Packing List Wajib Ketika Traveling

Travelingnya sih menyenangkan. Selalu ada antusiasme tersendiri. Namun urusan packing – unpackingnya yang kadang bikin malas. Apalagi kalau ketika persiapan untuk traveling jangka panjang atau business trip. Duhh… banyak yang harus dibawa. Yah, masalah klasik para pejalan.

Tapi sebenarnya, itu semua kembali pada style masing-masing pejalan. Ada yang suka tampil total dengan memindahkan seisi wardrobe, ada yang suka dengan gaya simpel nan praktis, namun ada juga yang lebih ekstrim dengan tampil seadanya dan rela “menggembel” dijalan haha. Kalau saya sih dari dulu suka dengan style smart casual. Santai tapi tetap elegan. #hazeg

Dubai Miracle Garden - Travelogue Fahmi Anhar
Nyasar Di Dubai Miracle Garden


Pengalaman packing paling ribet yang pernah saya alami adalah ketika akan ke Dubai. Bukan masalah destinasinya, tapi lamanya, yaitu 1 bulan. Rasanya ingin membawa seisi kamar karena belum tahu kondisi yang akan dihadapi disana seperti apa. Terbayang juga harga barang-barang disana yang relatif lebih mahal, sedangkan uang terbatas. Jika sampai ada yang tertinggal atau harus membeli kemeja & celana misalnya, otomatis akan mengurangi jatah uang untuk jalan-jalan.

Tak kalah ribet juga adalah ketika akan menghadiri undangan upacara perayaan kemerdekaan di Istana Kepresidenan pada 17 Agustus lalu. Saya naik kereta api sambil terpaksa membawa setelan kemeja dan jas yang tergantung di hanger. PR banget itu bawanya. Musti permisi-permisi ke penumpang sebelah untuk menggantungkan hanger ke cantolan di samping jendela. Belum lagi ketika naik transportasi umum menuju istana.

Kata orang, penampilan mencerminkan kepribadian. Termasuk ketika traveling. Jadi nggak ada salahnya kalau kita tetap selalu memperhatikan penampilan ketika traveling. Apalagi biar kalau difoto cakep. Iya kan? Nah, persiapan yang terlalu mendadak dan terburu–buru akan membuat segalanya tidak maksimal. Untuk menghindari ada barang yang ketinggalan, tidak ada salahnya untuk menyiapkan daftar barang yang akan dibawa selama traveling.

Jadi, berikut packing list wajib saya:

Dokumen Identitas Diri (KTP, SIM, Paspor)

Ini sih hukumnya wajib. Kalau sampai nggak dibawa, bisa kacau perjalanan kita baik ketika traveling di dalam maupun luar negeri. Pernah suatu ketika, dalam perjalanan dari Malaysia ke Singapura, saya dan beberapa teman kena random sampling di Woodlands Singapura. Diminta ke masuk ke kantor imigrasi untuk diperiksa data-datanya tanpa alasan yang jelas. Bahkan selain dicek paspor dan tiket pesawat, kami juga diminta memperlihatkan KTP, SIM dan sidik jari. Untung semua ada, jadi kami tidak perlu berlama-lama berurusan dengan petugas. Meski akhirnya kami ditinggal bus yang membawa kami dari Malaysia. Hiks.

Paspor Indonesia
Paspor

Gadget

Jauh dari rumah membuat komunikasi dengan keluarga terasa begitu penting. Paling tidak, kita menyempatkan berkirim kabar agar keluarga di rumah tidak khawatir dengan kondisi kita selama traveling. Just in case terjadi sesuatu, at least mereka mengetahui posisi terakhir kita dimana. Sepakat?

Kamera

Tentu kita tidak ingin melewatkan momen-momen seru selama traveling kan? Apalagi bagi travel blogger. Beuh! Perjalanan akan terasa hampa bila tanpa membawa kamera.

Kamera Mirrorless Panasonic Lumix

Koper atau Ransel

Ini sih tergantung jenis perjalannya. Kalau saya, ketika traveling pribadi lebih sering gendong daypack untuk membawa kebutuhan secukupnya. Sedangkan ketika business trip, lebih memilih membawa koper karena biasanya lebih banyak kebutuhan pekerjaan yang dibawa.

Baju atau Tshirt

Untuk kegiatan yang santai seperti ke pantai atau mengikuti walking tour, saya memilih menggunakan kaos. Namun tak jarang juga saya memakai kemeja. Tergantung mood saja sih.

Fahmi Anhar Hotel Reviewer
Santai dulu lah…

Celana

Dari sekian banyak jenis celana, saya selalu memakai celana  jeans kemanapun destinasi travelingnya. Selain karena praktis untuk dipadukan dengan hampir semua atasan, jeans juga cocok untuk segala suasana. Ya… kecuali buat naik gunung sih hehe.

Salah satu brand celana jeans favorit sejak jaman SMA sampai sekarang adalah Lois. Selain karena stylish, kainnya juga tetap nyaman ketika dipakai, mulai dari untuk main di sawah, jalan-jalan keliling kota, shopping, wisata kuliner, sampai ketika harus menempuh penerbangan jarah jauh sekalipun. Apalagi, semakin lama dan semakin sering Lois jeans ini dipakai, warnanya akan semakin cakep! Begitulah pengalaman saya selama ini.

Brand dari Spanyol ini memberikan berbagai pilihan desain dan model produk fashion sehingga memudahkan konsumennya untuk memilih sesuai yang diinginkan.

