Giveaway Buku Panduan Wisata Jawa Tengah

Destinasi wisata menarik di Jawa Tengah itu dimana saja sih?

Apa yang menarik di Jawa Tengah selain Candi Borobudur dan Dataran Tinggi Dieng?

Apa saja rekomendasi wisata kuliner di Solo?

Ada event kesenian & festival budaya apa saja yang akan digelar selama tahun 2015?

Teman-teman memiliki pertanyaan-pertanyaan seperti itu? Masih agak bingung dengan seluk beluk pariwisata di Jawa Tengah? Saya punya kabar gembira! Hahaha

((KABAR GEMBIRA))

*jilatin kulit manggis*

Oke! Fokus!

 

Buku Panduan Wisata Jawa Tengah
Buku Panduan Wisata Jawa Tengah

Jadi gini teman-teman, Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Propinsi Jawa Tengah melalui postingan “Giveaway Buku Panduan Wisata Jawa Tengah” ini ingin memberikan 5 paket buku panduan wisata Jawa Tengah untuk 5 orang yang beruntung. Satu paket tersebut berisi :

  • Buku Panduan Wisata Jawa tengah
  • Buku Panduan Wisata Kuliner Jawa Tengah
  • Buku Kalender Events 2015

Bagaimana cara mendapatkannya? It’s easy!

  • Follow akun twitter @VisitJawaTengah & @fahmianhar
  • Jawab pertanyaan: Destinasi wisata manakah di Propinsi Jawa Tengah yang paling ingin kamu kunjungi di tahun 2015? Apa alasannya?
  • Jawab via comment dibawah postingan ini
  • Semua peserta memiliki kesempatan menang yang sama, karena penentuan peserta yang beruntung menggunakan system undian.

Contoh:

Nama          : Jennifer Anniston

Twitter         : @Jenniston

Jawaban     :

Tahun 2015 saya ingin sekali berwisata ke Cilacap. Mengunjungi benteng pendem yang bersejarah, pesta seafood di Pantai Teluk Penyu dan menyeberang ke Pulau Nusakambangan menikmati eksotisme pantai-pantai tersembunyi yang masih perawan dibalik penjaranya. Mari sukseskan #VisitJawaTengah !

Note:

  • Pengumuman pemenang yang beruntung insyaallah pada hari Jumat, 19 Desember 2014.
  • Paket buku akan dikirimkan langsung melalui jasa ekspedisi oleh pihak Dinas Pariwisata Propinsi Jawa Tengah
  • Semoga paket buku ini bermanfaat! Good luck!

 

********

 

Hai hai ! I’m back!

Mohon maaf, pengumuman #giveaway ini molor 2 hari, karena mendadak harus ke luar kota. Jadi setelah dilakukan pengundian secara acak, muncul 5 nama peserta yang beruntung mendapatkan paket buku panduan wisata Jawa Tengah dari Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Propinsi Jawa Tengah. Berikut daftar pemenangnya:

  • @hermanterherman – Herman
  • @cahyosuliestyo – Cahyo Sulistyo
  • @dayanasweet – Deena Setyowati – dianulir karena sudah menang di blog kak @usemay, maaf tidak bisa dobel 🙂
  • @bimorafandha – Bimo Rafandha
  • @bandungdiary – Nurul Wachdiyyah

jadi setelah diundi ulang, pemenang yang beruntung selanjutnya adalah:

  • @BludStory – Rhe

Selamat untuk para peserta yang beruntung. Silakan segera kirim data diri (nama, TTL, nomor KTP, alamat pengiriman, no handphone) via email ke fahmianhar21@gmail.com dengan subject: Konfirmasi Pemenang Giveaway Buku Visit Jateng.

Untuk teman-teman yang sudah berpartisipasi namun belum berntung kali ini, jangan kecewa. Simak terus kategori Giveaway di blog ini karena insyaallah akan selalu ada kejutan-kejutan yang lainnya 🙂

Salam Visit Jateng !

