10 Alternatif Wisata Kuliner Semarang Versi Fahmi Anhar

“Fahmi, makan siang yang enak di Semarang dimana ya?” tanya si bos dari kantor pusat yang sedang main ke Semarang.

“Mmm… anu mas… di mana ya?” jawab saya bloon.

“Duuh kamu itu, katanya hobi kelayapan, kok wisata kuliner Semarang aja nggak tahu.” Jawab si bos geregetan.

Saya cuma meringis. Lha habis gimana lagi, terus terang sejak pindah kantor di Semarang, rute yang setiap hari saya lewati ya hanya kos-kantor-kos-kantor. Kalau weekend mudik. Selain karena tuntutan pekerjaan kantor, saya juga males keluar-keluar di Semarang. Panasnya ujubilah!

Kejadian seperti itu tidak hanya berlangsung sekali, dua kali. Tapi berrrrkali-kali. Karena banyak orang yang juga bertanya tentang referensi wisata kuliner Semarang baik itu keluarga, teman blogger, teman medsos, dll. Malu lah dengan diri sendiri hahaha.

Akhirnya, pelan-pelan saya mulai icip-icip beberapa makanan dan masakan di sekitar Semarang. Tapi list kali ini kebanyakan rumah makan & warung kaki lima. Semoga daftar ini bisa menjadi alternatif wisata kuliner Semarang. Cekidot!

1. Ayam Goreng Pak Supar

Jl Moch Suyudi No 48 Semarang. Telp 024 3554110

Ayam kampung muda disajikan dengan nasi hangat, sambal & lalapan. Jangan lupa coba juga sop iga sapi nya yang tak kalah juara. Saya kurang tahu pasti berapa harga ayam per potong atau per porsinya. Karena setelah selesai makan biasanya pegawai akan menghampiri meja kita dan melihat apa saja yang kita makan, lalu berkomat-kamit dan menulis invoice di selembar nota. Terakhir kesana saya makan berlima habis sekitar 200ribuan lebih.

2. Nasi Pecel Bu Sumo

Jl Kyai Saleh No 8 Semarang. Searah dengan makam Bergota.

Kalau mau makan menu tradisional yang enak, sehat dengan harga terjangkau, ya Pecel Bu Sumo menjadi salah satu alternatifnya. Pecel sayudan dengan aneka pilihan lauk bisa dipilih sesuai selera. Mulai dari aneka gorengan, daging ayam, empal, ati-ampela, jeroan, ada semua disini.

Kuliner Semarang Pecel Bu Sumo

Pecel Bu Sumo

3. Gulai Kambing Pak Sabar

Lokasinya mudah dicari karena tepat berada di belakang Gereja Belenduk Kota Lama Semarang. Berupa warung tenda yang buka dari pagi sampai siang atau sore. Kita bisa memilih isian gulai kambing yang disediakan, bisa daging saja, jerohan, atau campuran. Harga per porsi dibanderol Rp. 25.000,-. Mak nyuss!

Gulai Kambing Pak Sabar - Kuliner Semarang

Gulai Kambing Pak Sabar Belakang Gereja Blenduk Semarang

Cek Rate Promo Hotel di Semarang

4. Warung Rujak Cingur Gado-Gado Bu Sri

Jl Pekunden Timur 1 No 2 Semarang. Telp 024 8411419

Salah satu warung favorit untuk makan siang karena saya suka masakan yang fresh tanpa MSG. Kalau jajan disini tinggal pilih mau makan rujak cingur, gado-gado ataupun pecel. Minumnya juga nggak kalah spesial, tinggal pilih saja mau es kolak, es bubur, es kacang ijo dan lain-lain. Tips dari saya, datanglah sekitar pukul 10 atau 11 siang. Jangan pas jam makan siang karena biasanya akan penuh sesak. Kalau terlambat datang/kesiangan, siap-siap kehabisan!

5. Gulai Kepala Ikan Pak Untung

Jl Siwalan, No 1 Bangkong Semarang (belakang Bank Mayapada).