Lois Jeans Indonesia
Lois Jeans Indonesia

Alas kaki

Sneakers, boot, sendal jepit atau sendal gunung? Tergantung mau traveling kemana sih. Tapi kalau saya, kemanapun selalu setia dengan sendal gunung, meskipun kurang suka dengan aktifitas naik gunung karena anaknya nggak tahan udara dingin haha. Yang penting nyaman dan praktis deh!

Aneka Alas Kaki
Alas kaki bisa mencerminkan kepribadian seseorang

Aksesoris

Rasanya ada yang kurang jika traveling tanpa memakai kacamata hitam dan syal tenun ikat sebagai aksesoris. Sampai-sampai teman-teman hafal dengan ciri khas saya ini.

Tshirt Lois Jeans Indonesia
Tshirt Lois Indonesia + Kacamata = Holiday !

Sarung

Ibadah wajib dilaksanakan kapanpun, dimanapun dan dalam kondisi apapun. Nah, selain untuk shalat, sarung selalu saya bawa ketika traveling karena multifungsi. Bisa juga untuk selimut ataupun bungkus barang elektronik di dalam tas/koper untuk mereduksi guncangan selama perjalanan. Kejadian unik saya alami ketika di Singapura. Seorang travelmate dari Norwegia tertarik dengan motif kain sarung yang saya pakai dan secara halus memintanya sebagai kenang-kenangan untuk dibawa pulang ke negaranya. Saya hanya bengong. Dan tentunya langsung saya berikan :’)

Shalat Di Pulau Tengah Karimunjawa
Shalat Di Pulau Tengah Karimunjawa

Toiletries

Sabun, shampo, sikat gigi, pasta gigi, sabun muka dan parfum saya kemas dalam botol-botol kecil. Jadi prkatis dibawa. Jika sudah habis, bisa refil atau dibuang sehingga Bisa juga memanfaatkan toiletries dari hotel.

*****

Itulah beberapa packing list wajib kalau saya akan traveling. So far sih mungkin hampir sama dengan teman-teman, tapi pasti ada yang berbeda karena kebutuhan setiap orang juga berbeda. Semoga postingan ini bisa menjadi pengingat bagi kamu yang akan traveling, sehingga tidak ada barang yang ketinggalan.

Anyway, lalu apa saja packing listmu? 🙂

About the author

Indonesian expatriate living in Dubai UAE. I started blogging in January 2011. Awarded as 2nd runner up Skyscanner Travel Bloscars Award Indonesia on 2014. I mostly shares my travel experiences and tips for my readers through write up, photos and videos. Interested in hotel & airlines review, adventures, beaches, cultural festival, architectures, heritage sites, and foodies.
28 Responses
  1. Kak, mungkin itu foto sawahnya lebih bagus kalau yang bagian kiri dicrop aja, kasian jemuran orang kebawa ke dalam frame 😀

    Btw, kayaknya packing list kita hampir mirip deh. Mau nambahin paling obat-obatan pribadi. Dan sebagai orang Indonesia, jamu anti masuk angin sachetan itu biasanya jadi salah satu bawaan wajib. Udah senjata andalan kemana-mana. Cuma anehnya ya, pas di jalan jarang masuk angin, begitu sampai rumah baru deh kumat lagi 😀

  2. Charger jangan sampai ketinggalan, travel charger yang multiple socket biar nggak mati gaya di negeri orang gara-gara salah bawa charger. #pengalamanpribadi

  3. akupun ga kebayang gmn packing bajunya kalo harus sebulan mas :D.. travelingku paling lama 3 minggu pas ke Bulgaria.. Tapiiii, itu waktu mertuaku masih tugas di sana, dan pembantunya ikut keluarga mertua di sana… jd bajuku ada yg cuciin slama lg liburan :D.. Soalnya aku ampe skr tipe yg ga bs bawa ransel tok kalo pergi2 ;p.. bawaan udh kyk mw tinggal selamanya , pdhl cm 2 minggu palingan..

  4. Business trip emang paling ribet ya mas, apalagi ke daerah yang ada 4 musim dan kebetulan masuk musim dingin, ga cukup 1 koper untuk bawa bajunya.

    kalau urusan packing list traveling kita hampir sama mas, tapi kayaknya gue lebih ribet, nanti aku tulis juga deh di blog.

    1. sebenarnya ada lebih banyak barang lagi, tapi karena cuma mau pilih 10 item yang jadi prioritas, maka itulah daftarnya hehe. kabarin ya kalau sudah nulis tentang packing listmu Za 🙂

    1. itu analisa saya saja sih mas, kebetulan kepribadian kami berlima di foto ini sesuai dengan style alas kakinya. ada yang orangnya woles cuek, ada yang adventurous, ada yang sporty, dll

  5. Kalo aku obat obatan dasar wajib dibawa. Harus siap sedia, nggak nyaman Kalo nggak bawa. Sarung kayaknya sering lupa, bisalah dikuatkan lagi besok. Jadi multifungsi kan? Ada kejadian waktu jalan jalan Bawak power Bank karena disana (tujuan ) sering mati lampu, tapi aku lupa bawa adaptornya #hahahaha #bongaknya jadinya percuma aja, benteng benteng power Bank jauh gitu. Bertahan cuma 2harian setelah nyampe. Wkwkwkwkk

Leave a Reply