wisata para pelajar loh. Kalau biasanya hanya main ke Dufan, Seaworld, TMII, Monas atau Ragunan, maka next time mampirlah ke gedung SMESCO Indonesia. Himbauan ini juga berlaku untuk kamu yang sedang punya tamu dari negara lain. Bakalan seru kalau teman mancanegaramu itu diajak mengenal Indonesia secara lebih dekat disini. Jangan lupa bawa duit yang banyak. Barangnya lucu-lucu. Mantabkan hati, perbanyak istighfar, biar nggak khilaf borong seisi gedung hahaha.

Jadi, kalau mau cari kerajinan Indonesia? ya datang saja ke:

Peta Smesco Indonesia
Peta Smesco Indonesia

UKM Gallery – SME Tower

Jl. Jend Gatot Subroto kav 94, Jakarta Selatan, 12780

phone: +62 21 2753 5454

email: info@smescoindonesia.com

web: smescoindonesia.com

About the author

Indonesian expatriate living in Dubai UAE. I started blogging in January 2011. Awarded as 2nd runner up Skyscanner Travel Bloscars Award Indonesia on 2014. I mostly shares my travel experiences and tips for my readers through write up, photos and videos. Interested in hotel & airlines review, adventures, beaches, cultural festival, architectures, heritage sites, and foodies.
27 Responses
  1. Tulisan kaka ini keren ya. Lengkap dan enak dibaca, Foto2nya juga bagus2. Btw barang2 di sini memang bikin kalap ya. Aku dalam waktu dekat bakal balik lagi kayaknya. Kemarin ada barang yang ditaksir.
    Soal harga, iya sih… ada rupa ada harga

    1. ah mbak donna bisa aja haha. tulisan & foto2 mbak juga kece!

      main ke UKM Gallery di Smesco ini bikin nagih emang. barang2nya otentik dari daerah asal. emang kemarin naksir barangnya siapa mbak? eh… maksudnya naksir barang apa?

      *siap2 dicolok pake lipstik*

  2. Ini pada mau balik lagi ke Smesco ya? Hahaha, bikin nagih kan? 😀

    Thanks kak Fahmi review-nya! Moga nambah wawasan dan pengetahuan baru bagi kita semua! 🙂

  3. Kak itu yg tapis lampung roknya aja apa gemana? Aku tanya mas2nya kalo yg baju itu tenun usus. Hihi.. foto2nya tsakep kaaaaak.. yuk cus ksana lagiiihh

  4. Luigi Desak

    Travel Bloggers Indonesia adalah sebuah komunitas yang mewadahi para travel blogger di Indonesia, baik untuk yang blog-nya berbahasa Indonesia atau Inggris. Lagi pada di mana nih?

    1. paviliun 33 propinsi yang ada di SMESCO ini semacam national treasure gitu ya? banyak printilan2 ethnic unik nan menarik! berasa pengen borong semua. tapi duite sopo?! haha

  5. duduul

    Wah suka yang dasi tenun dari NTT, keren banget tuh.. #kebetulan saya orang NTT hehe
    Makasih nih artikelnya kece kaya orangnya, sangat bermanfaat. Duh iri, jalannya jalan-jalan mulu kyanya nih huhuuu

    1. saya juga suka banget dengan dasi tenun NTT nya. nyesel kemarin nggak beli pas kesana haha. kapan2 balik lagi ke SMESCO, atau malah main ke NTT langsung aja kali ya 🙂

  6. ainun

    mau kain tenun sekarang nggak perlu jauh2 ya, kalo lagi ngidam bisa meluncur kesana.
    Next time kalo ke jakarta bisa mampir.
    ini sampe kapan ya? apa tiap hari ada?

Leave a Reply