About the author

Indonesian expatriate living in Dubai UAE. I started blogging in January 2011. Awarded as 2nd runner up Skyscanner Travel Bloscars Award Indonesia on 2014. I mostly shares my travel experiences and tips for my readers through write up, photos and videos. Interested in hotel & airlines review, adventures, beaches, cultural festival, architectures, heritage sites, and foodies.
35 Responses
  1. Nama: Reza Fahlevi
    Twitter: @ffahlevireza
    Jawaban:
    Untuk tahun 2015 saya sudah punya beberapa list tempat yang akan didatangi, beberapa diantaranya wisata ke jawa tengah:
    1. Pantai Indrayanti yang katanya berhiaskan pasir putih, bukit karang, dan air biru jernih yang seolah memanggil-manggil saya untuk menceburkan diri ke dalamnya.
    2. Pantai Jogan yang punya Air terjun di bibir laut yang terbilang langka di Indonesia, bahkan dunia.

  2. argalitha (@argalitha)

    nama: argalitha
    twitter: @argalitha

    pengeeen banget nyuksesin program #VisitJawaTengah dengan mengelilingi semua obyek wisata di sana. Tapi apa daya, waktu dan dana sepertinya tidak mencukupi. Di tahun 2015, yang paling pengen saya jelajahi adalah deretan goa di Desa Kedungwungu, tepatnya di kawasan Hutan KPH Blora. Ada Goa Terawang yang terbentuk dari endapan batu gamping, Goa Suru, Goa Kidang, Goa Manuk, dan masih banyak lagi. Nah di Goa Terawang tuh katanya seru banget, soalnya terletak di kedalaman 5-11 meter di bawah permukaan tanah. Wow banget kaaan? Terus alurnya juga panjang banget, sekitar 180 meter. Kenapa saya pengen jelajahi goa? soalnya jelajahi pantai dan gunung udah biasa banget, hehe

  3. Nama : Alexander Agus Santosa

    Twitter : @alexandhee

    Jawaban: Saya ingin sekali ke Kepulauan Karimunjawa, menyelam dan menikmati suasana pantai yang masih asri. terutama di daerah gosong cemara. Melihat secara langsung kehidupan terumbu karang yang indah. yang ada di jawa tengah..

  4. Nama: Fajar Nugroho Dwi Atmojo
    Twitter: FajarNugrohoDA

    Tahun 2015 saya ingin traveling ke Taman Nasional Karimunjawa.
    Melihat aneka jenis terumbu karang, biota laut dan ikan karang beraneka warna.
    Juga mencoba aktivitas menarik & menantang seperti menyelam, snorkling, trekking, canoeing, memancing, berlayar, melihat penangkaran hiu, dan menyelami kehidupan kampung nelayan bugis.
    Tak lupa menangkap keindahan laut dan pasir pantainya dengan jepretan kamera dan menuliskannya di blog agar bisa berbagi ke dunia tentang keindahan objek pariwisata Indonesia.
    Terima kasih. (:

  5. Nama : Shofiullah
    twitter : @esfiu
    jawaban :
    saya pengen banget ke dieng , selama ini saya hana bisa denger-denger cerita dan liat gambr kedindahan alam di dieng yang begtu menakjubkan.

    wah,,, yang pastin semoga tahun 2015 bsa terwujud impian sy ini ,,, aamiin ,,,

  6. Nama : Dwi Setianto

    Twitter : @Dwi_Setianto

    Jawaban : Tahun 2015 nanti, aku masih pengen sekali pergi ke Candi Borobudur. Kenapa? Candi Borobudur yang sempat jadi salah satu dari 7 Keajaiban Dunia ini selalu jadi tempat yang ajaib bagiku. Jadi aneh rasanya, aku tinggal di Jawa Tengah tapi selama ini belum mendapat kesemptan untuk berwisata ke sana. Wah, pasti menarik ya melihat relief-relief di dinding candinya, banyak arca yang keren juga ya? 😀 Ah, semoga di tahun 2015 aku bisa ke sana. Aamiin.
    Terima kasih.

