Casa Del Rio Melaka, Hotel Cantik Di Tepi Sungai Melaka

Casa del Rio Melaka. Sebuah hotel bintang lima yang kini juga menjadi salah satu icon kota Melaka karena keunikan arsitekturnya. Dalam bahasa Spanyol, Casa del Rio berarti rumah di tepi sungai. Nama ini sesuai dengan lokasinya yang berada di bagian hilir sungai Melaka.

Pertama kali berkunjung ke Melaka pada September 2012. Kala itu Casa del Rio masih berusia 5 bulan karena baru diresmikan pada 20 April 2012 oleh Sultan Selangor. Uniknya, tanggal ini kebetulan bertepatan dengan tanggal lahir saya hahaha. (So?). Kala itu saya hanya bisa menatap megahnya bangunan hotel ini dari seberang sungai Melaka sambil membatin doa, “Semoga suatu hari nanti saya bisa kembali liburan ke Melaka dan menginap di hotel cakep ini. Aamiin.”

Casa Del Rio Melaka Home By The River
Casa Del Rio Melaka – Home By The River
Casa Del Rio Melaka Grand Opening
special date!

Tuhan Maha mengetahui isi hati setiap hambanya.

Selang 4 tahun 5 bulan kemudian, Subhanallah, saya benar-benar kembali ke Melaka dan menginap di Casa del Rio Melaka, hotel cantik yang saya impikan. Lebih bahagia lagi karena kali ini saya tidak datang sendirian melainkan bersama beberapa sahabat travel blogger seperti kak Bobby Virustraveling, kak Gio Disgiovery, kak Richo & kak Astin. Kami traveling ke Melaka dalam rangka on duty sebuah project bersama Air Asia Indonesia #FlyWithAirAsia #BikinJadiNyata yang didukung oleh Casa Del Rio & Melaka River Cruise.

Sebagai blogger yang mengambil spesialisasi hotel review (tsaah) saya ingin berbagi kisah mengenai keseruan staycation di Casa Del Rio Melaka bersama teman-teman. Berikut review singkat ketika staycation disini bulan Februari 2017 lalu.

First Impression

Saya sangat terkesan dengan sambutan team frontliner dan manajemen Casa del Rio. Siang itu kami disambut secara personal ketika proses cek in. Sembari menunggu, mereka menyajikan welcome drink khas Casa berupa ginger lime sorbet yang menjadi pelepas dahaga. Setelah saya amati, sambutan spesial ini bukan hanya diberikan kepada kami saja karena sedang on duty, namun memang begitulah cara Casa del Rio menyambut para tamunya. Disambut hangat layaknya seseorang pulang ke rumah sendiri. Welcome home!

Casa Del Rio Melaka Greeting
welcome home, Fahmi :’)

Lokasi

Lokasi hotel Casa Del Rio sangat strategis karena berada di sekitar kawasan heritage UNESCO. Jika kita berada di sekitar kawasan Bangunan Merah Melaka, Stadthuys atau Surau Warisan, coba langkahkan kaki sedikit ke atas jembatan Tan Kim Seng arah Jonker Street atau di pinggir sungai Melaka bagian hilir. Dengan mudah kita akan mengenali bangunan hotel Casa Del Rio di seberang sungai. Resminya hotel ini beralamat di di 88, Jalan Kota Laksamana 75200 Melaka. Untuk menuju kesini, jika menggunakan transportasi umum dari Melaka Sentral, ambil bus Panorama Melaka di peron 17 dan turun di Bangunan Merah. Lalu jalan kaki sedikit, sampai deh. Kalau menggunakan mobil pribadi / transportasi online lebih mudah karena tinggal turun di depan lobby hotel.