Bagi pecinta ikan, disinilah tempatnya berpesta. Tersedia aneka sajian ikan seperti ikan salmon, kakap, tengiri, nila, dll. Cara penyajiannya pun beragam. Komplit lah! Tapi buat kamu yang nggak tahan bau amis, mending diluar aja deh hehe.

6.  Nasi Ayam Bu Pini

Trotoar Jl Pemuda, Seberang Paragon Mall.

Kalau yang satu ini pas buat wisata kuliner malam Semarang. Nasi putih hangat disajikan dengan sayur pepaya muda kuah kuning, irisan tahu, suwiran ayam lalu disiram dengan areh, santan kental sebagai bumbu tambahan. Rasanya jawa banget. Manis gurih. Sebagai tambahannya disediakan lauk sate usus, sate ati ampela, sate telur puyuh, dll. Masalah harga? Jangan khawatir, sangat terjangkau.

Nasi Ayam Bu Pini Semarang

Nasi Ayam Bu Pini Semarang

7. Bakmi Jowo Pak Doel Noemani

Jl. Thamrin No. 4 Semarang  (Depan Pertamina)

JL. Pemuda No. 117 (Deapan Paragon Semarang)

JL. Pemuda No. 145 (Depan Balaikota Semarang)

Jika ingin makan bakmi goreng, bakmi godog, bihun goreng, bihun godog, nasi goreng, nasi godog dan capjay ala jawa, mampirlah kesini. Cocok untuk wisata kuliner Semarang malam hari.

8. Toko Oen

Jl Pemuda No 52 Semarang. Telp 024 3541683

Toko roti djadoel yang masih mempertahankan resep dan menu dari jaman dulu. Aneka kue khas Belanda masih bisa didapati disini. Nggak perlu caption yang panjang lebar untuk toko yang sudah sangat terkenal ini.

9. Lumpia Mbak Lien

Jl Pemuda Gg Grajen Semarang.

Ada banyak penjual lumpia di Semarang. Salah satunya lumpia Mbak Lien ini. Kini menghadirkan konsep one stop shopping. Selain lumpia basah dan goreng, tersedia juga aneka oleh-oleh khas Semarang yang bisa dibeli langsung disini.

Kuliner Semarang Lumpia Mbak Lien

Lumpia Mbak Lien

10. Pusat Oleh-oleh Pandanaran

Kalau ingin yang lebih banyak pilihan ya silakan berbelanja di Jalan Pandanaran Semarang karena memang disinilah pusat oleh-oleh khas Semarang. Bandeng duri lunak atau presto, lumpia, wingko babat, roti gandjel rel, dll semua ada.

Pusat Kuliner Semarang Jalan Pandanaran

Jalan Pandanaran Semarang

Oleh Oleh Khas Semarang Wingko Babat

Wingko Babat Semarang

Lomba Blog Kuliner Jawa Tengah

55 Comments
  1. June 1, 2015
    • June 1, 2015
      • June 5, 2015
  2. June 1, 2015
  3. June 1, 2015
    • June 1, 2015
  4. June 1, 2015
    • June 1, 2015
  5. June 1, 2015
    • June 4, 2015
  6. June 1, 2015
    • June 4, 2015
  7. June 3, 2015
  8. June 3, 2015
    • June 4, 2015
  9. June 3, 2015
    • June 4, 2015
  10. June 3, 2015
    • June 4, 2015
  11. June 4, 2015
    • June 4, 2015
  12. June 5, 2015
    • June 6, 2015
      • June 12, 2015
        • June 14, 2015
  13. June 11, 2015
  14. June 11, 2015
    • June 14, 2015
  15. June 12, 2015
    • June 14, 2015
  16. June 23, 2015
  17. June 24, 2015
  18. June 24, 2015
  19. June 28, 2015
  20. June 28, 2015
  21. November 10, 2015
    • November 13, 2015
  22. December 21, 2015
    • December 22, 2015
  23. April 4, 2016
    • April 5, 2016
      • April 5, 2016
        • April 5, 2016
          • April 7, 2016
  24. October 21, 2016
  25. January 24, 2017
  26. February 14, 2017
    • February 15, 2017
  27. March 8, 2017

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*