  7. Herman

    Nama : Herman
    Twitter : @hermanterherman
    Jawaban:
    Tahun 2015 ingin menjelajahi secuil jawa tengah mulai dari selatan :
    1. Candi Borobudur, dulu waktu pas jaman SD pernah kesini dan rasanya bayang-banyang kemegahan borobudur di ingatan saya mulai luntur termakan zaman (maklum faktor U). apalagi setelah membaca postingan mas Fahmi yang judulnya “Tengah malam di candi borobudur” jadi kepengen banget merasakan aroma magis kemegahan candi borobudur
    2. kemudian ke utara tepatnya di Ambarawa, museum kereta api. Saya adalah pencinta kereta api. entah mengapa jika travelling sebisa mungkin naik KA. Di museum ambarawa ingin melihat sejarah kereta api dari sana, selain itu disana ada KA wisata walaupun tidak mungkin saya naik sendiri karena tiketnya yg mahal,. hehe…,. selain itu di ambarawa ada benteng fort williem yang katanya seperti colloseum di roma italy., ingin melihat seberapa megah benteng peninggalan belanda tersebut
    3. tujuan terakhir adalah di kota Semarang, ingin menikmati angkernya lawang sewu., melihat lebih indah mana bundaran tugu kota malang dengan bundaran tugu kota semarang hehe…,, selain itu beribadah dan sejenak istirahat di masjid agung semarang yang ada payung-payung besar seperti di madina.
    Selesai deh,.. pulang ke malang naik KA ke surabaya lanjut nyoba KA eksekutif bima relasi surabaya-malang.

    Demikian mas Fahmi proposal perjalanan saya di tahun 2015 di jawa tengah. semoga bisa terwujud dan ada yang mendanai (#Ngarep..hehe…).
    Terimakasih

  8. Nama : Dwi Puspita
    Twitter : @dwi__puspita
    FB : Dwiex’z Someo

    Jawaban : aku cuma pengen ke Candi Borobudur dan Candi Prambanan karena seumur hidup belum pernah kesana. Pengen banget kesana bersama suami, semoga tahun depan beneran bisa kesana ya.

  9. *kalo dari Malaysia juga bisa join?

    Nama : Abu Bakar @ shin Bin Abdullah

    Twitter : @budakshinchan

    Jawapan : InsyaAllah.. 2 – 10 August 2015 shin akan terbang ke Jogja untuk kali keduanya.. seterusnya ke Karimun Jawa.. masih lagi bingung mau ke mana untuk menghabisi pecutian 9 hari di sana.. still study melalui google dan blogwalking.. harap buku buku ini akan banyak membantu..

    saya tidak berapa mengenali Jawa Tengah itu di mana.. tp rencananya tahun depan pasti banyak tempat tempat yang saya ingin kunjugi.. ada yak untuk kali pertama.. ada juga untuk kali ke dua dan ketiga.. nga pernah puas #GiliTrawangan #Rinjani #Bali #Semeru #Jogja #KarimunJawa

    Terima Kasih

  10. Nama : Ahmad Nurus Sirot
    Twitter : @HadiyantoJunior
    Jawaban :
    1. Candi Sukuh dan Candi Cetho di Kabupaten Karanganyar.
    Alasan : kedua candi ini merupakan jadwal #TripJateng bulan Desember 2014 yang terpaksa ditunda karena beberapa hal dan diganti Tahun 2015. Setelah 2013 menguliti seluruh kompleks Candi Borobudur, Magelang dan di 2014 berwisata ke Candi Prambanan di Klaten maka 2015 ini diwajibkan menguliti kedua candi tersebut. Peninggalan candi2 beserta relief2nya mempunyai histori dan makna yang besar.
    2. Curug Sewu di Kabupaten Kendal.
    Alasan : Lokasi yang cukup deket dengan tempat tinggal (Semarang) ditambah dengan pesona khas air terjun yang menjulang tinggi dengan hiasan pepohonan rindang dan kicauan merdu burung2 merupakan daya tarik yang saya masukkan dalam daftar #TripJateng di tahun 2015.
    3. Pantai2 di Kabupaten Batang.
    Alasannya : Sebagai pecinta wisata bahari belum lengkap rasanya kalau tidak memasukkan list pantai2 dalam daftar #TripJateng saya di tahun 2015 nanti. Dan Kabupaten Batang mencuri perhatian saya untuk dieksplor lebih lanjut mengingat lokasi tidak jauh dari Semarang.
    4. Dieng di perbatasan Kabupaten Banjarnegara dan Wonosobo.
    Alasan : Lokasi wisata disini sudah sangat mendunia dan merupakan salah satu tujuan wisata favorit di Jawa Tengah. Dan beruntungnya wisata kesini masuk dalam agenda wisata tahunan kantor yang rencannya akhir maret 2015 bakal seseruan disana. Telaga warna, Candi2, Kawah, Museum, Perkebunan Teh sangat sayang untuk dilewatkan begitu saja.
    Itulah sedikit list #TripJateng saya di tahun 2015 nanti. Terima Kasih.