Casa Del Rio Melaka Sunset
Sunset di Casa del Rio

Arsitektur & Interior

Gaya arsitektur ala Mediterania yang diadopsi Casa Del Rio terlihat cukup kontras dengan bangunan-bangunan kuno yang ada di sekitarnya. Sehingga akan dengan mudah kita mengenali hotel bintang lima ini. Terbagi dalam dua komplek, hotel dan apartemen. Berbentuk letter U, open air dengan kolam air mancur di tengahnya. Begitu masuk ke area hotel, kita akan merasakan sensasi yang berbeda karena seperti sedang berada di Spanyol. Design interior setiap ruangan pun unik. Pokoknya instagramable banget deh!

Casa Del Rio Melaka Fahmi Anhar
Laguna tengah, cantik arsitekturnya
Casa Del Rio Melaka Reception
reception
Casa Del Rio Melaka Lagoon
ceritanya “santai manjah” ala syahrini hahaha

Kamar Tidur

Casa del Rio memiliki hanya 66 kamar. Sepertinya sedikit jumlah kamarnya, tetapi area hotel cukup besar karena tipe kamarnya luas-luas. Kami menginap selama 3 hari 2 malam di kamar Deluxe & Studio King. Terdapat dua pilihan pemandangan, Lago View menghadap ke kolam & taman di tengah hotel atau River View dengan balkon yang menghadap Sungai Melaka sehingga kita bisa bersantai sambil mengamati kapal Melaka River Cruise yang hilir mudik mengangkut wisatawan. Setiap kamar memiliki wardrobe, kamar mandi, bathtub lengkap dengan garam laut untuk berendam sambil relaksasi, tempat tidur, tv, mini bar, kipas angin, meja kerja dan balkon. Yang spesial adalah, setiap kamar di Casa del Rio tersedia diary pribadi yang boleh diisi setiap tamu kamar tersebut. Setiap hari juga ada kertas kecil info ramalan cuaca di Melaka. Perhatian kepada tamunya sangat detail. Hebat!

Jika ingin yang lebih luxury, macam Syahrini, coba stay di kamar Two-bedroom Suites atau The Premier Suites. Tapi jangan tanya berapa harga per malamnya haha. Hotel ini juga menjadi langganan pejabat dari berbagai negara di dunia. Salah satunya Presiden SBY yang juga baru saja menginap disini ketika sedang berkunjung ke Melaka beberapa bulan lalu.

Casa Del Rio Melaka Bedroom
Kamar tidur
Casa Del Rio Melaka Personal Diary
Personal diary di tiap kamar
Casa Del Rio Melaka Sunset
Sunset di Casa del Rio
SBY di Casa Del Rio Melaka
Photo by Casa del Rio

Dining Experience

Saya sampai bingung mau makan apa ketika sarapan pagi. Bukan karena nggak ada yang mau dimakan, tapi karena begitu banyaknya menu yang ditawarkan. Selain buffet breakfast, kita juga bisa pesan menu sarapan a-la carte khas Casa del Rio berupa roti tawar, telur mata sapi, sosis ayam, bacon kalkun, sup kacang, tumis jamur dan tomat. Bacon kalkunnya enak banget!

Menu makan siang, saya merekomendasikan Authentic Peranakan Tiffin Set Lunch. Sajian aneka kuliner peranakan hasil masakan ala Nyonya, disajikan dalam rantang bertingkat. Seperti hantaran makan siang  bagi suami yang bekerja masa itu.

Kalau mau seru-seruan makan malam bersama keluarga & teman-teman, kita bisa pesan menu Riverside Steamboat Dinner. Sedangkan setiap malam minggu, River Grill resto Casa del Rio hotel menghadirkan Saturday Night Portuguese & BBQ Buffet. Disini kita bisa pesta barbeque sampai puas.

Casa Del Rio Melaka Breakfast
Casa breakfast set menu
Casa Del Rio Melaka Pastry
Aneka pastry
Casa Del Rio Melaka BBQ Party
Pesta kambing guling kitaaa!
Casa Del Rio Melaka River Grill Resto
Menu buffet River Grill Resto

Infinity Pool

Infinity pool Casa del Rio menawarkan pemandangan yang mewah. Perpaduan landscape situs heritage, sungai Melaka, menara Tamingsari, jalan layang dan laut lepas Selat Malaka di sisi baratnya. Waktu terbaik menikmati rooftop adalah ketika sunrise dan sunset. Ketika berenang, seolah-olah posisi kita sejajar dengan garis laut Selat Malaka dibawah temaram senja.

