Mangut Lele Menu Andalan Warung Makan Purnama Muntilan

Eh, makan enak di Magelang dimana sih?

Aku pengen main ke Magelang, tapi bosen Kupat Tahu. Makan apa ya?

Ada rekomendasi tempat wisata kuliner di Magelang nggak?

Pertanyaan-pertanyaan seperti itu yang sering saya dapati. Dan biar gak capek jawabnya, saya akan coba review satu lagi tempat makan enak khas Magelang. Yaa, meskipun enak itu relatif sih karena kembali ke selera lidah masing-masing. Tapi at least, warung ini patut dicoba. Terlebih untuk yang suka masakan lokal dengan citarasa pedas.

Warung Purnama Mangut Ikan Lele Muntilan

Warung Makan Purnama Muntilan

Jenis masakan mangut ternyata beda daerah, beda jenis. Di kawasan pantura Jawa Tengah, masakan mangut lazimnya berupa potongan ikan pari yang diasap yang disajikan dengan kuah santan kuning kental dan bercitarasa sangit (bau asap) & pedas. Sedangkan di kawasan tengah propinsi Jawa Tengah, masakan mangut berupa ikan goreng (bisa lele, nila, bawal, beong) yang dimasak dalam kuah santan berbumbu lengkap hingga kuahnya meresap kedalam daging ikan. Citarasanya super pedas karena menggunakan banyak irisan cabai rawit.

Mangut Lele Warung Purnama Muntilan

Mangut Ikan Lele

Nah, selain warung mangut ikan beong di Kembanglimus Borobudur, di Magelang ada satu lagi warung makan yang menyediakan menu andalan masakan mangut ikan. Warung Purnama namanya. Terletak di desa Prumpung, kelurahan Tamanagung, kecamatan Muntilan, Kabupaten Magelang.

Memang sih, lokasinya agak jauh kalau dari pusat kota Magelang. Sekitar 20 Km arah ke Yogyakarta. Namun untuk menemukan warung ini tidaklah sulit karena terletak di pinggir jalan raya utama Magelang-Yogyakarta. Kalau dari arah Magelang, warung ini berada di kiri jalan, tepat di sebuah gang kampung sebelum jembatan sungai Pabelan. Daerah Pabelan/Prumpung mudah dikenali dengan banyaknya galeri seni & penjual aneka patung berbahan dasar batu andesit yang dipajang di pinggir jalan raya.

Warung Purnama Muntilan

Apa menu andalan warung makan Purnama Muntilan ini? Ya jelas nasi putih panas dan mangut ikan nila/bawal/lele. Bisa disajikan dengan tambahan menu sambal goreng tahu atau pecel sayuran. Tapi kalau saya lebih suka tanpa sayur tambahan. Akan lebih terasa bumbu mangutnya.

Nah, bagi yang tidak suka menu ikan-ikanan atau menu pedas, tenang saja. Disini juga tersedia opor ayam kampung yang laziss. Jadi apapun seleramu, tetap bisa makan masakan khas masyarakat lokal Magelang.

Ada orang yang under estimate dengan warung-warung kecil di pinggir jalan seperti ini. Karena dianggap murahan lah, tidak higienis lah, sumpek lah, malu lah, dst. Namun jangan salah, justru terkadang di tempat seperti inilah letak surga tersembunyi bagi indra pengecap & perut kita.

Ikan Bawal Goreng Warung Makan Purnama Muntilan

Ikan Bawal Goreng

Warung ini telah mengalami beberapa kali pergantian generasi. Jadi sudah relatif lama berjualan makanan dengan menu aneka mangut ikan. Harga yang dipatok pun relatif sebanding dengan rasa maskan. Meski beberapa orang juga merasa relatif mahal, karena rata-rata, seporsi nasi putih, mangut ikan lele dan segelas minuman bisa dihargai Rp. 20.000,-. Terasa mahal karena bagi warga sekitar, ikan lele adalah ikan yang mudah di dapatkan di pasaran. Tapi ya semua itu kembali ke satu kata. Relatif.

Selamat menikmati masakan lokal, semoga semakin memperkaya citarasa lidah kita. Jangan lupa berdoa sebelum makan. Mari syukuri setiap nikmat yang diberikan olehNYA.

Ikan Uceng Goreng

Ikan Uceng Goreng

13 Comments
  1. February 21, 2014
    • February 21, 2014
  2. February 25, 2014
    • February 25, 2014
  3. August 27, 2014
    • August 27, 2014
  4. December 22, 2015
  5. June 12, 2016
    • June 12, 2016
  6. October 20, 2016

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*