  11. windri

    Nama : windri
    Twitter : @f0158756c05d473
    Jawaban :
    2015 ingin sekali mengunjungi Pulau Karimunjawa, Tempat yang sering disebut surga wisata laut di Pulau Jawa. Kehidupan bawah laut dengan berbagai biotanya yang indah, menjadikan rasa penasaran yang amat sangat, pantainya yang berpasir putih dan pemandangannya yang indah merupakan daya tarik yang tinggi. Membayangkan kaki kita menyentuh pasir putihnya yang lembut sambil memandang panorama yang menakjubkan dan menikmati es kelapa muda yang segar sungguh keinginan yang menggelitik.
    Semoga momen itu dapat saya nikmati di 2015 🙂

  12. Bagiar

    Nama: Bagiar Adla Satria
    Twitter: @bagiar_str
    Jawaban:
    tahun 2015 nanti saya pengen ngajak temen2 buat ngecamp di Umbul Sidomukti. Kebetulan ada kenalan anak UNDIP Semarang, jadi pasti tidak susah utk menuju sana. Katanya sih ada semacam tempat outbond yang seru dan taman renang alam yang patut di coba. Kamu siap mengeksplore Jawa Tengah #VisitJawaTengah

  13. Cahyo Suliestyo

    Nama: Cahyo Suliestyo
    Twitter: @cahyosuliestyo
    Jawaban:
    Inyong pengen banget maring Pantai Logending, Goa Petruk, Goa Jatijajar. Nostalgia masa kecil. Umahe mbahe inyong cedek sekang kana. Nunggang pit bae ya bisa. Ndisit sih isih asri dan ora rame banget, dadi isih bisa menikmati. Mbuh ya saiki suasanane kaya ngapa. Mbok wis berubah. Mangkane pengen mayeng-mayeng lah!
    #GagalNgapak

  14. Nama : Deena Setyowati
    twitter : @dayanasweet

    jawaban:
    Tempat wisata di Jawa Tengah yang ingin saya kunjungi pada tahun 2015 adalah objek wisata Kebon Kopi Jolong di Kecamatan Gembong, Kabupaten Pati. Kebun Kopi Jolong terletak di sebelah timur pegunungan Muria. Kebun Kopi ini sudah ada sejak tahun 1895 pada masa penjajahan Belanda dan sampai sekarang masih aktif berproduksi. Saya ingin melihat aneka vegetasi dan bunga-bunga yang tumbuh di sana. Di sana ada kebun buah dan bunga. Saya ingin jalan-jalan di perkebunan dan di pabrik untuk mengetahui cara memanen kopi dan pengolohan kopi. Selain itu di sana juga ada air terjun Batu Sirap Grenjengan. Saya pengen ke sana. 🙂

  15. ines faradina

    nama : ines faradina
    twitter : @inesMuse

    ada dua destinasi wisata yang pengen banget dikunjungi. karena setahun kemaren kerjaannya explore jogja sama dieng, jadi sekarang saatnya beranjak ke wilayah lain di jawa tengah.
    pengennya sih main ke wisata lokal yang bercita rasa internasional, apalagi kalo bukan BROWN CANYON SEMARANG dan KARIMUNJAWA.. Yayyy!!