Infinity Pool Casa Del Rio Melaka
Infinity Pool
Casa Del Rio Melaka Swimmig Pool
Spot favorit! nongkrong disini sambil nunggu sunset

Library Room

Suka menyepi? Maka perpustakaan kecil di sebelah lobby ini akan menjadi tampat favorit kamu. Cukup banyak koleksi buku & majalah disini. Kita bisa relax membaca buku sambil minum teh dan menikmati camilan khas Melaka yang tersedia. For free.

Paket Wisata

Sejarah Melaka begitu menarik untuk disimak. Letaknya yang strategis di pesisir selat Malaka, membuat kota kecil ini menjadi incaran jajahan berbagai bangsa sejak dahulu kala. Setiap jalan punya cerita. Setiap bangunan punya kenangannya. Maka cara paling tepat menikmati Melaka adalah dengan mengikuti Heritage & History Melaka Discovery Walk. Kita akan diajak oleh sang pemandu berkeliling pusat kota Melaka jaman dahulu kala melewati area Heeren Street, Temple Street, Goldsmith Street, Blacksmith Street, Jalan Kampung Kuli and Kampung Pantai. Banyak landmark menarik yang dikunjungi seperti Klenteng Cheng Hoon Teng, Masjid Kampong Kling & Kuil Hindu Sri Poyatha Vinayagar. Cukup dengan membayar RM 88 per orang dengan kuota minimal peserta 4 orang per trip.

Cara lain menikmati kota ini adalah dengan Melaka River Cruise klik disini, naik kapal motor menyusuri sungai Melaka dari hilir hingga ke tengah kota. Untuk mengarungi sungai Melaka sejauh 9 Km dibutuhkan waktu sekitar 45 menit hingga 1 jam. Tarif per orangnya RM 15 saja.

Casa Del Rio Melaka Heritage Walk
Melaka Heritage Walk

Staycation di Casa del Rio bersama rekan-rekan blogger ditutup dengan cooking class siang itu. Chef Ghazali mengajarkan kami membuat masakan peranakan yaitu Nyonya Cicken Curry alias kari ayam. Meski dibutuhkan bumbu rempah lengkap, namun proses pembuatannya cukup mudah. Apalagi icip-icipnya. Langsung ludes tak bersisa haha.

Thanks for having us kak Agnes, Zima, kak Amy, Chef Ghazali & Casa family. Thanks for your hospitality. See you soon!

Cooking Class Casa Del Rio Melaka
Cooking class @ River Grill Resto

Video review staycation a la Fahmi

Note:

Rate per malam hotel ini memang relatif mahal, mulai dari RM 800 atau sekitar 2,4 juta Rupiah. Wajar jika kebanyakan orang awam sudah takut dulu dengan label bintang lima yang disandangnya. Tapi ketahuilah, Casa del Rio are open for everyone. You don’t need to stay here untuk bisa menikmati suasana hotel ala mediterania.

Untuk bisa foto-foto kece a la Instagram. Cukup mampir ke cafe/restoran River Grill, order makanan, dan selamat menikmati uniknya Casa del Rio Melaka. Jangan khawatir, harga makanan disini terjangkau kok baik untuk tamu in house maupun walk in. Kalau memang nggak mau makan, nongkong sambil pesan secangkir es cendol seharga RM 10 pun boleh disini.

Jom datang to Casa!