    alasannya sederhana gitu sih, daripada kita capet capek keluar duit buat exploring Amerika cuma buat canyon, mending kita exploring Brown canyon punya Semarang. daripada kita jauh-jauh liat biru nya maldives, mending ke karimunjawa.

    indonesia itu kaya, tiap daerahnya itu punya permata, saatnya semua di jelajahi dan tunjukkan yang kita punya pada dunia!! 😀

  16. Riyan Kusuma

    Nama : Riyan Kusuma
    Twitter: @riyanemeraldy
    Jawaban :
    Saya ingin sekali mengunjungi Bukit Sikunir dan Dieng Wonosobo pada saat Dieng Culture Festival 2015, menyaksikan indahnya keagungan Tuhan berupa indahnya matahari terbit (Golden Sunrise) dengan hamparan pemandangan awan putih yang digadang-gadang sebagai tempat menyaksikan matahari terbit terindah di Asia. Kemudian menikmati indahnya nuansa negeri para dewa di kawasan candi Dieng, dilanjutkan menikmati musik jazz dalam balutan Jazz Atas Awan sembari menikmati minuman hangat Purwaceng.

  17. rhe

    nama : rhe
    twitter : @BludStory
    jawaban :
    pengen menikmati peninggalan di candi ceto dan candi sukuh, lanjut ke puncak lawi trus mendinginkan diri di air terjun tawangmangu sambil makan strawberry
    #VisitJawaTengah

  18. Nama: Jennifer Anniston; eh salah.. maksudnya Firsta
    Twitter: @Jenniston; eh salah lagi… @discoverurindo
    Jawaban:
    Tahun 2015 saya pingin banget ke Banjarnegara. Mau nyobain Es Dawet Banjarnegara yang super famous langsung di kotanya. Selain itu, pingin juga ke Lasem! Trus pingin juga jalan-jalan di Semarang. Ngapain? Pingin jalan-jalan aja, nikmatin suasana daerahnya dan motret. Mari sukseskan #VisitJawaTengah !
    Masih boleh ditambahin ga sih ini? Mau ke Tegal juga, mau ke Pekalongan… trusss.. *ra uwis uwis*

  19. Mayliya Rahmatullayli

    Nama: Mayliya Rahmatullayli
    Twitter: @R_Mayliya
    Tahun 2015 pengen banget wisata ke Dieng, ke Gunung Prahu. Selain itu pengen ke Wisat Guci di Tegal, nyobain gethuk goreng di Banyumas, nyobain mendoan di Banjarnegara. Tak ketinggalan pengen juga ke Karimun Jawa, ke Pantai Kartini, ke Pati nyobain nasi gandul, ke Lasem, Rembang, pengen menjelajah semua kota di Jawa Tengah. Kalo Solo-Salatiga-Semarang udah hafal banget. Semoga bisa berkunjung ke kota2 lain 😉

  20. Nama : Nurul Wachdiyyah
    Twitter : @bandungdiary
    Jawaban : Lasem. Saya penggemar berat bangunan tua jaman kolonial Belanda. Lasem salah satu surganya bangunan tua. Jadi saya mau ke sana. Mau jalan-jalan diantara rumah-rumah tempo dulu, motret, nulis, dan ngobrol dengan pemilik rumah.

  21. Nama: Myra Anastasia
    Twitter: @ke2nai

    Sebetulnya masih pengen ke Dieng, sih. Karena waktu jalan-jalan keliling pulau jawa bersama suami dan anak-anak tahun lalu, terpaksa batal ke Dieng karena keterbatasan waktu. Jadi suatu saat harus kesana tapi maunya pas ada Dieng Culture Festival.

    Pengen ke agro wisata kopi, losari. Seneng banget menghirup aroma kopi. Udah kebayang gimana nikmatnya menghirup kopi di tempatnya langsung. Apalagi katanya menyicipi biji kopi dan gula merah di sana itu enak. Bikin saya makin penasaran.

    Pengen juga loco tour kereta api tua di Cepu. Abis katanya di Ambarawa sekarang kereta tuanya cuma bisa buat rombongan padahal saya juga belum pernah cobain. Jadi, berhara di Cepu saya masih bisa merasakan loco tour 🙂

  22. Nama: Fembi Rekrisna Grandea Putra
    Twitter: @fembi_rekrisna
    Jawaban:
    Tahun 2015 saya ingin sekali berwisata ke Dieng, menyaksikan hamparan pegunungan yang indah, dan komplek candinya yang unik bersama teman-teman saya. Lagipula saya belum pernah mengunjungi wisata pegunungan. Mari sukseskan #VisitJawaTengah!

  23. Asayuta Nisaulhaya

    Nama: Asayuta Nisaulhaya
    Twitter: @Asayuta_N
    Jawaban:
    Impian saya sejak 4 tahun lalu, hingga kini ingin saya wujudkan di 2015 adalah Pulau Karimunjawa. Ingin menikmati alami pantai yang masih indah disana. Selain itu, karena saya merupakan pecinta durian, saya ingin berkunjung ke kebun durian Temu Kencono di Semarang.

  24. Farah

    Nama: farah.
    Twitter: @farahhfzh.

    Pengen ke pantai ayah! 2 in 1 banget kan? Dapet ke hutan wisata logending nya, dapet juga ke pantai ayah nya. Bisa kemah seru sama temen juga. It is a whole package! Hihi.

    Dan berhubung blm prnh naik kereta uap, pilihan berwisata naik lokomotif uap di Ambarawa juga kedengarannya bakal asyik banget. Dan setelah itu langsung mampir ke Candi Borobudur. Asyik, ya?

  25. Nama : Bimo Rafandha
    Twitter : @bimorafandha

    Jawaban :

    Pengin ke Magelang! Apalagi ke Ketep Pass! Magelang itu tempat lahir Mama sebelum pindah ke Palembang. Jadi, menyaksikan kota masa kecil Mama pasti akan mengasyikkan. Dulu, waktu kecil, aku pernah ke Ketep tapi sayangnya cuma sebentar karena berkabut. Kalau misalnya ada rezeki, pengin ke Ketep lagi, makan jagung bakar sambil nonton di teaternya. :”)

  26. Nama: Selvia S. R.
    Twitter: @siimisfil
    Sebenarnya pengen explore Jawa Timur dulu baru ke Jawa Tengah. *eh*
    Asli pengennya kalau ke Jateng sih ke Dieng -nya plus mengunjungi candi terkenal yaitu Candi Borobudur. :))

  27. Mana : Tri Wahyuni
    Tweeter : @tritriyuni97
    Pengin keliling Jateng. Menikmati Sunrise di Borobudur, naik kereta dan ke museum kereta Ambarawa, makan lumpia dan keliling semarang, mengunjungi muaeum kretek di kudus, ke kepulauan Krimunjawa, Menikmati sunrise di gunung Prau Dieng, menonton Solo Batik Carnival .

  28. Nama: Warih Mustikawati
    Twitter: @mustikawarih
    Facebook: Mustika Warih
    Jawaban: Jawa Tengah itu memang banyak banget tempat-tempat yang wajib dikunjungi. Tapi untuk tahun depan, yang pertama aku pengin banget ke Pantai Menganti, Kebumen. Konon katanya, view tebing atau bukit atau apalah itu namanya seperti di New Zealand. Dan sewaktu aku lihat foto-fotonya, memang ajib bener. Cantik!
    Lalu yang kedua, aku pengin ke Karimunjawa, replika surga di Jawa Tengah. Pengin memanjakan mata di tengah hamparan air dengan sapuan warna biru dan turquoise. Waw! Bikin gemes! Sebenarnya udah lama banget pengin ke Karimunjawa, tapi belum pernah kesampaian. Semoga tahun depan terwujud. Amin.
    Yang ketiga, penasaran sama Brown Canyon di Semarang. Pernah lihat di program acara traveling di salah satu stasiun tv, tsakep banget! Dan yang pasti tempat itu “foto-able”.
    Sebagai seorang pemburu “surup” amatir, aku pengin juga menyapa senja dari tiga tempat eksotis di Jawa Tengah itu. Gitu aja sih, Mas. Maturnuwuuuun…

Leave a Reply