***

Casa del Rio Melaka

88, Jalan Kota Laksamana 75200
Melaka Malaysia
Tel: +60 6 289 6888
Fax: +60 6 289 6999
Email: reservation@casadelrio-melaka.com
Instagram: @CasaDelRioMelaka
website: www.casadelrio-melaka.com

About the author

Indonesian expatriate living in Dubai UAE. I started blogging in January 2011. Awarded as 2nd runner up Skyscanner Travel Bloscars Award Indonesia on 2014. I mostly shares my travel experiences and tips for my readers through write up, photos and videos. Interested in hotel & airlines review, adventures, beaches, cultural festival, architectures, heritage sites, and foodies.
40 Responses
  1. Saya berkesempatan menginap disana beberapa tahun lalu sama pak suami hihihi, dapat kamar dengan view sungai yang kalo malam cantik banget liat dari balkon. Pas pagi2nya wuih kliatan masih sepi sekitaran sungai sedikit berkabut waktu itu. Dan saat check-in saya dapat petugas yang cantik santun banget dan lhaah asli Indonesia jadilah ngomong bahasa ibu. Bisa jadi memang gitu prosedurnya. Top deh….

    1. setuju mbak, staycation di casa del rio memorable banget. sensasi melamun di balkon kamar memandangi sungai melaka yang masih tenang dan sepi memang menenangkan hati. service excellence yang diberikan para staff juga harus kita apresiasi 🙂

    1. melaka heritage walk ini benar-benar menguras tenaga & pikiran. capek karena kita akan diajak muter kampung-kampung di melaka, blusukan di gang-gang kecil, masuk makam tua, lihat museum, jajan di warung lokal, dan masih banyak hal menarik lain yang dieksplor ditengah teriknya langit melaka.

      lalu mengapa juga menguras pikiran? karena kita diajak mikir dan mengingat sejarah melaka kembali ke sekian ratus tahun lalu ketika masa hindu, jawa, portugis, spanyl, inggris, jepang, dll

      ahh seru deh!

      1. Maria

        Hello,
        Jika boleh menambah informasi tentang Heritage Walk ini, setiap selasa, kamis dan sabtu jam 9pagi, berkumpul lah di Tourist Information ( dari bangunan merah, nyebrang ke depan, Tourist Information di sebelah kiri jalan sebelum jembatan menuju bangunan H&M), akan dibawa tour selama 2jam dan GRATIS !

  2. american

    Casa del Rio features a 24-hour multi-lingual reception desk, a concierge service, tour desk and secure luggage storage.

  3. Trims kak Fahmi sudah memberi sebuah pelajaran: perbanyak selfie untuk keperluan publikasi! Huahaha, serius ini penting!

    BTW also thanks for being my roommate! Kehormatanku tetap terjaga 😉 #eaa #opoiki

    1. foto akan terasa kosong kalau tanpa objek di dalamnya, itu yang aku rasakan. makanya setiap review hotel aku usahakan ada modelnya meskipun hanya nampak kecil haha. thank you roommates!

  4. dimasukin ke list dulu.. thn dpn aku mw reunian ama temen2 kuliah di penang, dan kita planning mw jalan ke melaka ;D.. 4 thn di penang, aku g prnh main ke melaka, rugiii banget.. pdhl di sana kuinernya enak2 ya mas.. krn kebanyakan peranakan..

    1. loh mbak fanny kuliahnya di penang dulu? wah udah hafal luar dalam dong ya. tau gitu kemarin nanya2 dulu ke mbak, karena abis dari Melaka kemarin kamu lanjut landtrip KL-Penang. suka dengan Penang karena makanannya enak-enak juga

  5. aku pernah liat hotel ini tapi dari sebrang sungai doang. waktu itu lagi foto2 di kapal besar yg entah apa namanya aku lupa.
    emg ada es cendol disini? es teh aja nggak ada. pas pesen es teh di Malaysia pelayannya malah bingung, ternyata es teh kalo di Malaysia namanya teh sejuk ^_^

  6. Duluu, cuma bisa mandangi dari seberang sungai. Keliatannya mihil, dan ternyata emang iya.
    Ternyata bisa makan di restonya aja, mayann lah hahaha
    next next

    1. rate per night nya memang relatif mahal, tapi sebanding dengan pelayanan dan fasilitas yang didapat. kalau cuma ingin melihat kedalam pun boleh kok, dengan makan di river grill resto beli es cendol doang pun boleh hahaha

Leave a Reply